Aplikasi yang digunakan selama Ramadhan


Day-20
Ketika membaca tema hari ke-20 tentang aplikasi apa yang digunakan selama Ramadhan aku bertanya pada diriku sendiri: "Apa ya?" Tapi dengan memulai menulis postingan ini paling tidak aku sudah tahu aplikasi apa saja. Baiklah secara acak akan aku buatkan list aplikasi apa saja yang aku gunakan selama Ramadhan.



  • Pertama-tama tentu saja MSWord. Tanpanya aku sama sekali tidak bisa lanjut mengikuti tantangan menulis BPN30DayRamadhanChallenge2019 ini. Kenapa? Ya tentu saja hanya dengan MSWord (bagiku) untuk mengetahui berapa kata yang telah aku torehkan ke Laptop. Aku tak pernah tahu ada cara atau sistim lain selain MSWord ini.  Di MicroSoft ini juga aku gunakan fasilitas cropping hasil foto dari Screen Shoot.
  •  Paint -- hanya untuk lanjut menggunakan Print Screen dari Laptop.  Selebihnya aku belum mahir menggunakan Paint ini -- hanya sebagai batu loncatan untuk mendapatkan foto yang harus di crop untuk dimasukkan ke postinganku..Aku masih harus belajar didampingi seorang tutor barangkali baru bisa!
  • Photofunia untuk mempermanis foto-foto yang sudah aku simpan di Gallery yang akan aku gunakan sebagai pelengkap postinganku. Karena aku masih selalu jadi blogger newbie dalam menampilkan blog appearance yang ciamik, maka aku lakukan saja secara manual. Misalkan aku ingin menggabungkan dua gambar atau lebih, maka juru selamatku adalah photofunia. Selama ini aku hanya tahu photofunia untuk mengedit foto-foto yang aku perlukan untuk menghias postinganku, ternyata setelah browsing sana-sini ternyata banyak sekali situs website yang bertebaran di Google. Okedeh, lain kali saja si blogger senior dalam usia ini akan mengulik lebih jauh, tapi terus terang kalau tanpa pendamping akan amat sulit bagiku untuk cepat menangkap ilmunya, huhuhuuu... Nah! Baru ketemu deh linknya di sini.Lain kali aku kunjungi untuk belajar. Siapa tahu aku bisa menambah ilmu editing....
  • Aplikasi tulisan berjalan untuk "sedikitlah" membuat postinganku lain dari yang lain. Aplikasi ini ternyata termasuk belajar tentang HTML, tapi yang aku pelajari baru yang paling sederhana dan mudah diingat, karena gak gampang untuk mengingat scripts-nya, yaitu elemen marquee untuk huruf berjalan.  Belakangan aku tahu dari pada menggunakan  elemen marquee  lebih baik menggunakan Java Script dan CSS -- huhu...apa pula ini.
  • Pixabay -- aplikasi dari Google Play untuk mencari gambar-gambar bebas yang aku perlukan guna mempercantik (sedikiiiit) postinganku.
  • Edit -- aku menggunakan edit ini agar foto yang akan aku gunakan tidak terlalu besar dan pas  untuk aku masukkan ke dalam postinganku. 
Bagi mereka yang sudah canggih menggunakan beragam aplikasi, tentunya akan bingung bahkan pasti menertawakan ketika membaca postinganku ini. Dalam hati mereka "Ini apa sih?"  Biarlah karena si pembuat pun gak ngerti apa yang ditulisnya apakah benar istilah-istilah yang aku pakai ataukah akan menimbulkan gelak sesama pembaca. Mudah-mudahan mereka akan mengerti -- si pembuat postingan ini memang bisanya "hanya mengetik thok!" Hahaha...

Comments

  1. Mbak kalo mau screen capture dari laptop, coba pake Snipping Tool. Lebih gampang menurutku dan ini aplikasi bawaan jadi gak perlu download dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kadih Niklosebelas, baik, nanti akan bunda Snipping Toolnya. Makadih juga sdh mampir.

      Delete
  2. Itu bikin tulisan berjalannya sudah berhasil Bund? Saya malah belum bisa. Hehe... *Kerudungan kresek

    Saluut sama Bunda, berhasil nyeleseiin tantangan 30 harinya. Selamat Bunda.

    ReplyDelete
  3. Wahh salut sama bunda, saya belum prnah gunain tulisan berjalan itu, hehee
    Sepertinya pernah saat dulu, MTs, setelah itu belum gunain lagi
    Selamat bunda, sudah berhasil menyelesaikan tantangan 30harikebaikan BPN, uwuuhh kerenn nih Bunda

    ReplyDelete
  4. Yang aplikasi tulisan berjalan seperti apa ya, Bund? Kok malah dadi kepo akunya, hehehe. Bunda malah udah update banget lho, keren ih. Salut akutuh sama Bunda Yati

    ReplyDelete
  5. Aku malah pakai photoscape Mak, yang ringan dan gampang, hehe.

    ReplyDelete
  6. Bunda keren niaannn. Kapan2 aku juga mau ikutan ODOP challenge aahh. Gagal muluk ihh
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Makasih bunda yati sharingnya aku ternyata belom penah pake aplikasi itu semua mau coba

    ReplyDelete
  8. Bundaaaa jauh lebih canggih daripada yang "junior" loh.

    Semangat belajar tinggi plus kecintaan pada tanaman ini bikin bunda semakin tinggi performance nya

    ReplyDelete
  9. kecuali Photofunia aku juga pakai semua aplikasi yang bunda pakai lho, kalau edit foto aku suka pakai photoscape

    ReplyDelete
  10. Kalau aku, aplikasi yang dipakai selama Ramadan sebenarnya gak beda-beda amat dengan aplikasi yang dipakai sehari-hari, karena pada dasarnya kegiatannya kurang lebih sama, cuma porsi ibadah aja yang ditingkatkan. Aplikasi untuk komunikasi dan media sosial itu pasti, bisa untuk syiar juga khan bun, katanya sampaikanlah walau satu ayat. lalu aplikasi foto yang bisa dipakai untuk edit foto atau bikin quote foto cantik, biasanya pakai phonto dan snapseed saja, terus Quran Best dan Al Quran Indonesia untuk ngaji dan mengkaji. Itu aja yang sering dipakai selama Ramadan di antara puluhan aplikasi lain di hape hehehe

    ReplyDelete
  11. Bulan ramadhan maupun bukan aplikasi yg kugunakan kayaknya sama aja sih xixi. OL shop, socmed, quran, social chat, itu yg paling banyak dipakai.

    ReplyDelete
  12. Wah banyak ya bun. Saya kurang kreatif pakai aplikasi. Biasanya cuma nulis & tempel foto aja. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  13. Aku juga klo ngetik di netbook masih di word dulu kok bunda.

    Klo di ponsel, pke wps office juga mirip ms word. Untuk edit2 foto..saya malah nyaman pake ponsel. Pke snapseed

    ReplyDelete
  14. Aku nulis msh di hp mba.. netbook masih sakit hhee. Di hp sk pke aplikasi dokumen..

    ReplyDelete
  15. Nggak diketawain kok bunda.. hehe Bunda keren.. saya aja gak ikutan tantangan 30 hari.. Saya skr jarang edit foto terlalu banyak.. paling resize aja..

    ReplyDelete
  16. Kurang lebih sama Bunda. Terutama Pixabay selalu jadi andalan untuk mempercantik postingan saya:)

    ReplyDelete
  17. Saya biasanya juga pakai Photoscape untuk menyelesaikan proses screen capturing. Lebih ringan dan mudah

    ReplyDelete
  18. Saya malah baru tahu aplikasi Photofunia.

    Kalau utk ambil gambar dr PC, saya kapau print screen Bunda yg difinishing dengan edit dengan program bawaan yg ada dilaptop.

    Salut sama semangat Bunda, semoga sehat selalu ya Bundaaa

    ReplyDelete
  19. Waktu ikut challeng ini aku juga pakai MSWord buat ngitung katanya. Kalau nulisnya pakai notes aja, Bun hehehe

    ReplyDelete
  20. Bun keren deh udah mulai belajar HTML. Tulisan berjalan yang kaya gimana bun? Aku malah baru tahu loh. Nanti aku googling2 deh jadi kepo pingin utak atikin blog aku.

    Semangat selalu ya bun, aku selalu salut sama semangatnya bunda

    ReplyDelete
  21. Bunda, aku ga bisa buat tulisan berjalan. Hahaha... lebih jago bunda nih. Belajar juga aah biar blognya lebih berwarna

    ReplyDelete
  22. Semangatnya Bunda memang perlu diacungi jempol.. kalau aku aplikasi sosmed sama Quran kerap dibuka saat Ramadhan

    ReplyDelete
  23. Kurang lebih sama Bun. Aku pun gak banyak. Paling nambah Snap Speed, Phonto, April. Sosmed, kendaraan online, plus QuranBest. :)

    ReplyDelete
  24. aku yang belum pakai aplikasi photofunia.
    Memangnya sebagai blogger kita harus kreatif biar tetap bertahan

    ReplyDelete
  25. Waktu ramadhan kmrn aku jg pakai pixabay, cuma aku baru tau dia sbnrnya ada aplikasinya. Kalo aku pakainya yg versi web

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu