Kue Khas Lebaran yang Selalu Terhidang

Day-27 
Jajanan saat lebaran atau Kue Khas Lebaran yang Selalu Terhidang biasanya aku yang
membuatnya sendiri. Dari tahun ke tahun aku selalu tak puas apabila kue khas lebaran ini aku beli dari toko kue atau memesannya dari teman-temanku. Nope! Tidak akan, maksudnya aku tidak  akan membeli atau memesannya pada tetanggaku bahkan membelinya yang sudah jadi. Rasa kelezatan dan kerenyahannya tidak akan sama dengan kue buatanku sendiri yaitu kue nastar dan kue kastengels.


"Hmmm, renyahnya!" Sungguh buatanku termasuk yang dijadikan favorit oleh keluargaku. Setiap kali mencicipi kue sejenis di tempat lain, selalu saja keluar pujian untukku. Sebenarnya banyak variasi jajanan di saat Lebaran, misalnya kue puteri salju, kue kacang, kue rempah --  tapi mengenai kue yang aku tahu pasti bagaimana cara membuatnya, ya, dua macam ini --  Nastar dan Kastengel -- Ada satu lagi yang biasanya menjadi primadona di meja tamu yaitu toples-toples berisi "kacang bawang" -- kacang tanah yang digoreng kemudian diberi bawang putih yang telah digoreng hingga kuning emas. Kalau gak salah mereka yang berasal dari Sumatera Barat menyebutnya "kacang tojin."

Kue puteri salju, kue rempah juga termasuk kudapan yang tak boleh dilupakan karena kue-kue ini
Sumber: craftlog.com
juga menjadi favorit aku. Terus terang kedua macam kue ini aku belum mahir membuatnya. Anak perempuan sulungku yang sudah canggih membuatnya.  Sedangkan dua macam kue yang sangat khas harus ada di hari Lebaran dan kue ini termasuk resep yang paling kuno. Sejak masih nenekku pun kue ini sudah tenar dan menjadi primadona diantara sejumlah kue-kue khas lebaran. Nah, akulah di keluarga yang paling pas meramu dan menguleni bahan untuk membuat kue kastengels ini. Begitu juga dengan kue nastar.

Kedua kudapan yang aku buat ini memang menurutku sangat berbeda dari kedua macam kue yang sama namun buatan orang lain, hehe... kecuali mungkin kalau kita membelinya yang berharga sekitar Rp. 130,000/per stoples yang beratnya cuma 0.5 kg mungkin rasanya akan mirip dengan buatanku...#sombongdehsibunda. 

Yang kutuliskan di postigan ini kudapan lho ya, jadi tidak termasuk makanan berat. Makanan berat seperti yang menjadi favorit para kawula muda dan ibu-ibu muda adalah bakso, mie ayam dan jenis makanan berat lain termasuk di dalamnya makanan berat dari rumah makan Padang. Bagiku yang terakhir ini tak sulit mencarinya karena dekat dengan rumahku pun ada. 

O-ya, dua macam jajanan saat lebaran ini yaitu kue nastar dan kue kastengels telah pula menjadi favorit  anak perempuan sulungku. Bahkan ia sudah lihai membuatnya. Bentuk yang dibuatnya sangat manis dan tertata rapih ktika memasukkan ke dalam toples plastik. Aku belum bisa sama besar membuatnya, karena itu aku tidak bisa atau belum bisa berganti posisi dari Pensiunan menjadi Pedagang kue nastar dan kastengels, hehe....

Apakah kudapan yang aku sebutkan diatas ini juga termasuk dalam daftar kudapap yang akan dihidangkan pada saat lebaran di rumah anda?



 























Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu