Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa?

Day-9
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

Sebetulnya setiap individu yang beragama muslim sudah sangat paham dan bisa menjawab sendiri pertanyaan di atas. Tapi di sini aku ingin sedikit berbagi pengalaman tentang Bolehkan Sikat Gigi Saat  Puasa.

Secara pribadi aku berpendapat tidak ada masalah apabila kita sikat gigi saat berpuasa. Yang penting ketika menggosok gigi, yakinkan tidak ada air atau bahkan pasta gigi yang tertelan, sengaja atau tidak sengaja. Apabila hal ini terjadi tentu saja puasa kita kemungkinan bisa jadi batal. Jangankan air yang kita telan berasal dari luar, sedangkan air liur pun bila kita telan akan membatalkan puasa. 


Boleh saja kita meneruskan puasa kita selagi kita inginkan, tetapi puasa itu akan makruh adanya. Aku mengerti arti makruh tapi agar lebih afdol lagi baiklah akan aku cuplikkan dari Wikipedia saja. Ini dia arti makruh:

Makruh adalah sebuah status hukum terhadap  suatu aktivitas dalam dunia Islam. Aktivitas yang berstatus hukum makruh dilarang, namun tidak terdapat konsekuensi bila melakukannya. Dengan kata lain -- perbuatan makruh dapat diartikan sebagai perbuatan yang sebaiknya tidak dilakukan.

Makruh tidak diharamkan tetapi dikhawatirkan puasa yang kita lakukan akan rusak kualitas puasanya a.k.a. bisa dianggap tidak berpuasa., sehingga puasa itu sendiri akan sia-sia. Dalam hal ini bukan tidak boleh sama sekali menggosok gigi lho, tapi lakukanlah dengan benar, misalnya sebelum waktu Imsak segera lakukan aktivitas menggosok gigi ini, walaupun ada air atau pasta gigi yang tertelan tak mengapa hehe...

Untuk menjaga kesehatan selama puasa tentu saja salah satunya adalah mandi dan menggosok gigi, dengan catatan semua kegiatan itu kita lakukan dengan berhati-hati, jangan sampai ada air yang tertelan, apalagi kita bisa merasakan kesegaran kita mandi di kala kita berpuasa. Kebersihan adalah satu hal yang diwajibkan dalam agama kaum muslim -- kebersihan adalah sebagian dari iman.

Paragraph ke-5 ini juga merupakan kebiasaanku ketika selesai sahur kemudian secara rutin setelah itu sambil menunggu waktu solat Subuh aku lakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa aku lakukan agar tidak mengantuk. Sayang kan, waktu Subuh bila terlewat. Tapi aktivitas mandi di waktu dini hari tidak aku lakukan, hanya melakukan gerakan "pas-photo" a.k.a. cuci muka kemudian berwudhu.
Sumber gbr. liputan6.com
Jadi buat para sahabat muslim jangan meragukan aktivitas yang satu ini, yaitu menggosok gigi setelah makan sahur. In Shaa Allah puasa kita akan mendapat keberkahan Allah selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Sudah diutarakan di atas kita boleh sikat gigi saat puasa dengan catatan berhati-hati ketika menggosok gigi, jangan sampai ada air yang tertelah, walaupun tidak disengaja - sekalipun cuma sedikit -  apalagi kalau sampai pasta giginya yang tertinggal dan tertelan. Alamaaa....pasti deh puasanya jadi makruh. Sayang, kan. 

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan tertib, ya. Jagalah kebersihan tubuh dan gigi anda sehingga akan terasa segar sejak waktu sahur hingga saat berbuka puasa. Aamiin.

 










REFERENSI:
https://id.wikipedia.org/wiki/Makruh

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu