Tuesday, August 30, 2016

Reksadana Online Akan Wujudkan Impianmu


Apa yang dimaksud dengan investasi dan/atau investasi online
Walau pun judul postingan ini "Reksadana Online Akan #WujudkanImpianmu.", namun sebelum kita beranjak ke masalah reksadana, kita lihat dulu apa yang dimaksud dengan investasi  atau investasi online itu yang sangat erat kaitannya dengan Reksadana. Sebenarnya setiap individu yang pernah menduduki bangku SMA, apalagi yang kuliah, atau pun mereka yang putus sekolah tapi memiliki uang dan bergaul dengan para pemilik modal (investor), sudah pasti mereka mengerti apa yang dimaksud dengan investasi. Buatku yang pensiunan, walau pun seringkali mendengar atau bahkan mengucapkan kata investasi ini belum paham sepenuhnya apa yang diartikan dengan investasi.

Kita intip apa yang tercantum di Wikipedia tentang arti kata investasi ini:

Menurut Wikipedia investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah ini berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Investasi juga terkadang disebut sebagai penanaman modal.

Perlu pula menjadi catatan bahwa investasi itu bukanlah sesuatu yang kita sisihkan dari sisa pengeluaran pembelanjaan, namun lebih kepada mengambil di awal sejumlah uang untuk diinvestasikan. Investasi yang direncanakan. Dengan mengutamakan menyisihkan uang untuk investasi, maka kebiasaan akan menjadi suatu keharusan yang tidak bisa lagi diganggu-gugat, kita sudah memikirkan sebuah keuntungan di masa depan. Investasi bisa berupa uang, juga bisa berbentuk barang-barang tidak bergerak, seperti rumah atau pun tanah. Kita dimudahkan untuk memiliki investasi yang aman melalui sebuah investasi online. Apa itu? Yuk, disimak yang berikut ini:



Gbr.dari Pixabay.
Investasi online yang dikenal sebagai perdagangan secara online dimana para investor dan pedagang membeli dan menjual melalui sebuah sarana elektronik network, biasanya melalui sebuah perusahaan yang bertindak sebagai perantara (Brokers). Sistim ini sudah secara legal dilaksanakan baik oleh para investor atau  pun para pedagang sejak tahun 1990-an, dimana banyak sekali para Brokers menawarkan jasa mereka secara luas melalui online. Jadi segala penyelesaian aktivitas hanya dilakukan melalui sarana tersebut (elektronik network). Lebih aman, karena kita dapat bertanya sepuasnya tanpa merasakan ada gangguan dan tanpa menyita waktu kita. Praktis dan efficient. Tidak perlu malu untuk menanyakan ketidak-tahuan kita, karena toh tidak ada yang melihat, karena secara online, hehe...
 
Anda bisa berinvestasi untuk tujuan apa saja, semisal untuk memiliki rumah, mobil, liburan ke luar negeri, menjelajahi seluruh kepulauan Indonesia yang indah atau mulai mengusung keinginan untuk kuliah lagi.
Tancapkan niat sedalam-dalamnya dan #WujudkanImpianmu, seperti pernah juga aku menuliskannya di blogku dalam postingan yang berjudul "Do You Have A Dream?"  -- di dalamnya terkandung tidak hanya sebuah mimpi, tapi beragam mimpi yang bisa diraih dengan sebuah niat dan menebalkan tekad. Tanpa semua itu, mustahil mimpi akan menjadi sebuah kenyataan.

Hanya satu mimpiku yang masih bergantung dalam benak yaitu untuk menjalankan Ibadah Suci ke Mekkah atau setidaknya melaksanakan sebuah perjalanan Ibadah Umrah. Insya Allah aku akan mempelajari dengan baik tentang investasi ini dan mulai berinvestasi. Who knows? Aku bisa Umrah karena berinvestasi di sini. Aamiin.

Sumber Gbr.: www.poems.co.id (Baca juga tentang SmartPlan)
Kekhawatiran akan sebuah keadaan yang memburuk, fluktuasi yang tak menentu, keamanan benda tetap yang akan kita beli, apakah legal atau ilegal, semua sangat meragukan. Kita membutuhkan sebuah pegangan. Apa itu? Tentu saja melalui investasi online. Ternyata untuk mulai menjadi Investor bisa juga dengan modal awal Rp. 100,000 tidak usah khawatir harus memiliki berjuta-juta dulu untuk bisa berinvestasi dan disebut sebagai Investor. Dengan modal seperti yang aku sebutkan pun bisa, dengan catatan Anda harus mendaftar atau membuka rekening  bank atau di perusahaan (Manajer Investasi) yang memiliki layanan ini

Kenapa harus membuka rekening dulu? Ya, iyalah, karena setelah membeli reksadana Rp. 100 ribu, Anda harus memiliki rekening di Bank atau Perusahaan MI (Manajer Investasi), karena untuk tiap bulan berikutnya dana investasi itu akan di debet dari rekening Anda secara otomatis. Investasi juga mengajarkan kita untuk berdisplin dan memiliki rencana yang matang tentang tujuan berinvestasi -- SmartPlan. Jadi Anda harus mengusahakan teratur untuk memasukkan investasi secara regular.


Reksadana dan Reksadana Online

Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar (Modal) dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.  Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang atau pun efek/sekuriti (barang-barang yang bisa dijaminkan) lainnya. Reksadana adalah "Investasi Mudah Risiko Rendah." Jadi kenapa harus ragu untuk melakukan investasi Reksadana.

Sekalipun kita tahu bahwa ada Manager Investasi yang akan mengelola kepemilikan reksadana kita, namun untuk menghilangkan keraguan, yuk, disimak yang berikut ini:

Begini:
Total dana kelolaan bersih yang dikelola oleh Manager Investasi (MI) disebut dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih) atau dalam bahasa Inggris NAV (Net Asset Value). Nilai Aktiva Bersih adalah nilai yang sudah bersih, jadi tidak ada lagi potongan pajak dan lain sebagainya. Kepemilikan reksadana dalam satuan disebut Unit Penyertaan (UP), sedangkan harga 1 (satu) UP diambil dari total Nilai Aktiva Bersih dibagi  total UP (Unit Penyertaan), sehingga 1(satu) UP memiliki harga yang disebut NAB per UP (NAB/UP) atau lebih familiar lagi Net Asset Value per Unit (NAV/Unit).

Yuk sekarang kita berhitung:
Dengan adanya fluktuasi, NAB/UP pun pasti mengikuti harga pasar dari instrumen-instrumen yang ada dalam portopolio, misalnya saja:

Anda memiliki 1000 Unit Penyertaan pada reksadana Perusahaan X
NAB/UP reksadana Perusahaan X adalah senilai Rp.1,500
Berarti Anda memiliki reksadana Perusahaan X senilai: 1000 x Rp. 1,500 = Rp. 1,500,000

Apabila pada tahun berikutnya NAB/UP reksadana Perusahaan X mengalami fluktuasi kenaikan menjadi Rp. 2,500, dengan sendirinya Anda memiliki reksadana Perusahaan X senilai: 1000 x Rp. 2,500 = Rp. 2,500,000


Ada kenaikan dari Unit Penyertaan selama setahun sebanyak Rp. 1,000,000. Investasi yang amat menguntungkan dibandingkan dengan Anda menginvestasikannya di Bank Swasta/Pemerintah, fluktuasi pergerakan tidak akan sebesar itu. Keuntungan ini boleh dan bisa Anda minta kepada MI untuk mentransfernya  ke Rekening Anda.

Reksadana Online, sesuai namanya adalah sarana yang dikelola secara online. Seseorang yang ingin berinvestasi mencari kendaraan yang akan membantunya melancarkan jalan, demi keamanan investasi yang dipercayakan kepada Perusahaan X, misalnya.  Pembeli dan Penjual tidak pernah bertemu, hanya melalui alat elektronik saja. (secara online.) Namun segala keakuratan tetap  tercipta, sehingga memudahkan kita sebagai orang yang ingin meng-investasikan uang sendiri dan memilih sebuah kendaraan bernama Reksadana Online Perusahaan X untuk mengetahui fluktuasi keuangan yang terjadi dengan milik kita. Begitu mudahnya pengecekan tentang fluktuasi yang terjadi dengan milik Anda yang diinvestasikan.


Kabar gembira bagi para investor kecil mau pun kelas dalam skala besar -- PT Phillip Securities Indonesia telah memiliki sebuah usaha reksadana online melalui POEMS (Phillip Online Electronic Mart System), satu sistim yang telah dikembangkan di Singapura pada tahun 1994 dan menjadi salah satu sistim yang terbaik di Asia Tenggara. Sistim ini memudahkan para investor dengan leluasa untuk bertransaksi online, baik untuk membeli atau menjual Unit Penyertaan kapan saja dikehendaki oleh Investor bersangkutan. Sistim online ini dapat digunakan di berbagai platform, seperti smartphone, Blackberry, Android, atau pun iPad sejauh ada jaringan internet, investor atau calon investor dapat melakukan aktivitas ini dengan mudah. Sistim yang sangat mobile-friendly.

Source: https://www.poems.co.id/


Apa pula POEMS ProFunds

POEMS ProFunds adalah sebuah toko online yang dimiliki Phillip Securities Indonesia, yang tergabung dalam POEMS, yaitu platform perdagangan saham secara online -- fasilitas kecanggihan teknologi di POEMS Pro Funds menyediakan kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan one-stop shopping secara online. Kemitraan kami dengan managemen perusahaan-perusahaan terkemuka  yang memiliki aset, memberikan peluang untuk menentukan pilihan reksadana Anda dari sejumlah grup perusahaan reksadana terpilih. (Note: terjemahan bebas dari bahasa Inggris: https://www.poems.co.id/Profunds.)

POEMS ProFunds: Reap Your Investments from Handpicked Funds
Source: https://www.poems.co.id/Profunds
 (Terjemahan bebas: Raihlah hasil investasi dari Reksadana pilihan Anda)

Tidak dipungkiri lagi terkadang kedisplinan mengganggu nasabah untuk mulai berinvestasi secara rutin. Untuk inilah POEMS mengeluarkan fitur bernama SmartPlan bagi nasabah yang ingin secara berkala berinvestasi. Pada tanggal yang ditentukan oleh nasabah sejumlah uang dari Rekening Dana Investor (RDI) akan didebet oleh SmartPlan untuk membeli reksadana yang diinginkan oleh nasabah.

POEMS (Phillip's Online Electronic Mart System) sangat mudah diakses melalui beragam devices yang telah disebutkan di atas dan memiliki beberapa fitur, sebagai berikut:

  • Smart Start - Cerdas memulai investasi - Anda tidak perlu bingung untuk memulai investasi karena POEMS ProFunds akan membantu Anda.
  • Smart Plan - Cerdas berdisplin melakukan investasi - Fitur yang bisa Anda andalkan untuk memacu kedisiplinan Anda dalam berinvestasi.
  • Smart SAFE - Cerdas mengatur transaksi - sebuah fitur yang mampu menyetop kerugian, memberikan Anda untuk bisa memperkecil kerugian Anda pada saat reksadana mengalami penurunan di Pasar Modal - Anda tidak perlu selalu duduk di depan Komputer untuk bertransaksi investasi, cukup melalui POEMS karena kelengkapan fitur yang diperlukan sudah terfasilitasi di POEMS
  • Smart Order: sebuah fitur yang berisi instruksi Anda untuk membeli atau pun menjual reksadana yang Anda miliki setelah kreteria target yang telah ditentukan terpenuhi
  • Autosweep - dana selalu bertumbuh  -  autosweep yang akan mengatur secara otomatis perkembangan fluktuasi inventasi di pasar modal pilihan Anda, agar menghasilkan pengembalian (return) yang lebih baik daripada Anda menyimpannya saja di Rekening Dana Investor (RDI). What a service!
 Let's your fund grow with POEMS ProFunds
Sumber: https://www.poems.co.id/Fund
Lihatlah betapa canggihnya teknologi menyentuh POEMS ProFunds yang memudahkan Anda melakukan investasi dimana saja kapan saja melalui Gadget Anda, sejauh ada jaringan Internet.


Hai, hai, hai, ternyata di POEMS ProFunds juga ada reksadana Manulife yang disebut Manulife Asset Management Insurance (MAMI)


Source: https://www.poems.co.id/Profunds

Sebagai calon investor, apalagi Investor Pemula, komunikasi online dengan Perusahaan Manajer Investasi, (MI)  dari MAMI, sangatlah penting. Ketidak-pahaman kita sebagai new investor akan segera ditangani dan mendapatkan informasi yang jelas, jujur, dan tidak memihak. Kita tidak akan terjerumus ke langkah yang merugikan.  Beberapa pilihan investasi yang akan kita pilih tertera pada daftar di atas.  Manajer Investasi (MI) yang akan membantu kita menentukan piliihan berdasarkan keinginan kita, dengan beberapa masukan dari MI.

MAMI integrated di POEMS memiliki jenis reksadana, seperti dapat dilihat dalam daftar (No.53 s/d 58) Bisa dilihat, berapa Minimum Investasi yang kita tanamkan, bukan jutaan apalagi ratusan juta rupiah, tetapi hanya dengan modal awal berinvestasi Rp. 100,000 kita sudah bisa menyebut diri kita seorang Investor. Tentunya harus diikuti dengan INVESTASI REGULAR setiap bulan secara disiplin.

Mari kita mulai berinvestasi sebagai bagian dari Gaya Hidup Masa Kini. Berinvestasi bersama POEMS ProFunds untuk Masa Depan yang Cerah!


Postingan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Phillip Securities Indonesia #WujudkanImpianmu



REFERENCES:
https://id.wikipedia.org/wiki/Investasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Reksadana
https://en.wikipedia.org/wiki/Investing_online
https://www.poems.co.id/SmartInvesting/
 https://www.poems.co.id/Profunds














17 comments:

  1. Lengkap sekali Bunda ulasannya. Sukses ya=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih untuk doa Dian. Hehe...ini bikin postingannya hampir seminggu karena harus baca-baca referencesnya. Terima kasih kunjunan Dian ke blog Bunda.

      Delete
  2. Keren sekali bunda, yg lebih ditekankan disini oleh penjelsan bunda sepertinya RSP (Regulat Saving Plan) karena ada kata2 diawal dan autodebet 😁, kalau saya denger reksadana langsung terngiang ngiang unit trust, mutual fund, subscription, redemption, switching hehehhe

    Keren bunda 👍🏻 semoga sukses lombanya bunda, salam kenal dari wuri ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pujiannya dan doa wuri. Sudah di add, ya, untuk pertemanan online kita. Betul sekali memang penting sekali untuk menjaga kesinambungan menabung, ya satu-satunya jalan RSP tadi. Makasih kunjungan Wuri ke blog bunda.

      Delete
  3. Ada banyak sekali pilihan investasi yah bunda saat ini. Reksadana memang merupakan salah satu investasi yang cocok untuk dilakukan.
    Informasi yang bunda paparkan sangat bagus dan pas informasinya.
    Sukses untuk kompetisinya bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih doanya, tapi biasanya bunda tuh ikutan lomba menulis yang berat-berat gini pasti terlempar dan terdampar, hahaha...yang penting bisa meng-update blog. Terima kasih juga untuk kunjungan ririn (aduduuu...namanya panjang amiiir...)

      Delete
  4. Komplit,,, informasinya bun.... reksadana memang bagus untuk investasi selain relatif aman juga hasilnya lebih bagus daripada menabung uang di bank :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali. Insya Allah dalam usia bunda yang sekarang masih bisa gak, ya, berinvestasi, hehe...(pastilah bisa, karena bukan semacam asuransi lho). Terima kasih kunjungan Ida ke blog bunda.

      Delete
  5. Informasinya runut dan mencerahkan bunda.... terimakasih... sedikit banyak saya jadi paham. Semoga menang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,mudah-mudahan banyak yang tertarik untuk berinvestasi, bayangkan modal awal bisa cuma seratusribu doank, naaah, terserah kita deh mau berapa mengatur investasi regularnya (setelah buka akun). Terima kasih kunjungan rita dewi ke blog bunda.

      Delete
  6. Replies
    1. Terima kasih do'a Agung Rangga untuk bunda. Aamiin. Terima kasih juga untuk kunjungan Agung ke Blog Bunda.

      Delete
  7. Bundaaa...lengkap niy infonya. Sukses ya lombanya. Sehat selalu buat Bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, hai, ada tamu istimewa niy, Edwina cantik spakabar? Semoga selalu sehat. Mksh do'anya. Edwina jg mudah2an selalu sehat, ya. Makasih kunjungan Dwina ke blog bunda. Night.

      Delete
  8. Bundaaa...lengkap niy infonya. Sukses ya lombanya. Sehat selalu buat Bunda.

    ReplyDelete
  9. Wah, infonya komplit bunda. Keren banget. Ternyata bikinnya hampir seminggu, pantesan saja :D

    jadi malu, saya bikinnya mepet DL jadi nggak sedalam bunda tulisannya.

    Sukses ya bunda untuk lombanya! Dan semoga segera bisa mewujudkan impiannya untuk ke tanah suci. Aamiin

    ReplyDelete