Tuesday, January 24, 2017

Tiga Hari Bebas Masak

Aku pernah menulis tentang kuliner di judul postinganku "Aku Bukan Food Blogger" -- nah kini ketika aku sedang memilih untuk berlama-lama di rumahku yang home sweet home ini tentu saja harus makan. Tentunya aku harus masak sendiri, mencuci sendiri, seterika sendiri. Bosan juga tiap hari beli lauk pauk matang dari Rumah Makan Padang dekat rumahku, atau makan bertemankan gado-gado di piringku. Memang lezat, tapi kan lama-lamas bosan juga. Di rumahku bersusah-susah tapi merasakan kelegaan yang lain, dibandingkan dengan di rumah anak-anakku yang serba disediakan, tinggal makan, tinggal pake baju, gak perlu berpayah-payah, cuma menemani sang Cucu memang sama lega dan bahagianya, tapi sensasinya berlainan.
Tangan ini iseng membuka kulkas, ada 1/4 kg daging giling di Freezer. Pikiranku memutuskan cepat untuk membuat makanan yang bisa dimakan dua tiga hari, bahkan satu minggu, karena hanya aku sendiri yang akan menyantapnya. Yang gak terlalu repot membuatnya adalah Pie Kentang! 


Abaikan daun Kenikir (lalaban bunda, hehe...) dokpri
 Bahan-bahan: 
  1.  1/4 kg daging giling, cuci, sisihkan
  2.  1 kg.kentang -- kupas, rebus, tumbuk halus dibagi 2, sisihkan
  3.  1 kaleng kacang polong (kaleng kecil)
  4.  2 wortel yang agak besar, dipotong dadu kecil-kecil
  5.  2 bawang bombai -- dicincang halus
  6.  5 siung bawah putih (bisa sesuai selera)
  7.  2 batang daun bawang -- diiris
  8.  2 tomat -- dipotong dadu kecil-kecil
  9. Saus sambel seperlunya
  10. Margarine secukupnya untuk menumisdan mengolesi wadah (pirex_
  11. Keju kraft menurut selera, untuk diparut diatas adonan sebelum dibakar
 
Cara Membuat:
  1. Tumis daging giling  beri air sedikit sampai empuk, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, tomat, bawang bombai, daun bawang, setelah harum, masukkan wortel, kacang polo, tomat  -- aduk rata -- kemudian masukkan daging
  3. Masukkan 1 sendok teh pala halus, juga lada halus (sesuai selera)

Cara memasak: Sediakan wadah (pirex), olesi dasar dan sekelilingnya dengan margarine, atur 1 bagian kentang halus merata pada dasar pirex, lapisi dengan tumisan daging, terakhir ratakan 1 bagian kentang halus yang tersisa. Parut keju kraft merata di atasnya. Bakar di Oven (Oven Jadul Bunda) selama kurang lebih satu jam.

Jadi deeeh:


Memang Aku Bukan Food Blogger, jadi mengenai takaran kadang meleset, hehehee...seperti yang terlihat di atas, tumis kacang polong dan wortel tidak tertutup dengan sisa bagian kentang halus, tapi tetap enak karena banyak keju kraftnya yang aku suka. Jangan lupa buat yang doyan pedas makannya plus saus sambal Del Monte.

Kalau dingin tinggal masukkan lagi di Oven Jadul, karena yang paling asyik makan pie kentang ini selagi hangat.


39 comments:

  1. Kelihatan mirip lasagna yah bunda hasil akhirnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip tapi gak sama, hehe...kalo lasagna berlapis-lapis dan bunda kalau bikin lasagna lembaran-lembarannya bikin sendiri. Terima kasih kunjungan Lulu ke blog bunda.

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih pujiannya. Sebetulnya malahan ini Bunda lagi males masak tiap hari, hehe... Terima kasih kunjungan Tetty ke blog bunda.

      Delete
  3. enaknyaaaa jadi pengen nyoba bikin bunda :) makasi resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuenak tenan (kata yang bikin). Resep serabuan itu mah da bukan Food Blogger atuh. Cuman pengen uopdate blog aja. Terima kasih kunjungan herva ke blog bunda.

      Delete
  4. Ga punya oven nih. Dikukus enak juga kali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda aja pake oven yang umurnya lebih tua dari anak bunda yang paling tua tuh. Bisa dikukus, tapi rasanya sedikit beda. Sama-sama mateng, tapi sensasi gigitannya berbeda, hehehe...Makasih kunjungan Helena ke blog bunda.

      Delete
  5. pie kentangnya pasti enaaak itu bundaa..jadi pengen buaat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi bunda pie kentang yang ditaburin keju parut paling yahuuud, padahal kolestrol, hihiii...dasar selera. Sok atuh bikin bareng permata-permata hati, sambil ngajarin.

      Delete
  6. Kayaknya ini resep cocok untuk Kenzo anakku bund. Pengin coba akh, sepertinya gak ribet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenzo umur berapa, Mei? Iya, memang seperti cocok untuk pertumbuhannya supaya lebih, lebih dan lebih sehat karena mengandung susu, keju dan daging. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  7. bunda apa kabar? resepnya cukup praktis ya bun, sepertinya lezat tuh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar bunda baik-baik aja, semoga begitu juga dengan Lia Lathifa. Monggo dicoba, memang lezat banget (menurut bunda, hehehe...). Terima kasih kunjungan Lia Lathifa.

      Delete
  8. Duh, bakal jadi resep pertama nih buat aku masak pake kacang polong, makasih sharingnya mbak

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan Rasya ke blog bunda. Yuk, segera dicoba.

      Delete
  9. waah. boleh dicoba nih nyobain resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mencoba resepnya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog bunda.

      Delete
  10. Walaupun bukan food blogger, sekali-kali bolehlah update tentang masakan dapur :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete
  11. okedeh, lahiya a.k.a. Senya, sekali-sekali akan bun postingan masakan yang bunda kuasai, hehe... Terima kasih kunjungan Senya ke blog bunda.

    ReplyDelete
  12. sepertinya lezat juga dari keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untu membuktikan kelezatannya silakan mencoba resepnya. Terima kasih kunjungan Ahmad, Sang Karikaturis, ke blog bunda.

      Delete
  13. apakabar bunda? udah lama gak berkunjung ke rumah bunda ini. eh sekalinya langsung disuguhi resep pie kentang , pengen nyoba buat pasti maknyus ya bun hahaaay thanks ya bun ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Keizha a.k.a. Yulie kan? Blogger yang baik hati menawarkan jasa untuk memperbaiki tampilan blog bunda-kah? Iya, coba aja, pokoknya yang sukaa maspoteto pastti suka paikentang, hehe... WA bunda kalau ada kesempataan di 082153732170. Boleh? Makasih kunjungan Mama Keizha ke blog bunda.

      Delete
  14. Alhamdulillah seneng ya, Bunda. Bisa memasak apa yang lagi diinginkan. PIe kentangnya sukses bikin aku pingin comot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuranb banyak kejunya, Astin, jadi rada kurang maknyuus. Terima kaasih kunjungan Astin Astanti ke blog bunda.

      Delete
  15. Replies
    1. Wow, thank you for your flattering me, Heni. Thank you for your visiting my blog post.

      Delete
  16. Bisa jadi menu masakan selanjutnya ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratu, udah nyoba resep bunda-kah? Coba deh, dan banyakin kejunya, pasti maknyuuus. Terima kasih kujungan Raatu ke blog bunda.

      Delete
  17. Widyantiyuliandari, ini mah bukan rajin, bahkan sebaliknya, justru males masak, hehe...badan cuman satu, kalo lagi di rumah sendirian kan males banget tuh masak. Naaa...kalo begini kan tinggal masukkin di oven -- kalo udah dingin mau makan lagi tinggal nyendok aja.

    ReplyDelete
  18. Bundaaa aku mau nyontek resepnya. Tapi nggak pake kacang polong deh kayanya. Suami dan anak nggak ada yang doyan kacang polong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...minta mereka cobain kacang polong sebelum diolah,mudah2an mereka lama-lama akan suka.Jangan dicampurkan, bikin aja tumis biasa, jadi akan lebih empuk dan gurih. Nyoba bikin pie-nya teuteup jangan dipakein kacang polong. Btw Wian apa kabar? Resep lain kacang polong tumisnya pake daging cincang. Dagingnya dulu ditumis dan direbus sampe empuk, bumbu-bumbunya sama dengan pie kentang di atas. Coba deh, nti lapor ma bunda, ya, Wian, hehe...#sibundamaksanih Makasih kunjungan Wian ke blog bunda.

      Delete
  19. Terlihat menggoda itu pie kentangnya, hmmm kalau dikukus lebih enak mana bun sama yang dipanggang? Di kosan nggak ada panggangan soalnya bun heehehehe

    ReplyDelete
  20. Hehe...boleh juga tuh kalo dikukus tapi keju parutnya pastilah meleleh, dan membuat timbunyaa sensasi tersendiri. Coba deh, kalo enak, kirim ke bunda juga, ya. Mita, terima kasih kunjugannya ke blog bunda.

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Bole-bole-bole doonk dicoba siapa tahu rasanya lebih enak dari resep asli, hehe...Makasih kunjungan Santri Drajat ke blog bunda.

      Delete