Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presco

D-11

Sumber gbr. kulinerankita.com
Betapa sangat menghemat waktu Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto -- setiap tiba saat Lebaran aku selalu teringat masa-masa ketika mulai memiliki panci ajaib yang disebut Panci Presco. Panci itu sudah aku miliki sejak anak pertamaku berusia 5 tahun, berarti tahun 1974, pasti rekan-rekan blogger banyak yang belum lahir, masih di langit yang ketujuh, hehehe...  Panci Prestoku  bermerek ISA cuma tipe-nya aku lupa. Mendapatkannya pun dengan melalui arisan ibu-ibu komplek tempat aku tinggal sekian puluh tahun yang lalu.


Panci ajaib itu masih aku miliki hingga tahun 2014. Keindahan bagian luar masih bagus sekali. Bayangkan ketahanan panci presto ISA ukuran 5 liter itu bertahan puluhan tahun menunjukkan kualitasnya nomor wahid dan tak ada duanya. Wajar kalau aku memberinya julukan panci kesayangan, karena sangat membantu tugasku sebagai ibu rumah tangga. Lebaran tahun 2014 baru aku menyadari panci presto-ku sudah tidak ada lagi di dalam kitchen cupboardku. Sudah menghilang, raib tanpa setahuku.

Sumber; ISApancipresto
Ternyata ketika anakku merenovasi rumahku yang home sweet home, pasci presto yang kelihatan keren dan gagah dari luar itu dianggap oleh anakku tidak layak pakai. Kenapa? Karena seringnya dipakai masak air --  kualitas air di wilayahku kurang bagus -- lama kelamaan meninggalkan noda hitam yang semakin merata di seluruh permukaan bagian dalam panci ajaib itu. Tanpa menanyakan terlebih dahulu kepadaku panci ajaibku diberikan kepada tukang yang merenovasi rumahku. Sedihnya hati ini setelah tahu duduk persoalannya.  Walaupun sedih tapi tidak sakit hati karena setelah itu 3 perangkat panci susun berbagai ukuran dibeli sebagai gantinya untukku --  tapi tetap saja kemewahan tampilan, kecanggihan cara kerjanya, kekuatannya, dan kebanggaan memilikinya -- panci presto ISA tak kan bisa tergantikan.


Tapi masih tertinggal ingatan ketika memilikinya aku memanfaatkan kecanggihannya untuk merebus ketupat lebaran. Karena kami keluarga besar tentu saja merebus ketupatpun harus tidak boleh kurang dari 100 biji.


Cara merebus ketupat dengan Panci Presto.

Siapkan kulit ketupat dan beras:

  1. Cuci bersih kulit ketupat/sarang ketupat, tiriskan
  2. Cuci kira-kira 2 liter beras yang berkualitas bagus (harganya approx. 12,000/per-liter), tiriskan
  3. Kulit ketupat dirapihkan agar beras tidak banyak yang keluar dari kulit ketupat dengan sedikit merajut dan mengencangkannya di mana perlu.
  4. Isi ketupat dengan beras hingga sejajar dengan kedua belah "susu" kulit ketupat, kencangkan setelah diisi dengan cara mencoblos bagian atas kulit ketupat dan masukan lembar kulit ketupat yang menjuntai, tarik erat hingga rapih.
  5. Kerjakan ini hingga kulit ketupat semua terisi
  6. Satukan sebanyak lima buah ketupat dalam satu ikatan, hingga menghasilkan 20 ikatan @ 5 buah ketupat.

Cara merebus dengan pasti presco: 
  
Siapkan panci presto - masukkan ketupat kira-kira 20 biji atau lebih, jangan dipadatkan/ditekan, biarkan longgar. Mungkin bisa lebih dari 20 biji
  1. Isi panci presto dengan air hingga mengcover seluruh permukaan ketupat. 
  2. Tutup panci presto dengan cermat dan benar
  3. Masak ketupat dengan api besar. Ketika terdengar bunyi "desis" dari panci, kecilkan api dan masak ketupat hingga kira-kira 30 menit. 
  4. Setelah itu matikan api, biarkan ketupat dalam panci tertutup hingga suhu panas menurun.
  5. Ketika suhu telah menurut tutup panci presto dengan mudah bisa dibuka
  6. Angkat ketupat dan tiriskan dengan cara menggantungnya agar air yang masih tertinggal menetes hingga tuntas.
  7. Ketupat sudah siap disajikan
  8. Dengan cara ini ketupat, in shaa Allah bisa bertahan sampai keesokan harinya tanpa harus dihangatkan.

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu