#AyoHijrah Magnit untuk Mengenal Bank Muamalat Indonesia



#AyoHijrah dan Bank Muamalat Indonesia

Apa itu #AyoHijrah
Sesuai dengan arti Hijrah yang memiliki arti "lebih baik" -- program #AyoHijrah  merupakan satu gerakan yang berusaha untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama meningkatkan diri dalam hal ketrampilan dan cara berpikir ke arah yang lebih unggul. Towards a better way of life

Dulu aku mengenal kata hijrah ini dalam skala yang sempit, yaitu hanya memiliki arti "pindah" -- baik itu pindah rumah, pindah agama, pindah kantor dan segala macam bentuk pindah dalam arti yang amat sempit yaitu perubahan, misalnya dari A menjadi B atau sebaliknya. Secara harfiah arti hijrah adalah pindah. Lebih luas lagi perubahan ke arah kebaikan yang dilakukan secara terus menerus, baik dari segi penambahan ilmu, perubahan akhlak dari buruk ke arah yang lebih baik. Menjaga tutur kata dari yang semula selalu tak terkendali menjadi jauh lebih baik, santun dan menghindari perbuatan gibah dan perbuatan tercela. 

 
Semangat #AyoHijrah

Aku tinggal di sebuah pemukiman yang seringkali terjadi banjir dan lingkungan pergaulan yang kurang sehat bagi perkembangan akhlak dan tatanan kehidupan bagi kebaikan hari depan anak-anakku. Walaupun akhlak setiap anak itu tergantung dari pola cara mendidik kedua orangtua, namun tak bisa dipungkiri lagi keterlibatan anak-anak dengan lingkup pergaulan yang dihadapi sehari-hari sangatlah besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter mereka. Believe it or not! Ini adalah sebuah kenyataan yang harus diakui kebenarannya. Hanya segelintir anak-anak yang bisa menghindar dari situasi yang bisa mempengaruhi karakternya -- hanya mereka yang benar-benar kuat iman dan memiliki pendirian yang teguh dalam menghadapi beragam godaan dalam kehidupan. #AyoHijrah bagi kami adalah suatu keharusan pada saat itu -- pindah tempat tinggal, meninggalkan segala kenangan yang membuat kehidupan kami mengharu-biru kala itu.

Alhamdulillah, semakin aku mendalami arti hijrah, semakin aku ingin berinovasi dalam menata kehidupan kami (aku dan keluarga kecilku).  Tekad untuk berinovasi ini begitu melekat dalam hati kami sekeluarga. Kami tak ingin lagi mengulangi segala langkah yang membuat kehidupan keluarga kami menjadi carut marut. Aku sebagai staf sebuah organisasi internasional merasa ada kesempatn baik untuk memiliki Kartu Kredit (KK). Kepercayaan dari bank pun mengikuti kelancaran pelunasan KK. Penawaran KK dari beberapa bank selalu aku ambil,  hingga berjumlah 5 (lima) buah KK. Kekalutan pun bermula, hingga sampai pada suatu ketika semua Kartu Kredit itu harus dilunasi. Saat itulah keputusan mendadat dan pedih harus diambil -- aku harus hijrah.  Aku harus berubah. I have to change my lifestyle no matter what, demi hari depan yang lebih baik. Rumah sudah tak bisa lagi dipertahankan. Itulah satu-satunya milik kami. Kami ikhlas demi menyongsong masa depan dan membuka lembaran baru. Aku harus belajar dari kesalahan masa lalu. I have to move on!

Dan inilah kami sekarang. Lebih hidup dan bergairah!

Kami tak lagi ingin melihat ke atas, yang akan membuat hati ini tak tenang. Jadi hijrah bagi kami adalah satu keharusan -- pindah dari satu kota ke kota lain -- dengan suasana baru yang harus kami hayati dan mulai merasakannya dengan keikhlasan yang penuh agar kami lebih tenang dan mulai menanam kedamaian dalam hati.

Dari Wikipedia ternyata arti Hijrah itu adalah perpindahan Nabi Besar Kita Muhammad SAW beserta pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada bulan Juni tahun 622. Kala itu ada skenario pembunuhan atas diri Nabi Muhammad, kemudian secara diam-diam Nabi Muhammad bersama Abu Bakar pergi meninggalkan kota Mekkah, juga para pengikutnya yang setia.


Berdasarkan apa yang aku utarakan di atas, maka aku dan suami memutuskan untuk hijrah dari tempat pemukiman yang telah bertahun-tahun kami tempati. Alhamdulillah di tempat yang baru keluarga kecil kami mengalami inovasi yang diluar dugaan kami sebelumnya. Segalanya menjadi seperti anugerah dari Allah. Dengan semangat #AyoHijrah kami memperoleh curahan keberkahan dari Allah SWT.  Kami benar-benar berinovasi secara bertahap namun dengan niat yang tulus untuk benar-benar "hijrah." Kami ingin menggapai kehidupan yang baru. Dan kami dengan ikhlas menjalani kesulitan tanpa mengeluh. Di sanalah terasa arti hijrah bagi kami. Sejak awal kami memiliki tekad  untuk #AyoHijrah Berani Lebih Baik. Dan Allah selalu bersama kami.  Atas izinNya kami menjadi lebih berani dan percaya diri dalam mengimplementasikan apa saja yang bersifat positif. Aamiin.

Tulisanku tentang #AyoHijrah magnit untuk mengenal  Bank Muamalat Indonesia
telah membawa kami setapak demi setapak, langkah demi langkah menjadi makhluk Allah yang mulia dan semakin bersyukur. Anak-anakku berstatus lebih baik dari keadaan semula. Alhamdulillah. Semua ini tentu saja atas izin Allah Swt yang mendukung kekukuhan hati kami untuk melakukan hijrah tanpa ragu. Segala do'a dan keinginan yang baik dengan permohonan yang ikhlas In Shaa Allah akan dilancarkan olehNya. Aamiin -- Arti #AyoHijrah telah merebak ke dalam pikiran kami, perubahan kearah yang lebih baik, ke tujuan yang lebih  maju dalam segala bidang yang bernuansa positif. Berinovasi untuk menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, untuk orang-orang di sekitar kami dan bagi lingkungan serta masyarakat di sekeliling tempat tinggal kami.
 
Sejauh ini aku belum pernah mengetahui seluk beluk tentang Bank Muamalat Indonesia. Dengan adanya blog competition #AyoHijrah ini bukan hal yang tak mungkin aku dan keluarga akan melakukan hijrah dari akun bank yang sekarang kami miliki ke akun Bank Muamalat Indonesia. Hijrah dengan tujuan mendapatkan pelayanan yang lebih baik. 

Seiring dengan inovasi kami di #AyoHijrah, pada tanggal 22 Desember 2017 anakku sukses memberangkatkanku Umroh, kami bertiga menjalankan ibadah Umroh (aku, anakku dan seorang cucuku lelaki). Beban biaya perjalanan ditanggung oleh anakku sebagai tanda rasa syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Namun ketika aku membaca tentang blog kompetisi #AyoHijrah dengan hadiah UMROH, keinginan hati melejit lagi ingin melakukan Umroh untuk kedua kalinya. Mampukah aku? Bisakah kesempatan ini aku raih lagi? Semua aku serahkan kepada kekuasan Allah semata.

Pada tahun 2017 aku terlalu awam untuk mengerti sejauh mana dibolehkan berselfi-ria di kota suci Mekkah dan Medinah. Sebagai peserta Umroh melalui Travel Agent tentu saja aku harus patuh pada peraturan-peraturan yang tertulis dalam persyaratan sebelum keberangkatan kami ke Tanah Suci. Karena aku terlalu patuh (mungkin) sehingga minim sekali foto-foto yang aku punya untuk kenang-kenangan yang bisa disimpan di dalam Album Kenangan. Alhamdulillah ada juga fotoku bersama anak cucuku, ketika menyempatkan waktu bersama rombongan di Padang Arafah.

Dokpri

Semoga kesempatanku masih terbuka untuk melangkahkan kaki kedua kalinya di tanah suci seperti halnya pada tahun 2017 dengan perasaan debar bahagia yang tak terkira ketika melangkah menuruni anak tangga pesawat yang  mendaratkan keluarga kecilku di Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Pada kesempatan yang akan datang, In Shaa Allah, aku akan berselfie-ria sepuas hati, hehe...


Aktivitas Bank Muamalat dengan program #AyoHijrah, antara lain:
1. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk lebih aktif dalam mengajak masyarakt untuk berhijrah, khususnya dalam hal pelayanan perbankan sejak kampanye Grand Launching  yang dilangsungkan pada tanggal 8 Oktober 2018. 

2. Bank Muamalat Indonesia sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia mencoba memperluas fungsi -- dari sebatas penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus menerus meningkatkan diri ke arah ajaran Islam yang baik, sempurna dan menyeluruh. Jadi tidak hanya berhijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola keuangan -- menuju kepada the better way of life.

3. Dengan #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi agar semakin sempurna dan kaffah dalam menjalankan syariat Islam, khususnya berkaitan dengan layanan perbankan syariah. Bank Muamalat Indonesia bercita-cita untuk mewujudkan penyetaraan pertumbuhan nasabah bank syariah dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.

4. Secara umum gerakan #AyoHijrah dikemas dalam bermacam kegiatan yang mengarah kepada ajakan agar masyarakat terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah. Kegiatan-kegiatan yang antara lain namun tidak terbatas pada bentuk yang disebutkan di bawah ini:
  • Seminar/edukasi tentang perbankan Syariah
  • Open booth di pusat kegiatan masyarakat
  • Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
  • Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah
5. Mengapa pula masyarakat Indonesia harus Hijrah ke Bank Muamalat? Maka jawabannya adalah sbb.:
  • Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariahnya.
  • Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
  • Bank Muamalat memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.
6. Produk Bank Muamalat ini pun berubah nama sejalan dengan program #AyoHijrah menjadi beberapa nama sebagai berikut:

7. Dengan gerakan #AyoHijrah ini, Bank Muamalat bercita-cita untuk menjadikan Bank Muamalat sebagai pusat Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

8. Di mana masyarakat bisa mempelajari gerakan #AyoHijrah beserta produk dan program Bank Muamalat?

Masyarakat bisa mendalami semangat #AyoHijrah yang dicetuskan Bank Muamalat Indonesia melalui media sosial resmi sebagai berikut:

Melihat ragam produk Bank Muamalat No. 6 tersebut di atas aku jadi optimis dengan adanya pilihan produk iB Hijrah Haji dan Umroh akan menunjang keinginanku berangkat Umroh yang kedua kalinya.    Dengan niat dan tekad, Allah SWT in shaa Allah akan meridhoi dan mengabulkan keinginanku. Manusia tentu saja boleh punya rencana, namun Allah jua yang menentukan. Aamiin.

Apa pula peredaan antara BUNGA/INTEREST dan BAGI HASIL


#AyoHijrah membawa aku mengenal yang namanya "bagi hasil" -- istilah yang berlainan atau berbeda dengan yang biasanya aku terima sebagai hasil mendepositokan uangku di bank lain.

Yuuk, kita intip apa saja perbedaan antara bunga/interest dan bagi hasil. Kenapa aku inginkan penjelasan mengenai ini? Tentu saja karena aku baru mengenal Bank Muamalat Indonesia. Selama ini yang aku tahu setiap kita mendepositokan uang di Bank apa saja, maka untuk jangka waktu tertentu sesuai perjanjian, maka kita akan menerima bunga atas uang yang kita depositokan di bank tersebut. Biasanya pengaturan antara bank yang bersangkutan dan customers beragam -- ada yang meminta bunga dikeluarkan setiap bulan, setiap dua bulan, atau tiga bulan, bahkan ada yang membuat perjanjian setiap 6 bulan barulah withdrawal dilakukan atas bunga uang yang didepositokan

Dalam dunia perbankan saat ini terdapat dua jenis bank, yaitu Bank Konvensional dan Bank Syariah, yang memiliki sistem yang berbeda, salah satunya perbedaan dalam hal sistem pembagian keuntungan untuk para nasabahnya. Pada Bank Konvensional sistem ini dikenal sebagai Bunga, sedangkan pada Bank Syariah disebut dengan Bagi Hasil.

Berikut bisa dilihat apa saja dan bagaimana perbedaan antara Bunga dan Bagi Hasil. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi para pembaca untuk mengenal lebih dalam tetang Bank Muamalat Indonesia sehingga kita sebagai umat muslim dapat meraih berkah karena ikut mensukseskan program Bank Muamalat dengan beragam produknya. Aamiin.
.

Sumber Gambar: https://www.kompasiana.com/bacabaca/59339d27519773a72a42d8ac/quo-vadis-bank-syariah?page=all


































  
















REFERENCES:
https://www.bankmuamalat.co.id/seputar-ayo-hijrah
https://id.wikipedia.org/wiki/Hijrah
https://www.bankmuamalat.co.id/artikel/perbedaan-bunga-dan-bagi-hasil-11
https://www.kompasiana.com/bacabaca/59339d27519773a72a42d8ac/quo-vadis-bank-syariah?page=all







Comments

  1. BUndaa, aku berdoa bunda diberikan kesempatanuntuk bisa kembali berkunjung ke Baitullah ya bunda. Sehat sehat selalu bundaa

    ReplyDelete
  2. Pergi ke tanah suci Mekkah dan Madinah itu asli ngangeni ya bunda. Rasanya pingin sering sering kesana karena aura ibadahnya kuat banget dan kitanya juga jadi terbawa semangat utk ibadah disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, rasanya gak pengen beranjak dati mesjid, wlp kadang kpl lg sinud kegesrek orang lewat. Ternyata banyak sekali yg mengalami hal sseperti ini.

      Delete
  3. makasih bunda atas pencerahannya, di bulan ramadhan esok, mudah2an makin semangat untuk berhijrah amiinn ya rabb

    ReplyDelete
  4. Semoga hijrah kita Istiqomah ya Bunda..dan turut mengaminkan doa Bunda untuk dapat berumroh lagi.. Aamiin ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. In shaa Allah kita semua bisa hijrah dengan melakukan Umroh terlebih dahulu.

      Delete
  5. Iya Bunda, aku juga begitu, usai umrah memang ada keinginan untuk bisa balik lagi, hehe. Mungkin itu eforia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Yanti, semoga akan terulang ya kesempatan indah itu.

      Delete
  6. Alhamdulillah, makasih Bunda sudah diingatkan kembali melalui tulisan ini.

    Semoga kita semua bisa istiqomah dengan proses hijrah kita yah bun :))

    ReplyDelete
  7. Kita saling mendoakan ya Bunda, semoga bisa selalu istiqomah berhijrah, dan mimpi kembali mengunjungi tanah suci seceptanya terlaksana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan izin Allah in shaa Alkah kita akan bisa mengulang tapak ke tanah suci ini. Aamiin.

      Delete
  8. Semoga bunda diberi kesempatan oleh Allah untuk menginjakkan kaki kembali ke tanah suci, amiiin. Doakan semoga saya pun bisa menginjakkan kai ke sana yaa, Bunda :)

    Semoga kita selau diberi kekuatan hati dan iman dalam berhijrah yaa, Bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Allah memberi kita semua kekyatan iman

      Delete
  9. Wah saya baru tahu mbak kalau Bank Muamalat adalah Bank Syariah pertama di Indonesia. Memang sangat memberikan manfaat untuk masyarakat ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga baru tau karena mwngikuti lomba menulis ini.

      Delete
  10. Hijrah bukan cuma soal pindah secara fisik, tapi juga hati ya. Seperti hijrah dari riba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Bebas dari riba hidup ini terasactenang dan indah, ya.

      Delete
  11. Makasih Bunda, jadi diingatkan akunya. Semoga Bunda selalu sehat dan bisa menginjakkan kaki di Baitullah lagi yaa. Amiin :)

    ReplyDelete
  12. Banyak ya ternyata produk syariah dari Bank Muamalat ini. Bikin siapa pun bisa memilih untuk berhijrah. Semoga aku segera bisa berhijrah dengan salah satu produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nia, bnyk produknya. In shaa Allah melalui produk yg khusus haji dan umroh bunda bisa kembali ks tanah suci. Aamiin.

      Delete
  13. Aku pake bank Muamalat juga bund. Rasanya tenang di hati dan fasilitasnya juga sama lengkapnya dg bank konvensional

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah kami akan berhijrah ke bank Muamalat juga nantinya. Aamii..

      Delete
  14. Bundaaaaaa, aku mau belajar dari pengalaman bunda juga ah tentang kredit bank. Doakan, semoga saya istiqomah, dan juga bijaksana mengelola uang ya Bundaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Do'a bunda akan selalu untukmu, Ella sayang.

      Delete
  15. aku juga nasabah bank muammalat bunda Alhamdulillah sudah 7 tahun

    ReplyDelete
  16. Saya jg punya rekening di mualamat alhamdulillah bun....
    Hijrah memang menjadikan diri kita biasanya jd pribadi yg lbh baik lg ya.
    Aamiin insyaAllah kalau makin banyak yang pakai, bank Muamalat bisa besar dan sistemnnya makin bagus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah bunda alan ajak anak2 utk berhijrah juga.

      Delete
  17. Alhamdulillah,
    Jadi makin nyaman tenteram yaa, Bunda...ketika hati memilih bank yang syariah.
    Sesuai dengan akad dalam Islam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang jd tenang. Keponakan bunda menjual rmhnya yg pake krefit bank kemudian dilunasi. Dia beli cash yg lbh murah jd bebas dari mikirin bunga. #curcol??

      Delete
  18. Masya Alloh bundaaaa, semoga selalu sehat dan diyndang Allah kembali untuk menuju baitulloh aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Desi, semoga kita diberi kesempatan utk Umroh setelah berhijrah.

      Delete
  19. Saat memilih bank dan ingin memastikan semuanya berjalan syar'i, emang kudu jelas ya Bun akadnya di depan. Pilih yang bagi hasil karena besarannya tergantung hasil yang dicapai dalam satu periode tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Niek. Kl gak baca ada lomba menulis mungkin bunda gak akan tau ada bank yg memiliki beragam produk tanpa bunga, tp bagi hasil.

      Delete
  20. bagus nih programnya, sering2 aja muamalat buka booth supaya programnya makin banyak diketahui masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, in shaa Allah banyak yg baca postingan bunda jd tau ada bsnk yg bisa bikin hidup kita tenang dan barokah.

      Delete
  21. Alhamdulillaah...bahagianya bisa umroh sama anak cucu, Bund. Ikut bahagiaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Ida. 23 tahun kerja gak bisa umroh, eee
      ..ketika ansk yg sdh mapan bunda diajak umroh. Aamiin.

      Delete
  22. Aku berdoa semoga bunda sehat selalu. program muamalat bagus sekali ya. semoga bunda bisa kembali ke tanah suci bersama anak dan cucu. Amiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lita, do'akan bunda ya, wlp gak meraih dari lomba, Allah memberi bunda rezeki tak terduga utk Umroh lagi. Aamiin.

      Delete
  23. Maa syaa Allaah bersyukur sekali ya Mbak udah pernah injak tanah suci dan semoga bisa dapat kesempatan lagi ke sana. Ngomong2 soal muamalat saya dan suami juga menabung di bank muamalat ini. Tentunya bisa bikin kita lebih tenang dan berkah ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Siska, berkat rezeki dari anak. Selarang mencoba jln ini utk kembali Umroh. Mlpun vabal,vtak apa, berarti Allah suatu saat aka memberi bunda rezeki dari sizivyv lain. Aamiin.

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu