5 Tempat Liburan Favorit


 5 Tempat Liburan Favorit 

 

1    BALI dengan Pantai Kuta-nya

Seantero dunia sudah mengenal kota wisata yang satu ini, bahkan wisatawan asing, konon lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia. Aku bangga sebagai orang Indonesia memiliki pulau yang indah dengan pemandangan-pemandangan dan pantai-pantainya yang memesona. Di Pantai Kuta cucuku belajar berselancar. Pernah kami ke Bali hanya semalam saja demi memenuhi keinginan Cucu yang kangen berselancar. 

 

Aku telah tiga kali menjejakkan kaki dan melangkah di bumi wisata Bali ini. Untuk bermalam dua atau tiga malam rasanya belum cukup untuk menikmati keindahan pulau Bali. Namun cukuplah bagiku sudah menyaksikan betapa keindahan yang tiada tara ketika menyaksikan terbitnya matahari di pagi hari dan terpukau melihat perlahan tenggelamnya  mentari dibalik awan putih pada petang hari. Sungguh pengalaman yang tak mudah aku lupakan, dan membuat aku selalu ingin berlibur lagi ke Bali,

 

2.    TANJUNG LESUNG

Aku ingat ketika kami berwisata ke Tanjung Lesung sekeluarga di Vila Kalicaa kami bermalam. Aku ingat juga pada malam harinya aku diberi kejutan oleh anak cucuku sebuah kado ulang tahun sebuah laptop yang kini sedang membantuku menyelesaikan sebuah postingan, hehe...  

So, usia laptop ini sudah 9 tahun dan sudah waktunya, mungkin, untuk pensiun dan aku harus hunting laptop yang lebih baru, tidak seringkali error dalam pemakaiannya dan membuat aku kesal juga selalu mengalami kendala kelancaran dalam menuliskan postinganku di blog.  Bisa jadi karena sudah laptop milikku ini sudah terlalu  tua. Namun tetap saja aku usahakan memakainya sementara belum kelihatan tanda-tanda kalau aku akan dapat kado lagi laptop baru dari anak-anakku. #mengharap.com. 

 

Dokpri:Me n my daughter

Sembilan tahun yang cukup lama untuk bisa memiliki dan memakai laptop ini untuk menampung segala curahan hati ke dalam postingan di blog. Semua aktivitas hiburan di Tanjung Lesung membuat aku selalu ingin dan ingin lagi berkunjung ke sana. Mudah2an Allah menjabah do'aku dan mengabulkan keinginanku menjadikan yanng kedua kalina aku menapak di bumi Tanjung Lesung. 

Berwisata keluar dari kemelut kemacetan memang sangat perlu. Otak dan pikiran perlu juga mendapat refreshing sehingga kesegaran tetap terjaga sebagaimana keadaan kita, manusia, yang membutuhkan refreshing.

Aktivitas yang berbeda akan mampu memacu semangat untuk membuat postingan di blog, walaupun sekedar curhat, tak apa. Di Google pun kita bisa mendapatkan informasi tentang keindahan Tanjung Lesung. Kebetulan ada beberapa foto yang aku punya bisa aku tampilkan di sini. Kebahagiaan terpancar dari tawaku ketika naik sepeda tandem di sekitar penginapan Kalicaa. 


3.  Kebun Bunga Nusantara, PUNCAK


 

Di hari tua ini memang yang paling  afdhol menjaga agar teman, pertemanan dan pertemuan, sedapat mungkin tetap dijaga agar pikiran dan hati tetap merasa muda, biarkanlah usia bertambah, karena tak seorangpun yang bisa mencegahnya. Tahun ini usiaku akan berkurang satu tahun lagi di bulan Juli. Mudah-mudahan aku masih diizinkan melaluinya dengan kebahagiaan dari Allah SWT.

 

Dokpri: me n beloved friends


Begitulah kira-kira betapa pentingnya menjaga hati di usia yang tak lagi bisa dicegah kedatangannya. Namun kami sesama pensiunan dari perusahaan yang sama membentuk Grup yang diberi nama GL stands for Golden Ladies (ex-Unicef Jakarta). Ke Kebun Bunga Nusantara ini kami sekali-sekali membuat jadwal khusus untuk menjaga kebersamaan. Padahal hanya buat hunting breakfast  lho, namun keseruannya itu lho yang bikin kami semua merasa muda, lupa pada usia sebenarnya, hihihiiii. 

Suasana yang bikin kangen. Selalu ingin, dan ingin lagi pertemuan seperti ini. Covid 19 membatasi aktivitas pertemuan kami. Rencana telah dijadwalkan akan tetapi belum bisa direalisasikan karena menunggu situasi aman, seaman-amannya dari Sang Raja Covid 19.

 

4.  Pasir Putih di Pulau Belitung


Wisata singkat dan paling menarik yang kami lakukan ke pulau Belitung pada tahun 2012 sungguh amat meninggalkan bekas yang sangat berkesan. Setiap kami membicarakan pengalaman tentang wisata ini aku dan anak perempuanku selalu saja tertawa tergelak-gelak mengingat pengalaman kami yang lucu.

Pada malam hari saatnya beristirahat pikiran ini selalu saja berkhayal ingin cepat pagi menjelang. Pasir putih di pantai dengan air laut yang bening menerpa kaki sangatlah mengundang keinginan untuk cepat-cepat turun ke pantai. Sedangkan untuk bermain di pantai yang berpasir putih harus menuruni anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 117 anak tangga dari tempat kami bermalam.

Menuruni tangga mungkin tidak terlalu menjadi kendala bagiku, tapi ketika menaikinya dengan tanpa henti tentu suatu hal yang melelahkan. Aku dan anakku mencoba kekuatan kami, walaupun kami bisa saja beristirahat di tempat yang telah disediakan namun kami tidak menggunakannya. Kami menanjaki anak-anak tangga tanpa memedulikan tempat istirahat.

Dan sesampainya di atas kami berdua sama-sama terduduk kelelahan dengan napas terengah-engah. Sengaja kami berdua menjulurkan lidah kami masing-masing untuk bercanda mengurangi rasa lelah. Inilah yang membuat kami tertawa tergelak seolah tak mudah dihentikan.  Ah, manisnya kenangan itu. Jadi berkhayal ke Belitung Island lagi, hehe...

Karena sudah terlalu lama, sulit menemukan foto-foto kebersamaan di pantai  laut berpasir putih. Hanya satu yang aku bingkai yang mudah aku temukan. Lumayanlah untuk mengias postingan ini. 

Sumber gbr. inews.id

Kami pun berwisata ke tempat ini menggunakan motor-boat tapi ketika kembali ke pantai hati dag-dig-dug karena angin kencang dan ombak di laut agak tinggi sehingga kami semua berpelukan sambil berdo'a.  Walaupun demikian rasa penasaran ingin menaiki mercu suar lagi untuk melihat keliling belum terpuaskan.


5.    Semarang, Kota Lumpia

Berulang kali aku berwisata ke kota Semarang belum sekali juga aku mengunjungi gedung yang terkenal dengan sebutan Lawang Sewu (1000 pintu). Sebetulnya bukanlah wisata tapi diajak anak yang bertugas ke Semarang,hehe...tapi bukan aku namanya kalau ttidak menggunakan kesempatan untuk say hello kepada blogger yang tinggal di Semarang. Semarang aku masukkan sebagai kota wisata favorit karena aku penasaran ingin khusus mengadakan wisata ke kota ini. Iya, khusus wisata, tanpa embel-embel ikut anak yang bertugas. 

Ini terlaksana ketika kami sekeluarga berwisata ke Candi Borobudur dan menikmati suasananya masih dengan keluarga yang lengkap. Banyak tempat-tempat bagus yang wajib dikunjungi tapi sekalipun Semarang kota favorit aku belum bisa menuntaskan keinginan untuk berwisata memenuhi keinginan hati ke tempat-tempat lain yang indah dan menawan.  

Insya Allah dengan izin Allah Sang Pencipta suatu saat kelak aku masih bisa mengunjungi tempat-tempat yang menjadi favoritku ini. Aamiin. 

 

 


 .


 

    




 

 

 

Comments

  1. Bunda sudah ke Kebun Bunga Nusantara Puncak. Aku belum pernah bun. Tahun lalu pingin ajak ibu dan ibu mertua jalan-jalan ke sana liat bunga, karena kedua ibuku memang penyuka tanaman, pasti senang sekali. Tapi karena waktu itu mendadak dilanda Covid, urung deh ajak orang tua ke sana. Mudah-mudahan setelah Covid selesai, keinginan ini bisa kesampaian. Biar kedua ibuku punya pengalaman indah seperti bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 2 or 3 bulsn sekali Grjp Pensiunan sll menyempatkan waktu reunian ri gan maksudnya ket4 buksn mendaki gunung hehe...tp mempererat silaturakhim dan ber haha hihi kumpul bareng. To keepbus stay ykung at heart.

      Delete
  2. waaah semuanya belum pernah saya kunjungi tuh, Mba. jadi mau kesana deh. masukin daftar list ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masa sih belum pernah mengunjungi salah satunya? Mungkin bunda juga kalo gak diajak sama anak cucu menantu juga gak bakal mengunjungi tempat-tempat wisata itu.

      Delete
  3. Bundaaaaa, sehat sehat selalu yaaa
    ini lima destinasinya ciamiik benerr
    aku juga pengin ke sana, Bund.

    Btw, Sepakat banget dgn kalimat ini --> menjaga agar teman, pertemanan dan pertemuan, sedapat mungkin tetap dijaga agar pikiran dan hati tetap merasa muda, biarkanlah usia bertambah, karena tak seorangpun yang bisa mencegahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah sepakat dengan untaian kata-kata tersebut yang keluar dari pikiran bunda dengan begitu aja. Ayooo...kunjungi tempat wisata yang indah tersebut di atas. Makasih ya do'anya.

      Delete
  4. kangen jalan2 ya bundaa.. lihat pantai kuta dan puncak bikin pengen deh.. aku juga pengen banget ke pantai di belitung, entah kapan kesampaiannya. mimpi dulu pokoknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai di Belitung beneran lho bersih dan pasirnya putih. Sok atuh Cindy Vania cepetan tidurnya biar mimpi indah ke pantai itu, hehe...

      Delete
  5. Bunda.. sehat-sehat terus ya bun, seneng deh bisa baca pengalaman Bunda dan mengetahui tempat liburan Bunda yang terfavorit tuh dimana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Andy, bunda selalu dalam lindunganNya. Aamiin. Tapi ketika bunda ketemu Andy dulu itu belum kesampaian ya mengunjungi air terjun yang indah kata Andy. Insya Allah ke NTB lagi kita makan bareng dan Andy nemenin bunda n keluarga ya ke air terjun itu. Insya Allah.

      Delete
  6. Ahaaa, Bunda makasih udah ajakin aku jalan-jalan vituual yaaa. Aku mau liburan ke Belitung atulaah Bun, ikuut ke sanaa, belom pernah nih.
    BTw tadi pas baca awal paragraf .
    Love banget sama kata2 Bunda mau tk jadiin quotes ah Di hari tua ini memang yang paling afdhol menjaga agar teman, pertemanan dan pertemuan, sedapat mungkin tetap dijaga agar pikiran dan hati tetap merasa muda, biarkanlah usia bertambah, karena tak seorangpun yang bisa mencegahnya.

    DIh GL Stands for Golden Ladies.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...makasih kalo mau dijadiin quote, karena memang sebenarnya semua itu yang penting kita utamakan selama kita bisa. Kenapa engga? Semua itu akan membuat kita Young at Heart, l.o.l.

      Delete
  7. Dari semua daftar di atas aku baru ke Pantai Kuta Bali, Bunda.

    Setuju Bun, ke Bali memang tak cukup sekali.
    Kudu berkali-kali.

    Memang layak Bali disebut Pulau Dewata ya, karena eksotikanya yang tak terkira.

    Sehat selalu ya Bunda.

    Semoga kelak bisa bertemu, membasuh rindu dengan kolega.
    Aaamiin.

    ReplyDelete
  8. Bunda Yati, bahagianya bisa jalan2 ya bun kala itu. Mau ikuut Alhamdulillah sehat selalu bunda. Aku pun ngeblog, curhat bun. Mamah aku sering jalan dgn teman2nya. Aku seneng banget lihatnya. Kayak foto bunda bersama tmn2 inii.. Moga pandemik cpt berlalu ya bun amiin. Bunda barakallah fii umrik...happy belated bday ya bun sehat selaluu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalau bunda ada acara dengan teman-teman bunda, anak-anak bunda selalu men-support bunda untuk ikutan.

      Delete
  9. Aku pengen banget ke Taman Bunga Nusantara..kayaknya asik ya bisa lihat macam-macam bunga yang cantik...Udara di sana juga seger banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga pengen banget ke Taman Bunga Nusantara lagi, Diane karena begitu nikmat menghirup udara segarnya.

      Delete
  10. Di antara 5 tempat itu, baru Lawang Sewu yang pernah saya singgahi Bun, itupun cuma singkat banget. Lagi istirahat siang di sela-sela tugas kantor, menyempatkan diri kabur sebentar berfoto-foto di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi....Nanik nara cuma numpang selfie ya. Insya Allah next time di organize lagi bersama keluarga tercinta.

      Delete
  11. Dari 5 tempat itu, saya baru pernah ke Semarang, itu pun belum ke Lawang Sewu. Hanya di tempat lainnya. Dan impian banget bisa main dan liburan di Pantai Pulau Belitung. Masya Allah indahnya di sana ya, Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mbak Eri, Pantai Pulau Belitung itu indah banget dengan batu-batu besar yang berserakan indah ciptaanNya. Dan makanannya belum bunda ceritain ya? Nanti deh kalo Mbak Eri ke Pulau Belitung, cicipin masakan ikannya, walaupun restonya sangat sederhana, tapi yang penting bersih dan makanannya begitu lezat.

      Delete
  12. Saya belum pernah sambangi lima tempat liburan itu bunda, tapi melihat foto2nya seperti asik ya menikmati liburan disana. Semoga masih ada waktu dan kesempatan untuk bisa berlibur kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Tian, bertambah asyik karena wisatanya bersama anak-cucu-mantu.

      Delete
  13. Nomor 1 dan 5 udah pernah ngunjungin Bunda. Kangen berkunjung lagi ke Bali malahan. Dulu dua kali ke sini pas lagi field trip waktu kuliah Sama honeymoon. Dua-duanya berkesan banget. Kalau di Semarang dulu sempet nemenin suami kerja di sana. Pengen juga suatu saat nanti ngunjungin tempat wisata nomor 2-4.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau kita punya kenangan berwisata ke tempat-tempat yang bikin hati sejuk pasti gak ada matinya tuh melekat indah kenangannya di relung hati kita.

      Delete
  14. Baca tulisan Bunda jadi kangen banget buat piknik ramai-ramai keluarga besar huhu semoga kita semua diberikan kesehatan ya Bun biar bisa melalui pandemi ini dengan selamat, bisa berkumpul dan piknik bareng orang-orang tercinta lagi aamiin...

    ReplyDelete
  15. Dari lima tempat liburan favorit Bunda Yati, saya baru berkunjung ke Semarang aja, Bun. Di tempat yang lainnya belum pernah ke sana. Semoga kalau keadaan sudah membaik, ingin juga bisa main ke tempat liburan favoritnya Bundaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan menyusul ke tempat-tempat yang lainnya, ya. Ke Semarang juga kalau kita stay more than one nite, sangat aduhai jugaj lho.

      Delete
  16. Cuma pernah mengunjungi no 1, yang lain belum huhu. Banyak banget yang blm keeksplor eehh keburu pandemi hiks hiks
    Semoga saat pandemi sudah gak ada bisa jalan2 mengunjungi tempat2 indah di Indonesia yang belum dikunjungi.
    Wah malam2 ini baca Semarang dengan lumpianya jd pengen ngemil lumpia bun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...baca tulisan lumpia jadi kemecer nih pengen makan lumpia Semarang yang isinya khas rebung yang baunya khas dan yummy banget.

      Delete
  17. Aiih semua tempatnya berkesan Bunda!
    Kapan kapan kalau ke Taman Bunga mampir yaaa Bun ke rumah neng Tanti di Cipanas ya, dekeeet banget sama Taman Bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho?? Beneran rumah Tanti di Cipanas, dekeet banget sama Taman Bunga. Cateeet.

      Delete
  18. Bunda, tempatnya jadi Destinasi impianku semua. Terutama Belitung yang terkenal dengan pantai ya yang cantik. Penasaran banget pingin kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zwan, Belitung itu bukan cuman pantainya indah dengan pasir putih, tapi makanannya juga lho kuliner serba ikan, walaupun restonya gak mewah-mewah amat (dulu) malah sangat sederhana tapi bersih.

      Delete
  19. Satu belum yg belum pernah kesana bunda yaitu ke Tanjung
    Lesung, kepingin bnget

    next klo udah aman travellingan kesana

    Bunda selalu sehat2 ya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bunda selalu dalam lindunganNya. Aamiin. Bunda ikut do'ain semoga terbuka kesempatan Utie untuk ke Tanjung Lesung seusai Pandemi.

      Delete
  20. Bundaaa...
    Aku tersenyum waktu Bunda cerita mengenai laptop.

    Tapi mashaAllah Bun...
    langkahnya panjang yaa, Bun... Liburan favorit ini memang menjadi tempat yang hangat untuk kumpul dan saling menghangatkan hubungan keluarga.

    Barakallahu fiikum, Bunda.
    Semoga pandemi selesai, kita semua bisa segera berlibur kembali ke tempat-tempat liburan favorit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bunda dapat pahala deh bisa bikin Lendy-ku tersenyum. Semoga aja anak-anak masih gak bosen ngajak bunda jalan-jalan wisata indah, ya seselesainya masa Pandemi yang panjang ini. Aamiin.

      Delete
  21. Bund, Pantai Kuta Bali juga jadi favorit saya banget Bund. Banyak kenangan di sana. Tapi kalau ke Tanjung Lesung saya belum pernah. Btw Semoga Bunda bisa liburan kembali bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bunda masih diberi kesempatan oleh Yang Maha Pencipta untuk melangkahkan kaki renta ini ke mana pun bersama anak-cucu-menantu.

      Delete
  22. Wah saya udah lama banget ga ke kebun bunga Nusantara bund. Kangen jalan-jalan nih bund. Sejak pandemi kudu bersabar dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disamping jalan-jalan (dengan jalan kaki) kita juga bisa koq sewa mobil untuk berkeliling santai sambil jeprat jepret ke sekeliling hamparan bunga-bunga di Taman Bunga Nusantara.

      Delete
  23. Bun, jadi kangen pengen jalan-jalan nih setelah baca postingan ini :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuk, mulai bikin planning untuk berwisata bareng orang-orang tercinta.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu