Aku Baru Tahu Ada Penyakit Jamur Kuku


Source gbr: alodokter.com

Aku Baru Tahu Ada Penyakit Jamur Kuku

Beberapa hari yang lalu entah karena apa jemari ini iseng klak-klik ke sana kemari mencari bacaan yang menarik. Sampailah aku pada artikel yang berjudul "Jamur kuku" yang bahasa medisnya disebut onikomikosis. Wah, ini penting banget untuk dibaca. Mungkin tidak cuma aku yang terheran-heran akan adanya penyakit jamur kuku ini. Banyak dari para reader juga, kan? Atau memang hanya aku saja, hehe...


Selama ini yang aku tahu dan aku rasakan adalah "sakit kuku kaki atau kuku tangan". Titik. Ternyata kini aku baru tahu ada penyakit jamur kuku yang aku baca dari beberapa artikel dan  betul-betul bikin bergidik a.k.a. menakutkan sekali. Kenapa? Karena ternyata sakit pada kuku kaki atau kuku tangan itu bukan hanya karena infeksi biasa atau yang lebih dikenal dengan cantengan tapi sangat mungkin disebabkan oleh adanya jamur kuku. 

Apa yang disebut "Jamur kuku"
Jamur kuku adalah infeksi jamur yang terjadi pada kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki. Keadaan ini bisa dialami oleh siapa saja, namun terutama pada lansia.  Disebutkan bahwa jamur kuku bukanlah kondisi yang berbahaya. Awal kemunculan jamur kuku ini sering ditandai oleh adanya bintik putih atau kuning pada ujung kuku. Kemudian bila dibiarkan kuku akan berubah warna, menjadi tebal dan rapuh pada ujungnya.

Sumber gbr www.alodokter.com/jamur-kuku

Aku baru sadar beberapa kuku jari kakiku sudah terkena jamur kuku, huhuhuuu...Semula aku tidak tahu akan bahayanya. Aku merawatnya dengan seminggu sekali merendam jari kakiku dengan air setengah panas yang dicampur dengan garam kasar (tidak dipakai untuk masak). Sambil aku gosok-gosok perlahan bagian kuku yang terkena jamur kuku dan yang telah mampu mengubah bentuk kuku jari kakiku menjadi sangat tebal dan agak kehitam-hitaman.


Usaha Menyamarkan Jamur Kuku


Apa yang aku lakukan untuk menyamarkan jamur kuku ini. Tentu saja aku menggunakan RANI nail polish. Terhindarlah aku dari perasaan tidak percaya diri karena si jamur kuku tersembunyi di balik cat kuku yang membuat mata lebih lumayan nyaman memandangnya, wkwkwk...


Untuk catatan saja Henna nail polish apabila dipakaikan ke kuku-kuku jari tangan atau jari kaki, maka sulit untuk dihilangkan. Ini menurut pengalamanku sendiri. Warna-warna Henna nail polish merah dan hitam/coklat tua yang dikenakan di kuku-kuku akan hilang dengan sendirinya seiring dengan memanjangnya/pertumbuhan kuku, kemudian kita menggunting dan merapihkannya.


Akan tetapi apabila cat Henna digunakan pada kulit lengan atau di bagian tubuh yang mana pun yang kita kehendaki (yang digunakan sebagai arts/pemanis/kecantikan), mudah sekali untuk menghilangkannya. Caranya antara lain:

  1. Oleskan minyak zaitun ke kuku atau kulit dengan menggunakan kapas. Minyak zaitun ini juga akan membantu melembabkan kulit. Jika ingin hasil yang cepat dan maksimal campurkan minyak zaitun ini dengan garam secukupnya dan oleskan pada kuku dan kulit kemudian bilas hingga bersih. 
  2. Beauty Cream yang tentunya hampir setiap wanita memilikinya juga bisa digunakan untuk menghilangkan cat henna ini dengan cara yang sama dengan mengoleskan minyak zaitun. Gunakan berulang manakala masih kelihatan membayang warna catnya. As simple as that, kan?

Aku tak pernah berpikir harus memeriksakan diri ke dokter berkenaan dengan adanya jamur kuku di jari-jari kakiku. Mulai hari ini aku harus serius merawatnya karena ada beberapa artikel yang aku baca, jamur kuku ini bisa menyelusup ke organ-organ tubuh kita yang lain melalui aliran darah. Tambah serem kan kalau kita menyepelekan penyakit yang disebabkan oleh jamur kuku ini. 


Kenapa Bisa Terjadi Jamur Kuku?


Jamur kuku ini terjadi karena adanya jamur dermatofit dan selain itu juga karena jamur candida (jamur ragi) terkadang juga ikut menjadi sebab terjadinya jamur kuku kaki yang disebut onikomikosis. Pada saat kondisi kuku hangat dan lembab, jamur kuku dengan leluasa akan menjadikan kuku kita sebagai habitatnya.  Karena itu jagalah agar kaki Anda selalu dalam keadaan bersih dan kering.

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang antara lain:

  1. Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku
  2. Berada di lingkungan yang lembab
  3. Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat
  4. Berbagi pakai handuk dengan orang lain
  5. Terlalu sering memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu
  6. Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama
  7. Sering berjalan tanpa alas kaki
  8. Merokok

 Cara mengobati jamur kuku a.l.:
  1. Berkonsultasi dengan dokter yang akan memberikan resep obat antijamur oral ataupun berupa krim. Meminum obat antijamur harus bersabar karena akan memakan waktu kurang lebih 4 (empat) bulan. Tetap berkonsultasi dengan dokter yang memakan waktu sekian lama adalah untuk memastikan jamur kuku tidak akan muncul kembali dan tentunya untuk mendapatkan kuku yang terbebas dari jamur. 
  2. Memberi obat berupa krim yang harus dioleskan ke kuku yang berjamur. Namun sebelumnya kuku harus dibersihkan dan ditipiskan dengan mengikisnya agar krim dengan sempurna meresap ke dalam kuku yang berjamur.
  3. Memberi obat berupa cat kuku anti jamur yang disebut siclopirox. Obat antijamur yang berupa cat kuku ini akan dibiarkan melapisi kuku yang berjamur selama kurang lebih 7 (tujuh) hari untuk melindungi kuku dan kulit sekitar kuku yang terinfeksi. Jika sudah terlalu sakit dan sudah tak tertahankan, maka dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan operasi cabut kuku yang berjamur -- minor surgery atau operasi kecil. Dengan dicabutnya kuku tersebut maka untuk menunggu tumbuhnya kuku baru akan memakan waktu kurang lebih satu tahun. 
  4. Metode dengan terapi laser yang masih kurang lazim dilakukan karena biayanya cukup tinggi, walaupun efektivitasnya cukup ampuh untuk pengobatan jamur kuku.



Berkenaan dengan dilakukannya operasi kecil atau minor surgery aku pernah mengalami kira-kira dua tahun yang lalu. Aku mengalami hal yang biasa disebut cantengan bahasa medisnya: paronychia). Namun cantengan ini bukan disebabkan oleh jamur kuku, melainkan karena pertumbuhan kuku jempol kaki yang tumbuh mengarah ke bawah sehingga menusuk daging jempol bagian sisi. Hal ini menyebabkan bengkak dan bernanah. Setelah berulang kali berobat ke dokter namun tak kunjung sembuh, sampailah dokter pada keputusan untuk mencabutnya. Wah, bukan main dag-dig-dug jantungku membayangkan akan dicabut juga nih kuku jempol kakiku. What ever will be will be sajalah demi agar terbebas dari rasa sakit yang mendera.


Ternyata gak terasa apa-apa, readers! Minor surgery berjalan sangat singkat. Dokter memberiku suntikan anastesi lokal untuk membebaskan rasa sakit di sekitar bagian yang akan dioperasi. Alhamdulillah! Tercabut sudah kuku jempol. Antibiotik dari dokter secara teratur aku minum untuk menghindari terjadinya infeksi. Kemungkinan terjadinya infeksi andai aku kurang bersih menjaga luka bekas kuku yang dicabut bisa saja terjadi. Aku harus menunggu kurang lebih enam bulan hingga kuku jempol kakiku tumbuh. Dokter memprediksi pertumbuhan kuku baru dalam waktu satu tahun, ternyata kuku kakiku telah tumbuh sempurna hanya dalam waktu 6 (enam) bulanan saja. Alhamdulillah kuku tumbuh dengan sempurna, tak terdapat adanya gelombong pada permukaan kuku.


Sejak itu aku semakin rajin merawat kuku-kuku kakiku, tapi ada beberapa kali aku harus menjalani perawatan khusus karena jamur kuku telah bermukim di beberapa kuku jari kaki yang lain. Kalau belum parah aku tidak merasa terganggu. Tapi warna kehitaman yang diakibatkan oleh adanya jamur kuku tentu saja tidak enak dipandang mata (walau mataku sendiri, hehe..). Jauh sebelum mengambil keputusan untuk berobat ke dokter, aku usahakan untuk memoles kuku-kuku jari kaki dengan nail polish Henna berwarna coklat tua yang sah dipakai untuk beribadah.


Adakah. diantara readers yang pernah mengalami penyakit jamur kuku, baik jari kaki atau jari tangan, atau bahkan pernah mengalami minor surgery seperti aku yang semula takutnya bukan main, tapi keluar dari Rumah Sakit dengan perasaan lega. Setelah dilakukan operasi, tidurku terbebas dari rasa berdenyut-denyut sakitnya luar biasa di jempol kaki. Jangan membayangkan toe-nail minor surgery itu sesuatu yang menakutkan. Dokter lebih tahu apa yang harus dilakukan, tak mungkinlah kuku tersebut dicabut begitu saja tanpa suntikan, hehe... Pasti dokter akan memberikan seperti yang telah aku sebutkan diatas, yaitu anastesi lokal untuk memblokir rasa sakit pada bagian kuku yang akan dioperasi. Anastesi lokal ini membuat pasien tetap tenang ketika kukunya dicabut.

Kini Aku Baru Tahu Ada Penyakit Jamur Kuku








CATATAN:

Sengaja tidak kusertakan banyak contoh-contoh jamur kuku karena aku sendiri
membayangkan ketakutan melihatnya. Jadi andai ingin melihat foto-foto
 bagaimana bentuk jamur kuku yang merusak kuku cantik kita
 silakan googling aja ya dengan kata kunci 
JAMUR KUKU.


Moto: KEBERSIHAN PANGKAL KESEHATAN. 
 
 




References:
https://www.alodokter.com/jamur-kuku
https://www.beautynesia.id/berita-fashion/ini-dia-rahasia-menghapus-cat-kuku-henna-yang-paling-mudah-dan-praktis/

Comments

  1. Langsung auto ngecek kuku kaki ada jamurnya gaa, huuhuu kalo kekuningan kadang2 aku ngalamin bun, bener juga apa karena seharian memakai sepatu jadi lembab yaa.
    Intinya mah, rajin dibersihkan , iya sih kadang suka lupa perawatan kaki tuh termassuk kuku2nya, padahal kaki mempunyai fungsi yang utama buat beraktivitas.

    Makasih Bundaa sharing dan tipsnya sola jamur kuku. Aku mau bebersiihhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bunda yakinlah kl anzk OLku yg satu ini resik dlm merawat seluruh kuku kaki dan kuku tangan pemberian Allah.

      Delete
  2. Saya pun baru tau ada penyakit jamur kuku, bunda. Kalau nggak cepat diatasi ngeri juga ya ternyata. Kalau minyak zaitun, saya suka minum tiap hari bun, buat menjaga kesehatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus tuh minum minyak zaitun tiap mlm sblm tidur 1 sdm trus minum air hangat. Aliran darah lancar konon bisa menjaga kuku dari serangan jamur kuku.

      Delete
  3. Tau ga sih, Mak saya auto liat kuku2 saya pas baca artikel ini.. hahaha.. alhamdulillah kuku saya masih aman dan alhamdulillah juga semua usaha pencegahan jamur kuku tuh dah saya lakuin sebagai kebiasaan. Ma kasih infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihiii...pastinya tapi terasa lega ya setelah kuku dalam keadaan aman. Aamiin.

      Delete
  4. Bundaaaaaa, semoga sehat sehat selaluuu ya. No more jamur kuku dan penyakit2 lainnya, aamiiiin
    Kangen bgt iiih, semoga bisa silaturahim dan kopdar ama Bunda lagi yaaa
    Trakhir kita ketemu di rumah Teh Ani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuun ini teh Nurul yang dari Surabaya, ya? (kalau gak salah ingat nih si bunda). Yuk, yuk, kapan kita kopdaran lagi tapi gak ngebahas soal "Jamur Kuku: lah ya, hehe...

      Delete
  5. jamur kuku ini bisa bikin kuku jadi kehitaman dan keliatannya gak sehat ya Bunda? langsung deh aku cek kuku kakiku satu-satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii...pastilah bersih dan mulus toe-nails-nya.

      Delete
  6. Bun, saya pernah melihat orang dengan kuku berantakan gitu tumbuhnya. Kalau baca artikel ini sepertinya dia kena jamur kuku. Emang sih gak bahaya tapi gak sedap aja lihat kuku jadi keriting gitu ya Bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Evi, karena itu bunda gak sertakan beragam model kuku yang kena jamur kuku. Disamping jamur kuku, juga berhati-hati menggunting kuku jempol kaki, salah-salah tumbuhnya malah ke bawah jadi menusuk bagian sisi kuku jempol kaki. Ini yang suka jadi cantengan.

      Delete
  7. Wah saya nggak ngeh, Bunda sama jamur kuku. Berbahaya ya ternyata, baru tahu, Bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Niar, begitu yang bunda baca. Itu si jamur bisa menyelusup ke organ-organ tubuh kita yang lain melalui aliran darah. Serem juga dan bunda harus cari lagi itu artikel tentang penyelusupan si jamur kuku melalui aliran darah kita. In shaa Allah.

      Delete
  8. Aku belum pernah mengalami kuku berjamur dan juga cantengan bunda, kebayang sih kalau mau operasi kecil tuh pasti takut. Soalnya aku pernah operasi kecil juga tapi karena ada benjolan kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berarti merawat kuku dengan baik dan telaten, ya.

      Delete
  9. Saya juga baru tahu nih, Bun. Kalau jamur juga bisa tumbuh di kuku. Hiiii serem. Selama ini kirain adanya di selasela jari aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Andy. Bunda jd hrs lbh rajin nih jaga kebersihan kuku

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Bundaa, aku baru tahu ada penyakit jamur di kuku gini bun. Makasih ya udah ngingetin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah content postingan bunda at least ada manfaatnya ya.

      Delete
  12. Aku juga baru tau ada jamur kuku ini loh Bun. Ternyata cantengan itu ya. Duuhh nyeri rasanya pas baca Bunda harus cabut kuku. Semoga habis ini sehat-sehat aja kukunya ya Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangku, cantengan beda sama jamur kuku. Setelah dicabut tumbuhnya kuku bunda jd mulus lho.

      Delete
  13. Kadang bagian kaki suka lupa di sikat hasilnya kalau struktur kuku seperti kuku kakiku yang masuk ke dalam jadi rawan tempat berkumpulnya kotoran lama lama akan menjadi jamur dan menginfeksi, dih mesti rajin ya kita bersihkan

    ReplyDelete
  14. Bunda...setuju kebersihan pangkal kesehatan. Aku langsung ngecek kuku kakiku apa ada jamur kuku tidak...duh, syukurlah Bunda sudah terbebas dari nyut-nyutan ya..semoga setelah minor surgery kuku jempol kaki sehat selalu kuku dan seluruh badannya ya Bunda. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Banyak gerak dan hati senang bikin sehat dan jd rajin bersihin kuku, hehe

      Delete
  15. Mamaku yang mengalami nih Bund, kuku kakinya jadi tebal dan berubah warna, bahkan sampai ada yang bentuk kukunya jadi meliuk² gitu, duh kumaha ya ngegambarinnya, hihi, pokoknya bentuknya jadi gak kayak kuku biasanya, jadi penyok2 gitu. Kemungkinan besar karena jamur ya, gak boleh dianggap enteng ternyata ya Bund. Baru tahuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok, rajin aja ngerendem kzki dengan air setengah panas, gosok2 sampe kukunya lembut, keringkan trus fiobatin kl blm ada salep kuku pake sja balsem. Rajin sabar nanti juga jamurnya hilang.

      Delete
  16. Saya pun baru tau bund, ada jamur kuku. Berarti harus hati hati juga ya, mengecat kuku juga rentan jamur kuku. Makadih bunda infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengecap kuku asal tdk tetlalu lama dibiarkan nempel gakpapa. Yg penting rajin bersih2 kuku.

      Delete
  17. Waah, saya sudah mengalami dua hal ini Bunda. Operasi kecil utk kuku cantengan saya alami saat SD di dua jempol kaki. Sayang tumbuhnya jadi nggak bagus gitu deh. Nah yang jamur kaki saya alami dua tahunan ini. Memang pernah saya ke dokter, tapi ketika diminta minum obat berbulan-bulan, saya nggak lakukan. Eh tapi ngeri juga ya kalau bisa menelusup ke organ dalam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lisda, ikugin aja cara bunda rajin seminggu sekali rendem sama air setengah panad kadih 1 sdm garam, keringkan trus olesin pake balsem kl blm ada krim kuku. Padti ada hasilnya koq.

      Delete
  18. Ternyata ada yang namanya jamur kuku ya mbak, aku tahunya cuma kutu air aja. btw, lihat foto jamur kuku nya sama banget kaya kuku punya ibuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl kutu sir kan menyerang sela2 jari kaki dan telapak kaki. Ismr kuku yg diserang kukunya.

      Delete
  19. Wah, i just know about that. Thank for Bunda sharing. Nice information for me

    ReplyDelete
  20. Sepertinya jamur kuku ini jg melanda sebagian nenek n kakek aku bundaa. Nice info banget nih keknya aku musti share artikel ini ke nenek aku jg.

    ReplyDelete
  21. Bundaaa...
    Kuku jempol kaki kiriku juga tumbuhnya bergelombang.
    Sudah diberi masukan sama mas kalau lebih baik di operasi.
    Tapi mendengar kata operasi, subhanallahu...aku takut.
    Tapi membaca cerita Bunda...apa lebih baik konsultasi dulu gitu yaa...agar tahu tindakan berikutnya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lendy, kl gak berubah warna dan gK sakit kl perlu konsultasi dokter dl.

      Delete
  22. Baru tahu soal jamur kuku bun, sampai ada yang operasi gtu?
    Kyknya pernah liat situasi kyk gtu di jarinya org2 yang udah sepuh ya, mbah2 gtu?
    Kalau aku paling banter masalah jariku adalah cantengen hehe. EH tp adekku pernah juga diambil kukunya gara2 cantengen itu :D

    ReplyDelete
  23. Iya bund ada kok jamur kuku, sering saya lihat di artikel-artikel karena pernah googling tentang perawatan kuku kaki yang kadang bengkak karena sering aku utak-atik jadi luka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe tzngannya usil nih mbak Lina suka ngutak atik kuku. Kl mau betdihin lbh baik rendem dl pake air setengah panas plus 1 sdm garam, gosok deh jari2 kaki. Beres gak ada luka, hehe...

      Delete
  24. Sama, bunda. Aku juga baru tahu yang namanya jamur kaki. Hiiii karena lembab bisa muncul jamur yaah.
    Makasih info lengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, bener banget rajin aja mengeringkan kuku dan sela jari2 dengan telaten padti jamur kuku gak betani mampir.

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu