Penyemangat Saat Ngeblog

Sebenarnya judul postinganku Penyemangat Saat Ngeblog aku ambil dari idenya The Brilliant Blogger Ani Berta. Aku sudah minta izin kepada beliau untuk menggunakan judul ini sebagai postinganku. Kenapa? Karena aku biasanya kehabisan ide, hehe... Betul, serius, rasanya sulit sekali kalau gak ada project-nya Ani Berta yang bernama ODOP (One Day One Post) untuk membuat postingan. Bukan karena malas, tapi ideku koq gak mampir-mampir. Tapi ketika ada projek ODOP lho koq ya bisa sukses meng-update blog dengan  postingan setiap hari. Cari sebabnya? Ya, itu tadi, tema sudah tersedia versus susahnya mencari ide, walaupun, katanya, ide itu pating sliwer. So, ODOP is something.

Pixabay.com

Pernah aku mengikuti lomba menulis "Tantangan 30-Hari Non-Stop Ngeblog" yang diselenggarakan oleh BlogDetik beberapa tahun yang lalu, 17 Agustus s/d 15 September 2013.  30 (baca: tiga puluh hari) lho! aku mampu menyelesaikannya. Keren gak sih aku, hihihiii....#gakadayangmujijuga.  Jadi jelaslah Penyemangat Saat Ngeblog itu ternyata (bagiku) saat ada tantangan. Payah ya, aku? Tapi gak juga sih, karena banyak koq rekan blogger yang bikin postingannya gak selalu update, hehe... #caritemen

Pada tahun yang sama aku juga rajin dan semangat menulis postingan di blog karena ada lomba menulis 10-Days for ASEAN" yang diprakarsai oleh MakPuh Indah Julianti Sibarani, Kumpulan Emak2 Blogger. Selain itu banyak sikon-sikon dimana aku mendapat pecutan semangat ngeblog ketika ada uji nyali berkompetisi menulis. Kenapa sih harus dicambuk agar semangat ngeblog itu muncul? Alasan yang paling jitu karena dengan mengikuti segala macam lomba menulis kita (khususnya aku) tidak perlu memeras otak memikirkan tema. Iya, tema sudah disediakan, bukan? Tinggal bagaimana cara kita mengolah dan mengembangkannya  menjadi postingan.

Ketika masih ada Fun Blogging, aku banyak menimba ilmu menulis dari Haya Aliya Zaki. Dan ini sangat membantuku untuk lebih mudah menuangkan ide-ide melalui jemariku berpedomankan kepada arahan-arahan yang pernah aku dapat dari beberapa kali pelatihan. Aku bisa merasakan step-by-step kemajuanku dalam menulis menjadi lebih baik

Kembali kepada Ani Berta dengan projeknya, mencetuskan  tantangan untuk menghasilkan postingan setiap hari selama waktu yang ditentukan. Hasilnya? Sangat positif, melalui One Day One Post dengan tema yang sudah disiapkan, alhamdulillah, aku acapkali berhasil mengikutinya, daaan...berhasil sampai selesai. Bahkan sangat menggembirakan karena kegiatan ODOP yang aku ikuti ini menghasilkan income atau aku terpilih untuk mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh Komunitas yang bersangkutan.

Adalah dari CNI, salah satunya, aku berhasil meraih job dari Ani Berta melalui kegiatan ODOP. Aku tuliskan --  ini hanya salah satunya -- karena banyak kesempatan-kesempatan lain yang menguntungkan aku peroleh karena ngeblog. Tidak dapat aku perinci sudah berapa banyak penyemangat saat ngeblog yang menjadikan aku menuai hasil dari Ani Berta, Kumpulan Emak2 Blogger, Warung Blogger, Blogger Perempuan dan BPNetwork. Belum lagi saat-saat aku menerima tawaran  mereview produk atau placement post. Nah, tak bisa aku pungkiri itulah yang menjadi semangat ngeblogku. Jangan salah lho, bukan karena di-iming-imingi sejumlah uang aku punya semangat ngeblog, tapi aku merasakan langsung adanya sebuah apresiasi  karena ngeblog...eeeh, sama gak sih artinya, hehe... #abaikan.

Hadiah Lomba Menulis Pertama dari KEB (dokpri, 2013)

Penyemangat Saat Ngeblog juga disebabkan antara lain adanya event lomba menulis, aku mendapat rezeki  mereview produk atau sejenisnya. Yang penting selama itu berjudul lomba menulis, aku memiliki kemampuan untuk berpartisipasi -- tentu saja sejauh aku menguasai tema yang diberikan dan tidak bosan-bosan mencari referensi dari Google, pasti namaku bertengger sebagai Peserta, hehe...

Pada kesempatan lomba yang diadakan oleh Light of Women, aku begitu bersemangat sekali ketika menorehkan ide ke postingan. Apa sebab? Aku betul-betul memiliki tema yang patut aku gunakan sebagai cemeti mengikuti lomba #BeraniLebih.  Koq? Iya, terbayang lebih dari 30 wajah-wajah berbinar. Merasakan begitu gembiranya aku menghadapi mereka yang menjadi murid-muridku. Simak postinganku yang ini. Siapa yang menyangka aku berhasil keluar sebagai juara. Alhamdulillah. Semangatku menggebu menerima hadiah utamanya, qiqiqiii... Bagiku itulah hasil terbesar yang pernah aku raih selama berpartisipasi dalam ajang lomba menulis. Penyemangat Saat Ngeblog itu ternyata ketika ada tantangan, hehe...


Aku dan Mbak Mala Siregar dari Light of Women (dokpri)


Kemudian, mungkin timbul pertanyaan dalam hati para pengunjung blog ini: "Mau sampai kapan mengharapkan hal seperti ini?"  Yups, tidak bisakah aku menulis dengan tema-ku sendiri. Tentu bisa! Menulis segala sesuatu yang bersifat semi personal, misalnya, mengenai hal-hal berkaitan dengan kehidupanku yang mampu  membuat semburat bahagia di relung hati yang paling dalam, menulis apa saja tentang anakku, cucuku, dan tentang liburan yang aku alami bersama keluarga -- semua itu sekalipun tanpa tema semangat ngeblogku menggebu untuk melahirkan postingan-postingan, tapi semangat itu tidaklah sehebat kala aku menerima tema dalam tantangan menulis yang memicu adrenalin karena adanya DL. Betapa tidak, kita harus berpacu dengan waktu dalam memenuhi target deadline. Sensasi serunya luar biasa, kan?


Jadi, penyemangat saat ngeblog itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi terutama karena ODOP dan adanya Lomba Menulis serta Review Product berbayar.

Last  but not least disamping itu aku juga memiliki penyemangat saat ngeblog ketika timbul keinginan kuat untuk bisa membukukan hasil-hasil postinganku, bukan hanya membiarkannya menghias blog-ku, tapi untuk dijadikan sebuah buku. Pilihan postingan yang telah aku buat dengan penuh semangat telah berhasil aku kompilasikan menjadi sebuah buku soloku yang pertama dengan judul Me and My Life, Bunga Rampai Kehidupanku.  Semangatku dengan tema yang semi-personal ini telah membuat aku puas, melahirkannya menjadi sebuah bacaan yang akan menjadi kenangan bagi anak-cucu-dan orang-orang tercinta. In Sha Allah aku masih ingin membuat kompilasi dari postingan pilihan dari blog. Mudah-mudahan bisa terealisasi sebagai Karya Soloku yang kedua. Semoga.
Buku Solo Pertamaku dari kumpulan postingan.






Comments

  1. Wah..kami harus semangat seperti Bunda yati jugs yaa..ODOP sumber inspirasi 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, salut sama pencetusnya @Ani Berta. Terima kasih kunjungan dira indi k.e blog bunda

      Delete
  2. Kangen ODOP ya bunda. Semoga tata bisa meniru semangat bunda 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bunda juga kangen ODOP. Terima kasih kunjungan dekCrayon ke blog bunda.

      Delete
  3. Saya iri sama semangat Bunda Yati.. Semoga bisa meniru semangatnya ya Bund..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan Ndy Pada ke blog bunda. In Sha Allah, pasti bisa lebih menggebu semangat Ndy kala nanti seusia bunda. Aamiin.

      Delete
  4. Bunda, kereennn.. Bener ya ada tantangan jd semangat nulis dan lama-lama kemampuan menulis jd keasah. Thanks bunda Yati sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kosakata kita juga jadi bertambah deh. Likewise, Amelia Fafu. Terima kasih kunjungan Amelia ke blog bunda.

      Delete
  5. Baca postingan ini jadi ikut bersemangat ngeblog, deh. :)
    Terus semangat berbagi inspirasi dan kebaikan lewat menulis, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihiii, jadi malu nih disebut "Mbak". Alhamdulillah kalau tersengat semangat dari bunda. Terima kasih kunjungan Triani Retno A ke blog bunda.

      Delete
  6. Mo belajar dari bunda yati..
    Aku masih turun naik semangat nulisnya..kadang klo dah mepet DL baru punya ide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita (sulis) bunda raka-alya, bunda juga suka turun naik semangat nulisnya. Terima kasih kunjungan (sulis) bunda raka-alya ke blog bunda.

      Delete
  7. Hebat bun. Saya lagi nyari semangat ngeblog lagi. Blog saya baru hidup lagi setelah sekian lama hiatus. Saya semangat ngeblognya kalau ada buku baru. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, hebat donk Sinta Legian Wulandari, berarti addicted baca buku nih. Kalo bunda soal baca buku malah seringnya ngantuk, jadi baca 1 buku aja terkadang sampe sebulan gak selesai-selesai, hiks, hiks... Teruskan semangat bacanya. Saluut. Terima kasih kunjungan Sinta ke blog bunda.

      Delete
  8. Hebat bun. Saya lagi nyari semangat ngeblog lagi. Blog saya baru hidup lagi setelah sekian lama hiatus. Saya semangat ngeblognya kalau ada buku baru. Hehe.

    ReplyDelete
  9. bisa ditiru nih semangatnya untuk ngepos.. semangat bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada yang mau niru semangat bunda, hihihiii...padahal semangat bunda ini turun naik lho... Terima kasih kunjungan adreas ke blog bunda.

      Delete
  10. Wahh keren.. saya biasanya semangat ngeblog emang kalau ada tantangan juga sih.. apalagi klo udh mepet deadline.. 30 menit juga jadi tuh artikelnya.. tp klo msh lama deadlinenya satu kalimat aja gak kelar-kelar.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow, kwerweeen dalam 30 menit sudah jadi sebuah artikel. Saluut. Perlu ditiru nih. Tapi bunda bisa gak ya. Terima kasih kunjungan Endah Kurnia Wirawati ke blog bunda.

      Delete
  11. Semangatnya patut ditiru, semangat!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...semangatnya sih sebenernya angot-angotan, tapi kalo ada yang mau niru gakpapa, jadi ada temennya. Terima kaasih kunjungan Mak Tami ke blog bunda.

      Delete
  12. Kalau saya bermasalah dengan waktu Bunda, dampingi anak aktifitas di luar rumah, ngurusi warung makan di depan rumah, dll. Kalau sudah capek jadi males ngeblog he...he..he... TFS Bunda..sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Love From Jogja for your visiting my blog. Wah, aktivitasnya banyak banget. Mudah-mudahan secapek apapun masih semangat ngeblog sejauh ada ide yang masih nyantol. Kalo bunda justru ide nih yang gak mau nyamperin, hehe...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Khasiat Serai Merah

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Memperkaya Kosakata dengan Membaca