Mengulik Kenangan Manis di Balik Nama Blog



 
Source: Google
Setiap individu pastilah memiliki kenangan manis di balik peristiwa yang dialaminya. Kenangan manis itu bisa berupa mengingat seseorang yang pernah membantu kita dalam mencari solusi kegalauan, bisa juga tak bisa melupakan kebaikan orang lain yang mau mengorbankan waktu, pikiran dan tenaganya demi kemajuan seorang teman. Nah, yang terakhir inilah  yang akan aku paparkan dalam postinganku kali ini, Mengulik Kenangan Manis di Balik Nama Blog.



Ketika itu sebagai pemula yang tak pernah tahu betapa pentingnya nama blog dalam berkiprah di dunia maya. Tanpa berkonsultasi dengan siapapun maka pada tahun 2009 langsung blog tersebut aku beri nama Miscellaneous yang berarti macam-macam atau gado-gado.

"Kenapa gak Gado-Gado aja dipakai sebagai nama blognya?" 

Begitu kira-kira ada yang berkomentar

"Ah, jawabku, biar tampilannya keren donk. Lihat aja tuh hampir semua billboards di sepanjang jalan, di mana pun pake bahasa asing, kan? Keren, kan? tepisku tak mau kalah.

Sejak itu melekatlah Miscellaneous sebagai nama blog milikku hingga sekarang. Selain aku belum bisa memilih nichie untuk blog ini, akupun sudah terlanjur  menamakannya demikian. Pada tahun 2013 ketika aku ingin mengadakan GA (GiveAway) bingung juga. Masa sih blog koq gak punya banner.

Nah, disinilah rekan pahlawan kebaikan hati itu muncul. Beliau bersedia membuatkan banner untukku. Ha-ra-tis.  Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan blogger paling senior di dunia maya, bukan senior dalam usia lho! Kalau yang terakhir mah akiyu orangnya, hehe...Eits lupa kasihtau nama beliau. Siapa hayoo...pasti ada yang udah gak sabar tuh mau nyebutin namanya. Beliau itu yang pada minggu ini baru saja ditinggalkan oleh pendamping tercintanya untuk selamanya. '

"Betul sekali! 100 untuk yang menebak dengan jitu. Beliau adalah Pakde @abdulchalik"

Note: Nama blog kan biasanya erat kaitannya dengan alamat blog. Iya, kan? Jadi teruskan baca sampai selesai ya, biar gak penasaran, hahahaha....ikut-ikutan iklannya Deni Siregar.

Oya, aku lupa mengatakan, sekalipun nama blog-ku singkat banget MISCELLANEOUS tapi alamat blogku waktu itu cukup panjang http://goodcrab-personal.blogspot.com -- sehingga banyak yang menyarankan ganti aja deh alamat blognya. Kupilih good+crab karena aku dilahirkan bulan Juli tanggal 10 tentunya bintangku ber-sio kepiting (Crab). Pakde Cholik dengan bijak dan cerdas membuatkan aku banner blog yang ciamik. Nih, penasaran mau tahu dan mau lihat kan? Lengkap dengan nama "goodcrab" (kepiting yang baik, hehe...#mujidirisendiri) dan gambar kepiting. Keren, kan?

Created by Pakde @AbdulCholik



Seiring berjalannya waktu alamat blog yang panjang ini terpaksa aku tinggalkan, begitu juga banner yang bagus tampilannya itu. Aku ingin lebih serius ngeblog, terus terang sih ingin mengais rezeki dari blog. Katanya alamat blog akan lebih meyakinkan kalau berdotcom  Tapi bagaimana caranya? Bingung donk! Namanya juga blogger renta yang selalu newbie, hehehe...#ngelesterus

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada tanggal 15 November 2014 aku mendaftarkan diri untuk mengikuti workshop/seminar yang diadakan oleh Grup  Fun Blogging, founders-nya seperti dalam film Charly's Angles yaitu tiga orang wanita super dupper brilliant para Cikgus @hayaaliyazaki @shintaries dan @aniberta. Tak seorang pun blogger yang bisa menjadi member Grup Fun Blogging tanpa melalui workshop ini. Begitulah, dengan sukacita aku menghadiri Sesi-2 tanggal 15 November 2014 yang dimulai 07.30 tapi aku sudah mengetuk pintu sebelum jam 07.00 Untung aja ada Mbak @aniberta yang sudah standby. Diisilah kekosongan dengan obrolan ringan.

Alasan yang kuat kenapa aku ingin sekali mengikuti workshop ini karena materi-materi yang akan aku dapatkan dari workshop ini amatlah bermanfaat guna menambah pengetahuanku yang masih sangat dangkal baik sebagai penulis maupun sebagai blogger.
 

Singkat cerita, wkwkwk...dari tadi udah panjang ceritanya koq masih bilang singkat cerita. Biarin! Sekalian membahas figur yang kedua yang penuh dengan dedikasi untuk berbagi ilmu.  Beliau, blogger muda ramah dan humble, berteman gak pandang umur a.k.a. gak snobish gitu maksudnya....yang selalu aku panggil dengan predikat "Cikgu", siapa lagi kalau bukan Cikgu @shintaries. Seperti terlihat dari flyer -- dengan mengikuti woskhop  ini aku akan dapat fasilitas domain gratis. Betul kan pucuk dicinta ulam pun tiba. Dapat sertifikat pulak.

Advancing Your Blog Platform (terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini: Tingkatkan platform blog Anda)

Aku dapat hadiah domain gratis berdotcom, tapi gimana aku bisa mengimplementasikannya sendiri ke blogku agar sesegera mungkin platform blogku bisa berdotcom dan segera pula bisa aku beraktivitas di sana. 

dokpri

Figur kedua yang kumaksud Cikgu Shintaries dengan rendah hati dan berjiwa besar bersedia membantuku mengimplementasikan dari blogspot menjadi berdotcom kemudian memilihkan nama "bundayati".  Lagi-lagi ha-ra-tis-tis-tis. Beliau bersedia datang ke rumah anakku untuk mengimplementasikannya. Tradaaa...jadilah blog miscellaneousku beralamat https://bundayati.com. Yeeaaayyy...terima kasih Cikgu Shintaries atas keringanan langkah dan niat baik Cikgu untuk datang ke rumah anak bunda demi memberi kesempatan agar bunda bisa cepat beraktivitas dengan domain baru. Allah akan membalas kebaikan Cikgu. Aamiin. Terhitung tanggal 24 November 2014 aku sudah menjadi salah satu customer QWords.com -- alamat blogku https://bundayati.com



Last but not least, dengan blogku yang berdotcom tersebut maka ilmu yang aku  dapat dari workshop bisa langsung aku terapkan -- ilmu kepenulisan dari Mbak @hayaaliyazaki dan ilmu how to monetize my blog telah mulai berhasil aku terapkan pula ilmu dari Mbak @aniberta.

Itulah, guys, cerita kenangan manisku di balik nama blog. Cocok kan judul postingan ini Mengulik Kenangan Manis di Balik Nama Blog.


 
BPN30DayChallenge2018Day-3

Comments

  1. Aku sempet bewe2 ke blog bunda waktu namanya masih good crab, ternyata itu too maksudnya, good cancer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya, Noe. Lucu ya kl dipikir koq nama blog panjang banget...maklum anak baru...

      Delete
  2. Kiirain dulu buna Yati suk amakan kepiting makanya diijadiin nama blogngya :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata crab nya dari bulan lahir ya bun . Hihihi unik sekali binda mikirnya.

    ReplyDelete
  4. Eh iya dulu kayaknya sebelum ganti nama menjadi Blognya Bunda Yati, kayaknya aku pernah mampir Bunda yang dulu.

    ReplyDelete
  5. Bunda suka makan kepiting, Mbak Lidya keknya mau nganterin yaaaak, Hehehee. Proses perubahan alamat blogspot menjadi domain, sepertinya akupun mengikutinya dulu. Sehat selalu ya, Bunda

    ReplyDelete
  6. Wuih keren cerita di balik naa blognya bunda yati, semangat terus ya bunda, aku tuh takjub sama semangat belajar dari bunda yati

    ReplyDelete
  7. Jujur Bunda...waktu nama blog nya masih puanjaang itu aku sering kesulitan kalau mau nulis utk BW..haha..(waktu itu aku juga msh nyubi..blm pinter klak-klik sana sini haha..). Untung skg sudah singkat alamatnya ya..

    ReplyDelete
  8. Seru banget bunda cerita di balik pemilihan nama blognya hehehe. Oh ya aku juga follow tuh blognya Pak Dhe Cholik

    ReplyDelete
  9. bunda kita sama sio crab hahaha krn kulahir bulan juli, btw ngomongin cikgu emang baik banget aku masih inget dulu jg mb Sinta dg sabarnya memandu aku pasang gA bun beneran baik dan mau berbagi

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tahu alasan di balik nama blognya.
    Sekarang namanya lebih simpel dan gampang diingat.

    ReplyDelete
  11. Ternyata nama blog bunda punya cerita perjalanan dan makna yang baru aku ketahui setelah baca postingan ini. Bunda udah lumayan juga ya mulai serius ngeblog. Kalau aku mulai serius ngeblog di bulan April 2018.

    ReplyDelete
  12. Dari good crab ke bunda yati, dan panggilan bunda itu tercetus dari mb Shinta kah bun untuk pertama kalinya? Senangnya, akhirnya jadi branding ya bun. Dan, bunda Yati itu simple banget buat diinget. Long lasting ya bun ngeblognya dan selalu berbagi sama semuanya :)

    ReplyDelete
  13. Bunda yang baik hati dan keren sekali....
    Aku kagum sama kegigihan Bunda dalam menulis.
    Dan blog Bunda selalu kaya makna.

    MashaAllah~
    Menulis terus, terus dan terus yaa Bun...
    Semoga Allah melimpahkan kemudahanNya.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  14. Semangat bunda,,aku kalau denger Miscellaneous langsung keinget bunda lho, kayaknya udah ngebranding banget lah hehe.

    ReplyDelete
  15. Mbak sintaries memang orangnya baik banget ya bun. Sabar juga kalo pas mbimbing meskipun lewat inbok.

    ReplyDelete
  16. Hehe...aku masih inget nih dengan nama good crab nya, Bunda. Kayaknya aku ikutan GA nya deh. Tapi waktu itu aku baru belajar ngeblog di blogdetik, Bunda :)

    ReplyDelete
  17. makin seriuuus dan semangat yaaa Bunda ngeblognya. Semoga bisa terus laris manis dan berkah ya bunda blognya

    ReplyDelete
  18. hehe...lucu ya bun. aku juga gitu. nama blog ku dulu liliputdream.wordpress.com.
    aku ganti dengan siononalita.wordpress.com

    ReplyDelete
  19. Aku kalau dengar nama blog bunda yati pasti udah langsung ya identik dengan bunda Yati yang tetap energik :)

    ReplyDelete
  20. Ini nama blog Bunda sulit diucapkan lidah lokal kayak lidahku wkwk.. tapi udah jadi branding yaa

    ReplyDelete
  21. Yeay bunda..kita sama aku juga belajar dari 3 suhu yang bunda sebutkan di tulisan :)

    ReplyDelete
  22. Saya juga sudah ketemu Mba Shinta. Dan kebetulan jilbabnya sama saat bertemu aku hehe

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya Bunda, banyak sekali blogger baik yang kita temui di sependek langkah kita ngeblog. Seperti Pakdhe Cholik, Shintaries, Haya dan Ani Berta. Semuanya blogger hebat namun tetap humble, selalu bersedia membantu rekannya yang membutuhkan.
    Setiap ada kata miscellaneous aku selalu teringat Bunda Yati. Brandingnya udah melekat, Bun. ;)

    ReplyDelete
  24. Yang paling saya sukai dari pengalaman ngeblog yainiiii Bundaaaa, ketemu sama teman-teman baru yang nggak pelit berbagi ilmu :) happy banget ya Bunddd....

    ReplyDelete
  25. Bundayati salam kenal, nama blognya oenuh arti bgt ya

    ReplyDelete
  26. Aku selalu penasaran sama yang punya nama nama blog dibaliknya. Jadi punya bunda Yati begini. Heheheh

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu