Cerita Gaji Pertama

Sumber gbr.: warna-sahabat.com
Sudah beberapa waktu sebenarnya tema yang kuangkat dari idenya Ani Berta  ini bersembunyi dalam benakku. Ketika beliau memberikan tantangan kepada para blogger dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) sesuai tema yang beliau berikan aku tidak dapat berpartisipasi karena kesehatanku tidak memungkinkan untuk terjun menulis bersama para blogger ISB.



Ide Ani Berta ini amatlah bersifat positif dalam menggalang tali silaturakhim antara blogger melalui keharusan untuk saling melakukan blogwalking ke blog masing-masing. Dengan seizin Ani Berta aku akan mulai menorehkan  ide Ani Berta yang berjudul: Cerita Gaji Pertama.

Jadi ceritanya begini:

Hari pertama aku masuk kerja adalah pada hari aku melakukan testing dan interview. Sementara ayahku masih menungguku di luar gedung. Hal ini tentu saja tidak pernah bisa aku lupakan. Tak pernah aku sangka aku akan mulai bekerja. Begitu mudahnya aku mendapat pekerjaan. Bahkan ketika ayahku memaksaku untuk melamar pekerjaan di sebuah kantor pemerintah berlokasi di Jalan Merdeka Selatan -- dulu bernama Biro Perancang Negara yang bernaung dibawah Sekretariat Negara Republik Indonesia -- aku bersikeras menolak. Dalihku: "Aku ingin kuliah dulu."

Dengan keterampilan yang aku miliki, berkat bimbingan ayahku, beliau begitu yakin aku pasti diterima. Yang diperlukan adalah seorang Juru-Ketik a.k.a. Typist. Kelihaianku dalam mengetik pada tahun 1959, setamatku dari SMA adalah 250 hentakan per menit. Jumlah angka yang sulit mencari tandingannya pada saat itu., hehe... Melalui tes yang tak berarti aku pun diterima sebagai tenaga pengetik di bagian Biro Hubungan Luar Negeri. Pastilah ini kehendak Allah melalui do'a ayahku juga. Alhmdulillah.

Sebagai pegawai baru tentu saja aku harus beradaptasi dengan lingkungan di ruangan kerja baru, yang dihuni oleh 6 orang pria dan aku sebagai pegawai wanita satu-satunya di bagian itu. I am proud of myself karena ketrampilan mengetikku dikagumi oleh mereka. Berkas-berkas pekerjaan/laporan kebanyakan dalam bahasa Inggris sedangkan pada tahun 1959 bahasa Inggrisku gak jelas deh ... namun semua tugas dapat aku kerjakan dengan baik. Rahasianya? Tentu saja berkat cara mengetikku yang menggunakan "blind system" yaitu mengetik dengan tanpa melihat toets keyboard mesintik, sehingga jemariku yang memiliki :"mata" hehe...dengan mudah bisa menuntaskan tugas dengan baik.

Tapi seiring berjalannya waktu dengan kecepatan cara kerjaku, waktu luang pun datang menghampiri -- dimana tidak ada pekerjaan, tidak ada tugas dan kebingunganku bagaimana caranya aku harus membunuh waktu menjelang saat jam kantor usai.
Aku tidak kehabisan akal. Kebetulan Biro HLN bersebelahan dengan Bagian Perpustakaan. Nah, jadilah aku wara wiri ketika gak ada tugas dari Biro HLN ke Perpustakaan. Terjalinlah hubungan yang erat antara aku dan Librarian, yang namanya aku tak ingat lagi, Mbak bla-bla-bla.... Dia begitu baik, hingga mempercayakan aku untuk berjaga-jaga di Perpustakaan ketika saatnya beliau harus makan siang. Tidak itu saja, Mbak bla-bla-bla ini juga mengajarkan aku bagaimana caranya menyortir buku-buku yang datang untuk diberi label. Benar-benar ilmu gratis yang aku dapatkan dari beliau.

Sebulan berlalu, tibalah saatnya aku menerima upah jerih payahku wara-wiri dari Biro HLN ke Perpustakaan (karena bosan memaku diri di bangku kerja), aarrrghh...dan aktivitas tak-tik-tuk jemariku di atas mesintik manual yang memerlukan hentakan sedikit keras di atasnya. Kalau tidak, pastilah ada huruf yang tertinggal pada setiap kata, hehe... Kehati--hatian sangat diperlukan, kalau tidak ingin dipanggil Boss menghadap ke depan meja kerjanya karena kesalahan tik. Pekerjaan tik a.k.a. surat menyurat seperti yang aku sebutkan di atas kebanyakan dalam bahasa Inggris, namanya juga Biro Hubungan Luar Negeri, sedangkan aku apalah, tamatan SMA yang bahasa Inggrisnya masih dibawah nilai 50. 

Aku sangat disukai oleh rekan-rekan satu bagian (seingatku) karena dianggap aku ini Juru Selamat mereka -- mereka melimpahkan tugas kepadaku -- tak apa -- aku suka karena dengan demikian waktuku akan terisi dengan baik. Satu keunggulanku dalam mengetik cepat adalah "blind system" -- tanpanya tentu aku akan terlalu lama mengetik surat-menyurat dalam bahasa yang tidak aku mengerti -- untungnya semua draft dengan tulisan tangan yang jelas -- tidak seperti corat-coret yang sulit dibaca. Alhamdulillah lagi harus aku ucapkan untuk nasib baik yang menyertaiku. Aamiin.

Gaji Pertama telah dalam genggaman. Berapa isinya? Ya, ampuun...gembiranya aku menerima uang dua ribu rupiah pertama. Bayangkan! Rp. 2,000 pada tahun 1959. Coba kita lihat berapa rate USDollar terhadap rupiah pada tahun itu. Yuk, kita intip bersama.  Tapi sebelumnya aku beritahukan kepada Anda para pembaca postingan ini, gaji pertamaku hanya aku sisihkan untuk membeli tembakau lempeng dan/atau tembakau linting Kakekku tercinta. Nenekku tersayang juga kebagian untuk pegangan, yang biasanya habis juga untuk jajan cucu-cucunya. Gak lupa aku cepretin juga adik-adik dan kakak-kakakku. Pertama kali jadi Senterklas deh dengan gaji pertamaku.

Selebihnya aku simpan buat jajan dan merealisasikan hobiku nonton bioskop, hahaha... Selama ini kan aku gak pernah pegang uang jajan sebesar yang kumiliki dari gaji pertamaku. Selama sekolah aku harus menentukan pilihan: jajan atau jalan kaki. Maksudnya kalau aku mau jajan seperti teman-teman lain, ya risikonya harus berjalan kaki dari rumahku di Jalan Ciragil, menyusuri Jalan Bintara (yang kini telah lama berganti nama menjadi Jalan Wolter Mangunsidi) -- Yeeaayy...gini-gini juga aku pernah jadi anak Kebayoran Baru, Jakarta Selatan lho!

Melihat list di bawah ini, ternyata gaji pertamaku sebagai Juru-Ketik lumayan juga, ya. Rp. 2000 sedangkan nilai tukar terhadap USDolar US$1.00 = Rp. 11.40 Jadi bisa dapat sekitar US$175.00 Wuiiih, bayangkan kalau tahun 2017 gaji awal kita US$175 dengan nilai tukar sekitar Rp. 13,000an kan hasilnya sekitar Rp. 2,275,000. Sangat lumayan untuk tenaga pemula sebagai Jurutik/Typist.
 
Tahun Rupiah
1946-1949 tidak diketahui
1949 3,8
1950 7,6
1952 11,4
1962 1205
1965 2295

Itulah Cerita Gaji Pertama yang bisa aku share di blog ini. Sungguh menyenangkan menerima amplop berisi gaji pertama, hasl jerih payah kita sendiri. Aku bangga karena pada tahun 1959 aku masih dihargai sejumlah lembaran uang Rp. 2,000.00.

Oiya, enaknya ada fasilitas antar jemput dari kantor jadi aku gak perlu pusing dengan uang transportsi pulang pergi dari rumah ke kantor p.p.



Comments

  1. wuih ruar biasa bunda, selamat lebaran ya bunda

    ReplyDelete
  2. Kok sama ya BUnda, aku dulu pertama datang ke interview juga diantar Bapakku dan di tunggu diluar gedung, sampai bapakku dibela-belain bolos kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pada saat itu dalam hati sih grundel ngelamar kerja koq dipaksa, hehe...tapi memang itu sebagai batu loncatan. #papaku yangbijaksana.

      Delete
  3. Yampun tahun 1959 sudah bekerja, papaku saja belum lahir loh.. Masih tetap nulis ya Eyang luar biasa semangat nyaa.. Semoga bisa punya kekuatan ngetik "blind system" atau eyang mau kasih trik and tips nya ke aku hehe :))

    ReplyDelete
  4. Subhanallah, di usia yang sudah tidak muda Bunda masih inget cerita zaman dahulu kala. Jadi malu sama diri sendiri. Salute!!!

    ReplyDelete
  5. keren bunda, aku aja udah umur segini belum pernah gajian seperti itu.

    ReplyDelete
  6. tahun 1959 tahun kelahiran bapak. tentang mesin ketik,pernah merasakan sensasi pake mesin ketik pas kerja di kantor notaris. perlu kehati-hatian ya menggunakan mesin ketik ternyata.

    ReplyDelete
  7. bunda, hebat banget ngetiknya nyampe secepat ituu dalam satu detik bisa sampe 3 huruf!

    ReplyDelete
  8. Wwah.. bunda keren ih, bisa ngetik tanpa liat tuts mesin tik nya. Waah ... Salut. Padahal mesin tik tempo dlu keras banget kan bun.

    ReplyDelete
  9. Wah ini pertama kalinya saya mampir ke blog bundayati. Serasa diajak jalan-jalan ke jaman dulu bacanya :)

    ReplyDelete
  10. Wow ngetiknya dengan blind system. saya juga pengen banget bisa dari dulu, mbak. Saya udah diajari oleh ayah saya yang jago IT tentang pengenalan keyboard Qwerty dan posisi jari standby. Lalu saya belajar otodidak juga sendiri. Tapi kecepatan saya ga samapai 250 hentakan per menit. Apalagi hentakan keyboard komputer lebih enteng. Pernah nyoba tekan tuts mesin tik, emang berat ya hihi

    ReplyDelete
  11. Wah keren Bundaa bisa blind gitu ngetiknya..maaf lahir batin..

    ReplyDelete
  12. Dulu gaji pertama saya, dikasih sama Ibuku tercinta buat adik

    ReplyDelete
  13. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  14. kalau aku, gaji pertamaku dari mbah Google.. hehe

    ReplyDelete
  15. Gaji pertama pasti hal yang paling ditunggu-tunggu setelah sebulan bekerja.

    ReplyDelete
  16. Gaji pertama itu bagai cinta pertama, berbunga-bunga.

    ReplyDelete
  17. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete
  18. Metrolina Credit Company

    Katanya

    apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk mengembangkan bisnis Anda lagi karena tugas akami untuk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. karena Perusahaan Kredit Metrolina ada di sini untuk mempermudah pemberian pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kami akan membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akaan pinjaman dari kami, yang harus Anda lakukan adalah memberi kami akredensial dan kepercayaan Anda yang sesungguhnya dapat berlaku untuk kita dari manapun di ASIA, AMERIKA, EROPA AFRIKA

    Gmail::metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai personal bisnis yang bisa Anda terapkan dalam mata uang apapun yang Anda inginkan


    Tarima Kasih

    ReplyDelete
  19. Metrolina Credit Company

    Katanya

    apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk mengembangkan bisnis Anda lagi karena tugas akami untuk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. karena Perusahaan Kredit Metrolina ada di sini untuk mempermudah pemberian pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kami akan membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akaan pinjaman dari kami, yang harus Anda lakukan adalah memberi kami akredensial dan kepercayaan Anda yang sesungguhnya dapat berlaku untuk kita dari manapun di ASIA, AMERIKA, EROPA AFRIKA

    Gmail::metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai personal bisnis yang bisa Anda terapkan dalam mata uang apapun yang Anda inginkan


    Tarima Kasih

    ReplyDelete
  20. PERUSAHAAN KREDIT METROLINA

    Nama di atas adalah untuk perusahaan pinjaman Amerika yang telah mengubah suka saya menjadi lebih baik, bahkan ketika saya tidak pernah percaya saya akan pernah mendapatkan pinjaman online setelah dibebani oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu online

    Saya telah memiliki banyak hutang untuk beberapa waktu sekarang karena beberapa perusahaan pinjaman palsu yang memberi saya harapan palsu dan menggunakan metode pemberi pinjaman nyata untuk mengumpulkan uang dari saya dan bahkan membuat saya meminjam uang dari teman yang saya kirim ke pinjaman palsu perusahaan di Filipina sampai saya tidak bisa lagi membayar lagi dan mereka tidak pernah memberi saya pinjaman yang membuat saya kehilangan harapan dalam hidup karena saya tidak tahu harus mulai dari mana

    Saya melihat perusahaan pinjaman yang berbasis di Amerika ini pada JAWA POS News papper dan dengan foto-foto orang yang mendapatkan pinjaman dari mereka sehingga saya mengambil alamat gmail dan nomor telepon mereka
    Saya menelepon perusahaan tetapi mereka tidak bisa berbahasa Indonesia jadi saya mengirim email kepada mereka dan mereka menjawab jadi saya memberi tahu saya niat saya dan mereka membawa saya melalui beberapa proses dan pertanyaan dan beberapa foto setelah set dan selesai mereka mengatakan kepada saya bahwa saya telah memenuhi syarat untuk pinjaman bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya dan yang paling mengejutkan saya ketika mereka menghubungi pada hari berikutnya bahwa mereka akan mentransfer pinjaman saya bahwa saya akan segera memberi tahu mereka setelah pinjaman tercermin dalam akun saya dan tidak sampai 4 jam saya mendapatkan waspada di ponsel saya, saya segera berlari ke bank untuk konfirmasi dan untuk kemuliaan ALLAH uang itu sebenarnya ada di akun saya jadi saya segera memberi tahu mereka bahwa saya telah mendapatkan pinjaman

    Pinjaman ini membuat saya menjadi pria yang lebih baik hari ini dan anak saya dapat diberi makan dengan baik dan biaya sekolah tidak menjadi masalah

    Sekali lagi saya berterima kasih kepada PERUSAHAAN KREDIT METRIOLINA yang telah mengubah hidup saya
    Kontak Perusahaan

    Nama :::::: Perusahaan Kredit Metrolina
    Gmail :::::: metrolinacreditcompany@gmail.com

    Kontak saya

    Nama Saya :::::: Iknatius Istiyarso Erik
    Gmail Saya :::::: iknatiusistiyarsoe@gmail.com

    Hubungi perusahaan ada kesempatan untuk Anda

    Allah rahmat atasmu

    ReplyDelete
  21. PERUSAHAAN KREDIT METROLINA

    Nama di atas adalah untuk perusahaan pinjaman Amerika yang telah mengubah suka saya menjadi lebih baik, bahkan ketika saya tidak pernah percaya saya akan pernah mendapatkan pinjaman online setelah dibebani oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu online

    Saya telah memiliki banyak hutang untuk beberapa waktu sekarang karena beberapa perusahaan pinjaman palsu yang memberi saya harapan palsu dan menggunakan metode pemberi pinjaman nyata untuk mengumpulkan uang dari saya dan bahkan membuat saya meminjam uang dari teman yang saya kirim ke pinjaman palsu perusahaan di Filipina sampai saya tidak bisa lagi membayar lagi dan mereka tidak pernah memberi saya pinjaman yang membuat saya kehilangan harapan dalam hidup karena saya tidak tahu harus mulai dari mana

    Saya melihat perusahaan pinjaman yang berbasis di Amerika ini pada JAWA POS News papper dan dengan foto-foto orang yang mendapatkan pinjaman dari mereka sehingga saya mengambil alamat gmail dan nomor telepon mereka
    Saya menelepon perusahaan tetapi mereka tidak bisa berbahasa Indonesia jadi saya mengirim email kepada mereka dan mereka menjawab jadi saya memberi tahu saya niat saya dan mereka membawa saya melalui beberapa proses dan pertanyaan dan beberapa foto setelah set dan selesai mereka mengatakan kepada saya bahwa saya telah memenuhi syarat untuk pinjaman bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya dan yang paling mengejutkan saya ketika mereka menghubungi pada hari berikutnya bahwa mereka akan mentransfer pinjaman saya bahwa saya akan segera memberi tahu mereka setelah pinjaman tercermin dalam akun saya dan tidak sampai 4 jam saya mendapatkan waspada di ponsel saya, saya segera berlari ke bank untuk konfirmasi dan untuk kemuliaan ALLAH uang itu sebenarnya ada di akun saya jadi saya segera memberi tahu mereka bahwa saya telah mendapatkan pinjaman

    Pinjaman ini membuat saya menjadi pria yang lebih baik hari ini dan anak saya dapat diberi makan dengan baik dan biaya sekolah tidak menjadi masalah

    Sekali lagi saya berterima kasih kepada PERUSAHAAN KREDIT METRIOLINA yang telah mengubah hidup saya
    Kontak Perusahaan

    Nama :::::: Perusahaan Kredit Metrolina
    Gmail :::::: metrolinacreditcompany@gmail.com

    Kontak saya

    Nama Saya :::::: Iknatius Istiyarso Erik
    Gmail Saya :::::: iknatiusistiyarsoe@gmail.com

    Hubungi perusahaan ada kesempatan untuk Anda

    Allah rahmat atasmu

    ReplyDelete
  22. TESTIFIER: Nabilah Ashraff
    LOKASI: Semarang di Indonesia
    email: nabilahashraff@gmail.com
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp500.000.000
    BANK RAKYAT INDONESIA

    PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    ALAMAT: Amerika Serikat
    EMAIL PERUSAHAAN: rikaandersonloancompany@gmail.com
    KONTAK PERUSAHAAN / WHATSAPP: +19147057484

    Damai selalu bersamamu! Nama saya ny. Nabilah Ashraff dari Karel Sasuit Tubun di Semarang, Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak kreditor di sini adalah penipu dan mereka di sini untuk menipu Anda dengan uang Anda.

    Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta, jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu dengan seorang teman online harum ahmadzulkifli harumahmadzulkifli@gmail.com dan endang nisrina endangnisrina@gmail.com yang bersaksi tentang bagaimana dia mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu. PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapatkan pinjaman di akun BRI saya dalam waktu kurang dari 4 jam hanya 2% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Anda. Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  23. Halo semuanya
    Saya ingin menggunakan media ini untuk membuat Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan sesulit yang Anda kira

    Saya Rina Mariana penduduk asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman dari  ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan mudah dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru menjadi firma pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang, tetapi mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang kepada perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari   ONE BILLION RISING FUND

    Saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari  ONE BILLION RISING FUND   kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah Anda sangat bebas untuk bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

                                              KONTAK PERUSAHAAN

     Nama Perusahaan ::::::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

                                 Hubungi saya
    Rina Marian
    rinamariana874@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena alasan apapun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan keuangan Anda.Kami telah memberikan Miliaran (mata uang yang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis.Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tunjuk sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman segala jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk melunasi pinjaman Apakah Anda memiliki kredit macet? Apakah Anda butuh uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda?ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    tujuannya adalah untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
    WhatsApp:+15716666386

    ReplyDelete
  25. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu