Perjalanan Wisataku Seputar Kepulauan di Indonesia

Aku tak pernah kehilangan percaya diri ketika memperkenalkan diri: I am from Indonesia, I am  Indonesian! Huu...bangganya! Yups! Aku bisa mengadakan perjalanan wisataku seputar kepulauan di Indonesia yang aku banggakan. Bagaimana aku tak kan bangga karena Indonesia adalah satu negara kesatuan yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Negara lain? Tidak punya!

Lepas dari banyaknya pulau dan kepulauan, keindahan Indonesia pun sangat memesona dengan hampir di setiap hamparan pasir putih bersih di sepanjang pantainya, sepoi angin yang membuat nyiur melambai mempercantik pantai seolah ingin menyambut riak debur air laut yang saling berkejaran menuju pantai, meninggalkan buih-buih halus yang tersisa.


1. Pantai Tanjung Lesung, Banten
Dulu, aku pernah bermimpi untuk bisa menjelajahi pulau-pulau yang indah ini. Namun, tentu saja tanpa usaha mimpi itu akan tetaplah sebuah impian belaka. Alhamdulillah anakku yang telah bekerja di sebuah perusahaan non-beneficial company mengajakku pergi berlibur. Liburan pertama kami sekeluarga dengan menggunakan dua buah mobil berlibur ke Tanjung Lesung dan bermalam di sebuah Villa Kalicca. Beberapa puluh meter dari Villa Kalicca yang kami tempati terhampar pemandangan laut dengan pantainya yang indah. Cucuku bebas bermain air di pantai yang airnya jernih dan aku serta anak perempuan yang sulung tak mau kehilangan momen langka berfoto dengan background pantai yang indah. Liburanku ini sebelum terjadinya kawasan yang semula indah ini terdampak oleh tsunami Selat Sunda yang menerjang pesisir Banten dan Lampung pada bulan Desember 2018. In shaa Allah kawasan wisata tersebut akan segera kembali menjadi sebuah wilayah wisata yang megah dengan beach hotel dan resort yang ditangani secara profesional diperuntukkan bagi para wisatawan lokal maupun luar negeri.


Source: sharetempatwisata.com


Pantai Tanjung Lesung (dokpri/ 2018)

2. Yang masih dalam mimpi: Kota Banda Aceh dengan Surga Tersembunyi-nya
Terkadang keinginan manusia itu tidak terbendung untuk lagi dan lagi melakukan sebuah perjalanan bersama sebagai kebutuhan untuk refreshing keluarga. Aku masih menginginkan travel bersama keluarga ke kota Banda Aceh yang terkenal dengan mie aceh-nya dan beragam kain tenun serta beragam kuliner khas Aceh -- tempat-tempat wisata tersembunyi yang indah dan memukau. Aku punya alasan yang kuat untuk merencanakan perjalanan wisata darat ini karena aku lihat ada informasi terbaru bus Medan Banda Aceh tiketnya bisa dipesan secara online (pastinya) dengan waktu dan tanggal yang terjadwal. Silakan klik link bus travel Medan Banda Aceh dan lihatlah bus Putra Pelangi yang memiliki tampilan luar dalam sangat bersih, indah dan menyenangkan dengan seat yang adjustable. Nah, betapa nyaman kita berada di dalamnya. Hhhmmm... Siapa yang tidak ingin bepergian dengan bus sekeren ini. Mungkin bukan cuma aku, tapi Anda juga, kan?

Surga Tersembunyi, Banda Aceh -- Sumber gbr. ksmtour.com



Indahnya Indonesia yang memiliki satu tempat wisata di Banda Aceh yang terkenal dengan Surga Tersembunyi.  Mudah-mudahan Allah mengabulkan keinginanku untuk bisa menjelajahi keindahan ini. Aamiin.

3. Bali
Bali yang lebih dikenal oleh orang-orang dari mancanegara sebagai Indonesia memiliki keindahan tersendiri yang luar biasa. Keindahan yang merupakan magnit bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia (Bali). Aku sempat travel ke Bali, juga semua terealisasi setelah aku pensiun -- berkat anak-anakku yang menginginkan aku selalu happy dan tenteram di masa pensiunku, memberi sesuatu yang istimewa berupa wisata ke pulau Bali pada tahun 2011 sebagai hadiah ulang tahunku.

Kenangan berlibur bareng anak cucu 2011 yang meninggalkan kenangan indah di hati. (dokpri)


Bali sejak lama memang terkenal dengan tempat wisata indah yang dijadikan tujuan rekreasi baik oleh wisatawan lokal ataupun luar negeri, dan liburan keluargaku ke Bali sangatlah memuaskan dan berkesan. Cucuku bisa belajar berselancar di lautan lepas. Berselancar ini yang membuanya addicted selalu minta berlibur ke Bali, hehe...


4. Lombok
Kebahagiaan selalu mengikutiku. Alhamdulillah, Allah selalu memberikan berkahNya untuk keluargaku. Desember tahun 2017 aku mendapat kejutan sebagai hadiah Hari Ibu untuk berwisata ke Lombok. Yeeeaaayy...senangnya.

Dengan adanya informasi terbaru tiket bus, bukan saja Medan-Banda Aceh tapi juga ke berbagai jurusan akan segera bisa diunggap secara online melalui line Traveloka. Aku dan keluarga sudah membuat rencana perjalanan darat ini. Bagaimana dengan Anda? Yuk, tuliskan dalam blogmu sesuatu yang akan membuat Indonesia, negara kita yang kaya akan keindahan alamnya ini semakin cetar membahana ke mancanegara lebih daripada sebelumnya. Aamiin.

Sayang sekali aku belum sempat berwisata ke air terjun yang indah dan unik di Lombok, seperti di gambar ini. In shaa Allah andai aku masih diberi kesempatan untuk membasahi telapak tanganku dengan percikan air terjun ini kelak oleh Allah, terpenuhi sudah apa yang kuinginkan. Aamiin.

Air terjun terindah di Lombok -- Sumber: lifestyle.okezone.com
Indonesia memang mantap untuk disebut sebagai negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa, variasi kuliner, variant tari-tarian, adat-istiadat yang membuat orang asing berdecak kagum. Indonesia yang memiliki ribuan pulau terhampar dari Sabang sampai Merauke, adanya perbedaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, begitu banyak suku bangsa, bahasa, kebiasaan adat yang bereda-beda adalah merupakan kekuatan kita sebagai negara Indonesia.





-------
Referensi:
http://mediaindonesia.com/read/detail/112081-keragaman-membuat-indonesia-kuat


Comments

  1. Aceh memang bikin kangen. Apalagi makanannya enak-enak, seperti mie Aceh, Kopi Sanger dan juga mie Sabang. Duuh, jadi kepengen ke sana lagi... Lebih milih Aceh daripada Bali, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungan Hendra ke blog bunda. Gakpapa ya nyebutin nama aja, soalnya pasti Hendra seumuran sama cucu bunda tuh. Iya, bunda juga ke belum pernah ke Aceh.

      Delete
  2. Ahhhhh mupeng sama Lombok, blm sempat kesana nih, Kak. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini ya in shaa Allah sempat dan mungkin sudah lebih bagus lagi dari pada ketika bunda ke sana.

      Delete
  3. Ya, ampuuun, segitu kerennya tampilan blog dengan segala pernak-pernik yang keceh badai, memperkenalkan beberapa kota dengan keunikannya, masa seeey belom ke Lombok. Hayu ah, bikin planning ke Lombok.

    ReplyDelete
  4. Ini catatanku tentang Aceh Bunda: https://ngainun-naim.blogspot.com/2019/04/menikmati-mie-razali-banda-aceh_7.html.

    ReplyDelete
  5. Seneng bsa nyasar ke MISCELLANEOUS, ketemu Bunda yang bangga dengan Indonesia dan sebagai Indonesian....diriku juga begitu Bunda....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merdeka! NKRI harga mati. Begitu, kan semboyan kita? Alhamdulillah sdh nyasar dan meninggalkan jejak. Terima kasih, Lantana.

      Delete
  6. Bundaaaaa... INDONESIA memang keren dan cantiknya keterlaluan yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Moga bisa segera ke Aceh ya Bunda... Saya juga pengen ke Serambi Mekkah...pengen lihat dan kenal dekat dengan masyarakatnya yang kental dengan keislaman

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga menggantungkan mimpi utk sampai di Serambi Mekah ini. Md2an dijabah Allah SWT.

      Delete
  8. Bundaa... seneng banget bisa banyak jalan-jalan ke tempat yg indah. Inna juga pengen bisa lebih banyak lagi menikmati keindahan wisata Indonesia tercinta :)

    ReplyDelete
  9. Bunda suka traveling keliling Indonesia juga ya. Sekarang enak ya di Traveloka bisa pesen tiket bus juga, gak perlu ke agen perjalanan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...sukak banget, Lidya, tp kan nunggu diajakin sama anak2 tuh.

      Delete
  10. Lombok ini sebagai destinasi wisata impian banyak orang ya Bun. Suami saya juga menimbang nimbang nih, ingin ke Bali dulu atau Lombok dulu. Menurut teman teman yang sudah pernah ke sana, Lombok menyimpan banyak hal hal yang eksotik dan masih belum terlalu seramai Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata memang begitu, Tanti. Waktu bunda ke sana kan sebelum ada bencana alam tuh. Madih lengang dan keindahannya madih bisa dinikmati dengan rasa puas dan bersyukur.

      Delete
  11. Dari daftar diatas baru no 1 bunda yg sdh dikunjungi hiks lainnya Blum,, tpi mudah2an dlm waktu dekat yak,, kpingin bngt explore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, ayo, buat rencana utk nomor berikutnya, ya. Tinggal calling Traveloka lho.

      Delete
  12. senangnya sudah pernah mengunjungi beberapa tempat impian..
    semoga segera terwujud impiannya untuk mengunjungi Aceh ya, Bunda... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Allah madih memberi bunda kesehatan dan umur panjang.

      Delete
  13. Bener banget Bunda, Indonesia tuh kaya banget dengan keberagaman. Mulai dari adat istiadat hingga kekayaan alam. Sangat bervariasi dan semuanya elok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah Indonesia, our beautiful country. Semoga madih diberi kesempatan dan kesehatan utk bisa menjelajahi Serambi Mekah bersama ancuman. Aamiin.

      Delete
  14. Iya nih, bun. Aku juga masih penasaran sama aceh. Moga suatu saat bisa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk, bikin planning. (Itu andaikan bunda masih muda dan stamina okpu). Kl sekarang mah gimana anak2 aja, hehe...

      Delete
  15. Setiap baca tempat2 wisata di Indonesia, aku semakin bangga dgn negri ini yg kaya akan budaya dan tempat wisatanya, btw aq kepincut sama tempat wisata yg ada di Bali 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Bali kalo udah coba sekali pasti pengen dua kali dan bermalamnya kepengennya paling sedikit 1 minggu tuh.

      Delete
  16. Tanjung Lesung kini sedang dalam tahap pemulihan ya pasca tsunami. Semoga ke depan makin bagus dan dapat pulih dengan segera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kita tunggu hingga pemulihannya memadai utk dikunjungi. Pemerintah setempat pasti mengutamakan tempat wisata indah ini.

      Delete
  17. Mie aceh dan ayam tangkap, itu yang saya suka kalau ke aceh. Sayangnya kemarin pas ke banda aceh nggak sempat jalan-jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di-inget2ah 2 menu istimewa ini. Siapa tau Allah akan cepat menjabah do'a dan keinginan bunda. Aamiin.

      Delete
  18. Sama bunda, saya juga belum pernah ke Aceh. Padahal dulu pernah tinggal di Medan 1.5 tahun. Tapi wkt itu bocah masih kecil, masih khawatir kalau mau diajak pergi jauh-jauh, jadinya melewatkan kesempatan berkunjung ke Aceh deh meskipun sudah "dekat" dari Medan. Disebut dekat krn satu pulau dan bersebelahan provinsi. Padahal kalau jalan darat bisa menghabiskan waktu 10-12 jam dari Medan ke banda Aceh. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah kesempatan dlm bentuk lain dari Allah akan Arry alami juga dan sampailah Arry dan keluarga kecil ke Serambi Mekah. Aamiin.

      Delete
  19. Duh, kepengen banget deh berwisata. Terutama ke Aceh. Seru banget ya kayaknya ya Bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samavkita, Nia, bunda rasanya "ngebet" nih kepengen ke Serambi Mekah yg sebutannya indah nian.

      Delete
  20. Bundaaa, aku jadi makin mupeng ke Tanjung Lesung. Semoga bisa kesana tahun ini bareng keluarga suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik lho beneran, md2an sekarang tempat wisata itu ydah kembali pulih dan ciamik seperti sediakala ketika bunda berwisata betsama ancuman, hehe..

      Delete
  21. Masya Allah Bunda, sehat-sehat selalu ya. Tetap semangat beraktivitas dan menceritakan pengalaman Bunda di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah, Aie. Terima kasih do'anya. Do'a bunda juga buat Aie semoga Allah selalu melimpahkan stamina prima buat Aie. Aamiin.

      Delete
  22. Sehat2 bunda Yati...happy ya bun jalan2 sama anak cucu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Rina, kebahagiaan yg tak tergantikan dengan materi apapun karena kebersamaan dengan keluarga adalah "sesuatu" banget.

      Delete
  23. Wow... Surga tersembunyinya bikin klepek klepek ya Bunda. Indah bangettt. Keren ih Bunda dah sampai kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iii...justru Surga Tersembunyi inibjuga yg bikin bunda menggantung mimpi agar bisa kontak Traveloka utk pesen tiket jalan darat agar puas mata menjalari pemandangan2 yg indah.

      Delete
  24. Bundaa...mashaAllah~
    Doa memiliki anak sholih itu gimana Bun?

    Senangnya..
    menikmati keindahan alam Indonesia bersama keluarga tersayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sederhana banget divsetiap akhir solat panjatkan do'a dlm bhs Indonesia juga gak masalah mohon dianugerahi anak2 yang soleh dan soleha. Memperlakukan anak tanpa batas usia, Allah akan memberikan imbalan kasih sayang mereka utk kitavdi udiacrenta. Aamiin.

      Delete
  25. Saya masih penasaran dengan keindahan alam di Aceh nih, Bun. Semoga bisa kesana suatu saat nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, samavtuh, bunda juga. Oo..Serambi Mekah wait for me. One day I'll be there.

      Delete
  26. Aku juga masih penasaran sama pantai di Aceh. Baru ke pantai di Lhoknga aja pun sudah bagusdan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah, ulangi tapak-tapak di pantai Loknga itu, in shaa Allah bila tiba saatnya telapak kaki Lisna akan menjejak di pantai laut Aceh. Aamiin.

      Delete
  27. Aku penasaran sama ACeh dan Lombok bunda semoga bisa ke sana bareng keluarga nih aamiin

    ReplyDelete
  28. Wah, Bunda aku juga pengin kalau ke Aceh. Sementara ini puas-puasin dulu makan Mie aAceh sama Teh Tarik deh. Tapi insya Allah suatu saat nanti pengen menjejak di sana.

    ReplyDelete
  29. Tanjung lesung kemaren yang kena tsunami yah. Semoga sekarang wisatanya udah pulih kembali

    ReplyDelete
  30. Bunda yati, ayo ke banda aceh lagi. Terus kita meet up dan aku ajak bunda jalan2

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu