Saturday, June 18, 2016

Blogger Multi Talenta Bernama Siti Fauzia Subhan



Blogger multi talenta bernama lengkap Siti Fauzia Subhan adalah Pemenang Arisan Link BP Kel-6 Batch #7. Temanku bertambah lagi seorang.  Perkenalan lebih dekat ini telah dimulai melalui komunikasi di Grup WA Arisan Link BP Kel-6.

Selain itu tentunya lebih jauh dengan beranjangsana ke blognya.  Ternyata Zia, begitu panggilan akrabnya, memiliki dua blog dalam dua bahasa -- satu blog berbahasa Inggris yang diberi nama Zeelhoulette.com dan blog yang lain berbahasa Indonesia dengan nama RuangBacadanTulis.com.  Keduanya  memiliki ragam topik yang sama.banyaknya.


Faizia Subhan dan aktivitas bloggingnya

Ketika membaca profilenya, aku sangat terkesan, karena disamping sebagai seorang Ibu yang baru memiliki seorang buah hati bernama Fahrevi Vitto Subhan, yang kini berusia 7 tahun. Zia aktif dalam mengelola blognya yang memiliki beragam topik. Me-manage dua blog dengan bermacam topik bagi sebagian blogger mungkin terhadang oleh kesulitan, namun bagi Zia itu tidaklah menjadi kendala yang berarti. Kenapa? Karena seperti yang aku baca dari about me Zia juga seorang Journalist, Freelance Writer. Baginya menulis adalah merupakan sebuah expresi diri, ditambah lagi Zia sangat menyukai aktivitas menulis.

Ciuman sayng dari Fahrevi Vito Subhan untuk sang Mama (dokpri Zia)
Zia, seorang Ibu muda disamping tugas utamanya sebagai Ibu, berprofesi sebagai guru, pastinya guru Bahasa Inggris. Semula ia mengajar bahasa Inggris di sebuah Institusi yang cukup terkenal, namun kemudian Zia memutuskanx berhenti dan membuka kursus privat di rumahnya. What a great idea. Berkarir di rumah sambil bisa langsung memonitor sang permata hati. Sepertinya aku harus mengikuti jejak Zia nih, hehe...Yaa...bukan berart iaku akan meninggalkan tugas berbagi ilmuku sebagai volunteer buat the fatherless  children. lho... #koqcurcolsihya! Tugas itu akan aku emban selagi aku mampu. Aamiin.

Zia  menyukai musik, bahkan bukan hanya menyukainya,  tetapi pandai memainkan beberapa alat musik seperti piano, gitar dan biola. Musik bagi Zia adalah "sesuatu", juga bagiku, hehe... Nah! Gak salah kalau aku beri judul postingan ini "Blogger Multi Talenta Bernama Siti Fauzia Subhan." kan?

Di  tengah aku membuat postingan tentang Zia, ada beberapa hal yang perlu aku ketahui  Karena itu aku menelponnya via WA (yang gratisan, hehe...) dan berhasil terhubung dengan Zia. Alhamdulillah. Percakapan dalam bahasa Inggris berjalan lancar dan tanpa diseling bahasa Indonesia. Bahasa Inggris Zia memang bagus, cuma nervous karena gak menyangka aku akan menelpon tiba-tiba begitu, hehe... Soalnya dikejar Deadline nih, siapa yang salah? Aku gak sabar menunggu balasan SMS dari Zia akhirnya aku telpon via WA. Keterangan yang aku perlukan sudah kudapat guna melengkapi postingan ini:

Zia memulai aktivitas blog berbahasa Inggris ber-dot-com pada tahun 2006 sedangkan Zia mulai menulis blognya dalam bahasa Indonesia baru ketika Zia bergabung dengan Kumpulan Emak2 Blogger dan Blogger Perempuan, tahun 2013. Bayangkan mengelola blog berbahasa Inggris telah berlangsung selama 6 (enam) tahun. Bravo untuk Zia.

Aktivitas internasional juga digeluti Zia dengan menjadi member sebuah grup bernama MomBloggersClub yang baru berjalan selama tiga bulan.

Sebuah awal yang sangat bagus untuk bisa membiasakan berkomunikasi dalam written English dengan para blogger internasional. Salut buat Zia.

Bagaimana tentang penampilan blog milik Zia?

Aku sangat awam dengan hal yang satu ini, maksudnya untuk menilaii baik konten mau pun tampilan blog seseorang, tapi sedikit banyak dari kacamataku melihat tampilan header blog Zia yang sederhana, tidak pake pernak-pernik yang kadang membingungkan, sangat menarik dan cantik seperti pemilik blognya.


Dari blog bahasa Inggris yang memiliki subheader  hampir sama dengan blog yang berbahasa Indonesia, aku sangat tertarik dengan tulisan Zia berkaitan dengan bulan Ramadan. Coba deh baca yang berikut ini:

 "Teaching our children about Ramadan in the early age is important. This year, it's the first time for my son doing fast. I've given him the meaning of the special month of Ramadan, even though he's just following what I do, but I hope in the next few years he would do it for the same and pleasure of Allah. This time I promised to give little thing as rewards if he could finish his fast from dawn to sunset, but I always explain that Allah will give him more than that."

Yang menarik adalah bagaimana sebuah usaha untuk memotivasi anak untuk mengerti arti berpuasa di bulan Ramadan. Hadiah yang diberikan kepada anak adalah tidak berlebihan, cukup untuk memacu semangatnya berpuasa, yang semakin hari akan menjadi semakin terbiasa, bahkan mungkin dengan tidak sahur pun ia akan kuat melakukan puasa karena Allah.

Dari blog ruangbacadantulis.com ada postingan terkini tentang bagaiman memilih hijab cantik untuk Lebaran yang sesuai dengan bentuk wajah. Menarik untuk para blogger agar bisa berhijab dengan cantik di Hari Lebaran. Yuk, lihat di sini.

Ibu muda ini memiliki segudang prestasi dalam tugasnya sebagai Jurnalis dan Penulis. Coba di klik di sini:

Juga sebuah buku antologi pertamanya berjudul "Antologi Puisi 100 Penyair Perempuan!"

:
Itulah sekelumit ulasanku tentang Zia. Bagi yang ingin berkenalan, silakan klik salah satu link akun medsos-nya, sbb.:

Email: s.fauzia1987@gmail.com
siti.fauzia@zeelhouette.com
Twitter: @ziasubhan
Facebook: Fauzia Subhan
IG: ziasubhan
Pinterest: ziasubhan
Linkedin: S. fauzia Subhan

Nah, singkat tapi "agak" padat ulasan bunda tentang Zia ini, maafkan bunda, ya, kalau ada tulisan bunda yang tidak tepat bagi Zia. 




21 comments:

  1. Bagus bund share ttg mbak zia nya. Jd tahu lbh bnyk ttg beliau dan belajar dr keragamanan bakat beliau. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, bunda memang detail banget bikin ulasannya. hehehe

      Salam hangat :)

      Delete
  2. Terima kasih kunjungan Riri ke blog bunda. Silakan saling berkenalan, ya.

    ReplyDelete
  3. betul, Bunda. mbak Zia memang cool. saya belajar bahasa inggris lagi dari blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Damar, hihi makasih ya... Yuk semangat belajar, saya juga masih belajar ini. hehehe

      Salam :*

      Delete
  4. Bunda juga lagi belajar nih. Suaranya renyah dan keknya sosok yang sumringah juga Zia itu, jadi pengen ketemu, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda sayang, aku pun dengar suara bunda suka banget deh, kentara sosok keibuan yang tegas dan penyayang. Semoga kita bisa ketemu yaaa... *hugs :*

      Delete
  5. Menulis dengan bahasa Inggris masih menjadi sesuatu yang harus saya perjuangkan nih, Bund. Karena memang baik Ilmu maupun keahlian masih kurang. Jadi, masih proses belajar dan membangun PD.

    Mba Zia mantap ya, mengasah keahliannya. Padahal banyak teman-teman saya yang guru bahasa Inggris tapi jarang menulis dengan bahasa tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ipeh, yuk, kita sama mulai membangun blog posts dalam bahasa Inggris. Bunda belum punya blog berbahasa Inggris, cuma dimasukkan dalam Miscellaneous blog aja. Makasih kunjungan ke blog bunda.

      Delete
    2. Hallo mba Ipeh, betul deh karena bukan bahasa Ibu jadi saya harus mutar otak sekali lagi. Butuh waktu buat post artikel bahasa Inggris yang pasti tetep dibawa enjoy aja.

      Harus terus belajar, takutnya ilmu yang saya dapat menguap dan berkarat. hihihi

      Makasih mba Ipeh :*

      Delete
  6. Bunda, ngga nyangka bunda nulis tentang aku sepanjang ini. Ya ampun terharu banget ini. huhuhu. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Aku mah biasa kok, bunda. Hehehe

    Thank you very much for having such a warm conversation and nice talk on the phone line. Semoga aku bisa belajar banyak dari bunda. Peluk bundaaaa...

    My best regards,
    Zia

    ReplyDelete
  7. Salam kenal untuk semuanya yang udah menyapa di sini. *Peluksatusatu :)

    ReplyDelete
  8. Dari mengikuti posting posting blogger perempuan, wawasan saya bertambah luas, Bun. Ternyata banyak sekali perempuan-perempuan hebat di luar sana.Mbak Zia salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Vi, buanyaaak banget.

      Delete
    2. Berkat komunitas blog saya jadi banyak ketemu sama blogger-blogger hebat termasuk bunda. Aku salut banget.

      Mba Evi juga sama hebatnya. *peluk Makasih ya mbaaa :)

      Delete
  9. Baru tahu saya mbak tentang mbak siti, okeh kalau begitu siap meluncur untuk berkenalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kang Nurul, makasih udah berkunjung ya.
      Salam kenal :)

      Delete
  10. Salam kenal buat Zia, duuuh kemana aja saya selama ini sampai nggak tahu blogger hebat yang multitalented.

    Senang ya Bunda Yati, bisa kenal dengan blogger2 muda yang punya semangat berbagi inspirasi seperti Zia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, salam kenal juga mba Hidayah. Saya juga senang bisa kenal banyak blogger-blogger luar biasa.

      :)

      Delete
  11. wah, saya malah baru tau kalau Zia Subhan itu guru bahasa Inggris :)

    ReplyDelete
  12. Gue harus kenalan nih sama dia. Hehehe

    ReplyDelete