Thursday, June 06, 2013

Sebelum dan Sesudah Jadi Member KEB


Sebelum bunda menjadi member KEB (baca: Kumpulan Emak2 Blogger), sebenarnya bunda sudah lama berkecimpung di dunia maya, yaitu sejak bulan April 2009. Kegiatan bunda biasa-biasa aja tuh.. Aktifitas pun paling mengikuti audisi menulis yang diadakan oleh Penerbit atau oleh Kordinator Audisi. Teman di dunia maya memang banyak, tapi tidak lebih dari 600-an. Jumlah ini pun juga bertambah karena bunda memenangkan beberapa audisi menulis, sehingga banyak fesbukers muda usia yang meng-add bunda. Mereka juga mempunyai hobby yang sama, yaitu menulis.


Berbicara tentang keterlibatan bunda di dunia maya iini, tentu saja bunda tidak bisa melupakan jasa seseorang yang mengharuskan bunda membuka akun fesbuk dan akun blogger. Siapa lagi kalau bukan seorang Internet Markerter, JokoSusilo, itu lho pengelola Bisnis Online Formulabisnis. Tahu gak sih, waktu itu sebagai newbie, nekat banget ikutan Kontes SEO yang diadakan oleh Formulabisnis. SEO aja baru tahu belakangan yang artinya Search Engine Optimation. Nah lo! Jelaslah bunda terpelanting donk keluar arena lomba, hahaha.... Tapi berkat ikutan kontes ini, nama bunda terorbit lho! Ini berkat tulisan seorang teman fesbuk bernama Yusi Setiawati, seorang Internet Marketer asli. (bukan seperti bunda, hehe....) Yusi ini membuat artikel tentang bunda. Mau baca? Nih, bunda sediakan disini link-nya Yusi Setiawati. Karena tulisan Yusi ini, alhasil bunda banyak mendapat teman-teman baru, antara lain arek Jember, Bro Zabriansyah Hakim, yang kemudian lebih dikenal oleh blogger, sebagai RZ.Hakim. Tahun lalu beliau menjadi Pangerannya mbak Prit Api Kecil, hehehe...Mudah2an cepat dikasih momongan, biar si bunda jadi nenek online-nya. Teriring do'a dari bunda buat kalian berdua ya Bro dan  Prit.

Masih seputar cerita sebelum jadi member KEB. Kegiatan di bisnis online otomatis terhenti, karena, pastinya "mindset" kurang afdhol deh, t'rus pemasukan gak seberapa, sehingga timbul juga rasa bosan. Awal ketertarikan bunda dengan bisnis online ini, tentu aja "pengen" menangguk fulus dari dunia maya. Gimana gak bernafsu coba, disaat bunda butuh info, dengan giatnya browsing sampailah bunda pada tulisan seperti ini:

Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang
di Internet Akhirnya Diungkap...
Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang Melimpah dari Internet... Hanya Jika Anda Tahu Caranya!

Terhipnotis oleh tulisan diatas, langsung bunda bergabung, karena syarat yang tertulis disitu sudah dalam genggaman. 

Setelah berjalan beberapa bulan dengan tugas sebagai Reseller, penghasilan tak kunjung memuaskan. Menangguk uang tidak se-sukses mereka yang sudah berpenghasilan besar. Timbul rasa jenuh. Perlahan URL yang bunda miliki sebagai Reseller bunda tinggalkan, namun tidak bunda tutup akun bunda disana. Hingga sekarang masih juga selalu mendapat kiriman info dari Mas JokoSusilo.

Ternyata kepuasan itu tidak bisa dinilai dengan materi, tapi dengan kepuasan bathin -- ketika kita tahu bahwa di luar sana banyak yang ingin berteman dengan kita, lepas dari sesuatu yang berhubungan dengan uang, disanalah bermukimnya kepuasan. Semua ini adalah berkat keberhasilan bunda, yang belum seberapa dalam hal menulis, namun telah bisa menghasilkan belasan buku antologi melalui beberapa lomba/kontes/audisi menulis. Dari sinilah kemudian berkembangnya pertambahan pertemanan, diikuti  beberapa kopdar dengan teman-teman dari dunia maya.

Jadi kegiatan bunda yang offline hanyalah apabila ada acara kopdar thok! Memang sangat menyenangkan, tapi yang luar biasa menyenangkan sesudah bunda menjadi member KEB. Hildup ini memang harus dinikmati dan disyukuri. Selagi kita masih bisa beraktifitas, lakukan sesuatu. Why not? Jangan usia dijadikan alasan untuk ber-pangku-tangan dan ber-malas-malasan. Bunda mohon kepada Allah SWT, berilah bunda selalu kesehatan yang prima untuk menikmati anugerahNya dalam usia bunda yang telah memiliki "bonus" banyak ini. 'Tul gak? Disinilah keberkahan usia bunda yang sudah sangat Senior dalam hitungan tahun.
Kegiatan offline sebelum join KEB  adalah Kopdar dengan fesbukers dari Samarinda, Egypt, Jakarta di Food Court Sarinah, 3 April 2011.

Mungkin satu atau dua bulan setelah lahirnya Kumpulan Emak2 Blogger, bunda ikut bergabung. Semula bunda agak ragu, karena bunda kan bukan "emak-emak" lagi, tapi udah granny (biar kerenan dikit, padahal sih maksudnya "nenek-nenek", hehe... ) Tapi Founder KEB, mak Mira Sahid, meyakinkan bunda bahwa itu adalah hanya sebuah simbol aja atau sebutan -- siapa pun, apakah dia masih single, married, or even grandma, boleh banget jadi member KEB. Nah, anteng deh bunda dengan keterangan dari mak Founder KEB ini. Langsung join donk, tanpa keraguan lagi.


Setelah bunda join sebagai member KEB, bunda merasakan se-olah-olah bunda dilahirkan kembali. Hebat, kan? Perasaan bangga dan bahagia bercampur menjadi satu. Lho koq? Ya, iyalah, karena bunda merasa mendapat tempat disini. Merasa diakui sebagai seorang blogger, yang menjadikan bunda bangga pada diri sendiri. Kebanggaan yang timbul karena perasaan "tidak sia-sia" bunda beraktifitas di dunia maya.

Ber-turut-turut kegiatan offline yang bunda ikuti setelah join dengan Kumpulan Emak2 Blogger:

Pertama: Mengikuti gathering KEB di Gedung IDC, pada tanggal 29 April 2012. Sebagai blogger ter-senior dalam usia, pada kesempatan itu Founder KEB "menggamit dan menuntun" bunda untuk diwawancarai oleh staff dari Internet Sehat/WatchDoc. Interview ini berbuntut manis, karena beberapa hari kemudian mbak Manda dari WatchDoc meminta crew dari WatchDoc untuk melakukan shooting dan me-wawancarai bunda lebih lengkap. Hehehe...bunda jadi selebriti dadakan tuh. Hasilnya jadilah bunda salah satu tokoh dari Kumpulan Emak2 Blogger yang mengisi DVD @linimassa 2.(disini bunda sedang melakukan kegiatan nge-blog, hehe...-- pada bagian terakhir dari @linimassa 2.)

Kedua: Gathering KEB/BlogDetik/Tupperware dengan Majalah Sekar di Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 5 Agustus 2012. Kegiatan offline ini membawa bunda jadi numpang nampang di Majalah Sekar lho! Keren, khan? 

Ketiga: Mendapat undangan dari Gerakan Indonesia Berkibar untuk menghadiri Launching Gerakan Indonesia Berkibar, pada tanggal 3 November 2012. (Kalo gak member KEB, mana bisa aku berada disini? Yeee..... Senengnya!).

Ke-empat: Pada tanggal 15 November 2012, malam, aku mendapat telpon dari Founder KEB, Mak Mira Sahid, yang meminta bunda untuk datang ke Bahana Radio, esok harinya, tanggal 16 November, untuk sebuah wawancara radio, bersama Mak Indah Julianti Sibarani, Mak Eliza Koraag dan Mak C.Koraag. Lokasinya di Petogogan. Ah, piece of cake itu sih (dalam hati bunda) karena bunda puluhan tahun pernah tinggal di wilayah Kebayoran Baru. Di jabanin lah itu alamat dengan mudahnya. Biasalah bunda datang lebih awal, hehe...



Bisa dibayangkan donk rasa senang dihati bisa di-ikut-sertakan dalam wawancara radio di Bahana Radio. Kalo gak jadi member KEB, mana bisa bergaya seperti ini, hahaha.... (Namanya juga newbie, jadi bahagianya tak terkira-lah).

Ke-lima: Ikut terlibat acara KEB dalam KOMPASIANIVAL -- Hero Inside You, pada tanggal 17 November 2012 di Mall Gandaria City.  Pada acara ini MakPon alias Founder KEB, Mak Mira Sahid, juga mewawancarai bunda. Wah, pokoknya rasanya, gimanaaa....gitu, diwawancarai oleh Reporter ayu plus cantik Mak Mira Sahid.

Ke-enam: Pada tanggal 28 April 2013, KEB mengadakan sebuah perhelatan yang spektakuler (banget), yaitu ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013, dan, dan, dan....bunda mendapat apresiasi sebuah Award, yang luar biasa dan yang tidak bunda duga sebelumnya, yaitu ACER Srikandi Lifetime Achievement 2013..

Lagi dan lagi, tidak terbayangkan seandainya bunda gak join Kumpulan Emak2 Blogger, apakah mungkin apresiasi seperti ini bunda dapatkan? Sebuah apresiasi yang membuat percaya diri bunda bertambah dan mudah-mudahan tidak menjadi "over-confident". Insya Allah, bunda akan tetap menjadi bunda sebelum memiliki predikat tersebut,  dengan catatan, pastilah semangat harus ditingkatkan, yeee.... Tanpa semangat, apa pun tidak akan muncul ke permukaan, baik berupa tulisan, maupun ke-ikut-sertaan dalam ajang apa pun yang sekiranya mampu bunda laksanakan dan bunda ikuti.

Ke-tujuh: Aktifitas ini yang membuat bunda serasa menjadi seorang pegawai kantoran lagi, qiqiqiiii...Lho koq? Emang kenapa? -- karena bunda menghadiri sebuah Workshop bertema Be Smart Blogger. MakPuh Indah Julianti Sibarani mengundang bunda untuk menghadirinya. Wah! benar-benar sebuah kesempatan yang amat langka pastinya.Berangkat dari rumah seolah bunda akan "ngantor" lho! Aneh tapi nyata. Semangat menggebu, mbuh naik apa, yang penting bunda harus hadir. Itu yang ada dalam pikiran bunda waktu itu. Alhamdulillah terlaksana, dan bunda seolah menjadi pegawai kantoran sehari, hehe.... Acara Workshop Be Smart Blogger ini dalam postingan bunda ada 5 postingan.

Setelah join KEB dan juga beberapa komunitas menulis, laju pertambahan pertemanan menjadi sangat mantap. Sekarang sudah lebih dari 1000 orang jumlahnya. Untuk blogger se-usia bunda, 74 tahun, maka jumlah pertemanan melebihi 1000-an orang adalah benar-benar something. Terima kasih, ya, Allah.

Inilah bunda sekarang....menyandang sebuah predikat ACER Srikandi Lifetime 2013.
Bagaimana bunda bisa lupa ya, bahwa yang paling menguntungkan join KEB, disamping memiliki predikat yang bisa dibanggakan kepada anak dan cucu, juga berkenalan, walaupun baru sebatas online, dengan para Penulis handal, para Author, para Penerjemah, yang telah menelorkan segudang karya-karyanya. Sementara ini yang acap berkomunikasi online adalah: Leyla Hana, Dina Begum, Haya Aliya Zaki, Wylvera Windayana, dan bakal banyak lagi bunda temui dan kenal penulis yang emang udah jadi penulis beneran. Bunda nanti menyusul ya? hehe...

18 comments:

  1. Waahh inspiratif banget bunda. Kata2 itu jangan usia dijadikan alasan. Malu aku sebagai yang lebih muda suka banyak alasan. Hihi.

    Ngomong2 joko susilo aku juga pernah tuh nyemplung kesitu tapi nggak hasil sama skali malahan. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. noestyla, wlah kalo gitu masih mending bunda donk, hehe.... masih ada penghasilan juga dari Formulabis itu. Cuman karena bunda gak bisa or belum bisa bikin E-book, jadilah bercerai lsementara sama Formulabisnis. Tapi emang betul lho, kalo usia dijadikan alasan, bisa-bisa kita gak punya aktifitas apa-apa, lho. Ngurus RT dan anak-anak juga kan aktifitas. (menghibur.com) Makasih ya udah mampir ke blog bunda.

      Delete
  2. Kitalah yang harus menciptakan agar hidup ini semakin berwarna-warni ya mbak.
    Jika ingin lebih seru jangan lupa ikut kontes unyu ini

    http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.., met pagi Shohibul Kontes FF Senandung Cinta. Oke, insya Allah akan ikutan, nih belum ngumpul idenya. Kali udah kelamaan nganggur dari cinta, hahahaha.... Makasih udah mampir. Salam manis dari Ciputat.

      Delete
  3. Terharu dan bangga bisa kenal bunda serta memiliki bunda as our part at KEB. teruslah menginspirasi ya, bun. peluk hangat dan tiyom basah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Do'akan bunda masih akan diberi stamina yang okpu ya, makpon yang cantik. Bunda lebih bangga lagi. Big XoXo. Makasih udah mampir ya.

      Delete
  4. alhamdulillah... senang sekali bisa mengenal bunda yati. bunda, semangat yang bunda miliki itu luar biasa. meski hanya lewat kata, bunda mampu menyihir liza yang membacanya. ohya, liza juga sering lihat iklan joko susilo, dulu di setiap blog dimana-mana ada iklan dia ya bunda. tapi sekarang udah ngga setenar dulu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lizafathia, bunda juga senang nih berkenalan dlengan liza. Md2an tambah memacu semangat bunda untuk tetap eksis di dunia maya, jadi kenalan sama yang muda and ranum, bisa menulari semangat ranumnya pada diri bunda, hehe.... Tapi Jokosusilo dengan Formulabisnisnya masih "cetar" tuh sampe sekarang. Mksh ya udan nili-i blog bunda.

      Delete
  5. Salut buat bunda yang semangatnya menginspirasi. Selamet atas suksesnya acara ultah blognya ya Bun...(nyesel nih telat kenal bundanya...jadi gak bisa ikutan lombanya deh...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dyahdanny, do'ain bunda biar tetap sehat, siapa tahu tahun depan bisa ngadain lagi GA dan Dyah "kudu" ikutan. T'rima kasih kalo memang bunda bisa menginspirasi Dyah. Makasih juga atas kunjungan Dyah ke blog bunda.

      Delete
  6. Wah..... inspiratif sekali Bunda. Semoga bisa menularkan semangatnya kepada generasi muda. Dan terus tetap berkarya dalam emrajut kreatifitas tanpa batas.

    Sukses selalu
    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Barusan bunda jalan-jalan ke blognya tapi, karena canggihnya kali ya, ampe bingung mau kasih komentarnya dimana, hehe.... kasian sih bunda nih yang newbie terus. Insya Allah, pasti bisa, kalau generasi mudanya penuh semangat juga tuh. Makasih atas kunjungannya ke blog bunda.

      Delete
  7. Senang sekali membaca tulisan Bunda. Semoga semangat Bunda Yati menular kepada kami semua. Bisa mengenal Bunda adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bahagia pula karena ada Bunda sebagai bagian dari keluarga besar KEB :) *hug*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih bunda sudah diterima dihati sebagian besar emak-emak member KEB. Bunda juga bangga lho mengenal, terutama, para Admin KEB dan semua yang terlibat di dalamnya, yang gak canggung punya kenalan "granny-granny" hehe... Makasih Sary sudah berkunjung ke blog bunda. Cium pipi kiri kanan buat si kecil yang pastinya udah tambah montok tuh.

      Delete
  8. Keren bunda, mudah2an kita bisa ketemu lagi ya :).
    Btw maukah bunda me-review blogku hehe...

    ReplyDelete
  9. Lho3x emang kita dah pernah ketemu, ya, Catcilku? Maaf, bunda baru buka postingan ini, jadi dah terlambat tuh penawarannya, hehe.... Bunda udah menawarkan diri ke mbak Jumialely supaya beliau mau me-review blog bunda. Alhasil bunda berhadapan dengan mbak Jumialely.com Gak tau deh apa bisa gak ya bunda membuat review blog yang udah canggih tuh. Md2an sekarang udah dapat pasangan ya, Catcilku. Mksh kunjungan Catcilku ke blog bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, telat ya. Sudah bun, kita ketemu waktu ada acara KEB di daerah duren tiga :D

      Delete
  10. alhamdulillah, ikutan jadi member KEB nambah banyak pengalaman ya, bun. apalagi sampai dapat penghargaan, pasti keluarga bunda bangga banget, bun. sukses selalu dan semangat menulis! :)

    ReplyDelete