Pantai Pasir Putih Pangandaran yang Memesona



Pantai Pasir Putih Pangandaran, Surga Tersembunyi di Selatan Jawa Barat

Orang sering menyebut Pangandaran dengan sebutan Bali-nya Jawa Barat. Salah satu alasannya adalah keberadaan pasir putih di Pantai Pangandaran. Pantai Pasir Putih Pangandaran masih jadi favorit wisawatan. Tak lengkap jika berwisata ke Pangandaran tanpa menikmati kawasan yang sering disebut surga tersembunyi di Pangandaran ini.


Lokasinya ada di Objek Wisata Kawasan Cagar Alam Pananjung Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan perahu. Pastikan Anda menyewa perahu bersama beberapa teman agar harganya bisa lebih murah. Selain itu, sebenarnya lokasi pasir putih ini berbatasan dengan kawasan Cagar Alam. 

Namun, jangan coba-coba sengaja berjalan kaki menuju pasir putih dengan menerobos dari Cagar Alam Pangandaran. Kenapa? Karena selain banyak binatang seperti monyet yang bisa mengganggu Anda, jalurnya juga illegal untuk dilalui pengunjung. Paling aman memang dengan menyeberang naik perahu.


Berikut keunikan Pantai Pasir Putih Pangandaran yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Pangandaran:


Perjalanan Menuju Pasir Putih dengan Perahu Pesiar

Sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menuju lokasi Anda harus naik perahu pesiar terlebih dahulu. Perahu pesiar ini akan berangkat dari Pantai Barat Pangandaran. Untuk bisa naik perahu pesiar ini Anda cukup merogoh kocek Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000.
Uniknya, selain menyediakan jasa angkut menuju Pasir Putih, perahu pesiar juga menyediakan jasa angkut ke beberapa titik destinasi wisata lainnya seputar kawasan Cagar Alam Pangandaran, misalnya tempat pemancingan, batu kelamin, penangkaran penyu, sarang wallet, batu misteri orang duduk yang hanya bisa dilihat dari samping kiri dan kanan, serta batu kodok. Dalam perjalanan menuju Pasir Putih, sebaiknya tempat-tempat unik tersebut tidak Anda lewatkan.

Sumber: tourbloggage.blogspot.com

Sumber gbr:harapanrakyat.com -- bersihnya pasir putih


Jangan heran jika perjalanan ke sejumlah titik kawasan wisata tersebut sedikit menantang. Pasalnya, selama Anda naik perahu di perjalanan dalam waktu 30 menit, Anda akan merasakan naik turunnya gelombang. Hal ini sama seperti ketika Anda melakukan perjalanan darat. Jika di darat ada jalan tanjakan dan jalan turunan, maka di laut juga ada gelombang naik dan gelomban turun  -- jika Anda berangkat dari Pantai Barat menuju sarang wallet -- perjalanan yang Anda tempuh melewati gelombang naik. Sedangkan kalau pulang Anda layaknya menuruni gelombang.

Jika sudah puas mengunjungi beberapa kawasan wisata tersebut, perahu akan mengantarkan Anda ke Pantai Pasir Putih Pangandaran. Perahu tidak akan berlama-lama berada di Pasir Putih ini dan akan langsung kembali ke Pantai Barat. Hal ini karena adanya larangan perahu yang tidak boleh bersandar di Pantai Pasir Putih.

Sumber:pergidulu.com


Menikmati Keindahan Biota Laut dengan Snorkeling

Pantai Pasir Putih Pangandaran memang unik.  karena itu tak heran jika beberapa wisatawan menyebutnya surga tersembunyi di Pangandaran. Selain lokasinya yang unik karena menyambung dengan pulau besar, pesisir pantainya pun masih bersih.
Disamping itu, Anda bisa datang di pagi hari untuk menikmati keindahan sunrise. Jika Anda tak bisa bangun pagi, maka jangan Anda lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan sunset di Pantai Pasir Putih Pangandaran pada sore hari.

Tidak hanya menikmati jernihnya air pantai, Anda juga bisa berenang dan melihat biota laut yang terdapat di batu-batu karang pantai. Salah satunya dengan melakukan kegiatan snorkeling. Aktivitas wisata yang satu ini memungkinkan wisawatan untuk menyaksikan langsung aneka ragam biota laut, hanya dengan peralatan sederhana. Anda cukup merogoh kocek Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu untuk menikmati pemandangan alam bawah laut di pasir putih ini. Dengan harga tersebut Anda bisa berenang sepuasnya, tanpa dibatasi waktu. Selama Anda masih kuat maka Anda bisa berenang sebebasnya. 

Sumber gambar: luthfan.com

Selama snorkeling Anda bisa menyaksikan bebatuan karang yang cantik lengkap dengan aneka satwa laut yang sudah jinak dan bersahabat dengan para wisawatan. Anda bisa puas memanjakan diri menikmati keindahan laut tersebut.


Berfoto di Bangkai Kapal Viking Logos

Keberadaan bangkai kapal Viking Logos di kawasan pasir putih berawal dari program Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang sengaja meledakkan kapal-kapal illegal yang masuk ke perairan Indonesia. Salah satunya bisa Anda lihat di Pasir Putih ini.
Bangkai kapal yang sudah ada sejak maret 2016 ini direncanakan akan menjadi illegal fishing monument. Ke depannya bangkai kapal ini akan menjadi sarana edukasi bagi para pelajar maupun para wisatawan. Sebelum hal itu terwujud, Anda bisa berfoto sepuasnya dengan kapal Viking tersebut sebagai latar belakang .

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, saat pulang kampung ke Pangandaran, beberapa waktu yang lalu, mengatakan, Kapal MV Viking Lagos nantinya akan dijadikan  illegal fishing monument. Menurutnya, kelak semua orang bisa naik dan masuk ke dalam bangkai kapal tersebut.

“Saat ini wisatawan hanya bisa foto-foto saja di bawah. Namun, setelah nanti kapal ini jadi monumen, siapapun bisa masuk ke dalam. Insya Allah," kata Susi, seperti dikutip salah satu media online lokal Pangandaran.
Susi berharap masyarakat khususnya generasi muda, akan paham bahwa kejahatan illegal fishing membahayakan jumlah populasi ikan laut di Indonesia. Dia pun menyebut bahwa pembangunan monumen tersebut akan dimulai pada tahun 2019 ini.

Nah, itulah cerita dan keunikan Pantai Pasir Putih Pangandaran yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain bisa puas-puas berenang dan snorkeling, Anda juga akan disuguhi perjalanan menantang di atas perahu. Lalu Anda pun bisa mengambil foto sepuasnya dengan latar belakang bangkai kapal Viking Logos yang ada di kawasan pasir putih tersebut.
 
Selamat menikmati wisata Anda.

 

Comments

  1. aku belum pernah nih Bunda ke Pangandaran, baca ulasan Bunda jadi pengen liburan bareng keluarga ke sini apalagi pengen foto-foto di bangkai kapal Viking Logos :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga pengen banget, soalnya waktu ke sana cuma naik Boat, ancuman snorkling trus jln2 deh di pantai.

      Delete
  2. Lumayan jauh menuju Pangandaran. Tetapi, kalau udah sampai sana memang bikin betah. MAles mau pulang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu bunda kesana kami konvoi 2 mobil. Nginepnya di Villa jd karena ada fasilitas dapur lengkap, bawa deh tuh perbekalan bisr santai si mbak juga diajak. Tp alhadil kami dnjoyldh makan di resto juga.

      Delete
  3. Waah...Bu Susi keren sekali..
    Saya pikir, ilegal fishing itu hanya berlaku di garis-garis laut yang gak jelas antara 2 negara.
    Kalau Pantai Pangandaran mah...jelas yaa, Bun...masih di perairan Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Duh memang cantik pemandangan di pantai ini ya Bunda.
    Ah jadi pengen maen ke sana juga.
    Tapi kapan ya hehe...

    ReplyDelete
  5. Bener bunda, pantai Pangandaran emang seperti pantai di Bali ....cocok kalo disebut Balinya Jawa Barat. menyuguhkan pemandangan yang indah bahkan nyaman dimanfaatkan untuk berwisata....

    ReplyDelete
  6. sampe sekarang aku belum pernah ke Pangandaran mba, padahal hampir tiap tahun ada yang ngajakin trip kesana, selalu gak berjodoh deh. Sekarang udah makin pangling katanya ya mba, makin rapih pantainya.

    ReplyDelete
  7. Pantai di Pangandaran ini cantik semua ya Bunda. Saya pengen bisa berkunjung kesana, udah lama sampai mimpi gara-gara ibu yang pernah kesana sampai dua kali suka bercerita

    ReplyDelete
  8. Huaa kangen banget ke Pangandaran, aku tuh orang Tasik sama Ciamis tapi ke Pangandaran baru sekali seumur hidup dan itu ga menjelajah banya huhu semoga bisa kesana lagi bareng keluarga.

    ReplyDelete
  9. Biasanya tiap tahun selalu main ke sana sdh tahun kedua nih ga ke sana ..jd kangen hehe

    ReplyDelete
  10. Aih, jadi penasaran dengan bangkai kapal Viking Lagos ini, Bun. Kapan2 harus jalan ke Pangandaran nih untuk menikmati semua potensi pantai di sana.

    ReplyDelete
  11. Terakhir ke Pangandaran waktu Pascal TK hihihi udah lama ya bun. Di sana ada Grand Canyon juga. Pingin ke sana lagi tapi masih ragu2 karena jalannya berkelok2 maunya tidur aja di jalan.

    ReplyDelete
  12. Bundaaa kalau ke sana lagi ajak aku dong, Bundaaaa. Indah sekali pantainya ya buunn

    ReplyDelete
  13. Lumayan bersih juga ya bunda. Ide buat libur lebaran nih.

    ReplyDelete
  14. Lihat pasir putih Pangandaran bikin keinget masa kuliah, Bun. Aku pernah beberapa kali kulap ke sana. Mana waktu itu ada si dia. Huhuhu... jadi inget mantan. Hehehe... indah banget ya Bun pasir putih Pangandaan ini :)

    ReplyDelete
  15. aku belum pernah ke pangandaran, kayaknya bagus banget ya bun, semoga suatu saat bisa kesana

    ReplyDelete
  16. Wow menggoda destinasinya. Sudah bbrp kali rencana traveling keluarga ke Pangandaran, tapi belum terlaksana. Abis lebaran bakalan rame ya Bunda?

    ReplyDelete
  17. Seumur-umur saya belum pernah ke pangandaran dan snorkeling juga. Pengin banget nyobain snorkling. Sedih ya padahal tempatnya juga enggak terlalu jauh... Mudah-mudahan saya suatu hari nanti bisa ke sana. Aamiin. hehehe

    ReplyDelete
  18. subhanallah indah banget ya kak patainya. kalau refreshing kesini dijamin pikiran tenang, hati adem. duh jadi pengen deh

    ReplyDelete
  19. Tahun kemarin saya baru dari sana mba. Bener deh pasir putih itu takjub masyaAllah suka lama2 disana. Banyak juga yang snorkling.

    ReplyDelete
  20. Saya selalu suka lihat pantai berpasir putih, Bunda, apalagi bila pantainya bersih dan halus, wahhh makin betah deh berlama-lama di pantai :)

    ReplyDelete
  21. AKu belum pernah main ke Pangandaran Bund
    semoga kapan2 bisa main ke Pangandaran aamiin
    Pasirnya masyaAllah jadi bikin kangen Bali

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu