Saturday, April 22, 2017

Tiga Wisata Anak Favorit di Tangerang Selatan Yang Patut Dilirik




Keragaman dan kekayaan obyek wisata di Tangerang khususnya Tangerang Selatan yang terus berkembang, menjadikan daerah ini semakin diminati oleh banyak wisatawan. Mereka yang datang bukan hanya masyarakat dari Jakarta saja, tetapi juga dari wilayah seputar Tangerang, bahkan dari luar Tangerang.

Banyak tempat wisata di Tangerang, termasuk di Tangerang Selatan yang sangat indah dan menarik yang akan membius Anda untuk mengunjunginya. Tempat wisata yang fantastis dan tiket masuk yang beragam dari yang gratis hingga yang berbayar. Namun yang akan diperkenalkan kepada Anda kali ini adalah tiga tempat dengan keunikannya masing-masing, antara lain yang akan membuat anak-anak menyatu dengan alam, menjadi individu yang mandiri dan percaya diri. Wilayah Tangerang memang memiliki beragam sarana wisata yang super lengkap -- mulai dari wisata airnya, hutan kota, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Akses menuju ke tiga tempat wisata favorit anak-anak ini cukup mudah, banyak sarana transportasi ke tempat tujuan.


Kandank Jurank Doank

Gbr.dokpri


LOKASI: Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita) Blok Q No.14, Ciputat, Tangerang Selatan 15413 Tel. (021) 74631934


Kurangnya lahan terbuka, hijau dan ramah anak di kota menjadi penyebab utama mengapa aktivitas dan kegiatan di luar ruangan tidak dapat dilakukan.

Menyiasati hal seperti ini, Kandank Jurank Doank yang diprakarsai oleh sosok yang berjiwa sosial, Dik Doank, hadir menyediakan sarana rekreasi edukatif yang ditujukan untuk anak-anak. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti:  menggambar, kelas musik, belajar alat musik, dan lain-lain. Sejak berdirinya tahun 1993 hingga sekarang, belajar di sekolah alam Kandang Jurang Doank ini GRATIS dan untuk umum pula. 

Sarana wisata edukatif ini memang sengaja dibuat untuk menumbuhkan kreativitas dan imajinasi anak-anak, terutama bagi mereka yang terbiasa hidup di perkotaan. Suasana yang asri dan menyenangkan serta udara yang sejuk juga menjadi sarana pelepas penat yang mengganjal.


Kampung Dongeng

Sumber: abouttng.com
LOKASI: Jalan Musyawarah No. 99, Kampung Sawah Lama, Ciputat, 
Tangerang Selatan 15413, Website: www.kampungdongeng.com


Merupakan wadah bagi penggiat dongeng. Tempat ini didirikan oleh Kak Awam Prakoso yang merupakan pendongeng ternama Indonesia. Tempat ini dibuka dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2009. Kampung Dongeng selalu menggelar acara rutin yang dihadiri oleh anak-anak yang tinggal di lingkungan sekitar dan juga mereka yang berasal dari wilayah di luar Kelurahan Sawah, Ciputat.

Kampung Dongeng memang memiliki perhatian khusus terhadap tumbuh kembang anak di masa-masa keemasannya. Itulah sebabnya, mengapa tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramah terhadap anak-anak. Kampung Dongeng sendiri memiliki beberapa kegiatan utama, seperti:


1. Kampung Dongeng Jelajah Negeri

Sejak tahun 2008 Kak Awam, Pendiri Kampung Dongeng dan para relawan Kampung Dongeng berkeliling dari Sabang sampai Merauke, baik hanya untuk mendongeng bagi anak-anak, atau memberikan pelatihan untuk para Pendidik. Tidak hanya dilakukan di kota-kota besar, tapi blusukan ke pelosok kota hingga ke daerah perbatasan.


2.  Kampung Dongeng Keliling Kampung

Program ini adalah blusukan para pendongeng Kampung Dongeng ke kampung-kampung, tanpa persiapan, langsung menggelar tikar bersama warga sekitar, menyalakan sound system yang dipersiapkan sendiri lalu mengumpulkan anak-anak untuk mendengarkan dongeng.


3. Kampung Dongeng Pekan Ceria

Acara yang dipersiapkan oleh Kampung Dongeng secara gratis untuk masyarakat setiap pekan dan dilaksanakan di Sekretariat Kampung Dongeng di berbagai daerah. Kegiatan ini tidak hanya untuk mendongeng, tetapi juga diadakan ajang unjuk bakat anak, kreativitas anak dan berbagai permainan anak.


4. Kampung Dongeng Peduli Sesama

Program kepedulian Pendongeng secara rutin untuk hadir di berbagai rumah sakit dan panti asuhan yang telah menjalin kerjasama dengan Kampung Dongeng untuk memberikan keceriaan pada anak-anak. Program ini juga mengharuskan para relawan Kampung Dongeng untuk hadir di setiap bencana alam atau konflik di manapun terjadinya..


5. Field Trip di Kampung Dongeng

Saung Kampung Dongeng yang sejuk dapat dikunjungi sekolah baik PAUD/TK/SD/SMP yang datang ke Kampung Dongeng uuntuk mendapat sajian dongeng dan membuat prakarya dari beragam bahan yang dapat dibeli di Kampung Dongeng.


 Kemah Dongeng 

 Program ini adalah bimbingan teknis yang diberikan kepada Peserta, baik pengajar PAUD/TK/SD/TPA/Pelajar/Mahasiswa/Para Orangtua/aktivis anak, atau siapa saja yang berkecimpung di dunia anak untuk belajar teknik mendongeng dan metode pengajaran yang menyenangkan secara penuh selama 3 hari (menginap di lokasi).



Floating Castle

Sumber: wartaevent.com
LOKASI: Jl. BSD Grand Boulevard, Cluster Commercial Park Barat No.1
BSC City, Tangerang Selatan, 15345



Istana melayang ini telah menyedot perhatian banyak orang, terutama anak-anak. Disebut sebagai istana melayang karena bangunan ini terlihat melayang di udara, apalagi bila malam tiba. Efek melayang ini terjadi karena penopang istana berwarna putih ini terbuat dari kaca.

Floating Castle saat ini hanya ditempati oleh Froggy Edutography saja -- sebuah lembaga non-formal dengan menggunakan kurikulum dimana kita tidak perlu khawatir tentang apa bakat anak kita. Di Froggy Edutography bakat dan potensi buah hati kita yang berusia antara 7 -- 14 bisa diketahui. Disamping membiarkan anak untuk membuat mimpinya menjadi kenyataan berada di sebuah Istana Melayang atau Floating Castle, melalui Froggy Edutography -- sebuah wadah pengembangan cita-cita dan pelatihan motivasi bagi anak-anak -- bakat, minat dan cita-cita seorang anak dapat diketahui. Tercatat sudah lebih dari 200 ribu orang anak yang mengikuti kegiatan di tempat ini.

Atas prestasinya tersebut, tempat ini lalu menerima berbagai macam penghargaan yang mengundang minat banyak penyewa lainnya untuk membuka tempat di Floating Castle ini. Tidak perlu menunggu musim liburan tiba, ajak anak Anda untuk bersenang-senang ke tempat ini ketika akhir pekan.

Setiap orangtua pastilah menginginkan anak-anaknya merasakan kepuasan kala diajak berwisata. Untuk bisa mengunjungi dua tempat wisata alam yang unik dan satu tempat megah agar anak-anak bisa merasakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan untuk berada di sebuah Floating Castle, luangkanlah waktu Anda untuk beberapa hari. Tidak hanya cukup satu hari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata anak yang ada di Tangerang Selatan ini, akan diperlukan beberapa hari agar Anda dan keluarga merasa puas.

Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan kepuasan liburan anak-anak Anda dengan bermalam di Hotel yang room-ratenya terjangkau Oleh karena itu, alangkah bijaksananya para orangtua untuk meluangkan sedikit waktu lagi agar anak-anak bisa puas berekreasi di tempat-tempat wisata favorit, kemudian memanjakan diri di hotel yang berada di bawah jaringan hotel Airy Rooms. Selain murah, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Nikmati pula kemudahan memesan kamar melalui websitenya atau aplikasi (Android dan IOS) langsung dari ponsel Anda. Keleluasan untuk memilih cara pembayaran bisa dilakukan melalui Kartu Kreditt atau dengan cara tunai.

Airy Room



Dengan pilihan wisata anak yang menarik ditambah akomodasi yang terjangkau, tentunya membuat liburan Anda dan anak-anak menjadi lebih sempurna.


39 comments:

  1. Duh, Bunda, sebagai warga Bekasi saya jadi kepengen jalan2 ke Tangerang. Bahkan banyak tempat2 yg ga saya tau. Penasaran sama floating castlenya nih.

    ReplyDelete
  2. Dik doank keren ya, Bunda. Nama tempatnya juga unik, pakai ankhiran -nk semua. Hahaha

    ReplyDelete
  3. Banyaaak jugaaaa ya bunda tempat menarik yang bisa dikunjungi.. Itu Floating Castlenya lucu..

    ReplyDelete
  4. Di tengah perjuangan pasti ada rintangan, tapi ingat hasil tidak akan menghianati perjuangan.

    Terimakasih, blog nya sangat keren dan selalu membagikan informsi yang bermanfaat


    ReplyDelete
  5. wah mantap banget pokoknya....

    ReplyDelete
  6. sangat keren info nya tempat buat rekreasi anak2

    ReplyDelete
  7. Tidak ada kerja keras yang tidak ada hasil, jangan menyerah, lakukan dengan hati dan berdo'a. Insya Alloh apa yang di perjuangkan, akan kita tuai hasilnya


    ReplyDelete
  8. Satu hal yang harus selalu diingat, kita bisa seperti saat ini karena karunia Tuhan YME.

    Terimkasih, semoga artikelnya bermanfaat untuk banyak orang

    ReplyDelete
  9. Terimkasih atas share artikelnya, in sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Keren ya, bun. Oke juga ini rekomendasi buat tempat wisatanya. Kapan-kapan kalo ke sana pengen mampir. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Iya, 1 dan 2 sangatlah sederhana situasi dan lokasinya, namun cukup segar dan menyenangkan bagi anak-anak. Terima kasih kunjungan Zia ke blog buunda.

    ReplyDelete
  12. Yuuk, temppat yang sangat sederhana (1 dan 2). Anak-anak pasti suka berlarian dan melampiaskan keceriaannya. Makasih kunjungan Zia ke blog bunda.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete