Hindari Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-cran


Usiaku kini sudah 78 tahun. Seingatku pernah merasakan ketidaknyamanan buang air kecil di usiaku kira-kira 12 tahun. Rasa ketidaknyamanan itu sangatlah mengganggu dan menyakitkan.  Bahkan karena tidak tahan sakitnya aku  menangis. Nenek yang menyayangiku membujuk dengan memberi aku air hangat sebanyak yang bisa aku minum.  Aku merasa mual dan kembung. Tapi tak membantu. Nenek bilang itu namanya anyang-anyangan.  Nenekku menasehatiku agar tidak lagi meminum air panas yang dicampur langsung dengan air dingin. Keesokan pagi ketika bangun kondisiku sudah nyaman. Anyang-anyangan itu sudah lenyap.


Apa yang dikatakan Nenekku dulu, ternyata hanyalah sebuah  mitos belaka. Karena ketika aku dewasa dan bekerja  kerapkali melakukannya  --  mencampur kopi susu panas atau minuman lain dengan es-batu agar cepat terasa menyegarkan tenggorokanku. Dan sampai di usiaku yang sekarang hal itu sudah menjadi kebiasaan. Tapi sakit buang air kecil tak pernah singgah di tubuhku. Alhamdulillah! Jadi jangan percaya kalau minum air hangat/panas dicampur dengan air dingin/es-batu akan menyebabkan rasa tidak nyaman yang mendera ketika kita buang air kecil. So, no worry about that. Lalu apa? Dan Kenapa? Yuuk, lanjut baca tulisanku.

I. Anakku Mengalaminya

Dua anak perempuanku pernah mengalami sakit buang air kecil. Mereka bisa aku jadikan Nara Sumber, hehehe... Bukan berarti tidak bisa buang air kecil tapi urinnya hanya sedikit sekali menetes dan hal ini terjadi berulang kali. Menimbulkan rasa sakit di bagian bawah perut. Nyeri, sakit dan terasa panas di alat kewanitaan. Sungguh keadaan yang tidak nyaman sama sekali. Mengganggu aktivitas. Keduanya adalah pegawai kantoran. Sebagai akibat terlalu tenggelam dalam kesibukan di kantor, acapkali menahan rasa ingin BAK. Tanpa sadar karena terlalu fokus dengan pekerjaan, rasa ingin "pipis" itu hilang begitu saja. Believe it or not -- focus memang mampu mengalahkan segalanya. Nah, akibatnya? Jadilah mereka diserang si sulit BAK ini.

Kedua anakku ternyata memiliki bakat dariku...cieee...cieee...yaitu addicted kalau sudah menghadapi tugas kantor, sehingga  kesehatan  pun di nomor-sekian-kan

Alhamdulillah, ever since I got my period at my age of about 12, hingga usiaku 78 kini, belum sekali jua terserang yang namanya sulit BAK. Terlebih kini P.T. Combiphar Indonesia, sebuah perusahaan obat-obatan yang sangat mengemuka di Indonesia memproduksi Prive Uni-Cran --  produk unggulan para wanita untuk menangkal datangnya anyang-anyangan. 

Sumber.uricran.co.id
Setelah mereka mengalami kejadian tentang kesehatan yang tidak menyenangkan tersebut mereka sengaja membeli tempat air minum yang agak besar dengan harapan mulai dari jam kerja pagi 07.30 sampai dengan usai jam kantor pukul 16.30 tempat minum itu setidaknya, kalau pun tidak kosong, isinya  haruslah banyak berkurang. Apakah mereka sukses melaksanakan  program tersebut? Insya Allah, karena sampai saat ini tak lagi anak-anakku mengeluhkan kena anyang-anyangan yang membuat mereka jengkel itu. 

Betapa tidak, ketika merasakan sakit, dulu, selalu saja meluangkan waktu berlama-lama di kloset duduk sambil memegang perut. Sakitnya luar biasa. Tapi apa yang diharapkan akan keluar dengan lancar mengakhiri rasa sakit tak kunjung tiba.

Kini tidak lagi -- Wooow, no more pain! Apalagi ada aku, Mamanya, yang akan memperkenalkan Prive Uri-Cran kepada mereka. Yeeayy....lucky them having me as their Mom. Mereka tetap menjaga kesehatan semaksimal mungkin karena telah pernah merasakan tidak enaknya dan merupakan satu penderitaan ketika kedatangan tamu penyebab sakit saat buang air kecil.

Apa pun cerita kedua anak perempuanku di atas yang masing-masing pernah menderita betapa sulitnya mengatasi susah buang air kecil, solusi yang pasti sebelum mengenal Prive Uri-Cran satu-satunya jalan keluar adalah berkonsultasi dengan dokter. Dan redalah penyakit mereka karena minum antibiotik yang diberikan oleh dokter selama 3 hari berturut-turut 3 x 1 tablet. Cuma itu -- (1) antibiotik, (2) harus banyak minum air putih serta (3) jangan menahan diri kalau sudah ingin BAK. Mereka akan bertambah aman dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran keluaran PT. Combiphar Indonesia. Bravo Prive Uri-Cran! Welcome to my family.

Lebih jauh, aku jadi mengerti dengan mengikuti lomba menulis Uri-Cran ini -- anyang-anyangan bukan sekedar disebabkan oleh kurang minum, terlalu lelah, menahan BAK dan lain sebagainya, tetapi semata karena telah terjadi infeksi saluran kemih, yang selama ini tak pernah kita duga sebelumnya.  Lalu bagaimana kita tahu apa gejalanya dan apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari anyang-anyangan.


II. Apa Saja Gejala Anyang-Anyangan?

Apabila Anda mengalami beberapa hal yang berikut ini, berhati-hatilah karena bisa jadi Anda sedang mengalami Anyang-Anyangan:
  • Keinginan buang air kecil yang tidak seperti biasanya, tapi berfrekwensi sering sekali, namun dengan mengeluarkan volume urine sedikit-sedikit
  • merasakan nyeri pada panggul jika hal itu terjadi pada kita, kaum perempuan. Jika terjadi pada pria maka akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • urine agak berbau, lebih pekat, malahan bagi yang sudah agak parah mengandung darah
  • terkadang disertai dengan demam, badan merasakan lelah yang berlebihan

III. Hindari Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-Cran

Ya! Hindari anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran. (baca: pri-vei). Ini penting sekali.-- disebut pri-vei atau bisa juga kita istilahkan dengan privacy, karena memang menyangkut alat kelamin yang sangat pribadi bagi siapa pun. Anyang-anyangan yang dalam dunia kedokteran dikenal sebagai 'infeksi saluran kemih" bisa dihindari dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran.. Kita, kaum perempuan hendaknya harus menjaga kebersihan kewanitaan kita, karena anyang-anyangan ini kerap menyapa para wanita. Kenapa? Karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih yang disebut uretra ke saluran untuk BAB lebih dekat, dibandingkan dengan saluran kemih pria. Hal ini menyebabkan saluran kemih wanita sangat rentan terkena/dimasuki bakteri yang dikenal dengan nama E-Coli. Bakteri ini bisa menempel pada dinding saluran kemih.

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, Prive Uri-Cran yang mengandung ekstrak cranberry memiiki kandungan proantocyanidin. (PAC) mampu menangkap bakteri E-Coli yang akan menempel pada dinding saluran kemih.  Namun berkat minum Prive Uri-Cran, bakteri E-Coli tak jadi mampir, hehehe.... Kenapa? Lho, koq kenapa lagi? Iya, karena adanya kandungan PAC dalam ekstrak cranberry yang akan membentengi dinding saluran kemih para wanita dari serangan pasukan bakteri E-Coli. Mantap, kan?




IV. Penyebab Anyang-Anyangan:
       
Berikut ini antara lain yang menjadi penyebab anyang-anyangan,
  1.  menahan buang air kecil
  2. tidak/kurang menjaga kebersihan pakaian dalam, kotor, lembab dan lain sebagainya. Karena bakteri  menyukai tempat-tempat yang lembab dan kotor. Usahakan kemana pun Anda pergi bawalah bersamamu celana dalam paling kurang 3 (tiga) CD di dalam tasmu.
  3. cara membasuh yang salah setelah BAB -- yaitu melakukannya dengan cara membersihkan dari belakang ke depan, sedangkan yang benar adalah dari depan ke belakang. Dengn cara ini bakteri E-Coli yang berada di usus besar manusia dengan mudah menempel pada dinding saluran kemih.
  4. tidak memperhatikan kebersihan toilet, terutama ketika kita bepergian jauh dari rumah -- ke Mall, bioskop, atau ke tempat-tempat umum lain. Walaupun closet umum dalam keadaan kering, tapi waspadalah -- bakteri itu akan tetap ada di toilet umum. Bawalah persiapan alas duduk toilet paper cover (disposable) anti-bacteria, agar Anda aman duduk di closet umum -- beragam merek bisa Anda pesan melalui toko online.

V.  Cara mengatasi anyang-anyangan

Cara mengatasi anyang-anyangan sebenarnya merupakan awareness kita masing-masing: 
  • Jangan lupa untuk mengingat baik-baik hal-hal yang disebutkan diatas (IV)
  • Jangan lupa untuk membawa Prive Uri-Cran di dalam tasmu-- bisa dalam kemasan kotak atau berupa kapsul. Atau yang bubuk/serbuk dalam sachet -- kapan saja bisa kita aduk dengan air dingin -- rasanya fresh dan menyegarkan
  • Dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran berarti kita sudah memperhatikan kesehatan diri dengan cara yang paling sederhana, praktis dan terjitu yang bisa dilakukan tanpa ribet. Go-go-go-Prive Uri-Cran.


VI. Yuk, Lebih Mengenal Sejarah Cranberry

  • Cranberry adalah sejenis tanaman berry, termasuk tanaman semak-semak dan liar, memiliki nama latin vaccinium oxycoccos. Tanaman ini banyak ditemukan di Amerika dan Canada. Konon sejak jaman India kuno sudah diketahui khasiatnya untuk mengobati luka karena kena panah. Akhir-akhir ini cranberry populer digunakan untuk meningkatkan stamina dan untuk kekebalan tubuh, mencegah sariawan serta juga sebagai antioksidan.
  • Sedangkan kandungan Cranberry memiliki kadar Vitamin C yang cukup tinggi, disamping juga kaya akan serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia -- salah satu sumber anti oksidan polifenol, sehingga menjadikan buah cranberry ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga dapat mencegah penyakit yang  berbahaya seperti kanker. 

VII.Last but not least -- jangan sepelekan anyang-anyangan!

Kalau tidak kita sendiri yang peduli pada kesehatan kewanitaan kita, siapa lagi? Jadi hindari anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran agar tidak menghampiri kita.. Hanya Prive Uri-Cran, bukan yang lain.

Varian pilihan memberi kemudahan dan kenyamanan pada kita untuk memilih. Tentukan pilihan Anda Prive Uri-Cran dalam kemasan kotak? Kapsul? Atau yang powder sachet yang dengan mudah kita masukkan ke dalam segelas air putih dingin agar lebih nikmat dan segar....

Selamat hunting Prive Uri-Cran!


Hhheemm..segaaar dan nikmat

 Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi menulis blog tentang anyang-anyangan dan kesehatan kewanittaan yang diadakann oleh Uri-cran.






Referencies:
http://uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/
http://uricran.co.id/cranberry-story/

    Comments

    1. Waduh anyang2an itu menyiksa bangey Bun...terima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. It's done by you? Thank you. Do'ain bunda rajin menulis, ya. Makasih kunjungan Satto ke blog bunda.

        Delete
    2. Bunda, udah sehat yah? Alhamdulillah bisa silaturrahim kesini lagi setelah sekian lama :) Betul bun, dgn Uri-cran ini jadi lebih praktis, bs mencegah sekaligus mengobati anyang2an :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi, Pritahw yang cantik, senang bisa liat nama Pribahw di sini. Betul sekali, pratis sekali untuk dibawa dalam tas kita ke mana aja. Makasih ya sudah mampir ke blog bunda. Alhamdulillah sudah mulai pulih kesehatan bunda.

        Delete
    3. kiraen anyang-anyangan itu cuma disebabkan karena seringnya kita menahan buang air kecil, ehh ternya nggak cuma itu ya mbak., lebih dari pada itu karena infeksi saluran kemih,.
      Sukses dengan lombanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mnahan buang air kecil memang penyebab anyang-anyangan yang mengarah kepada infeksi saluran kemih. Terima kasih sudah mampir ke blog bunda.

        Delete
    4. anyang2an bikin repottt bangeettt ... tulisan bermanfaat :D

      ReplyDelete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
    6. Bundaaa keren tulisannya, aku sering tuh kena anyang2an gara2nya ya gitu suka males kalo berasa pengen pipisnya baru sedikit ditahan2 malah jd sakit

      ReplyDelete
    7. sehat terus ya bunda yati,memang perempuan rentan banget anyang-anyangan,saya pernah dan menyiksa banget

      ReplyDelete
    8. Alhamdulillah yaa bunda sekarang sudah ada Prive Uri-Cran, semoga akan banyak orang yg terbantu

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Popular posts from this blog

    Khasiat Serai Merah

    Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

    Memperkaya Kosakata dengan Membaca