Tuesday, July 05, 2016

Khasiat Serai Merah

I wonder, kenapa sejak pagi hari aku beraktivitas ke pasar, memasak beragam penganan teman untuk makan ketupat atau lontong di Hari Raya yang sudah di ambang pintu -- aku tidak merasakan penat dan lelah, bahkan aku begitu semangat, rasanya badanku sehaaat banget. Ternyata mengkonsumsi minuman sereh merah membuat staminaku okpu a.k.a. oke punya. Alhamdulillah, khasiat serai merah ini sudah bisa kurasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuhku.

Sekitar 6 atau 7 bulan yang lalu seorang Ojecker kenalanku menawarkan bibit Serai Merah padaku, kebetulan dia membawa beberapa batang. Langsung aku menganggukkan kepala. Serai Merah pun telah menjadi milikku. Aku memang sangat menyukai memiliki tanamaan dari bibit, bukan yang sudah jadi dan ttinggal menghias halaman saja. atau menjadi penghuni pot-pot-ku. Kenapa aku langsung mengiyakan penawarannya? Masalahnya aku pernah mendengar kabar bahwa serai merah yang diolah menjadi minuman sangatlah menyehatkan. Kemudian perburuan info lewat Paman Google pun aku lakukan. Itu sudah lama berlalu, bibitku yang hanya satu batang kini telah menjadi rumpun yang subur.
Dokpri
Dua bulan yang lalu aku mulai mengkonsumsi minuman yang aku ramu sendiri dari serai merah satu genggaman tanganku termasuk daunnya, lima rimpang jahe merah, 2 rimpang kencur. Daun serai dan bonggolnya aku iris kecil, juga jahe dan kencur. Setelah dicuci bersih, kemudian aku blender. Langkah selanjutnya bahan-bahan yang telah hancur ini aku rebus dengan air secukupnya, aku beri sedikit garam dan gula merah menurut selera. Setelah agak susut airnya, angkat dan saring..
Dokpri.

Aku meminumnya dengan tambahan beberapa cube es batu. Hhhhmmm...rasanya? Nikmat sekali. Aku jadi addicted setelah mengetahui khasiat yang membuat staminaku bebas dari penyakit 3-:L (letih, lesu, lemah), hehe..

Hhmmmsegarnya...meneguk minuman herbal ala bunda ini.(dokpri)

Ternyata setelah googling banyak sekali khasiat serai merah ini. Tak pelak lagi aku pun mulai membiakkan tanaman ini dengan memindahkan satu tangkai ke dalam pot-pot, hingga kinii ada tiga pot. Dua bulan lagi akan panen,hehe...berarti aku akan mulai lagi membuat minuman segar ini. Oiya, meminumnya cukup 2 x sehari setengah atau satu gelas seminggu dua kali sudah cukup, karena sudah mampu memberikan dampak positip untuk stamina. Silakan Anda googling untuk mengetahui apa saja khasiat serai merah ini.

Dari tiga genggam serai merah plus jahe merah dan kencur ini sengaja aku membuatnya agak banyak agar tidak repot. Aku simpan dalam kulkas sebanyak lebih dari 5 botol. Ketika si Mbak mengetahui aku meminum air ramuan serai merah ini, dia mengatakan bahwa di kampngnya, tanaman ini menjadi rumput belaka. Aku katakan kepadanya agar sepulangnya dari kampung agar membawakan untukku sebanyak yang bisa dia angkut, agar aku dapat mulai lagi mengolahnya. 

Kalau Anda penasaran kira-kira penyakit apa saja yang bisa menggunakan khasiat tanaman serai merah ini, yuk, silakan klik aja link nusantaraku di sini.

Sementara aku hanya menggunakannya sebagai minuman penghangat badan saja. Nyatanya selesai nonton QA Academi di Indosiar, aku masih bisa membuat postingan ini. Alhamdulillah, mudah-mudahan esok aku masih bisa lanjut meneruskan tugas-tugas Ibu Rumah Tangga untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Aamiin.








14 comments:

  1. Ternyata Sereh Merah rahasianya Bunda biar tetap bugar yaa. Pengen coba juga nih Bunda, biar badan ga gampang capek :)

    ReplyDelete
  2. Hehe...bunda juga nyoba2 sendiri aja, tapi googling ternyata banyak banget khasiatnya. Makasih kunjungan pagi Ipeh ke blog bunda.

    ReplyDelete
  3. wah baru tau aku lho bun kalo sereh merah bisa buat jaga kebugaranb tubuh. makasih informasinya ya buunnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Zata...bunda jg taunya baru lho... mksh sdh mampir ,ke blog bunda

      Delete
  4. Taunya serai buat masak aja bun, ternyata berkhasiat juga dan bisa disedu hihihi
    Bisa hangatin badan yang lagi merindukan kasih sayang gak ya bun? eeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mei, yg ini serai merah lho bukan yg buat masak, ya, walau pun serai buat masak juga enak buat nambahin angeynya, hehehe... serai buat masak ini bejibun di pasar tp klmserai merah, gak ada di pasar adanya di rmh bunda. Mksh sfh mampir ke blog bunda.

      Delete
  5. Hmmm .. Jadi tambah tahu manfaatnya tanaman sereh merah ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang selama ini udah tau, ya, kalah donk bunda yg baru aja tau khasiatnya. Mksh kunjungannya ke blog bunda.

      Delete
  6. Wah saya baru tau bunda tentang sereh merah ini, selama ini taunya sereh yangbiasa buat masak aja. Nice info bunda Yati

    ReplyDelete
  7. Tanaman herbal memiliki banyak manfaat jadi kepingin mengikuti jejak Bunda Yati :)

    ReplyDelete
  8. bagus sekali khasiatnya ya bunda..aku belum pernah coba tapi kayaknya oke banget untuk menjaga kebugaran tubuh :)

    ReplyDelete
  9. Rasanya memang hangat.di tubuh ya bunda. Pengen mencoba juga buat ketahanan dan kebugaran

    ReplyDelete
  10. Thank you for your article I really like, I like it because I love to read and want to always add new insights or new knowledge, and therefore I wait for the next article ...
    OBAT BATUK
    OBAT SINUSITIS
    OBAT KOLESTEROL
    OBAT ASMA
    OBAT AMBEIEN

    ReplyDelete
  11. Wah jadi mau coba juga :D seger tuh diberi tambahan es batu

    ReplyDelete