Ngabuburit Istilah yang Bikin Hepi di bulan Ramadhan

 Day-1 BPN30DayRamadhanBlogChallenge

Ngabuburit istilah yang bikin hepi di bulan Ramadhan yang tak asing lagi di telinga kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Istilah yang paling sering dan mungkin satu-satunya  untuk menggambarkan kegembiraan menanti beberapa jam ke depan akan tiba saat berbuka puasa. 
Ngabuburit ini sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang berkata-dasar "burit" berarti sore. Memang biasanya aktivitas ngabuburit ini dilakukan setelah usai waktu Ashar menjelang Magrib. Beragam kegiatan yang dilakukan oleh mereka yang berpuasa sambil menunggu datangnya saat berbuka, yaitu kala terdengar beduk di waktu magrib ditabuh.  Kebahagiaan menyelusup di dada dengan sebuah helaan napas yang dilepaskan dengan lembut disertai ucapan "Alhamdulillah."

Do'a bacaan berbuka puasa pun aku baca dengan khusuk:
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya :
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih. (Kutipan dari: https://www.blogkhususdoa.com/2015/05/doa-berbuka-puasa-ramadhan-yang-benar-lengkap-arab-latiin-dan-artinya.html)
Sebagai blogger yang kini berusia semakin renta kegiatan yang aku lakukan untuk ngabuburit hanya duduk berselonjor kaki dengan santai sambil memegang gawai LENOVO di tanganku yang seolah tak mau jauh dariku -- atau aku yang tak mau jauh dari Lenovo semata wayangku, hehe..

Saat inilah aku bisa menggunakan waktuku untuk memeriksa email yang masuk, siapa tahu ada lagi yang tertarik membuka blogku dan mengajakku untuk bekerja sama. Apakah hatiku senang? Tentu saja karena dengan adanya ajakan bekerja-sama blog-ku bisa menghasilkan. Nah, siapa yang berani bilang kalau ngeblog itu sia-sia saja a.k.a. membuang-buang waktu saja. Momen ini juga paling pas untuk memberikan respon atas komentar teman-teman yang baik hati berkunjung ke blog-ku. Komentar-komentar mereka adalah sesuatu bagiku. Apalah artinya sebuah postingan tanpa ditapaki komentar.
Walaupun sebenarnya banyak yang mengatakan tak mengapa terus menulis di blog sekalipun tak ada yang datang berkunjung dan meninggalkan jejaknya sebagai komentar. Menulis postingan -- apapun itu -- tetaplah merupakan sebuah aktivitas yang harus selalu kita jaga dan kita pelihara agar tetap aktif.  Dengan menulis akan membuka wawasan yang tadinya tertutup sedikit demi sedikit akan terkuakkan oleh ide-ide yang datang saling berkejaran sementara kita menulis. Dan ini memang adalah sebuah kenyataan yang tak bisa aku bantah. Kenapa? Karena ketika aku duduk dan membuka laptopku, tak ada sedikitpun terlintas apa yang akan aku tulis. Tapi lihatlah setelah aku memulainya begitu saja jemariku menari tak henti di atas keyboard laptopku hingga berhasil menyelesaikan postingan pertamaku.  Alhamdulillah. 

Aktivitas atau kegiatan ngabuburit, selama itu bersifat positif sangat memberikan manfaat buat diri, patut kita ikuti, misalnya sebagai blogger, sejalan dengan kegiatan ngabuburit itu melalui komunitas yang kita ikuti berpartisipasi dalam  kegiatan workshop/seminar/talkshaw yang bisa membuat kita tidak jemu mengikutinya,disamping ilmu yang akan kita dapat, waktu berbuka tak terasa sudah tiba -- santapan lezat pun telah menanti. Rasa bahagia dan bersyukur dalam hati ke hadirat yang Allah Swt karena kita, alhamdulillah, telah mampu hari ini menyongsong saat berbuka puasa. Ngabuburit istilah yang bikin hepi di bulan Ramadhan. In Shaa Allah di hari-hari mendatang akan tetap bisa aku laksanakan dan jalankan dengan tertib dan rasa bahagia. Semoga Allah memberiku kesehatan yang prima. Aamiin.



Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu