Do'a dan Harapan Sang Ibu

Day-29
Tak ada yang lain selalu menggantung di bibir seorang Ibu selain do'a-do'a indah yang dipanjatkan setiap mencium sajadah menghadapNya, bahkan di hati seorang ibu juga tak pernah terlukis sederet tulisan seperti ini:

"Aku marah padamu, tapi aku tidak membencimu, justru aku sangat menyayangi!"



Kala seorang anak menjauh dari ibunya, tak ada rasa kecewa yang menyangkut dalam batin seorang ibu. Yang ada hanya sebuah do'a tulus untuk keberuntungan dan kebahagian di manapun sang permata hati akan bermukim. Do'a dan Harapan Sang Ibu tetaplah sama: menadahhkan kedua belah tangan ke Hadirat Illahi agar selalu melindungi sang permata hati yang akan menapati kehidupan baru nun jauh di sana. Di manapun kau berada, anakku, hatiku selalu akan dekat denganmu, melalui do'a-do'a yang tulus dihadirkan dalam solat yang khusuk.

Adakah sebuah kekuatan yang maha dahsyat di balik do'a? 

Sumber gbr. pinterest.com
Coba saja anda perhatikan dalam kehidupan sehari-hari -- setiap kita sedang galau, depresi, atau apalagi sedang berputus asa, dengan berdo'a sama artinya kita sedang menata diri dan menyambung asa untuk bisa kembali kuat. Melalui sebuah do'a kita akan merasa lebih tenang dan lebih bisa berpikir positif dan optimis. Tanpa kita sadari, akan terdapat sebuah kekuatan dan semangat baru untuk menghadapi segala permasalahan yang ada.

Aku pernah berkeluh kesah kepada seorang Ustadzah tentang apa yang aku alami. Aku rajin berdo'a, seringkali berzikir dan berbuat baik tanpa aku sengaja. Kebaikan yang aku lakukan bukan semata-mata karena ketidak-sengajaan, tapi sebuah niat tersembunyi di baliknya. Aku mengharapkan kebaikan yang aku lakukan akan mempercepat terkabulnya do'aku. Tapi apa yang dinasihatkan oleh Ustadzah adalah: apabila do'a kita belum dikabulkan oleh Allah Swt, itu jangan diartikan dengan Allah tidak memedulikan do'a yang kita panjatkan. Mungkin saja Allah sedang menguji sampai di mana ketulusan kita dalam berdo'a.  Khusukkah? Dalam keadaan kesalkah? Bisa jadi Allah sangat menyukai kegigihan kita karena kita merupakan orang yang pantang menyerah -- terus dan terus berdo'a walaupun belum dikabulkan --

Terkabulnya sebuah do'a tidak seorangpun yang tahu, juga diri kita yang selalu berdo'a. Allah telah mengabulkan sesuatu yang baik untuk kita dan itu bukanlah yang kita masukkan atau kita panjatkan dalam do'a. Lalu apa artinya. Tentu saja kita harus meneliti ulang apa sebenarnya yang kita inginkan. Bisa saja keinginan kita tidak dikabulkan oleh Allah karena sebenarnya apa yang kita pinta dalam do'a bukanlah yang terbaik untuk kita.

Karena itu bersungguh-sungguhlah dalam berdoa dan menyangkut Do'a dan Harapan Sang Ibu, betapapun anda tidak menyukainya tetaplah menjadi sebuah do'a yang memiliki kekuatan paling dahsyat dan yang terbaik bagi hidupmu. Percayalah, tak ada seorang ibu manapun yang menginginkan do'a dan harapan yang hampa. Yakinlah akan hal itu.







REFERENSI:
https://www.hipwee.com/daripembaca/karena-di-balik-doa-terdapat-kekuatan-bagi-manusia-10-hal-tentang-doa-ini-wajib-kamu-ketahui/



Comments

  1. Doa ibu tak pernah putus ya Bun. Aku juga selalu minta doa restu ibu. Tiap kali pamit mau pulang setelah mengunjungi ortu selalu minta didoakan, seringnya sebelum kuminta, ibu sudah mendoakan duluan.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Betapapun seorang anak meninggikan suaranta ketika diberi nasihat, seorang ibu pasti mendoakan anaknya agar Allah membukakann pintu hatinya dan menyadarkannya, karena ia sebenarnya tak tau apa yg telah ia lakukan. Aamiin, semoga Allah menjabah doa-doa yg baik utk anak2 yg dimiliki seorang ibu

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Doa ibu memang doa yang paling mujarab banget ya Bun.. kadang suka terharu pas tau ibu selalu selalu dan selalu mendoakan aku bahkan saat aku udah dewasa dan berumah tangga gini.. Terasa tenang da adem pokoknya kalo udah didoain sama ibu dan dapet restu dari ibusebelum beraktivitas.. :')

    ReplyDelete
    Replies

    1. Betul sekali, hanya mereka yg memiliki iman yg tebal mau mengerti tentang arti doa dari seorang ibu.

      Delete
  4. Bundaaaaaa :D
    Masih inget Nurul kan, blogger Sby yg ikutan BukBer di rumah Teh Ani Berta :D
    Alhamdulillaaahh, bersyukur karena bisa ketemu Bunda Yati, sosok bunda yg hebat dan menghebatkan. InsyaAllah berkah untuk ibu2 di seluruh penjuru bumi yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Setuju. Doa ibu itu memang nggak terkalahkan. Makanya kalau sampai hidup kita penuh masalah, coba deh cek hubungan kita kita Ibu

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sungguh bijak pemikiran Ana tentang ini. Wlp Wlp begitu seorang ibu tak kan pernah mendo'akan yg buruk utk anaknya. Bahkan tidak kata2 yg kasar karena ucapan ibu adalah do'a. Jd jada kata2mu utk sang permata hati, ucapkakan yg baik2 utk mereka. Karena ucapan ibu adalah do'a bagi anak2nya. Aamiin.

      Delete
  6. Doa ibu selalu tak pernah putus untuk anak-anaknya.
    Dan saya beru menyadari ini setelah memiliki anak. Bahkan setelah menjadi ibu pun, ibu saya tetap mendoakan anak dan cucunya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Berapapun usiamu kau tetapla anak bagi ibumu, mbak Naniek Nara. Begitu juga ansk2mu bagimu kelak.

      Delete
  7. Doa ibu memang segalanya ya Bunda. Karena itulah seorang ibu dituntut untuk tidak pernah lelah dalam mendoakan kesuksesan putra putrinya.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Betul sekali, Ida. Tak ada kelelahan bagi seorang ibuvutk mendoakan anaknya yg baik2 sekalipun dalam keadaan tubuhnya lemah terbaring.

      Delete
  8. Tulisan Bunda menjadi pengingat buatku. Tks Bundaaaa

    ReplyDelete
    Replies

    1. Alhamdulillah, mbak Wid, bunda merasa bersyukur kl bisa sebagai pengingat

      Delete
  9. Terima kasih Bunda sudah mengingatkan tentang kekuatan doa seorang ibu. Doa seorang ibu itu selalu tulus ya dari hati. Jadi membuatku harus lebih sering lagi mendoakan anakku agar menjadi hambaNya yang sholeh. Aaaminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak Yeni kehidupan ini seperti saling ingat mengingatkan. Kita yg menjafi ibu2 muda bisa merasakan betapa ibu kita dulu melahirka, membesarka dan dan merawat kita, begitu tulus dan penuh kasih sayang.

      Delete
  10. Iya Bunda, doa ibu tak pernah berhenti menguntai harapan untuk kebaikan anak-anaknya. Tanpa diminta pun seorang ibu akan selalu mendoakan keberhasilan anak-anaknya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Precisely, mbak Hidayah, sudah pasti. Dlm setiap kesuksesan kita hrs sadar bahwa ada do'a ibuvygcterselup di sana.

      Delete
  11. Doa seorang ibu buat anaknya emang mustajab, Bun. Sekarang jadi ibu, jadi bisa ngerasain betapa doa harapan buat anak saaaangat besar. Biar sehat, cerdas dan tentunya soleh agar menjadi jariyah buat kedua orangtuanya. Sehat selalu ya Bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali, apa yg kita inginkan doa, kebaikan, kesehatan dan segala yg baik buat anak2 kita, itu juga yg untaian keinginan dan do'a dari ibu mbak Ayaa.

      Delete
  12. Jadi merenung, sepertiya doaku kurang gigih dan bersungguh-sungguh nih Bunda. Terimaksih untuk remindernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah setelah ini dan dan mengi keikhlaasan do'a ibu mbak Efi, maka mbak Efi mulai bersungguh-sungguh dan dan g dlm berdo'a utk anak2 tercinta.

      Delete
  13. jadi ingat ibu yang selalu terselip doa dalam kata-katanya. hhuhuuhu... Sejak saya kecil sampai sudah berumah tangga doa ibu selalu saya harapkan. Semoga ibu selalu sehat agar bisa senantiasa mendoakan kita ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama orang tua atau ibu masih ada do' a itu akan terus mengalir tanpa henti dan tanpa kita. tahu.

      Delete
  14. Saya pernah bertengkar dengan ibu saya. Kesal banget, sampai pengen enggak teguran rasanya. Tapi kemudian semuanya berakhir dengan pelukan dan tangisan. Sy sadar bahwa ibu tidak pernah membenci. Bahkan selalu mendoakan, seburuk apapun kata kesal yg terucap oleh anaknya. Terimakasih bunda yati sudah mengingatkan saya lagi.

    ReplyDelete
  15. Doa ibu memang dahsyat.., jadi sedih kini tak lagi punya ibu..., Semoga doa yang pernah di panjatkan ya ..tentang kami..mustajab hingga dia tiada ...


    Bukan tidak terkabul..mungkin hanya waktu yang ditunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti ada kata2 yg menyebutkan "ridhonya Allah adalah ridhonya ibu" bayangkan betapa tinggi dan mulianya kedudukan seorang ibu di mata Allah.

      Delete
  16. Terima kasih Bunda Yati sudah mengingatkan betapa doa adalah obat paling ampuh dari segala-galanya. Semoga Allah mengabulkan segala doa baik kita. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kita usahakan selalu mendoakan yg baik2 utk orang2 tercinta disekeliling kita. Aamiin.

      Delete
  17. Betul sekali Bunda
    saya sering sekali meminta Ibu mendoakan, walau pun tanpa diminta beliau udah sering melangitkan doa untuk anak-anaknya. Setuju juga bunda, mungkin apa yg kita harapkan saat doa juga berarti supaya kita sering menjumpai Allah saat berdoa ataupun ibadah pada Nya ya hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga harus membaca surah Alfatihah utk diri kita sendiri jugabutk orang tercinta.

      Delete
  18. Doa ibu langsung tersampaikan kepada Tuhan yang Maha Esa, anak-anak bisa sukses dan sehat itu nggak pernah terlepas dari doa dan harapan dari seorang ibu, mudah2an aja, ibuku dan ibu kita semua selalu diridhoiNya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ainhny fo'a ibu langsung tersampaikan kepada Allah wlp wlp tdk do'a mana yg akan dijabah.

      Delete
  19. Doa seorang ibu untuk anaknya semacam suntikan yang akan membuat si anak menjadi lebih tangguh. Tak ada yang bisa menandingi doa seorang ibu untuk anaknya. Seperti apapun anaknya, seorang ibu tetap akan mendoakannya. Aku jadi teringat, 1 orang ibu mampu mengurus 10 anaknta tapi 10 anaknya belum tentu bisa mengurus ibunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehw...otu memang sebuah kenyataan yg tak bisa dipungkiri. Wlp demikian ada juga seorang anak yg mengorbankan segalanya demi merawat seorang ibu yg sakit hingga akhir usianya dan tahukah Chiechie setelah ibunya meninggal pada hari yg ke-40 Allah memberi kejutan utk anak yg soleh tersebut -- ia mendpt berkah rezeki yg tak terduga, luar biasa, sehingga ia bisa melunasi kredit rumahnya dan membeli (kredit) sebuah mobil. Keikhlasannya merawat ibunya mendapat imbalan dari Allah secara langsung.

      Delete
  20. Jadi inget sebuah quote. Bahwa ketika doa kita dikabulkan Allah, itu ada bagian dari doa ibu kita yang setiap hari dipanjatkan untuk kebaikan anak-anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 yg soleh/soleha pasti akan mengingat hal ini. Namun seorang ibu tak akan membanggakan dirinya bahwa itu berkat do'a yg ia panjatkan. Sang ibu hanyaa akan menadahkan kedua telapak tangannya yg bertemu dsn hanya mengucapkan : "Alhamdulillah, ya Allah."

      Delete
  21. Doa Ibu sama dengan ridho ibu, kalau ibu ridho insyaallah disitu juga ada rahmat Allah Azza Wa Jalla.....itu yang selalu ku yakini bunda,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhaanallah memang kitaa harus sadar dan dan menyadari bahwa ridhonya Allah adalah ridhonya ibu bukan sebaliknya.

      Delete
  22. setelah jadi ibu aku ga berhenti untuk menggantungkan doa dan harapan Bunda semoga apa yang aku harapkan terkabul untuk anak-anaku aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Do'a yg sama yg juga dipanjatkan oleh Ibu Herva utk Herva.

      Delete
  23. Jadi teringat sama Ibuku nih Bunda. Tiap aku nambah usia itu tengah malam blio yg pertama kirim ucapan ultah untukku lengkap dengan pesan2 bijak serta doa seorang Ibu. Pas aku ketemuan langsung kupeluk cium Ibuku.

    ReplyDelete
  24. nggak ada sekat dari doa seorang ibu ya Bund.
    Ya Allah semoga selalu disehatkan ibu-ibu di dunia yang sangat mencintai anaknya
    maap lahir batin ya Bunda Yati

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu