Tak Terhitung Banyaknya Amalan Puasa

Day-19
Sebagai seorang yang dangkal akan kedalaman ilmu agama yang aku anut yaitu agama Islam, tentu saja ingin sekali menambah ilmu tentang betapa tak terhitung banyaknya amalan puasa. Kita hanya tahu kata puasa lalu melakukannya. Akan tetapi banyak sekali yang tidak sepenuhnya kita ketahui tentang amalan-amalan yang terkandung di dalam kata puasa. Puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Banyak sekali yang tersirat dalam kata puasa khususnya yang dilakukan dalam bulan suci Ramadhan -- Puasa Ramadhan.




Untuk menambah wawasan yang selama ini terasa sangat kurang, aku akan mengulik apa saja amalan puasa yang patut aku ketahui. Lalu apa sebenarnya amalan itu? Amalan menurut hematku pasti berarti satu perbuatan baik yang akan mendatangkan pahala bila kita melakukannya. Sedangkan pahala itu sendiri hanya Allah yang menentukan seberapa besar pahala yang kita dapat karena melakukan satu amalan yang baik, yaitu amalan puasa di bulan suci Ramadhan. Berikut diantara amalan puasa seiring dengan menjalankan puasa yang aku lakukan, sebagai berikut:

  • Niat Puasa


Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihissanati lillahi ta'ala (Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan karena Allah Ta'ala.)

Pada hakikatnya berpuasa itu harus berniat, karena puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya.

  • Sahur 
Sahur itu menurut ulama populer Indonesia, Quraish Shihab hukumnya sunah. Sahur dianjurkan karena manfaatnya memberi kekuatan fisik bagi seseorang yang menjalankan puasa. Makan sahur tidaklah wajib. Disamping itu waktu sahur juga berfungsi mendekatkan diri kepada Allah. Sadar akan kewajiban kita bangun sahur untuk berpuasa keesokan harinya.


  • Menyegerakan berbuka puasa ketika datang waktunya
Waktu berbuka puasa adalah yang dinanti-nanti kedatangannya. Segalanya dipersiapkan sebaik mungkin. bahkan bila perlu dibuatkan acara khusus bersama-sama, yang biasa kita sebut "bukber" -- buka bersama -- Rasa kebahagiaannya sangat jauh berbeda dengan sahur.  Segeralah pecahkan puasa seketika mendengar beduk berbunyi. Alangkah baiknya bila yang kita ambil pertama adalah sebuah kurma yang manis.

  • Solat Tarawih
Niatnya: Ushalli sunnatat taraawiihi rak'ataini lillai ta'aalaa (Artinya: Aku niat Salat Tarawih dua rakaat karena Allah Ta'aala) -- lakukan dengan tertib setiap 2 raka'at satu salam.

Melakukan Solat Tarawih biasanya sebanyak 8 raka'at ditambah 3 raka'at untuk solat witir. Terkadang ada yang melakukannya 20 raka'at sehingga jumlahnya 23 raka'at. Namun kebanyakan mereka yang solat tarawih di masjid melakukannya 8 atau 20 raka'at saja, sedangkan solat witir mereka lakukan di rumah, bisa hanya satu raka'at atau sebanyak 3 raka'at. 
 
  • Membaca Al-Qur'an dan melakukan sedapat mungkin tadarusan
  •  Bersedekah dan memperbanyak perbuatan baik
  •  Zakat dan fitrah
  •  Memberi makan fakir miskin bila memungkinkan 
  •  Banyak berdo'a, berzikir sekuat mungkin, karena bulan puasa Ramadhan adalah saat-saat yang sebaiknya kita usahakan mendapatkan sebanyak-banyak pahala dengan melakukan hal-hal yang baik serta niat yang positif.
 Demikian beberapa dari yang tak terhitung banyaknya amalan puasa yang aku ketahui dan aku jalani semaksimal mungkin.  Selagi diberikan kesehatan dan umur panjang oleh Allah Yang Maha Segalanya, masih banyak yang harus aku pelajari dan dalami tentang amalan puasa ini.

Semoga yang aku tuliskan di atas bila dilakukan dengan niat yang tulus, tertib, In Shaa Allah, puasa kita sah dan berkah. Aamiin.



















    REFERENSI:
    http://kupang.tribunnews.com/2019/05/28/niat-puasa-doa-buka-puasa-ramadhan-2019-niat-sholat-tarawih-witir-hingga-jadwal-imsakiyah
    https://wikihadis.id/sahur-itu-berkah/ 

    Comments

    Popular posts from this blog

    Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

    Khasiat Serai Merah

    Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu