5 Tips Pola Hidup Sehat Versiku Sangat Sederhana

Day-12
5 tips pola hidup sehat versiku sangat sederhana. Sedapat mungkin aku tidak akan membiarkan diriku bermanja diri. Aku selalu mengusahakannya agar selalu aktif, dalam arti aku tak mau bermalas-malasan. Kecuali, tentu saja ada kecuali, misalnya aku sedang terlalu lelah atau tubuhku sedang tidak sehat. Tapi membicarakan pola hidup sehat ala aku sangatlah mudah dan tanpa biaya.


Pagi hari minum air putih
Aku selalu menyetel alarm untuk bangun dini hari pada jam 02.30, biasanya aku berhasil terbangun. Karena sudah terbiasa bangun akhirnya alarm itu tak pernah lagi aku fungsikan. Minum air putih setelah berwudhu. Ternyata hal yang sepele ini membuat badanku segar dan tidak lesu. Sarapan pagi tak lupa seselesainya melakukan solat subuh.

Namun kalau aku terlambat tidur karena sesuatu hal, terkadang  aku tidur terlalu pulas dan tak terbangun pada saatnya waktu solat tahajjud. Walaupun begitu demi kesehatanku hal yang sederhana sekali tetap aku lakukan-- minum air putih sebelum solat subuh. Pada saat melaksanakan solat subuh sejak 3 atau 4 tahun yang lalu posisi solatku tidaklah berdiri seperti biasanya dilakukan oleh pada jemaah, tapi aku duduk bersila. Kenapa? Karena kecelakaan pada bagian punggungku nyerinya kumat lagi dan aku selalu akan tersungkur ketika rukuk atau kala akan berdiri dari sujud.

Jadi itulah sebabnya aku selalu solat dalam posisi bersila. Hal ini pun menjadikan hal yang positif buat diriku. Karena sudah terbiasa solat dengan posisi bersila itu, punggungku terasa nyaman rasanya ketika aku bawa sujud.  Semula aku sulit untuk mencium sajadah, tapi lama kelamaan, dengan mudahnya aku mencium sajadah setiap kali sujud. Gerakan  stretch di punggung menyebabkan nyaman dan terasa ringan di pinggangku, tidak terasa nyeri. Aku lakukan sujud dengan duduk bersila agak lama sambil berdo'a. Pada awalnya aku bersila dengan lutut yang tergantung, namun lama kelamaan karena sudah menjadi kebiasaan, otot paha menjadi lentur dan bisa duduk bersila dengan paha bagian bawah menyentuh lantai.  Anda mau coba duduk sepertiku? Bayangkan saja posisi Yoga Sukhasana (bagi yang suka Yoga), bedanya duduk solatku kedua paha bagian bawah menyentuh lantai.



Jalan jinjit dan meninju udara

Setelah solat subuh aku lakukan berjalan sambil jinjit sebanyak at least 50x  sambil menark napas dan buang napas secara teratur -- ini baru aku lakukan masuk minggu kedua. Alhamdulillah inipun menyebabkan dampak positif buat lututku. Jadi enak ketika dibawa naik turun tangga, tapi tentunya dengan berhati-hati dan perlahan-lahan. Lututku tak lagi mengeluarkan bunyi. Alhamdulillah.



 
Sumber: Google


Karena kondisi pinggangku yang gak normal, aku tidak berani ikut berpartisipasi OR aerobik yang sangat energik --  takut berbahaya buat pinggangku. Aku hanya mengandalkan kedisiplinanku dengan meninju-ninju di udara dengan sekuat tenaga, mengayunkan kedua kaki silih berganti ke depan dan ke belakang -- gak banyak, cuma masing-masing 5 x saja. Stretching terasa sampai di pangkal paha  --  ini aku lakukan (kalau gak lupa) setiap malam sebelum tidur. Sebelah tangan sambil berpegang pada sisi tembok agar keseimbangan terjaga.



Konsumsi teh daun kelor ala bunda/teh bawang dayak
Sumber toped

Terapi ini sudah sejak bulan Mei tahun 2018 selama enam bulan berturut-turut aku meminumnya secara teratur ketika kakiku seringkali "kram" sehingga sakitnya bukan alang kepalang pada malam hari. Semula aku kira karena AC yang terlalu dingin, ternyata bukan karena itu, tapi hasil laboratorium karena asam urat, hehe... Alhamdulillah sudah check ulang, asam uratku bagus dan kram itu tidak pernah lagi menyapaku. Sekarang aku meminumnya hanya 2 atau 3 hari sekali saja. Hanya untuk menjaga kondisi kram supaya gak balik lagi. Alhamdulillah sampai sekarang aku sehat.


Untuk teh daun kelor aku membuatnya sendiri dari pohonku sendiri, kadang aku buat sayur bening daun kelor -- stamina jadi okpu





Jalan kaki sejauh yang aku mampu
Ini juga aku lakukan hampir setiap pagi, menurut dokter ketika ada Workshop tentang penyakit diabetes, berjalan kaki selama 30 menit sehari minimal sudah bagus untuk kesehatan, apalagi bila dilakukan secara rutin dan lebih dari 30 menit.



Lalapan dan Vitamin
 
Sumber gbr. manfaat.co.id

Pola makanku tak pernah aku  atur, yang penting aku perbanyak makan sayur-sayuran yang berwarna hijau. Andai aku sedang tidak berselera untuk makan, aku akan meramu irisan bawang bombai dan bawang merah kemudian diberi perasan lemon untuk menggugah seleraku. Asal jangan ada lalapan Mr. Pete atau gulai Mr.Janky. Kalau ada keduanya maka ramuan yang kubuat pamor, hehe...  Tapi jangan khawatir, setelah itu aku pasti menggerogoti mentimun mentah sebagai cuci mulut sehingga baunya tidak terlalu menyengat.  Itu rahasia yang tak sengaja aku dapat.

Pernah dengar daun pohpohan? Daun ini juga baik untuk kesehatan dan untuk menemani nasi dipiring, dicocol sambal mentah tanpa terasi. Bau daun pohpohan yang khas harumnya dan rasa yang gimanaa.... gitu bikin selera makan bertambah (bagi yang suka lalapan daun ini). 

Baidewei baru saja aku browsing tentang daun ini, ternyata daun pohpohan ini sangat manfaat untuk kesehatan manusia karena mengandung Vit.C, Vit.C dan Kalsium



Sebuah kenyataan bagiku, untuk menjadi sehat itu tidak memerlukan biaya yang mahal, tapi kedisiplinan diri sendiri. So, 5 tips pola hidup sehat versiku sangat sederhana,  kan? Lalu apa lagi? Ada! Yang penting dari segala yang penting yang membuat kita totally sehat adalah pikiran yang tenang, bersyukur, dan merasakan kasih sayang. Dan ini aku dapatkan  dari my beloved ancuman (anak-cucu-menantu). Aamiin, Ya, Robbal'aalamiin.



 

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu