Keindahan Lombok yang Menyejukkan

Source: panduanwisata.id
Allah menghadirkan keindahan untuk umatNya.

Dulu, ketika aku masih aktif bekerja, hingga aku memiliki anak-anak yang manis dan ganteng, tak pernah terpikirkan olehku akan memiliki kesempatan melihat keindahan Lombok yang menyejukkan.

Setelah mereka besar, dewasa dan mapan dalam karir mereka, aku sangat bersyukur saat-saat yang dulu, hanya menjadi angan semata kemudian beberapa kali menjadi kenyataan. Alhamdulillah, kami atau siapapun harus percaya Allah pasti mengabulkan pinta umatNya yang telah membesarkan anak-anak dengan sepenuh kasih sayang. Alhamdulillah.

Ketika suatu malam tiba-tiba salah seorang anakku mengatakan: "Ma, ke Lombok, yuk!"

"Ah, jangan becanda kenapa sih! Tahu kan kalau mama pengen banget ke Lombok," sahutku acuh tak acuh.

"Emang pergi ke Lombok itu seperti kita mau pergi ke Blok M Plaza?" 

Hehehe...aku masih belum percaya karena tak pernah ada pembicaraan sebelumnya yang mengarah ke sana.

"Ya, ampuuun, mama, koq gak percaya sih. Ini lho buktinya!" Sambil disodorkannya print-out tickets untuk tiga orang.

Kebayang kan betapa gembiranya si renta ini menerima kejutan yang sesuai dengan keinginan hati. Yups, kami akan berangkat ke Lombok. Tinggal menunggu tanggal keberangkatan yang tertera dalam tiket 3 hari lagi. Yeeeayyy. Lombok, wait for me...teriak batinku waktu itu, September tahun 2016. Kegembiraan yang membuncah terasa melalui cairan hangat yang menggelinding di pipiku. Aku menangis, terharu oleh berita gembira ini. Bersyukur  atas kesempatan yang diberikan oleh anakku. Allah telah menggerakkan hatinya pasti. Hanya Allah yang bisa membolak-balikkan hati umatNya. 

Sebelum kejadian gempa bumi yang menimpa Lombok pada tahun 2018 (5 Agustus) tentu saja alam sekitar tidak akan menimbulkan iba, prihatin, khawatir dan selalu dalam keadaan was-was dan waspada. Namun, Lombok dengan tempat wisatanya yang terkenal Gili Trawanagan adalah pusat wisata yang masih tetaap digandrungi baik wisatawan luar negeri maupun wisatawan lokal. Keindahan alam ciptaanNya seputar Gili Trawangan tetap menjadi daya tarik dan tetap memesona.

Coba perhatikan foto Gili Trawangan sebelum dan sesudah gempa yang terjadi di Lombok: 

Sumber: berita.baca.co.id
Para wisatawan lokal pun banyak yang penuh dengan curiositynya ingin berkunjung ke Lombok pasca-gempa, apalagi para Travel Blogger aku rasa sama penasarannya dengan wisatawan yang lain, bahkan wisatawan asing sekalipun. 

Mengenai wisatawan dari negara lain yang tidak takut pada gempa tetap dengan siap dan sigap  berkunjung ke Lombok. Mereka sangat percaya pada kekuasaan tangan Allah jika berkehendak apapun bisa terjadi. Karena itu mereka tidak merasa khawatir. Di manapun bila sampai ajal menjemput, Dia akan datang. Kun Fayakun, Mereka begitu yakin akan beradaanNya dan tak seorang pun yang bisa menghindar bila memang Allah sudah berkehendak.
Sumber: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Liburanku ke Lombok

Yuk, kini aku akan ceritakan kegembiraanku saat wisata ke pulau Lombok September 2016. Saat-saat ketika suasana aman, damai, indah dan menawan.  Terus terang aku ingin di tahun mendatang ketika Lombok sudah pulih dan ditangani oleh Pemerintah, ditata kembali menjadi tempat wisata yang memesona, in shaa Allah aku diizinkan olehNya untuk mengulang pijakan di pasir yang bersih di sepanjang pantai seperti ketika dulu aku merasakan jilatan air laut yang membuih di kakiku. Keindahan Lombok yang menyejukkan, makanan yang khas dan pantainya dengan pasir putih berbuih tebal. Ke manapun mata dilayangkan dari pantai itu, yang bisa dirasakan adalah kebesaran alam semesta ciptaan Allah untuk dinikmati oleh seluruh umatNya.



Dokumen pribadi
Betapa keindahan Lombok yang menyejukkan dengan pantainya seolah dihias dengan bebatuan
yang artistik dan bukit-bukit batu yang membuat kita semakin bersyukur bisa menatap keindahannya.

el
Dokumen pribadi.
Liburanku ke Lombok juga sangat boleh dikatakan sambil menyelam minum air. Kenapa? Karena kesempatan langka ini aku gunakan untuk bersilaturakhim secara offline dengan seorang teman blogger. Aku mengundangnya ke Hotel tempatku menginap. Blogger yang ramah ini, Andy Handriyanti memenuhi undangan kami beserta putrinya yang manis. Di lain kesempatan juga mengajak kami bersilaturakhim dengan keluarganya.  Seperti yang pernah diutarakan oleh salah seorang teman blogger Senior yang menyebut kesempatan ini sebagai The Beauty of Blogging.


Apa sudah mikirin tiket pesawatnya p.p Jakarta-Lombok...?

Bagi rekan-rekan blogger yang mau wisata ke Lombok, apa sudah memikirkan tiket pesawat Jakarta-Lombok? Kalau belum silakan simak uraianku berikut tentang bagaimana pesan tiket pesawat ke Lombok. Pasti donk sudah punya inceran travel agentnya.  Tak lain Pegipegi. Seringkali aku dengar dari para blogger, maksudku baik blogger biasa seperti aku ini, hehe.. ataupun travel blogger -- tentang Travel Agent satu ini yang sudah begitu tenar dan seolah selalu ada di bibir para traveler setiap mereka merencanakan jadwal travel. Tak ketinggalan pula aku dan keluarga, apabila Allah melimpahkan rezekinya akan pula mengulang trip kami ke Lombok dengan tanpa ragu akan booking tickets dari travel agent ini.

Sebelum merencanakan kepergian kami untuk berlibur, ternyata jauh-jauh hari tanpa setahuku (pikir mereka buat apa juga aku harus tahu. Yang penting kan setelah semua fix barulah wajib memberitahukannya kepadaku. Ya, iyalah, yang merencanakan liburan mereka, yang mengeluarkan biaya pun mereka. Jadi aku hanya tinggal duduk manis. Mereka yang pastinya browsing ke beberapa travel agent untuk mencari promo tiket pesawat, tanpa berkonsultasi atau menerima usulan sang bunda agar coba sesegera mungkin browsing travel agent Pegipegi berkaitan dengan harga tiket pesawat.  Kenapa? Karena sebagai blogger (mereka bukan, hehe...) seringkali aku tahu dari para blogger travel agent ini benar-benar bisa memberikan kepuasan kepada customers yang mempercayakan perjalanannya melalui travel agent ini.

Kemudian masih ada tugas mereka untuk mengulik siapa tahu ada  tiket pesawat murah, dari travel agent yang lebih mereka kenal. Dan banyak lagi usaha-usaha yang harus dilakukan agar ketika berlibur tidak akan kelabakan karena kehabisan fulus oleh kesalahan fatal telah memilih travel agent lain. Aku memang belum pernah bepergian menggunakan pelayanan tiket dan hotel melalui travel agent  Pegipegi, namun sebaiknya bagi mereka yang akan berlibur ke Lombok jatuhkanlah pilihan anda ke travel agent Pegipegi, demi kepuasan anda dalam berlibur.

Pasti diantara readers ada yang bertanya-tanya kenapa sih harus Pegipegi?  Banyak alasan positif pastinya untuk menjawab pertanyaan:

MENGAPA PEGIPEGI?


Ada 4 faktor yang menyebabkan aku merekomendasikan Pegipegi.








Lalu masih ada lagi kelebihan Pegipegi yang, mungkin saja berbeda dengan travel agent lain seperti yang berikut ini, travel agent Pegipegi merekomendasikan brand hotel ternama seperti berikut:


Coba mari kita  lihat lagi apakah daya pesona Lombok tentang Putri Mandalika sudah kembali keindahan dan keunikannya seperti ketika aku berkunjung pada tahun 2016? Wisata ke wilayah ini sangat mengesankan karena ada kisah menarik dan merupakan sebuah legenda yang amat terkenal, tempatnya di pantai Seger tak jauh dari pantai Kuta (pantai Kuta Lombok) bukan Pantai Kuta Bali lho!) Aku dengar ceritanya dari supir taksi yang kami sewa, di wilayah ini terkenal dengan kisah Putri Mandalika, putri yang sangat canti jelita, manis budi dan  menyayangi rakyatnya serta arif dan bijaksana.

Kecantikannya mengundang para Pangeran untuk meminangnya. Namun karena Putri ini tidak ingin mengecewakan mereka, dibuatlah perjanjian untuk sebuah pertemuan. Setelah para Pangeran berkumpul tiba-tiba putri cantik Mandalika menceburkan dirinya ke laut, menghilang. Bersamaan dengan menghilangnya putri Mandalika bermunculan cacing-cacing (Bau Nyale) ke permukaan laut yang bisa diambil dengan mudah oleh masyarakat setempat.  Setiap tahun (bulan Pebruari) menurut supir itu selalu diadakan upacara Bau Nyale. Masyarakat di sekitar wilayah itu beramai-ramai mengambil bau nyale.  Mengambilnya pun sangat mudah, hanya dengan mempergunakan tangan saja sudah bisa meraup bau nyale.

Sumber: lelungan.net


Tempat ini dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah  -- yang tak mudah dilupakan begitu saja. Bahkan mampu menimbulkan hasrat yang besar untuk kembali berwisata ke Lombok.

Sumber: wisatapaforit.com

Segera hubungi Pegipegi dan atur jadwal keberangkatan untuk melihat keindahan Lombok yang menyejukkan. 
Mudah-mudahan keinginanku yang besar untuk kembali ke Lombok bisa terkabul. Kan, gak sulit mencari informasi yang paling cocok di hati. Ke mana lagi kalau tidak ke Pegipegi. Semoga.

Berita terkini Nusa Tenggara Barat (Lombok) tanggal 18 Maret 2019 ditimpa lagi gempa berkekuatan 5.2 SR di kedalaman 10 KM di bawah laut dan ini sangat memprihatinkan, karena pemulihan belum sempurna sudah digempur kembali oleh  gempa. Sekalipun demikian tak mengurangi minat, baik wisatawan ataupun mereka yang ingin melihat dampak gempa yang menimpa NTB baru-baru ini yang menyebabkan sesama umatNya menderita dan kehilangan rumah serta harta benda.

Bagi mereka yang ingin memberikan sumbangsih bantuan moril atau materi secara langsung tak ada kesulitan untuk melakukannya karena sudah ada travel agent Pegipegi yang siap melayani customer ke manapun tujuannya.  Aamiin.



Comments

  1. Waah senangnya bunda sudah bisa menginjakkan kaki di Lombok. Aku sampai sekarang masih bercita-cita dan berangan angan Bunda untuk main ke Lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, buat rencana, kan ada travel agent favoritnya blogger tuh. Maakasih sudah jadi pengunjung pertama di blog bunda.,

      Delete
  2. Alhamdulillah ya bun, rezeki bisa datang dari mana aja. Lombok juga jadi salah satu wishlist saya kalau ada rezeki nanti. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, bunda ikut mendo'akan semoga keinginanan cepat dijabah Allah ya.

      Delete
    2. Betul sekali Allah selalu memberi rezeki dari arah yang tak pernah kita duka. Bunda do'akan semoga apa yang tertulis di wishlist akan dikabulkan olehNya. Aamiin.

      Delete
  3. Aku mau ke lombok lagiiii, trus ketemu sama mak Andy :D udah lama ngga ke lombok, terakhir jaman blm punya anak, kayaknya harus diagendakan lagi sambil nyari diskon dari pegipegi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk, sama berdo'a semoga rezeki kita datang pada saat yang tepat. Aamiin. Iya lho, Mak Andy orangnya humble banget.

      Delete
  4. Ah, Lombok memang indah Bun, aku lebih suka di Lombok actually daripada di pulau kakaknya, Pulau Dewata. Kayaknya walau tak kalah indah, udah penuuuuh sesak manusia.

    alhamdulillah ya Bunda bisa sampai ke sana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanti, alhamdulillah bunda punya anak-anak yang tahu Emaknya doyan jalan-jalan, hehe... Sekarang mungkin sudah pulih Lombok setelah kejadian gempa baru-baru ini. Bunda juga gak nyangka bisa sampai ke Lombok.

      Delete
  5. pantainya bagus bundaa..pengen deh kesana..suami sih yg udah pernah kesana karena dinas dari kantor..istrinya mah beluuum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu bunda ke sana pantainya bersih dan pemandangan indah banget. Sayang bunda belum sempat ke Air Mancur yang katanya indah sekali.

      Delete
  6. Wah BUnda Yati udah pernah ke Lombok, aku belum pernah. Pengin ih pergi ke Lombok, lihat pantainya yang cantik dan juga pengin kulineran khas Lombok. Intip Pegi2 dulu ah siapa tau ada promo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun sekarang mungkin masih belum pulih bangunan dlsb, namun laut dan pantai pasti masih indah apalagi pemandangan seputar laut yang membentang dengan pulau2 yang unik.

      Delete
  7. Indah banget, Bun. Pantesan aja banyak wisatawan yang selalu ingin ke Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Chi, seburuk apapun Lombok setelah gempa baru-baru ini lautan dan pantai pastilah masih indah.

      Delete
  8. Asyiknya bunda. Lombok cantik bgt ya bund. Masya Allah.. dan kopdar jg sama blogger di sana, pasti seru bangeeeet bun. Lombok, salah satu tempat yg aku jg mau datangi. .^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul asyik sekali, sampe pengen lagi nih pergi ke Lombok wlp baru aja ada gempa, tapi makanan khas dan belum liat air mancurnya. Indahnya pertemanan, kalau ke Lombok in shaa Allah mbak Andy Handriyanti mau menemani.

      Delete
  9. Wah senangnya bunda, rejeki banget, kejutan yang menyenangkan sekali ya Bun ��
    Btw, saya nih belum nginjakin kaki ke Lombok, paling jauh ke timur baru sampai Bali aja, mudah-mudahan suatu saat bisa sampai sana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah, kalau diniatkan Allah akan menjabah niatan kita yang khusuk dalam do'a.

      Delete
  10. Beneran ikut sedih pas kemarin Lombok diguncang gempa lagi bun, apalagi longsor di air terjun dan ada yang tewas. Huhu ingat dulu pernah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, wah, wah, blm tau tuh kl ada longsor divair terjun dan ada yang tewas. Md2an ini bukan air terjun yg mau diperliharkan oleh mbak Andy ke bunda. Alhamdulillah pd gempa di tgl itu tidak berdampak apa2 utk wilayah di mana mbak Andy tinggal.

      Delete
  11. Masya Allah, senangnya Bunda Yati mendapatkan kejutan dari buah hati tercinta. Ya, memang, ketika Allah sudah berkehendak, maka akan terjadi. Yang terpenting kita yakin dan percaya bahwa Alalh selalu mendengarkan doa kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Eri Udiawati, md2an akan sering mendapat kejutan yang menyenangkan ke depannya. Bunda selalu mendo'akan anak2 bunda rezekinya berlimpah. Aamiin.

      Delete
  12. Ikut prihatin dengan bencana alam yang beberapa kali mengguncang Lombok ya, Bun. Semoga saudara2 kita di sana selalu dilindungi oleh Allah.

    Wah, Bunda Yati udah pernah ke Lombok. Saya belum niiih... jadi ingin juga menikmati wisata alam yang luar biasa cantik di sana. Pengin juga datang ke Lombok pas Festival Bau Nyale. Unik sekali sepertinya, pernah baca di postingan Uni Evi Indrawanto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Niek, alhamdulillah gempa baru2 tdk berdampak od wilayah di mana teman blogger kita Andy Handriyati bermukim. Btw, eee..Mbak Evi itu dari Sumbar tih. Sama donk ma bundanu ini.

      Delete
  13. Paling bahagia itu bisa liburan bersama keluarga ya bun, apalagi ke Lombok. Aku saja merencanakan ke Lombok belum jadi-jadi berangkat ini. Mau intip-intip dulu ah tiket pesawatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda aja blm puas. Yuk kita intip bareng, biar bunda juga bisa mulai nabung (buat beki oleh2, hehe..). Kl tiket dr Pegipegi biarin aja tanggungan anak2.

      Delete
  14. Ah Lombok memang memesona ya Bun. Heran banget deh bentang alamnya selalu sedap dipandang mata. Mulai dari pantai, sawah dan pegunungan. Belum lagi budayanya. Tidak salah bila Lombok jadi Bali yang kesekian tuh sakit perut berita Andi masih ada sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ita, Evi, aplg ketika bunda ke sana masih blm ada porak poranda. Wlp demikian Lombok memang indah. Md2an bisa ke sana lg kl Allah mengizinkan pd bln Pebruari thn depan mau liat acara legenda Bau Nyale.

      Delete
  15. uuuu lombok memang indah sekali. dulu udah ada niat mau honeymoon di sana, tapi gak kesampaian, hiks. sekarang udah punya anak, rencana ke sana lagi. moga kali ini terkabul. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda ikut mendo'akan juga ya. Semoga keinginan Artha plus keluarga kecil bisa dijabah Allah. Aamiin.

      Delete
  16. Duh sedih banget ya Gili Trawangan. Semoga recoverynya berjalan cepat dan wisatawan kembali banyak lagi ke Lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In saa Allah th 2016 aja sdh dengar Pem. JKW akan membuat wilayah ini menjadi indah dngn segala fasilitasnya,baplg setelah Lombok ditimpa bencana.

      Delete
  17. Lombok masih ada dalam angan-angan banget, Bund. Secara sejak mau nikah udah planning bulan madu ke sana. Ee, qadarulloh langsung hami, teler, lahiran, pindahan ke Jakarta, trus hamil lagi. Ya sudah, akhirnya masih kepending terus sampai sekarang. Doakan kami ada rejeki ya, Bund. Biar bisa ke Lombok juga. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blmbjd ke Lombok tp kan Allah memberikan anugrah yg luar biasa utk Damar s.i. Bunda ikut mendo'akan semoga Allah menjabah do'a Damar dan keluarga kecil yg bahagia ini bisa kontak Pegipegi buat pesen tiket ke Lombok, ya. Semoga.

      Delete
  18. Lombok memang cantik yaaa Bunda.. dan aku suka karena memang ngga seramai Bali. Dan sekarang makin gampang yaaa Bun main ke Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Indah, aplg dengan tersedianya fasilitas order tiket n hotel booking yg mudah dari travel agent Pegipegi. Yes!

      Delete
  19. Bundaaa, aku pengen ke Lombok akhir tahun nanati. SEmoga Lombok sudah bangkit lagi dan mempercantik pariwisatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Do'a utk dijabahnya do'a mbak Hidayah Sulistyowati utk bisa melihat keindahan Lombok. Aamiin.

      Delete
  20. aku belum pernah ke lombok bundaa, liat foto perbandingannya sedih banget ya bunda :( beda jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak cantik Herva. Tp lombok sepwrti itu juga tetap menjadi magnit yg luar biasa buat turis asing, kan? Lombok memang wilayah yng spesial buat Indonesia setelah Bali.

      Delete
  21. Alhamdulillah... bahagia ya Bunda, akhirnya keinginan pada terwujud satu-persatu. Sempga sehat terus Bunda dan anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Allah memberi bunda teruuus kesehatan yg prima.

      Delete
  22. Lomboook~
    Menyenangkan sekali berlibur bersama keluarga yaa Bun.
    Kalau kata orang mah..."Gak penting kemana, yang penting sama siapa..."

    Uuuwuwu~
    Barakallahu fiikum, Bunda.

    Sehat-sehat selalu yaa, Bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiiii...bener pake banget tuh. Yg penting bareng semua yg tersayang, ke manapun dijabani dengan penuh bahagia.

      Delete
  23. Bunda, Ku belum pernah ke lombok. Abis baca tulisan ini jadi makin pengen ke Sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Aie, pekatkan keinginan itu dan berdo'a serta berusaha agar bisa terlaksana atas izin Allah, ya. Aamiin.

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu