Friday, September 09, 2016

DeadLiner Stand Up Comedy On the Blog?

Sourc: pixabay
ODOP hari ke-12, Jum'at, 9 September 2016. Tema: Bebas. I scroll di daftar "Posts" -- aku lihat masih ada satu "draft" yang belum di publish, ya iyalah, masih draft jelas belum di publish, gimana sih bunda ini. Maaf, biasalah karena sedang terburu-buru harus mengerjakan 2 buah Review, jadi bingung juga mau nulis apa ya, untuk postingan ODOP hari ke-12 ini. Sedangkan hari ke-11 aku menyerah membuatnya karen temanya agak susah bagiku karena berkisar dan menyangkut soal agama. Jadi terpaksa aku menyerah sebelum bertempur.  Aku putuskan untuk meng-edit draft yang belum di publish ini. Aku harus meng-editnya di sana sini dan aku gunakan untuk mengu-update blog-ku untuk ODOP hari-12.  Tulisan tersebut ternyata draft yang gak sempet aku publish karena  kendala teknis



Selama ini aku selalu menghindari sebutan sebagai Deadliner, hehe...Pastilah tahu apa artinya Deadliner itu -- seseorang yang mengikuti lomba menulis atau lomba apa pun selalu menyerahkannya, mengirimkannya atau mem-published-nya pada detik-detik waktu terakhir yang ditentukan oleh Penyelenggara Lomba.

Disamping membuat Penyelenggara atau Juri kerepotan, mungkin juga naskah kita akan dibaca cuma dengan cara speed  reading, hehe... Kan kita juga yang rugi. Tapi percayalah, Penyelenggara atau Juri tidak akan memperlakukan naskah yang masuk pada saat-saat terakhir sebagai, katakanlah, anak tiri. Lho? Koq tahu? Karena aku berpengalaman dalam mengadakan lomba walaupun bentuknya cuma Lomba Menulis dalam sebuah Giveaway kecil-kecilan di blog-ku srebelum memiliki dotcom. Aku harus adil dan menahan diri untuk tidak segera membaca atau membuka naskah yang masuk. Aku tunggu membacanya sampai saatnya Deadline. Setelah penutupan, barulahl aku baca satu per satu. Nah, adil, kan?

Sebetulnya sih bisa saja aku membacanya begitu aku menerima postingan yang masuk sesegera mungkin. Tapi GA-ku dulu menyangkut tentang "Old and New Photos", sehingga tak bisa hal ini  aku lakukan ketika aku menerima postingan foto pertama. Hanya untuk lomba menulis dalam bahasa Inggris saja bisa aku memberi penilaian secepat aku terima postingan peserta. Maksudku Lomba Menulis dalam bahasa Inggris yang diadakan oleh Fun Blogging dalam program Friday English Day beberapa waktu yang lalu. Kalau untuk Lomba Menulis yang ini, bisa aku lakukan karena kami fokus kepada kriteria yang dibuat oleh Admin Lomba.

Berkenaan dengan GA yang aku adakan tidak ada kriteria yang harus diikuti, namanya juga Jurinya aku sendiri jadi aku bersikap "fair" untuk semua peserta. Misalkan postingan pertama bagus dapat deh nilai 100, trus masuk lagi postingan kedua, bagus pisan euy. Lebih bagus ternyata dari postingan yang pertama yang sudah aku beri nilai 100. Bingung, kan? Apa yang 100 harus di-adul-adul lagi nilainya supaya yang kedua ini jadi dapat 100? Hahaha...gak begitu juga kali. Bukan caraku untuk memberi nilai seperti itu. Bisa-bisa aku membuat semua naskah acakadut. Jadi aku tetap konsisten donk -- tunggu dulu DL -- baru deh mulai kebet-kebet sambil leyeh-leyeh, hehe... Pasti hasilnya adil seadil-adilnya.


Yang akan aku ceritakan berkenaan dengan sebuah Lomba Blog yang pada awalnya aku sangat enggan untuk berpartisipasi. Alasannya sangat kuat -- Lomba ini mengharuskan blogger  membuat video. Mana aku bisa membuat video, walaupun video yang sederhana sekali pun tetap aja namanya video.

Tapi kali ini tiba-tiba saja aku jadi terbakar semangat ingin berpartisipasi dalam lomba blog yang diadakan oleh Pakde Cholik berjudul Giveaway Kece Stand Up Comedy on the Blog. Temanya sungguh dahsyat tuh, seperti telah aku sebutkan. Apa aku bisa? Mampu? Dalam segi membuat video-nya, ide-nya yang harus aku create sedemikian rupa sehingga bisa sejalan dengan tema yang harus diusung. Ya, ampuun...bagaimana ini. Give up ajalah, kata hatiku. Tapi aku berusaha "nge-shoot" sebuah video tentang Stand-up Comedy ini. Sampai selesai. Setelah itu? Ya, ampuuun...gimana cara meng-upload ke Youtube nih? Bingung! Walaupun akan menjadi seorang DeadLiner tak apa aku harus mencobanya. Si bunda emang selalu penasaran.

Source: pixabay
Walaupun aku belum pernah berhasil meng-upload video yang baru saja aku buat ke youtube, teuteup aja ngeyel mencoba ngikutin arahan dari postingan para blogger jawara ngenet dari Google. Hasilnya? Wait and see. Kalau postingan ini selesai dan ada video-nya, berarti aku berhasil tuh. Ya iyalah, namanya juga belajar, ya harus berusaha sampai tuntas. Tak berhasil sama sekali hingga DL, jadilah aku seorang DeadLiner yang gagal, hiks. Video aku simpan untuk konsumsi pribadi, hehehe...


Yang anehnya nih ketika cucuku Ayman berumur 4 tahun, berarti hampir 6 tahun yang lalu begitu mudahnya aku meng-upload video-video cucuku dari hape Nokia, tapi koq sekarang rada-rada ribet, ya. Padahal arahannya pake bahasa Indonesia, koq aku gak bisa nangkepnya dan belum berhasil meng-upload video yang aku buat pake Galaxi Tab-10.1. newbie terus kapan pinternya?

Bukan, bukan karena newbie sebetulnya, masih ngeles aja sih si bunda,  tapi karena memang sulit tuh, walau pun kata para pakar mengupload video ke youtube sangat sederhana banget. Buktinya sampe postingan ini hampir selesai, setiap kali mencobanya belum juga berhasil.

Ketika aku memutar ulang video yang baru saja aku buat, wah, ternyata bisa juga aku melakukan Stand Up Comedy on the Blog. Yeaay... tinggal gimana ngaplodnya nih ke youtube trus masuk ke postingan ini. Dah, dulu ya, postingannya sampe di sini dulu. Tak cobanya lagi upload videoku ke youtube.

Alhasil karena gak bisa di upload ke youtube, gagallah aku mengikuti lomba itu, padahal ketika membuat video stand-up comedy itu, kedua Mbak-ku yang jadi saksi, hehe... ketawanya geli banget. Jadi aku pikir #GeeR aku berhasil melakukannya karena mereka ketawanya sampe keluar airmata. Trus, aku mikir lagi, apa iya, aku lucu melakukannya, apa mereka ketawain aku karena aku keliatan konyol, ya, hiks, hiks..

Berulang masih aku putar video yang ada di TAB Galaxy-ku, dan masih juga si Mbak nontonnya ketawa-ketiwi, sampai akhirnya TAB-nya error, video plus foto-foto raib. #nasib.

Nah, sekedar untuk meng-update blog dengan tema bebas yang diberikan oleh Cikgu Ani Berta yang mampu membakar semangat para peserta untuk meng-update blog dengan cara "dipecut sayang" melalui ODOP --  One Day One Post.






Video ini diikutsertakan dalam Giveaway Kece Stand Up Comedy on the Blog
(Sengaja gak bunda delete untuk kenang-kenangan hehe...

16 comments:

  1. wah bunda sih memang penuh semangat, aku sih nyontoh bunda , tua tetap semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Do'a dari bunda untuk Tira Soekardi yang nun jauh di sana, kan? Apa bunda salah, ya. Yang ikutan Lomba Menulis di FED. Semoga selalu sehat, stamina primaa, makan teratur, suka lalaban, suka jamu, hati selalu bening (hehe...kaca kali) insya Allah bisa seperti bunda, bahkan lebih dari 77 tahun. Makasih kunjungan Tira ke blog bunda.

      Delete
  2. Bunda seneng banget saya bacanya saambil ketawaketwi,lah itu mah mending. Saya lebih parah blm nyoba sdh nyerah

    ReplyDelete
  3. Bunda seneng banget saya bacanya saambil ketawaketwi,lah itu mah mending. Saya lebih parah blm nyoba sdh nyerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu baru bscanya, apalagi kalo videonya jadi di upload and gak raib dari TAB pasti lebih ngikik lagi. Makasih kunjungan Astutiana ke blog bunda.

      Delete
  4. Saya malah malu, Bun buat videoin diri, hehehe. Blm pedeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti deh kalo bunda bikin khusus untuk Jiah (kapan, ya?) pasti Jiah jadi gak malu, gak ada yang nonton inih coy. Makasih kunjungan Jiah ke blog bunda.

      Delete
  5. malu..bun, belum pinter ngelawak...ngelucu apa lagi divideoin.... ah emang gak keren akuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo, Nova violita, kan bikinnya sendirian di kamar, gitu lho. Sekarang malah cucu sering banget bikin video lipsingnya, tapi gak boleh di upload ke youtube, kagiaaaan bundanya juga blom bisa, hehe... Btw makasih kunjungan nova ke blog bunda, ya.

      Delete
  6. saya juga malu... takut salah... pd saya juga kurang.... hehehe..

    keren bunda ini, selalu semangat bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pede banget karena di dalam kamar bikinnya, wkwkwk...yang nonton cuman si Mbak and anaknya yang umurnya 19 tahun, huuuu....ketawanya dia minta ampun, jadi bunda tambah semangat tuh ngelawaknya sendiri. Makasih kunjungan hijab modern cantik ke blog bunda. Kenapa sih gak pake nama sendiri aja niiih.

      Delete
  7. Hihihi, penasaran mau lihat bunda Yati ngelawak nih~ :D

    ReplyDelete
  8. Agung Rangga, kan bunda dah bilang videonya tuh raib di TAB bersama semua foto2 yang buat shoot, ada cucu yang lagi berselancar, untungnya yang ini dah bisa masuk di blog. Kalo ada aja yang ngajarin masukin video ke youtube, uuuh...pasti bunda bakalan bunda bikin lagi tuh video yang sama, hehe... Makasih kunjungan Aagung ke blog bunda, ya.

    ReplyDelete
  9. Hello Bunda Yati hehe, keren ikutan stand up comedy. Saya kmrn nelat ngikutnya (alasan padahal gak pede di depan kamera) hehe

    ReplyDelete
  10. Padahal saya menanti videonya ditayangkan di akhir, rupanya sudah raib :D

    ReplyDelete
  11. menanti video nya dan seru juga bacanya wkwkwk

    ReplyDelete