Friday, December 25, 2015

English Is Fun

Source: englishisfun.com
Kira-kira bulan Agustus 2011 aku pernah memberi pelajaran bahasa Inggris online. Ini pun aku lakukan atas permintaan beberapa teman-teman online. Ketika itu aku memberikan materi pelajaran dengan membuka sebuah blog di Wordpress. Susah sekali beradaptasi dengan Wordpress karena saat itu aku belum memiliki banyak teman yang bisa memberikan tutorial untukku. Juga aku belum paham bahwa untuk mengetahui segala sesuatu, 99% informasi bisa didapatkan dari Google. Mulailah aku meng-obrak-abrik buku-buku bahasa Inggris  cetakan luar negeri untuk materi pelajaran. English Is Fun, itulah prinsipku ingin berbagi ilmu yang sedikit aku punya.



Karena ketidak-piawaianku menggunakan sistim yang paling "JOSS" untuk menyalurkan pelajaran kepada murid-murid onlineku, aku register sebuah akun di Wordpress, khusus untuk memberikan materi pelajaran. Siswa online saat itu cukup banyak, melebihi jumlah jemari tangan dan kakiku. Mereka tersebar di seluruh Indonesia. Aku bahagia sekali bisa berbagi ilmu. Alhamdulillah, ilmu yang sedikit aku miliki aku manfaatkan dan berkat mereka aku bisa merefresh memoryku tentang pengetahuan bahasa Inggris yang sudah lama tak pernah aku asah bahkan hampir aku lupakan.
Saat itu, Agustus 2011 ingin sekali aku menerapkan pelajaran bahasa Inggris melalui sebuah akun yang  bisa langsung memberikan jawaban yang benar atas homework mereka. Tetapi mempelajarinya tentu akan memakan waktu juga. Karena itu aku berikan home-work  kepada mereka melalui inbox message. Begitu pula jawabannya mereka kirimkan melalui sistim yang sama. Cukup memuaskan walaupun kurang praktis. Apa boleh buat. Tidak ada rotan akar pun jadi, begitu kata pribahasa. So kita tidak stuck dalam menjalankan rencana tanpa menunggu sesuatu agar lengkap dan memadai untuk memulai aktivitas.

Blogku di Wordpress yang hanya berisi materi pelajaran bahasa Inggris ini memiliki link url : https://yaticancerina.wordpress.com. Ketika pagi ini aku buka sudah tidak bisa lagi berbuat apa-apa karena muncul tulisan sebagai berikut: Firefox has prevented the outdated plugin "Adobe Flash" from running on https://yaticancerina.wordpress.com. Mungkin karena terlalu lama tak pernah lagi aku kunjungi. Entah kenapa tiba-tiba saja malam ini aku ingin membuka blog tersebut. Hasilnya? I cannot do anything to update my blog. 

Mudah-mudahan tahun 2016 aku sudah bisa memenuhi keinginanku untuk membuat blog yang berisi materi pelajaran Bahasa Inggris sekaligus dengan mempelajari how to untuk membuat suatu sistim agar jawaban-jawaban yang kuberikan bisa langsung diketahui oleh readers. Insya Alah.



Berbicara soal mengaktifkan blog yang telah sekarat, aku harus belajar dulu pernak-perniknya membangun blog di Wordpress, setelah itu baru aku akan mulai mengisinya dengan materi pelajaran. Sementara ini akan aku biarkan saja seperti apa adanya. Sooner or later mungkin akan di block pun bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. So, whatever will be will be. Kecuali ada mentor konkrit yang akan segera mengajariku dan mendampingiku belajar Wordpress, hehe... Bagaimana cara agar mereka menjawab soal-soal yang aku berikan bisa langsung mengetahui jawaban benar yang aku berikan. Wah! Pastilah ini sebuah tugas yang tidak mudah aku lakukan. Banyak faktor yang harus aku pelajari. Insya Allah akan aku gali ilmu ini dan berselancar di blog teman-teman Wordpress. Aamiin.
Source: nonsmokinglagybug.com
Kembali ke kursus online di blog Wordpress yang hanya berjalan kira-kira setahun, karena satu per-satu murid onlineku slow but sure meninggalkan grup yang diikutinya yaitu blog-ku. Alasannya simple sekali. Setelah kurang lebih setahun aku gembleng dengan materi tertulis, aku coba praktekkan sistim komunikasi langsung melalui telepon genggam masing-masing untuk sedikit berbincang dalam bahasa Inggris. 

Tahukah Anda apa yang terjadi? Kebanyakan mereka begitu nervous mendengar suaraku di telpon. Begitu gugupnya hingga tidak tahu lagi apa yang akan dikatakan. Sebesar apa pun usahaku untuk encouraging mereka, namun tidak berhasil. Nyatanya grup semakin menciut dan akhirnya tak satu pun murid onlineku yang tinggal. Sungguh disayangkan.
Belajar bahasa Inggris tidak bisa hanya mengandalkan sesuatu yang tertulis saja. Oops, lupa aku mengatakannya, bahwa murid-murid onlineku sangat rajin mempelajari materi pelajaran dan mengerjakan homeworknya. Hampir 80% berhasil mereka selesaikan dengan baik. 

Namun mempelajari bahasa Inggris tidak cukup hanya pandai dalam written English saja, tapi juga harus dibarengi dengan kepandaian dalam spoken English. Nah, praktek berbicara ini tentu saja yang pertama bisa dilakukan oleh my online students dengan gurunya, yaitu aku. Sengaja aku meluangkan waktu dan menyediakan pulsa untuk menelpon mereka satu-per-satu. untuk membantu mereka dalam pengucapan dan praktek berbicara. Tapi rupanya usahaku malah membuat mereka nervous dan  tidak confident. Hambatan lain juga karena komunikasi by phone terkadang menyulitkan -- jaringan yang kurang baik antar pulau. Terputus jugalah semangatku untuk mengisi materi pelajaran di blog.

Last but not least: Bahasa Inggris is not our mother tongue karena itu mempelajarinya dan mempraktekkannya secara aktif akan memerlukan waktu yang tak terbatas, tidak bisa dalam beberapa bulan. Yakinlah bagi mereka yang menyukai bahasa Inggris dan mempelajarinya -- "English Is Fun!"

Kalau mau belajar bahasa Inggris, tentu harus berani mempraktekkannya, sedikit apa pun kosakata yang kita miliki, pastilah bisa untuk membentuk sebuah kata. Dari kata menjadi kalimat dan dari kalimat menjadi  rangkaian kata-kata. Kemudian melangkah kepada praktek written English. Setelah itu? Meraih jenjang yang lebih tinggi yaitu spoken English. Mudah, bukan? Yang penting belajar bahasa Inggris harus disertai kepercayaan diri yang kuat. Tanpa itu, sudah tentu tidak ada hasil yang dapat diraih dengan memuaskan, baik oleh guru mau pun murid. Belajar bahasa Inggris dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan kita. Trust me, English Is Fun!






34 comments:

  1. Yes, you are right Bunda. English is fun. Dan memang betul, harus banyak praktek. Dulu waktu saya masih kerja di hotel, sehari-hari sering bicara dalam bahasa inggris. Saat itupun sering juga berantakan. Nah sekarang pas udah gak kerja, makin berantakan kayaknya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mira A. Ujo, bener kan? hehe...soalnya baru aja bunda ke profilenya. Makasih kunjungan Mira ke blog bunda. Memang, bahasa Inggris itu kalo kita gak praktekin, wah, pasti cepet kagok dan lupa deh. Yuuk, kkita praktekkin, biar bunda ada temennya. Hape bunda 081290535336. Biarin aja kita cas-cis-cus..

      Delete
  2. bhs inggris tu menyenangkan tpi ribat..mungkin itu kata anak jaman skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berkunjung ke blognya Ferdi yang sophisticated banget bunda jadi bingung, hehe...maklum ilmu IT masih cetek pisan. Pengen banget langganan postingan Ferdi tapi koq udah ngisi email gak bisa masuk ya. #binguunglagi. Soook, ini email bunda: yatirachmat@yahoo.com Makasih kunjungan Ferdi ke blog bunda yang sedang dalam pencarian jati diri sehubungan konten.

      Delete
  3. Replies
    1. Maula, blogger muda yang smartt. Bunda sudah ke blognya Maula lho. Ilmu ngeblognya sudah sangat lumayan Kalah deh bunda. Btw, terrima kasih kunjungan Maula ke blog bunda.

      Delete
  4. kalo saya sih g terlalu suka bahasa inggris bunda
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung bunda jalan-jalan dulu ke blognya Niki, kalo gak, kan bunda pikir Niki ini cewek lho. Postingannya lucu juga ya...ada-ada aja Maahasiswa dilarang berjilbab.

      Delete
  5. B ingg itu seru...bsa bljr otodidak jg kok...back y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afdhal Ilahi, bunda baru aja ke blognya Afdhal, baca postingan tentang cara memasang widget Alexa, tapi koq shushah, ya, udah dicoba tapi begitu sampe di ADD A GADGET, eee...koq gak mau maju tuh cursornya, ber-uang-uang... Tapi mau dicoba lagi nanti. Makasih ya kunjungan Afdhal ke blog bunda.

      Delete
  6. Wah, kerennya bunda punya blog bahasa inggris.. *standing applause

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeit...tunggu dulu, jangan bilang keren dulu, blognya cuma beerisi materi pelajaran bahasa Inggris yang bunda compile dari beberapa buku import Nanti kalo udah beneran punya blog bahasa Inggris, naaa...baru deh boleh bilang keren. Makkasih, kunjungan Yanet ke blog bunda.

      Delete
  7. Mau gak mau Bahasa Inggris sudah jadi kebutuhan ya bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Makasih kunjungan Dani ke blog bunda.

      Delete
  8. Sekarang mudah banget ya belajar apapun saya pun dulu kuliah online

    ReplyDelete
    Replies
    1. turiscantik.com, lucu banget ya baca postingan tipe orang2 di Commuter Line, hehe...bunda senyum-senyum bacanya, apalagi itu yang tipe suka nyempil, hihihiii...kali di rumahnya gak pernah leluasa duduk, jadi di CL biar pun sedikit di bela-belain nyempil, padahal kakinya pastinya pegel tuh, haha... Makasih kunjungan turiscantik ke blog bunda.

      Delete
  9. aku sebenernya suka bahasa inggris tapi otakku males belajar bun, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. windah saputro sebenernya suka, trus yang sebohongnya? haha...otaknya males belajar. Biarin aja sih otaknya yang males belajar, tapi semangatnya aja yang digembleng.#maksa... Makasih kunjungan windah ke blog bunda.

      Delete
  10. bundaa, iya bikin dong blog khususnya, pasti akan sangat membantu saya dan teman2 lainnya. Yes, English is fun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. zata ligouw, wah itu mah masih kudu nunggu lama secara bunda harus belajar dulu gimana cara yang praktek dan keren supaya yang ngejawab pertanyaan langsung bisa nge-klik liat jawabannya. Sabar menunggu ya. Makasih kunjungan zata ligouw ke blog bunda.

      Delete
  11. Terpnting update saja dulu, Bund. Pasti banyak manfaatnya. Apalagi buatku yang belum bisa nginggris. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idah Ceris, gak ah, nunggu aja...#bandelsibunda! Mau ngapdet www.yaticancerina.wordpress.com Kalo aja yang ini bisa dibuka, masih lumayan bisa nyambung materi pelajarannya. Any suggestion? Makasih kunjungan Idah ke blog bunda.

      Delete
  12. Bagi saya justru suka Wordpressnkrn sederhana dan mudah menulis komentarnya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banya sih yang biang kalo Wordpress tuh lebih gampang, tapi bagi bunda tetep aja kudu belajar sampe nyantel. BlogDetik kan juga seperti WordPress, makanya bunda absen mulu di blogdetik. Makasih kunjungan Pakde ke blog bunda. Salam hangat balik dari Pamulang.

      Delete
  13. Bunda keren selalu update apapun ya, selalu mau belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...belajar? Iya sih, tapi koq ya gak pinter-pinter. Tapi update blog, lagi diusahakan rajin.

      Delete
  14. Saya dulu ga suka bahasa inggris dan akhirnya menyesal bunda. Sekarang belajar lagi sama si kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, koq jadi tebalik. How come belajar sama si kecil? Pasti si kecilnya sekolah di International School, ya. Makasih ya kunjungan Tarry KittyHolic ke blog bunda.

      Delete
  15. I agree with you Bun, practice make perfect. But sometimes i'm to lazy to speak or event write on english. I to worried that my sentences will be wrong. And Grammar is my weakness.

    Please re-active your web again Bunda, so i can learn from you. Miss you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come on, don't be. You have to fight your lazineess. Try to write something IN English. Don't be afraid to make mistakes, because you will learn by mistakes. If you ARE worried to try then when are you going tto start.Speaking about re-activating my blog is another story. I have to learn first how to build my system so that my students online or other bloggers can find easily the right answer by clicking one button. Miss you too, dear.

      Delete
  16. Bunda, aku speechless kalau melihat semangat belajar dan mengajar Bunda. Semoga aku bisa seperti Bunda kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan Haya ke blog bunda. Hehe...kan udah bunda bilang itu semata untuk menghadang agar pikun gak cepet menyapa. Insya Allah, Haya pasti bisa lebih dari pada bunda dengan pengetahuan dan kepandaian menulis serta segudang pengalaman lain. Cepretin donk bunda...#biarbundacepetnangkeppelajaran/

      Delete
  17. Ih bagus juga pengalamannya ya bun.. Btw aq nulis pengalaman diportal brilio.net tentang bicara like native eh direkam suaraku bunda, akhirnya banyak yg nelpon diriku salah satunya ngajak keliling eropa gratis jd translator hehe

    ReplyDelete
  18. I Love Your Website, I Would Appreciate It For A Good Read This!!!

    ReplyDelete