Hikmah Berkat Mengulas Sebuah Acara

ODOP Juli-17, Hari ke-8, Tema: Pentingkah menulis setelah menghadiri acara walaupun tidak dibayar? Apa hikmahnya!

Tema kali ini memang terurai panjang dan sangat menohok juga bagi yang sama sekali tak peduli pada kewajiban menulis setelah usai menghadiri acara. Bagiku ketika melangkahkan kaki menuju ke tempat acara, yang ada pikiranku tak lain tentang perjalanan merefresh otakku. Tak pernah terlintas tentang iming-iming sejumlah uang yang akan aku dapatkan. Sebuah acara yang aku hadiri itu berbayar atau tidak tetap menduduki prioritas utama di pikiranku.
 
Karena untuk bisa menghadiri acara itu saja aku sudah sangat bersyukur. Betapa tidak? Terkadang terpilihnya aku oleh Komunitas dari sekian banyak blogger, merupakan satu kegembiraan yang tak dapat aku tuliskan dengan kata-kata. Aku gembira. Aku bersyukur blogku masih dilirik oleh Komunitas yang mengadakan acara. Alhamdulillah.
 
Source:pixabay.com
Aku tahu dan sadar tentang kewajiban menulis untuk mengulas acara yang aku hadiri, apalagi tulisan yang tersaji itu juga akan diperlombakan. Dan ini akan menambah semangat menulisku. Disamping untuk lomba tentunya sebuah cara menunjukkan secara tidak langsung rasa terima kasih dan  apresiasi kepada pihak yang mengundang.  Tanpa mereka aku tak bisa begitu saja hadir dalam acara apapun. So, bagaimana mungkin aku melupakan kewajibanku untuk mengulasnya.

Terus terang harus aku akui memang berulang kali aku tidak mampu menuliskannya. Bukan karena aku lalai. Bukan. Tapi aku kurang memahami materi yang disajikan.  Bayangkan! Bagaimana aku akan menuliskan sesuatu yang aku sendiri kurang paham -- misalnya mereview atau mengulas gadget yang sekarang sudah semakin canggih. Oke, mungkin ada petunjuk lain dengan mencarinya sebagai referensi dari Google, tapi itu kurang mantap buatku. Sesuatu yang sudah melekat dalam hati dan pikiran tentang materi di acara yang aku hadiri itulah yang bisa menyebabkan dengan mudah tulisanku mengalir begitu saja. Rasanya aku memiliki banyak sekali bahan untuk ditulis, sehingga tidak jarang aku mampu mengulasnya dalam jumlah diatas 1500 kata. 
 
Hikmah Berkat Mengulas Sebuah Acara,  blogger mana pun pasti memahami hal ini --  blog yang dimiliki akan terupdate. Komentar-komentar yang berdatangan akan menjadikan satu jalan buat kita untuk melakukan blog-walking. Hal ini akan menjadikan bertambahnya pertemanan baru di dunia blogging. Karena seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Begitu juga yang bisa terjadi antar blogger melalui blog masing-masing. In Sha Allah.
 
Ada keuntungan lain yang bisa kita peroleh karena rajin menulis artikel tentang sebuah acara. -- kita bisa mengeritik tulisan kita sendiri sebelum menerbitkannya sebagai postingan di blog.  Bagiku banyak hikmah dari menulis artikel di blog dalam bentuk tulisan yang bervariasi -- blog kita mulai dikenal walaupun belum terkenal, hehe... Kritik dari para blogger yang mengisi kolom komentar bisa dijadikan sebagai input untuk memperbaiki postingan yang kita buat. Karena itu selalulah menerima komentar dari siapa saja dengan legowo, hati terbuka dan rasa terima kasih.

Satu lagi, bukan hal yang tidak mungkin kita akan sering menerima email tawaran kerjasama melalui blog milik kita yang mereka kunjungi -- seperti hikmah rezeki yang aku terima selama ini -- sebagian besar memang melalui Komunitas, tetapi seringkali melalui email dari Brand yang belum aku kenal. Alhamdulillah.

Last but not least, aku berterima kasih kepada Ani Berta yang telah memecutku dengan cambuknya yang lembut untuk rajin menulis di blog guna menjaga agar blog yang aku miliki tetap hidup dan tidak lumutan, hehe...yang lebih penting lagi siapa tahu dengan terjaganya kesinambungan aktivitas bloggingku, brand terkenal, semi terkenal dan yang tidak terkenal pun akan melamarku utuk bekerja-sama. In Sha Allah.
 
 
 

Comments

  1. Aku pun seneng di pecut Bun, pecutlah aku Teh Ani, Bundaa..

    ya, benar apa kata Bunda, salah satu hikmahnya adalah menerima email tawaran kerjasama melalui blog milik kita yang mereka kunjungi. Alhamdulilah yaa..

    Ayo Bun, kita semangat ODOP

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Khasiat Serai Merah

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Memperkaya Kosakata dengan Membaca