Apa Solusi yang Harus Aku Putuskan


Kenapa aku memberi judul postingan ini Apa Solusi yang Harus Aku Putuskan. Sedang galaukah aku? Yups, betul sekali, aku sedang berpikiran tak menentu. Galau menentukan apa yang harus aku putuskan dengan kedua blog yang aku miliki tapi jarang sekali aku kunjungi. Istilah di dunia maya blog seperti itu diberi sentilan "Rumah dengan Sarang Laba-laba" atau "Rumah yang Berlumut"


Dulu, ketika aku mulai ingin memperoleh income dari aktivitas online aku memulainya dengan menjadi Reseller dari sebuah Bisnis Online. Terbius oleh testimonial beberapa dari mereka yang berhasil. Bergabunglah aku -- itu pada tahun 2009. Padahal sama sekali aku belum mengerti tentang sistim dan caranya. Yang aku pikirkan hanyalah mencari dan menggaet pengikut melalui URL-ku agar berpartisipasi dengan Bisnis Online melalui URL-ku.

Namun setelah berjalan beberapa bulan, tak satu pun yang tertarik untuk bergabung dengan Bisnis Online ini -- dimana keikutsertaan mereka akan mendatangkan income bagiku. Sekalipun aku, sesuai anjuran Pengelola Bisnis Online harus melakukannya dengan gencar melalui iklan. Ya, aku harus meng-iklankan url-ku semenarik mungkin. Sudah kulakukan melalui iklan gratis maupun berbayar. Tetap saja tak satu pun yang tergaet, hiks, hiks.. Katakanlah, ini serupa dengan Bisnis LML.

Waktu terus bergulir, aku belum juga memperoleh seorang pun yang bergabung melalui URL-ku.. Ternyata mindset-ku yang kurang mantap. Mulai merangkak dengan memiliki satu blog, kemudian dua blog, aku hanya memikirkan cara mengisi blog tersebut dengan postingan-postinganku. Alih-alih mencari pengikut untuk bergabung, aku malah rajin menulis di blog-ku. Pada saat itu aku sama sekali tidak pernah sadar, konten dari blog  harus memiliki NICHE -- yang kemudian aku tahu niche itu adalah jenis konten atau kriteria setiap postingan yang kita buat.

Karena ketiadaan piawai yang aku miliki, jadilah dua blogku beralih fungsi menjadi blog tanpa penghuni. Alhasil vakum beberapa tahun. Sementara aku hampir melupakan kedua blog tersebut, aku lebih aktif bertandang ke rumah onlineku yang ber-domain DOTCOM. bernama MISCELLANEOUS dengan link url: bundayati.com.

Setelah memiliki beberapa postingan di kedua blog yang tak pernah aku pedulikan begitu lama, baru aku tersadar bahwa blog-blog tersebut harus didaftarkaan ke Google Webmaster Tools. Ya, ampuuun, kemana aja aku selama ini. Terlalu larutkah aku dengan blog-ku yang Gado-Gado ber-url  bundayati.com itu, ataukah memang aku sama sekali ingin menghapus kedua blog tersebut yang jarang aku kunjungi.  Keputusan sampai pada keduanya akan aku pertahankan dan aku akan mencari jalan bagaimana cara yang mudah agar kedua blog yang kadang-kadang saja aku menyentuhnya  ter-verifikasi oleh Google Webmaster Tools.

Memang banyak arahan-arahan, namun karena aku sulit sekali untuk belajar secara online, jadilah sekian lama kedua blog tidak menampakkan perubahan, hiks, hiks.... Aku memang tipe blogger yang harus belajar  memperoleh materi dan pengajaran melalui langkah offline. Jadi bagaimana ini solusinya? Biarkan rumput yang bergoyang menjawabnya, hehe...

Yuuk, lanjut dengan tulisanku.


Hari ini aku putuskan untuk kembali lagi membaca, walaupun sulit sekali bagiku untuk mengerti tanpa kapabilitas dalam sistim html dan sebagainya.  Mampukah aku berjalan sendiri, sedangkan skillku hanya dibidang mengetik thok! Time will tell dan ini sudah aku masukkan dalam resolusi tengah tahun 2017. In Shaa Allah.

Tak satu jalan ke Roma, kan? Jadi biarlah aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mempertahankan kedua blog itu. Aku akan memikirkan niche apa yang akan aku pilih untuk keduanya. Aku akan googling sebisaku untuk mencari cara termudah supaya aku mengerti tentang cara bagaimana membuat kedua blogku itu terverifikasi oleh Google. Dan aku akan belajar lagi dari Panduan Buku Pakde Abdul Cholik yang baru aku temukan lagi di tumpukan buku-buku yang akan di give-away, hiks, hiks...cerobohnya aku. Buku penting bisa nyasar ke sana, hehe...  Aku tak menyangka buku yang aku cari ada di tumpukan itu. #bukanlebaypakdeCholik. Maklumlah faktor X (jangan bilang Manula, ya, hahaha...)

Sebenarnya ada dua orang blogger Senior yang memiliki skill yang mumpuni dan canggih. Aku seringkali minta bantuan untuk mempercantik tampilan blogku atau untuk hal-hal yang berkaitan dengan perbloggingan. Namun karena aku sendirilah yang, pada dasarnya, terlalu awam dengan sistim membaca script dan sesuatu yang berhubungan dengan itu, selalu saja menemui berbagai kendala dan kesulitan.

Seperti yang telah aku utarakan diatas  seyogianyalah aku harus belajar secara offline bersama dengan seorang Mentor yang konkrit a.k.a. seorang Tutor yang benar-benar menyisihkan waktunya untuk mengajariku secara langsung. Mereka yang berhati mulia saja yang mau berbagi dengan tulus. Dan mereka bersedia. Sayangnya, ada kendala jarak yang memisahkan kami. Kalau saja mereka dekat, pastilah ilmuku sudah melebihi kecanggihan para pembaca yang berkunjung ke blog ini.  #lebaysibunda

Oya, aku lupa menyebutkan siapa kedua pakar favoritku yang seringkali aku mintai untuk memberikan pengarahan bila aku ada kesulitan. Adalah Teh Langit Amaravati dan MbakYulie Julie yang acapkali aku repotkan dan aku rongrong sejak aku merubah tampilan blogku yang sekarang dari tampilan lamanya. Terimakasih kepada Langit Amaravati -- www.langitamaravati.com  dan Mbak Yulie Julie -- mama.keizha.com

Sedangkan kedua blogku yang terbengkalai adalah: Bunda Yati Berkata dengan Url: https://bunda-yati.blogspot.co.id/ dan Blog Yati Rachmat dengan Url: https:///yatiangahawal.blogspot.com 

Apakah dear readers ada yang mau share kira-kira Apa Solusi yang Harus Aku Putuskan? Be My Guest.

Comments

  1. Kalau menurutku sih yang penting komitmen untuk rajin menulis dan memperkaya bacaan dulu. Ga hrs baca buku ya. Baca situasi, baca pikiran dan perasaan orang, menghayati suatu pengalaman dll sehingga ada bhn utk menulis. Karena itulah inti dari aktivitas bloger kan?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mbak Farida Pane, komentar ini bunda sukak. Jd tampilan blog or template jngn menjadikan satu alasan utk tdk menulis, begitukah? Sedangkan bunda selalu dan selalu ingin menampilkan blog yg manis dan mengenakkan mata readers. Tp sulit juga menentukan niche. In syaa Allah cept atau lambat bunda akan bisa. Komentar Farida sangat membangun dan objective.

    ReplyDelete
  3. Aku klo nggak paham hal-hal teknis soal blog, aku nanya ke teman blogger yang kenal dekat. Klo nggak gitu ke mesin pencari google bunda..

    Memang berat klo mesti update di 3 blog sekaligus. Saya punya 3 tiga juga, tapi yang 2 juga nggak pernah keisi postingan☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. (sulis) bunda raka-alya, Iya, bunda juga gitu. Mengenai dua blog ini sebenernya punya kenangan nih karena karena dua blog inilah bunda memulai berkutat di dunia online. Kalau yang www.bundayati.com baru berdotcom tahun 2014. Ada sih 3 blog lagi yang bunda gak sebutkan antara lain kalau ada pelatihan ngeblog tuh kan diminta bikin blog tuh tapi mentok gak bisa nerrusin karena belajarnya online, hiks...misalnya yang My Sampple Blog. Makasih kunnjugan (sulis) ke blog bunda.

      Delete
  4. Menurutku, blog bunda udah cantik kok. Oh ya, aku juga punya banyak blog. Satu yang biasa aku tulis itu dengan domain dotcom, kedua itu catatan random aku yang gak semua orang perlu tahu karena kebanyakan cuma buat mengekspresikan diri, tiga isinya makanan/masakan aku dan teman-teman, empat catatan kuliah, lima tanggapan aku soal hal-hal yang in di dunia maya, dan ada lagi beberapa yang aku tinggalkan karena bosan, ckck. Beberapa blog aku pun tidak punya niche, dan beberapa juga sudah tidak terjamah. Maaf, mungkin aku belum bisa memberi solusi/menjawab pertanyaan bunda. Tapi, aku salut sama bunda karena tetap produktif dan aku suka sama tulisan bunda. Sebab, pada beberapa blog yang aku kunjungi, kadang aku gak baca sampai ke bawah karena tidak terlarut ke dalam tulisannya, fufufu. Oh ya, https:///yatiangahawal.blogspot.com kenapa tidak bisa dibuka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. elrisa nadella. terima kasih kunjungan elrisa ke blog bunda. Solusi untuk bunda mungkin kemudian bisa elrisa sampaikan, berkunjung ke blog bunda aja udah merupakan suatu kehormatan buat bunda. Oya, https://yatilangkahawal.blogspot.co.id bukan https://yatiangahawal.blogspot.com, bisa koq dibuka. Coba sekarang, tapi blog itu sudah setahun gak pernah disentuh, hiks...

      Delete
  5. banyak banyak blog jadi gak fokus mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya sih gak juga, bisa fokus. Yang gak bisa tuh ide gak pernah mampir secara rutin, hehe... alhasil blog gak pernah terisi. Terima kasih kunjungan andrieoid ke blog bunda.

      Delete
  6. Blog q juga masih punya niche gado2 bun.. Sebenarnya ak baru 6 bulan ini ngeblog.. Hihi.. Dan ketika udah 3 bulan berjalan ak baru tau kalo blog it perlu niche khusus. Tp aku nulis aja dulu. Dapat inspirasi apapun tulis aja. N akhirnya ak merasa klo ak lbh suka nulis ttg family. Untunglah nama domainnya jg pas. Saranku buat bunda sih nulis aja dulu.. Seiiring berjalan waktu bs tau niche apa sbnrnya yg pas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih saran Aswinda Utari untuk blog bunda. Sementara ini memang akan bunda biarkan dulu, nunggu sampai ada ide yang beneran brilliant, hehe... Terima kasih juga untuk kunjungan Aswinda ke blog bunda.

      Delete
  7. Ada semangat atau passion yang membara mbak, itu yang penting. Banyak blog menurutku nggak maksimal, aku pernah ngalamin soalnya #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, memiliki banyak blog memang terkadang jadi gak maksimal. Seyogianya dibutuhkan passion yang membawa. Setuju banget. Terima kasih kunjungan Dunia Faisol ke blog bunda.

      Delete
  8. Halo,
    Saya adalah Nyonya Patricia James, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan melihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis dengan tarif 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan berguna dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    (patriciajames205@gmail.com/ elizabethandy95@gmail.com)

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Saat ini posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. blog yang ini difokusin dulu aja bunda, dioptimasi, insya Allah nanti datang income juga. Susah - susah gampang untuk mengelola lebih dari satu blog. Semangat bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak sari widiarti, iya, bunda paling sering fokus ke blog yang ini. Kalau sari lihat banyak reviews, itu adalah keuntungan bunda memiliki blog sehingga bisa mendatangkan income, tapi memang untuk blog yang ini. Terima kasih kunjungan mbak sari widiarti ke blog bunda.

      Delete
  10. saya masih kurang paham banyak hal tentang blog, sangat minim banget. mohon bantuannya pada sya yang newbie blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bunda ucapkan kepada Nusantara Furniture yang telah menyambangi blog bunda. Bunda sudah berkunjung ke blognya dan....waaah...blognya keren banget. Bunda, walaupun sudah berkecimpung sejak tahun 2009, tetap saja masih newbie karena banyak sekali hal-hal tentang perbloggingan yang harus bunda pelajari.

      Delete
  11. Mba makasih sharingnya... Saya sebagai newbie jadi ada sedikit pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata Amalia Sarah suka banget merendah nih. Bunda sudah ke blognya Amallia dan keren koq baik dari segi tampilan, konten, maupun font yang dipakai. Salut.

      Delete
  12. Bunda kerwn tulisannya, terus semangat bunda

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu

GIVEAWAY, Berkat Mendongeng Lahirlah Sebuah Antologi.