Saturday, February 14, 2015

Belajar Mengenal Klout dari Fun Blogging

Source: gamezone.com
Ada sebuah istilah yang sudah lama sekali kita kenal yaitu : "Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina." Pastilah para blogger yang sempat mampir ke blog Bunda ini sudah pula pernah mendengar atau mengetahuinya. Maksudnya tidak lain tentu saja sebuah, katakanlah, peringatan bagi kita semua, jangan merasa cukup dengan ilmu yang kita miliki. Seberapa pun tingginya ilmu yang kita pelajari yang membuat kita semakin pintar, masih saja akan  terasa adanya rongga yang kosong dalam benak kita. Ruang yang siap untuk diisi dengan tambahan ilmu pengetahuan. Pikiran tak pernah jemu berputar. Belajar tanpa batas usia.  Belajar apa saja yang positip. Dan belajar 'tuk mengenal diri tentang apa yang menjadi passion kita. Alangkah meruginya kita andaikan melewatkan waktu untuk belajar selagi kita masih diberi kesehatan, kemampuan untuk berpikir dan kesempatan serta peluang yang masih tersedia.


 "Belajar Mengenal Klout dari Fun Blogging" -- Bunda ingin mengemukakan tentang banyak hal-hal yang, semula Bunda kira sudah Bunda kuasai, ternyata setelah menjadi member Grup Fun Blogging, banyak sekali yang belum Bunda pahami dengan baik. Salah satunya tentang kata yang masih asing menyentuh telinga Bunda, yaitu kata Klout yang pernah disinggung oleh ketiga Pembina Fun Blogging ini. Jelas donk Bunda jadi kudu a.k.a. harus tanya untuk lebih jelasnya ke Paman Google, hehe..."Apa sih Klout itu?" Menilik kepada ejaannya, mungkin pemiliknya atau penemunya adalah orang Jerman, hehe...*soktahu. Siapa pun atau apa pun itu, baiklah Bunda akan jelaskan sedikit di sini apa itu Klout. Bukan sebagai pakar, lho. tapi sebagai Pemula yang harus banyak menggali apa dan bagaimana sih mengendalikan  Si Klout itu, yuk terus baca tulisan Bunda ini, ya. Maaf kalau Bunda kurang tepat menggunakan kata "mengendalikan di sini.

Walaupun sedikit banyak, para Cikgu Fun Blogging sudah menjelaskannya, tapi bertanya ke Paman Google, kan, gak ada salahnya? Maaf bagi mereka yang sudah paham dan mahir tentang cara menaikkan score melalui  Klout ini. Anggap saja ini tulisan buat diri Bunda sendiri, yang baru mendapat tambahan info dari Paman Google, hehe...

"Buatlah konten yang baik dan menarik," begitu salah satu advice dari Cikgu Haya Aliya Zaki. Yups, "Create Great Content." Untuk menjadi pemain yang berkaliber di dunia maya, bagikanlah postingan dengan konten yang menarik, apakah itu postingan tentang review sebuah produk, parenting, travel, kuliner atau apa pun yang betul-betul merupakan sebuah postingan yang memiliki bobot konten yang hebat. Yang akan membuat blog kita memiliki  score tinggi di Klout. Sebelum menulis postingan ini score blog Bunda di Klout adalah 40. Klout Score berkisar antara 1 - 100. Memang untuk mencapai ini kita memerlukan kerja keras, banyak belajar, banyak membaca postingan orang lain, berarti harus pula banyak meluangkan waktu untuk melakukan Blog Walking.  Memuat postingan yang menarik pembaca tentu saja secara otomatis akan membuat mereka menyukai blog kita. Mereka akan kembali, kembali, dan kembali lagi.Ini akan berpengaruh kepada score kita di Klout.

Untuk bisa mencapai score yang tinggi di Klout sebuah kerja super keras mungkin dibutuhkan, tekun dan tidak berhenti mencari inspirasi dan menggali hal-hal baru yang sama sekali baru bagi pembaca blog kita. Begitu juga jangan lupa share postingan kita di twitter, facebook, others Social Media, untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya retweets, likes dari teman-teman, fans atau followers kita.

Hal lain yang menguntungkan dari kita belajar melalui Fun Blogging  --  kita bisa memperoleh ilmu baru dan berkenalan dengan teman-teman baru yang memiliki berbagai latar belakang kedudukan dan kepintaran serta kepiawaian. Bergaul dengan mereka secara online, apalagi secara offline, bisa meningkatkan pengetahuan kita tentang hal-hal terkini menyangkut teknologi yang kita butuhkan untuk beraktifitas di blog. Kemungkinan lain kita juga bisa  berkomunikasi dengan  para blogger yang memiliki passion yang sama dengan kita.

Hal penting yang harus diketahui agar score kita meningkat di Klout adalah dengan memuat postingan yang original, bukan sekedar copas (copy paste)  atau sejenisnya. Apabila kita sudah melakukan hal yang benar, menarik, berbobott, maka tunggulah pengaruh dari pembaca blog atau pengunjung yang akan mempengaruhi pula  naiknya score kita di Klout.

Terus terang kalau saja Bunda tidak menjadi member dari Group Fun Blogging mungkin tidak akan sampai pengetahuan Bunda kepada yang namanya Klout ini.  Pengetahuan yang sedikit ini memiliki arti yang luas, bisa membuat kita bekerja keras, memacu diri untuk berkreasi semantap mungkin dalam membuat postingan. Membuat artikel atau postingan yang belum diketahui banyak orang, agar pembaca blog  mencintai blog kita. Karena tidak seorangpun yang menginginkan blog yang dicintai ini hanya menjadi tempat curahan pribadi, namun ingin agar blog ini juga menjadi salah satu blog yang dicintai oleh pengunjung.

Apa yang Bunda sebutkan di atas memang tidak mudah untuk dilaksanakan, tapi andaikan kita masih mau belajar untuk menjadi lebih fokus dalam ngeblog dan menginginkan sesuatu yang bisa diraih dari aktifitas ngeblog, baik berupa material or immaterial kita harus terus mengejar kekurangan kita, menambah pengetahuan kita untuk kelak bisa menaklukan Si Klout itu, hehe... dan membuat Klout memberikan kita score tinggi.

Selepas mem-publish postingan ini, bunda akan kembali menengok Si Mr. Klout ini dan melihat apakah score yang diberikan sudah naik dari 40.

Mudah sekali untuk melihat score dari blog kita. Hanya dengan mengetik www.klout.com kemudian masukan nama url blog kita. Naaah, ketahuan deh kalau kita mendapatkan score tinggi, sedang atau mungkin score rendah seperti yang Bunda punya ini, hehe...  Don't worry, bundayati.com -- your Klout Score will  improve gradually in line with your capability in upgrading your post content. Trust me! LOL.

Untuk meningkatkan Klout Score ini salah satu cara juga bisa dilakukan dengan membuka postingan Anda sebagai Go Public. Kemudian share link postingan anda di sebanyak mungkin Jejaring Sosial yang Anda ikuti.  Dengan jalan ini setiap orang yang membaca postingan Anda akan memberikan pengaruh kepada kenaikan Klout Score  blog Anda.

Mulai saat ini Bunda akan berusaha sebisa mungkin untuk bisa mencari dan menggali topic yang menarik untuk dijadikan postingan. Sedapat mungkin agar postingan yang akan Bunda buat nanti adalah hal-hal yang baru, hal-hal yang orang lain belum pernah membahasnya, dan hal-hal lain  ini, Insya Allah, akan membuat pembaca blog Bunda memiliki rasa penasaran untuk balik, balik dan balik lagi menengok dan membaca postingan baru yang Bunda buat. Bisakah, Bunda melahirkan postingan yang berbobot? Harus Bunda coba untuk membuktikannya. Kalaupun belum berhasil, harus terus dicoba. Cepat atau lambat Klout Score akan merangkak naik dari yang semula hanya 40.  Semoga.



40 comments:

  1. Terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmunya dari ikutan FunBlogging, mudah-mudahan gak salah tuh penerapan penulisannya, hehe... Makasih ya kunjungan Een ke blog Bunda.

      Delete
  2. Replies
    1. Masama, Ardiba. Ilmu yang baru Bunda dapatkan dan harus dipraktekkan. Makasih kunjungan Ardiba ke blog Bunda.

      Delete
  3. Saya baru tau adanya klout ini Bunda. Mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga kalo gak ikutan Fun Blogging, pastinya belum tahu tuh. Makasih kunjungan Jiah ke sini.

      Delete
  4. trims sharingnya bunda, salam semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...ilmu hasil belajar di Fun Blogging. Iya, kan? Makasih kunjungan Yanti ke blog Bunda.

      Delete
  5. Bunda keren,,, makasih ya Bun ilmu nya, semoga bermanfaat bagi banyak teman yang berkunjung ke sini :)
    Saya suka terinspirasi sama semangatnya Bunda nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...Cikgu Ani, paling bisa deh. Bunda seneng banget dapet email dari Klout, memberitahukan bahwa Klout Score Bunda nih, "kemarin": naik jadi 56 lho. Sekarang belum dilihat lagi. Makasih kunjungan Ani ke blog Bunda.

      Delete
  6. Makasih infonya bundaaaa jadi nambah ilmu nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu yang baru Bunda dapet tuh. Yuk, kerja keras biar Klout Score cepet juga naiknya. Makasih kunjungan delapankata ke blog Bunda.

      Delete
  7. makasih Bunda untuk share infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama, Titis Anuningsih, terima kasih juga kunjungan Titis ke blog Bunda.

      Delete
  8. Alhamdulillah, dapat ilmu lagi dari Blogwalking nih. Makasih ya, Bunda :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Leyla Hana mah suka bikin hati Bunda seneng. Ilmu ini juga dari hasil belajar di Fun Blogging, Leyla. jadi gak ada ruginya bagi Bunda ngojek mengejar ilmu, hahaha... Makasih juga kunjungan Leyla ke blog Bunda.

      Delete
  9. Baru tau juga ada klout. Test ah biar terpacu untuk lebih baik lagi. Makasih Bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lina W. Sasmita, soook atuh di test. Jadi kayak anak sekolahan lho pengen tau terus berapa nilai yang kita dapat, heuheuheu... Makasih ya kunjungan Lina ke blog Bunda.

      Delete
  10. Inilah sifat manusia yang tak pernah puas yang berdampak baik. Hehe. Kata-kata saya kayaknya kurang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pake banget Anjar, tapi sifat yang satu ini adalah sifat gak pernah puas mengejar ilmu, menambah pengetahuan. Yeeey, makasih untuk kunjungan Anjar ke blog Bunda.

      Delete
  11. aku juga mau kaya bunda ah menulis :) buna aku kadang gak ada ide mau nulis apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Lidya. Bunda juga suka berpikiran begitu, tapi coba deh, begitu ngadepin komputer, searching sana, browsing sini, akhirnya dapet juga tuh ide. Cuman yang ada suka males duduk di depan Komputer, internetnya suka lemooot banget, hehe... Makasih kunjungan Lidya.

      Delete
  12. Selalu salut melihat Bunda Yati. Semangat ngeblognya luaaar biasa. Suka minder jadinya. Tks, sharing tentang kloutnya ya, Bun. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, Wiwiek yang ketawanya sumringah, makasih untuk 'salutnya' kepada Bunda. Iiich, paling bisa! Emang minder kenapa? Justru Bunda nih yang ngiri sama Wiwiek yang pinter nulis. Sepertinya menulis itu koq kayak mau minum aja, begitu haus, sok ambil gelas, cooor aja air dari galon, hehe... Makasih, kunjungan Wiek ke blog Bunda.

      Delete
  13. Klout?
    dulu saya sering denger, tapi belom pernah memakainya
    jadi penasaran ne mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kout! Masa sih baru denger. Jangan bikin Bunda GeeR donk, jadi mikir kalo Bunda ini koq ya lebih pinter dari yang namanya Choirul Huda, hahaha... Coba deh di klik aja Klout.com. Makasih kunjungan 'choirul ke blog Bunda.

      Delete
  14. Suka dengan tulisan Bunda yang detil ini. TFS ya, Bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiiih, Ratna Amalia. Oke, likewise, Ratna.

      Delete
  15. Bunda, kalau ingat pertama ketemu bunda di kelas mba shinta ries. Aku pasti gak jadi nunda kalau mau posting. Takut kalah semangat sama bunda. Makasih bunda. Bunda adalah alarm semangatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...yuuuuk, kita lomba nulis..*serialnantanginnih. Makasih untuk "alarm"nya awas ya dijaga jangan sampe mati alarm yang ini. Kalo alarm bangunin tidur sih kudu dipencet biar mati. Iya, kan? Makasih kunjungan Opik. (Bunda gak salah, kan? Ini panggilan phalupa? Makasih juga untuk kunjungannya.

      Delete
  16. wah Bun ayoo semangaat semangaat bun biar nilai kloutnya makin tinggi, katanya sih gak cuma dr blog, dari interaksi kita di media sosial juga bawa pengaruh bun :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Ranii, dari aktivitas kita di fesbuk, twiter, dan media sosial lainnya. Bunda kaget juga waktu terima email dari Klout, ternyata aktifitas kita di fesbuk muncul tuh. Makasih ya kunjungan Ranii.

      Delete
  17. Nilai kloutku jg cuma 74 koma sekian bunda,... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho3x koq pake juga Irma, lha wong Klout Score Bunda tuh cuan 56 je. Mau berpacu dengan Klout, ah! Makasih kunjungan Irma.

      Delete
  18. Bunda Yati kereen...dakuw dapat ilmu dari blog ini :* nuhun bunda..

    ReplyDelete
  19. Mantap Bundaa.. Never stop to learn ya Bun ^^

    ReplyDelete
  20. Akhirnya sampai juga dirumah Bunda Yati, Thanks ilmunya. Memang funblogging sangat bermanfaat ya Bunda. Semoga bisa mendapatkan lebih banyak ilmu amiiin.

    ReplyDelete
  21. Baru baca tulisan ini. Banggaa sekali bisa kenal bunda Yati

    ReplyDelete