Penyebab Bau Mulut yang Menyebalkan

Day-10
Kadang kita terlalu pede tentang diri sendiri (bukan aku lho, ada dweh!) suka merasa udah sempurna memelihara kesehatan diri, termasuk gosok gigi dan segala aktivitas yang berhubungan dengan mulut. Penyebab bau mulut itu kemudian terlepas dari perhatian. Kalau sudah ini yang terjadi, baru deh nyeselnya selangit. Trus mau ngapain? Ya, usahalah mencari solusi, kenapa sih nih mulut yang sangat dibanggakan ini jadi bau begini, hiks... Padahal penyebab bau mulut yang menyebalkan itu harus diupayakan pemulihannya.Tuntas-tas-tas.


Terus terang akupun sangat awam tentang hal ini, karena itu aku usahakan untuk melakukan aktivitas berselancar di google. Dari aktivitas yang satu ini aku menemukan hal-hal yang diluar dugaanku bisa menyebabkan bau mulut. Semula aku kira hal itu tidak apa-apa, ya, biasa-biasa saja. Ternyata semua itu menyebabkan satu kejadian yang tidak kuinginkan sama sekali. Apa itu? Bau mulut! Jadi apa sebenarnya yang menjadi biang kerok bau mulut ini. Yuk, bersama kita mengulik dari sebuah blog yang sudah pasti ada kebenarannya dan ada pula nasehat yang jitu bagaimana menghindarkan diri dari bau mulut. Antara lain 3 penyebab bau mulut

  1. Menurut uraian di blog www.alodokter.com bau mulut bisa disebabkan oleh makanan, misalnya makan bawang, baik bawang putih maupun bawang merah, keju, ikan, dan beberapa makanan yang bercita rasa pedas. Ternyata minum jus yang menurut kita sangat menyegarkan, minum kopi yang menghangatkan tenggorokan serta soda yang menjadikan addicted meminumnya sebagai "soda gembira" dapat menyebabkan mau mulut lho. Kenapa? Karena makanan tersebut akan masuk ke aliran darah dan terbawa ke ginjal hingga bau naas pun menjadi tidak sedap.
  2. Makanan yang tersisa. Makanan yang tersisa di mulut atau menyangkut di gigi menyebabkan tumbuhnya bakteri, sehingga menimbulkan bau mulut.
  3. Yang pasti merokok dan minum alkohol akan menimbulkan bau mulut karena keduanya akan meninggalkan zat yang mengendap dimulut sehingga menimbulkan bau mulut
Lalu akankah kita biarkan bau mulut tanpa upaya  memulihkannya agar menjadi normal dan harum? No way! Terus terang aku sangat menyukai makan bawang merah mentah, petai dan jengkol. Namun seusainya makan salah satu dari tiga jenis makanan itu, aku selalu makan mentimun mentah kemudian menggosok gigi. Kebiasaanku selalu menyikat perlahan lidahku dengan sikat gigi. Gigiku pun bersih walaupun tidak terlalu putih, hehehe...
Setelah itu untuk kenyamanan dalam bergaul aku selalu sedia di tasku pengharum mulut berupa permen GOFRESS XYLITOL permen yang sangat tipis penyegar napas. Dengan berbekalkan permen tipis harga terjangkau ini akan membuat kita percaya diri dalam membangun obrolan di manapun.

Jadi, walaupun gigi tak beraturan, hehe...tetap kebersihannya harus dijaga toh?



Penyebab bau mulut yang menyebalkan  secara sederhana harus kita sendiri yang memperhatikannya, namun kalau sudah menyangkut akibat penyakit yang ada dalam tubuh kita tentu saja Pak dan Bu Dokter yang harus menditeksinya. Hayoo, jaga kesehatan mulut agar tidak menimbulkan bau mulut!







REFERENSI:
https://www.alodokter.com/bau-mulut-halitosis

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu