Catat Dengan Baik Target Blogging tahun 2019

Source: blogelina.com
Day-30 Catat dengan baik target blogging tahun 2019
Sebagai blogger yang sudah terjun ke dunia yang sekarang aku geluti sejak tahun 2009 ini kenyataannya masih belum membuat hatiku puas. Kenapa? Manusia memang gak ada puasnya ya? Tapi ketidak-puasan aku lain lho. Lihatlah blogku yang sekarang ini kan tampilannya dari template comotan. Aku cuma mengikuti aja. Sedangkan dalam target blogging tahun 2019 aku memantapkan diri untuk mulai men-upgrade diri dalam hal menggali skill perbloggingan.

Dalam bulan November 2018 aku sebagai member dari Blogger Perempuan Network mendapat kesempatan untuk mengikuti sebuah ajang bernama: BPN30DayBlogChallenge2018 yang mengharuskan setiap peserta mengisi blognya setiap hari satu postingan. Tapi ada kelonggaran dari Admin BP mengenai tanggal bisa dibuat backdated. Alhamdulillah jadi memberikan kerikan bagiku yang masih sangat awam dengan keharusan membuat postingan menggunakan tema yang diberikan. Alhamdulillah lagi nih, untuk tema-tema yang sulit disediakan tema pengganti.

Adalah keikutsertaanku di tantangan ini menyebabkan aku tertantang lebih dalam lagi setelah melihat peserta-peserta (blogger muda dan ranum) yang punya blog yang ciamik, membuat iri hatiku dan sekaligus membuat aku penasaran untuk mengetahui lebih banyak apa sih yang dipakai oleh mereka untuk mempercantik tampilan blognya.Hanya perkiraanku saja mereka kebanyakan menggunakan Infografis, Canva atau mungkin yang aplikasi lain yang aku belum tahu. Dengan pendapat ini aku harus membuat liste tentang apa saja yang akan menjadi target bloggingku tahun 2019. Lebih baik aku catat dengan baik target blogging untuk tahun 2019. Yuuuk, disimak, siapa tahu ada diantara rekan-rekan blogger yang masih selalu merasa newbie seperti bunda. Berkomitmenlah dengan tujuan meng-implementasikan setiap aktivitas di dunia maya demi mempertajamkan pengetahuan blogging yang belum dan/atau harus dikuasai sepanjang tahun 2019. Ini targetku:
Pixabay
I. Google Analytics
Entah tahun berapa aku mengikuti pelatihan Google Analytics yang diberikan oleh Cikgu @Shintaries. Aku belum paham cara melihatnya apakah blog untuk sejalan dengan aturan Google Analytics atau tidak. Tapi aku sudah memiliki nomor IP untuk blog milikku yang berdotcom. Aku harus mempelajarinya dengan atau tanpa tutor pendamping. 



Untuk mengingatku akan arti Google Analytics (reminder for myself) dari Wikipedia: GA adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik visitor sebuah situs web/blog. GA dapat mendeteksi pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk SEO, iklan, jaringan pay-per-klik dan banyak hal lain yang harus aku pelajari. 

II. Infografis dan Canva
Dua hal di atas sebetulnya telah aku ikuti pelatihannya beberapabulan yang lalu. Pelatihan yang diberikan oleh @echaimutenan (Infografis/Canva) dan @shintaries (Google Analytics). Berarti yang kedua kali aku ikuti pelatihan GA ini. Tapi tetap masih belum mantap nyantel dalam benakku.

Aku harus fokus dengan atau tanpa bantuan teman untuk belajar Infografis dan Canva ini. Karena kedua skills ini ternyata mampu mempercantik tampilan blog yang kita miliki dalam hal font atau kreasi judul blog dan lain sebagainya.

III. Vlog/Video Blog
Sebagai blogger ternyata pengetahuan dan ketrampilan dalam Vlog juga sangat diperlukan, bahkan setiap blogger harus menguasai Vlog. Vlog ini sangat erat hubungan dengan Youtube, sehingga mau tak mau suka gak suka akupun harus juga belajar dan be familiar dengan Youtube yang selama ini bisaku hanya nonton thok!

IV. Komunikasi dengan MedSos
Aktifkan kembali komunikasi dengan beberapa SosMed yang selama ini kurang bahkan tidak aktif. Dengan memperbaharui komunikasi dengan SosMed, in shaa Allah segala pencerahan yang dibutuhkan bisa didapat dari hubungan baik dengan para blogger dari komunitas lain yang memiliki skill yang aku butuhhkan. Semoga mereka ikhlas berbagi. Aamiin.

 
V. Lain-lain
Berkat mengikuti Fun for BlogWalking dari Arisan BP Batch VI yang diprakarsai oleh @indahnuriasavitri dan @nuniekkaswarganti dan ditambah lagi berpartisipasi juga di WAG Kumpulan Emak2 Blogger, inisiatip dari MakPuh @indahjuliantisibarani -- serasa baru terbuka mataku selama ini blog yang kumiliki itu gitu-gitu aja. Aku biarkan apa adanya seperti asalnya ketika aku comot free template. Template itu bagiku terlalu asing -- karena aku tidak bisa merubahnya menjadi begini atau begitu, khawatir hasilnya amburadul dan menyebabkan postinganku hilang semua, huhuhuuu....Jadi sementara belum memiliki skill yang mumpuni (??) aku tetap biarkan seperti apa adanya. Termasuk di poin V ini juga aku harus banyak membaca, bukan berarti harus membaca buku/novel, tapi apa saja yang bisa dibaca dari postingan blogger lain atau dari blog-blog milik para pakar blog dari Luar Negeri.



 
VI Berusaha memiliki personal branding dan Nichie
Bagaimana caranya? Aku harus banyak membaca dan belajar menerapkannya di blog aku. Mengenai personal branding ini sudah seringkali diutarakan betapa pentingnya bagi seorang blogger dan pasangannya yaitu blog yang dimiliki. Mengenai nichie yaitu topik khusus yang akan dibahas dalam blog sampai sekarang aku belum menemukannya. Tapi menurut beberapa blogger Senior, blog yang kumiliki bernama Miscellaneous itu bisa disamakan/diganti nama dengan nichie LIFESTYLE. Tapi inipun aku harus berkonsultasi dengan teman yang Senior dalam menentukan nichie. Apakah akan menjadikan aku bertambah bingung untuk mengimplementasikannya ke blogku atau tidak?

Last but not least:
Ini tantanganku: Tunggu dan lihat apa yang mampu aku lakukan  selama tahun 2019 adakah sesuatu yang lain dari blogku atau apakah targetku mencapai sasaran yaitu my improvement in blogging, automatically including my content writing capability.

 
Pray for me, my dear fellow bloggers
 

Comments

  1. Saya mendoakan bunda, semoga selalu semangat......

    ReplyDelete
  2. Keren target bkogging bunda yati. Semoga semua bisa tercapai ya bunda. Semangat bnda panutan

    ReplyDelete
  3. Semangat, Bunda! Pasti bisa merubah tampilan blog ini. Kalau boleh tahu, blog yang bikin Bunda pengen merubah template punya siapakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda gak tsu tapi nyomot aja waktu browsing. Taunya tampilannya canggih banget.

      Delete
  4. Bunda mengingatkanku pada ayahku yang tetap semangat belajar meski usianya sudah tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang yg sdh sepuh harus mengaktifkan benak dengan baik.

      Delete
  5. Di antara semuanya aku nyerah yg Vlog... suamiku gak setuju aku ngevlog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...takut ada yg subscribe x jd khawatir, hehe...

      Delete
  6. Untuk 2019 kayaknya ku harus mulai belajar bikin grafis or canva deh bund, udah bisa belum bunda? Ajarin donk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuuu... Temen2 bunda di sini nih yang cantik n muda2 keknya pd pinter lho Beautyasti. Hihihi...kl bunda udah bisa gak bakalan bunda masukkin target atuh, sayangku Beautyasti.

      Delete
  7. Semoga tercapai ya bunda untuk harapan 2019nya. Saya juga ini pengen membenahi blog tahun depan

    ReplyDelete
  8. Salam kenal bunda,
    Wah jadi terinspirasi jugaa, saya udah sejak 2012 punya blog tapi isinya jurnal pribadi dan ga berani dishare....
    Baru tahun ini kepikiran ikut komunitas dll sekaligus belajar pindah ke domain sendiri... *malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa curhat sama temen baru, soalnya temen barunya pasti bisa spen rahadia, hehehe... Sophia sayang.

      Delete
  9. Saya termasuk yang gitu gitu aja untuk urusan blog,sepertinya tahun depan harus banyak bebenah blog.

    ReplyDelete
  10. mantappu djiwa!
    untuk urusan blog sendiri aku emang dasarnya suka nulis yang aku suka doang, buat yang emang udah focus sama satu tema salut banget akunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aja boleh koq dimuat di blog, bunda isinya curcol keluarga tp yg gak terlalu private sih.

      Delete
  11. Waaahhh bundaaa... makasih bangeet tulisannya. Jadi bisa belajar nih dari artikel bunda. Ternyata tuh blogging gak cuma nulis doang ya, bunda. Banyak hal yang perlu dipelajari. Noted!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kl maubjd penulis ok lah gak perlu belajar yg begini yang begitu, cukip nuliiis trus cetak buku.

      Delete
  12. Wah keren Bunda...penuh semangat..luar biasa. Semoga Bunda sehat terus ya...semoga resolusinya terealisasi..

    ReplyDelete
  13. Ya ampun bunda kereennn bgd targetnya. Kagum deh aku sm semangat bunda. Semoga tercapai semua targernya ya bunda aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inda, ketauan bundabdari th 2009 gak maju2 ilmu bloggingnya, hiks...

      Delete
  14. Bunda hebat nih. Masih semangat terus belajar. Tak peduli dengan usia ya. Harus dicontoh deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pujiannya, karena itu harus digenjot bljrnya, bhahaha...beca x

      Delete
  15. Sama Mba, aku Juga pengen banget pelajari Google analytik itu 😅 belum paham kayak gimana cara kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucuku Nur Ainhy, bunda ini nenemu, sayang, hihihii ..tp gakpapa deh dipanggil mba mustinya ditambahin "h" bhahaha...

      Delete
  16. Masya Allah...Bunda Yati idolakuuuu, ikut tantangan Bpn30daychallenge sampe selesai yaa, kereeen. Semangat belajar Bunda juga kereen, kalo blogger muda usia vuma nanya2 doang, malu nih sama Bunda. Sehat2 ya Bunda sayaaang 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, begitu selesai challenge hiks hiks kendor lg nih. Kudu dipecut (emang kuda). Makadih do'anya, sayangku.

      Delete
  17. Saya belum sempat ikut challenge-nya Bunda. Belum sanggup konsisten. Eh, mungkin gak mau berusaha seperti Bunda ya..hihihi.
    Semoga target blogging di tahun depan, bisa tercapai ya, Bun

    ReplyDelete
  18. Target belajar Bunda keren semua. Semangat selalu ya, Bun

    ReplyDelete
  19. Tetap semangat ngeblog, Bunda. Aku harus semangat ngeblog juga ah biar ngeblog makin asik.

    ReplyDelete
  20. Keren banget targetnya bun, kalau saya juga jarang pakai infografis, kalaupun mau pakai mending pakai power point hahaha
    Vlog juga kayaknya saya masih amat sangat gak berani, malu aja gitu muncul depan video, hihihi
    Semangat selalu ngeblognya ya bun, semoga targetnya tercapai bahkan terlampaui, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rey, mksh do'anya.kena musti malu. Kl bunda memang blm bisa.

      Delete
  21. Kereen banget target bloggingnya mba, sekaligus menginspirasi. Semoga tercapai semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl bisa menginspirasi. Iya berarti selama ini amat sangat banyak kekurangan bunda.

      Delete
  22. Ayo Bundaaa yang semangat nge-blog-nya ya! Kalau butuh ganti template, udah banyak yang bisa dihubungi kok, atau kalau mau cari sendiri juga bisa yang gratisan, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Isti, ini selesai challenge, eee...ketagihan rehat nih udah 5 hari.

      Delete
  23. Aku pengen punya blog dengan niche berbeda-beda. 1 blog untuk 1 kesukaan, tapi masih khawatir maintain-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Afifah, kl ada keinginan tuntaskan. Jngn ragu dsn jangan bimbang, pasti deh bisa.

      Delete
  24. maasyaAllah.. aku salut banget sama bunda yang tetep belajar pantang usia gini, huehehehhe. mamahku model kek bunda gini juga. kemauannya keras kalo udah memulai sesuatu. semoga tercapai target blogging di 2019 nya ya bun.. aku jadi termotipasi buat juga, hahahha

    ReplyDelete
  25. Bunda aku salut sekali karena bunda rajin dan terus belajar untuk dunia blogging ini. aku sedikit2 belajar nih dari semangat bunda. karena aku masih bolong2 bloggingnya karena masih urus anak2, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena bunda banyak kekurangan ilmu bloggingnya.

      Delete
  26. Bundaaaa. Keren semangatnya. 😍

    Kalau boleh tahu, Bunda pengen theme kayak apa? Mau dibantu Widi buat nguprek theme nya? Kalau mau, Bunda WA Widi ya. Bunda tahu WAnya Widi kan? 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bund tuh pengennya theme kayak punya Lendyagasshi, lidya Fitrian , cukup manis dan menarik .Iya bunda tsu WA yg steemit ya? Mksih, Widi. You r so sweet.

      Delete
  27. Target kita hampir sama bun.. mau fokus belajar infografis biar blognya lebih menarik :)

    ReplyDelete
  28. Targetnya Bunda Yati lebih dari aku ya. Aku blm ada keinginan buat ngevlog karena masih belajar bicara di depan umum. Ngeshot gitu gak gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa Seeey? Knp hrs malu. Kan bikinnya sendiri gak ada yg liat. Jngn di uplupload dulu sampe memuaskan. Ngono lho, ndho

      Delete
  29. Aku jadipenasaran sama vlognya bunda nih, ayo semangat bkin vlog Bun

    ReplyDelete
  30. Bunda blogger idolaque banget deh,, jadi kangen nih kapan kita belajar bareng lagi Bun? Hehe.

    ReplyDelete
  31. Semangat terus bunda untuk terus belajar dan berlatih biar makin bagus blog nya.

    Mpo aja belajar semangat bunda yang selalu menjaga stamina tetap fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mpooo..iya bljr kudu semangat ya. Hehe...seneng deh baca ya ini :"biar blognya "semakin" bagus. Yeeeaayyy berarti blog bunda udah bagus ya, mpo Ratne?

      Delete
  32. Ngevlog lebih rajin juga jadi resolusi 2019ku mba. Memang agak menantang, tapi peluangnay banyak juga ya dari sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaa.,.ini bunda udah dpt guru Vlog satu nih. Bunda Biyaaa...ajarin Vlog donk.

      Delete
  33. bunda keren sekali harapan ngeblognya aku juga pengen banyak belajar lagi apalagi ngevlog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, herva, keknya asyik deh kl udah baid bikin vlog ya?

      Delete
  34. Saya juga lagi belajar bikin vlog nih, Bunda. Kok keknya susah ya, haha. Apalagi kalo mesti tampil depan layar, langsung gagap deh wkwkwk. Semangat ya, Bunda!

    ReplyDelete
  35. alangkah bagusnya memang seorang blogger juga punya vlog, karena kadang suatu topik tuh bisa lebih bagus divideokan bukan dituliskan yaaa

    ReplyDelete
  36. Bunda... sama nih target yang nomer 4. Soalnya aku jarang pakai medsos jadi tahun depan mau lebih aktif bermedsos, tentunya untuk share kebaikan.

    ReplyDelete
  37. Bunda Yati keren banget bisa menyelesaikan challenge BPN, moga target-targetnya juga tercapai ya, Bun

    ReplyDelete
  38. Aku juga termotivasi nih dengan bunda, semoga di usia seperti bunda bahkan lebih, masih memiliki passion blogging.

    Yuk, semangat bunda...!

    ReplyDelete
  39. Bunda, semangatmu luar biasa dalam menulis dan terus mengasah pengetahuan seputar ngeblog. Bahkan semangat ini udah ngalah2in yang muda aja lhooo... Go gooo... happy blogging ya Bunda Yati.

    ReplyDelete
  40. Wah, bener nih bunda. Aku mau gitu juga ah di tahun 2019. Mau aku catet target dan capaian yang bisa aku dapet. Biar makin hari makin semangat dan makin ada perbaikan ya, Bun...

    ReplyDelete
  41. Saya sampai skrng gak bisa infografis. Hehe. Pengen belajar tapi blm ada yg ngajarin. Paling banter pakai Canva sih tapi blm maksimal otak atiknya :D

    ReplyDelete
  42. Bunda keren banget semangat belajarnya. Aku juga harus semangat nih diselang ngurusin bocah2

    ReplyDelete
  43. Masya Allah semangat banget bunda kere.

    ReplyDelete
  44. Sama denganku Bunda, saya juga masih bingung cara membaca google analitik. Jadi pengen mendalami juga. Moga tercapai target tahun depannya ya bunda

    ReplyDelete
  45. Selalu salut sama semangatnya bundaaa, keren bgt

    ReplyDelete
  46. Bunda Yati hebat, saya salut dengan Bunda yang punya semangat terus dan mau belajar. Sehat selalu Bunda..

    ReplyDelete
  47. Semangat Bunda, jadi memicu kami yang masih muda untuk semangat belajar lagi untuk ngeblog.

    ReplyDelete
  48. salam kenal bunda sukses selalu dan trus semangat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu