Aplikasi yang digunakan selama Ramadhan


Day-20
Ketika membaca tema hari ke-20 tentang aplikasi apa yang digunakan selama Ramadhan aku bertanya pada diriku sendiri: "Apa ya?" Tapi dengan memulai menulis postingan ini paling tidak aku sudah tahu aplikasi apa saja. Baiklah secara acak akan aku buatkan list aplikasi apa saja yang aku gunakan selama Ramadhan.



  • Pertama-tama tentu saja MSWord. Tanpanya aku sama sekali tidak bisa lanjut mengikuti tantangan menulis BPN30DayRamadhanChallenge2019 ini. Kenapa? Ya tentu saja hanya dengan MSWord (bagiku) untuk mengetahui berapa kata yang telah aku torehkan ke Laptop. Aku tak pernah tahu ada cara atau sistim lain selain MSWord ini.  Di MicroSoft ini juga aku gunakan fasilitas cropping hasil foto dari Screen Shoot.
  •  Paint -- hanya untuk lanjut menggunakan Print Screen dari Laptop.  Selebihnya aku belum mahir menggunakan Paint ini -- hanya sebagai batu loncatan untuk mendapatkan foto yang harus di crop untuk dimasukkan ke postinganku..Aku masih harus belajar didampingi seorang tutor barangkali baru bisa!
  • Photofunia untuk mempermanis foto-foto yang sudah aku simpan di Gallery yang akan aku gunakan sebagai pelengkap postinganku. Karena aku masih selalu jadi blogger newbie dalam menampilkan blog appearance yang ciamik, maka aku lakukan saja secara manual. Misalkan aku ingin menggabungkan dua gambar atau lebih, maka juru selamatku adalah photofunia. Selama ini aku hanya tahu photofunia untuk mengedit foto-foto yang aku perlukan untuk menghias postinganku, ternyata setelah browsing sana-sini ternyata banyak sekali situs website yang bertebaran di Google. Okedeh, lain kali saja si blogger senior dalam usia ini akan mengulik lebih jauh, tapi terus terang kalau tanpa pendamping akan amat sulit bagiku untuk cepat menangkap ilmunya, huhuhuuu... Nah! Baru ketemu deh linknya di sini.Lain kali aku kunjungi untuk belajar. Siapa tahu aku bisa menambah ilmu editing....
  • Aplikasi tulisan berjalan untuk "sedikitlah" membuat postinganku lain dari yang lain. Aplikasi ini ternyata termasuk belajar tentang HTML, tapi yang aku pelajari baru yang paling sederhana dan mudah diingat, karena gak gampang untuk mengingat scripts-nya, yaitu elemen marquee untuk huruf berjalan.  Belakangan aku tahu dari pada menggunakan  elemen marquee  lebih baik menggunakan Java Script dan CSS -- huhu...apa pula ini.
  • Pixabay -- aplikasi dari Google Play untuk mencari gambar-gambar bebas yang aku perlukan guna mempercantik (sedikiiiit) postinganku.
  • Edit -- aku menggunakan edit ini agar foto yang akan aku gunakan tidak terlalu besar dan pas  untuk aku masukkan ke dalam postinganku. 
Bagi mereka yang sudah canggih menggunakan beragam aplikasi, tentunya akan bingung bahkan pasti menertawakan ketika membaca postinganku ini. Dalam hati mereka "Ini apa sih?"  Biarlah karena si pembuat pun gak ngerti apa yang ditulisnya apakah benar istilah-istilah yang aku pakai ataukah akan menimbulkan gelak sesama pembaca. Mudah-mudahan mereka akan mengerti -- si pembuat postingan ini memang bisanya "hanya mengetik thok!" Hahaha...

Comments

  1. Mbak kalo mau screen capture dari laptop, coba pake Snipping Tool. Lebih gampang menurutku dan ini aplikasi bawaan jadi gak perlu download dulu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu