Surat untuk Seseorang Nun Jauh di Sana

Day-15
Surat untuk Seseorang Nun Jauh di Sana
Malam ini aku terpaksa mengganti tema day-15 Akun Instagram yang Paling Sering Aku Kunjungi dengan tema pilihan pengganti yang berjudul: Surat untuk Seseorang (siapapun) karena aku sendirilah yang tahu dimana kemampuanku untuk berkecimpung dalam dunia Instagram. Untuk mengisi yang namanya TEASER dalam lomba menulis blog dalam rangka BPN30DayBlogChalleng2018 aja aku masih kewalahan.


Aku memang suka (tapi tidak sering) mengunjungi beberapa akun instagram yang seringkali mengklik LIKE foto-fotoku (posts) di instagramku. Pasti aku akan berkunjung balik, namun untuk memilih 10 favorit, nanti dulu deh karena sekarang ini dalam kondisi mereka semua adalah favoritku, hehe... Jadi untuk amannya aku pikir lebih baik aku memilih tema pengganti saja untuk mengisi day-15 ini. Yuk, hurry up, I am gonna be rushed towards the end of this programme. It's only a few days more left for me. Semoga aku bisa mengejar waktu untuk membuat postingan di hari yang tersisa bulan ini.

Aku mulai nulis suratku dulu ya.

Surat untuk sahabatku Jeanne Wattimena,

Dear Jeanne, 

Apa kabar, Jean? Masih ingat aku gak nih? Yati, temenmu di SMP XI dulu tuh yang ketika kita berangkat selalu jalan kaki bareng. Sekalinya mau enak-enak, bermanja-ria naik beca kita malah terjatuh dari beca, pas di simpang empat Jalan Sisingamangaraja, persis deh di depan Gedung PLN itu. Untungnya ya kita gak cedera. Dasar tuh anak orang kaya kali, ya. Naek mobil serempetan gitu. Lampu merah masih juga dia nyelonong, ampe nyenggop beca yang kami naikin. Huuh..

Jean, banyak ya kenangan kita ketika aku tinggal di Jalan Ciregil no. 27, Kebayoran Baru. Kita jalan kaki bareng. Lucu juga ya, kita kumpulin uang bareng trus kita berhitung deh, mau jalan kaki tapi jajan atau kita bisa jajan tapi harus jalan kaki.  Karena sudah hampir terlambat kita putuskan untuk naik beca dengan mengorbankan keinginan untuk jajan, hehe...Inget gak? Dasar ya, kalau memang harus telat hari itu, ya jadi telat beneran, karena kita jatuh dari beca. Untung gak cedera. Tukang becanya sigap banget menahan beca supaya gak terbalik full, kejungkel donk kita berdua kalo dia gak sigap, hahaha....

Terpaksa deh kita jalan kaki juga sampe sekolah. Kalau dulu serasa dekat ya, tapi kalau sekarang dibayangin jauh banget lho dari perapatan PLN ke jalan Bumi, Mayestik. Oya, orang lebih biasa menyebutnya perapatan CSW. Kenapa gak disebut aja perapatan PLN. Kalau PLN kita tahu tuh singkatan dari Perusahaan Listrik Negara, tapi kalau CSW? Auk ah gelap. Gak ada yang tahu kepanjangannya. Bahasa asing kali. Bodoamatlah, bukan urusan kita. 

Jean, kalau Allah mengatur kita untuk ketemu apa Jeanne masih inget aku? Kalau aku sih masih inget donk wajah Jeanne yang punya lesung pipit di pipi kiri dan kanan (serakah amat sih ampe dua-dua gitu, hehe...becanda Jean.) Badan yang tinggi semampai (tapi bukan berarti semeter gak sampai lho, hihihiii...) Lha, kenyataannya tinggi Jeanne kan beda kira-kira 20 sentimeter dari aku. Tinggi tubuhku kan ideal buat orang Indonesia rata-rata, hehe...160-an sentimeterlah.

Surat ini juga aku gak tahu, Jean, bakal sampe apa nggak ke Jeanne, karena aku kan gak tahu harus dialamatkan ke mana. Rumah Jeanne terakhir yang aku kunjungi kan di Tebet tuh, belakang pasar Tebet. Sekarang daerah Tebet udah bikin pangling, jadi gak tahu lagi deh ke mana harus cari kira-kira tempat tinggal Jeanne yang dulu.

Rumahku aja tempat Jeanne main sehari-hari pulang sekolah di Jalan Ciragil itu sekarang kan sudah berubah lho. Dulu cuma Jalan Ciragil aja, sekarang jalan Ciragil I dan jalan Ciragil II yang diantarai oleh parit. Jean, inget gak sih kalau Jeanne datang dan ngobrol sama aku, Papaku suka nimbrung trus ngobrol pake bahasa Belanda cas-cis-cus. Jelas donk Jeanne lancar banget bahasa Belandanya, kan sekeluarga selalu menggunakannya sehari-hari.  Tinggal aku aja yang melongo, hehe...

Oya, satu lagi apa masih inget gara-gara diajak ngobrol sama Papaku jadi waktu kita ngobrol kepotong donk. Kita terusin sampe malem tuh. Eee...trus lampu padam karena ngejepret gak kuat kebanyakan pasang lampu. Aku keluar buat naikkin meterannya. Waktu aku masuk lagi dan duduk di sebelah Jeanne. Jeanne tiba-tiba nanya:

"Yat, ada adikmu laki-laki, ya?"

"Adik aku? Aku kan gak punya adik laki-laki, Jean." ujarku

"Emang kenapa, Jean"

"Gakpapa"

Tapi tetap aku cecer ada apa koq dia nanyanya gitu. Akhirnya dia bilang.

"Tadi ada yang senderan di pahaku, aku menghindar donk, eh, trus lampunya nyala" 

"Ya, ampuuun, Jean, maap ya, aku gak bilang, emang dia suka memperlihatkan diri pada orang yang hatinya baik. Berarti Jeanne emang temenku yang sejati. Gak usah khawatir dia cuma ingin menyapa."

Jeanne inget gak peristiwa itu? Sekarang rumah itu sudah menjelma jadi rumah gedung mewah tapi tetap pake no. 27. Emang 27 tuh angka yang bagus, kan? Jumlahnya 9 -- angka yang paling dicari kalo kita main qiu-qiu, hehe... Maaf Jean, jadi ngelantur nih.

Jean, boleh gak aku tanya mengenai keluarga Jeanne. Ketika kita pisah sekian puluh tahun yang lalu kan kita berdua masih gadis ting-ting banget, baru tamat SMP. Setelah itu koq kita jadi loss of contact ya. Oya, aku tahu karena jaman kita dulu belum ada handphone yang menjangkiti anak-anak muda di jaman kita. Trus diantara kita gak ada yang peduli nyatetin alamat jadi ya gini deh jadinya, semua antar teman gak ada yang pada bisa berkomunikasi. Udah pernah berulang-ulang aku klik nama-namanya di facebook tapi gak ada yang muncul.

Tentang aku udah punya cucu 4 orang cowok semua. Anakku empat orang tapi yang paling tua  meninggal hampir lima tahun yang lalu. Yang jadi ayahnya anak-anakku bukan si E yang Jeanne kenal dulu itu. Cowok ganteng abis yang pacaran udah 8 tahun akhirnya kan aku ditinggal merried sama dia, Jean. Tapi  aku bersyukur kepada Allah gak berjodoh sama dia, karena ternyata setelah pernikahannya dia sampe nikah lagi empat kali. Anehnya, dia selalu tahu di mana menghubungi aku, Jean. Minta izin segala kalau setiap kali mau nikah. Aneh bin ajaib, gak sih, Jean. Sama orangnya gak mau tapii sama advisnya perlu banget. Itulah Jean adat Minang, kalau ortu minta anaknya nikah sama sepulu, ya harus diturutin. 

Jean, udahan dulu ya, curhatku ini. Lain kali kalau sudah ketemuan kita gak perlu surat-surat yang dikirim melalui angin lalu gini, Jean. Kita makan bareng kayak dulu lagi, ngobrol sampe monyong di Warungnya Mbok Berek. Sekarang udah jadi Resto besar lho, Jean, bukan warung lagi tapi Restoran Ayam Goreng Mbok Berek, udah jadi rumah makan mewah dan megah lho. Cabangnya di mana-mana. 

Berdo'a pada Allah semoga kita bisa dipertemukan kalau memang masih dipanjangkan usia olehNya. Aamiin.  
 

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu