Mata Adalah Jendela Hati Bersama INSTO Dry Eyes

Source: PIXABAY
 Anggaplah ini sebuah proloog

Sebelum aku sampai pada cerita yang bisa membuat mataku lebih cerah, perkenankan aku bercerita sedikit tentang arti ungkapan yang aku pakai sebagai judul postingan ini. Tidak bisa dipungkiri The Eyes Never Lie, karena Mata Adalah Jendela Hati Bersama Insto Dry Eyes. Sebagaimanapun kerasnya kau menyembunyikan sesuatu, matamu tidak akan mampu berbohong.  Jadi, berhati-hati, ya.  Rawatlah matamu agar tetap jernih dan cerah berbinar, menandakan hatimu yang bersih dan ikhlas.


Pejamkan Matamu Maka Akan Terbuka Hatimu

Banyak postingan yang menggunakan judul ini, tapi beragam pula dalam cara mengutarakannya.  Aku begitu yakin mata memang benar adanya adalah jendela hati. Koq begitu yakin? Ya, iyalah! Coba aja pejamkan mata kalian ketika ingin mengingat kembali setiap kejadian dalam hidup yang kalian telah lewati. Baik itu yang mengesankan ataupun yang menyakitkan. Tak jarang pula para ustadz atau ustadzah ketika meminta para jemaahnya untuk merenung sejenak dan membayangkan dengan khusuk tentang wajah orang-orang terkasih dan apa-apa saja yang telah mereka perbuat untuk kesejahteraan kalian.


Bayangkan dalam renungan satu per satu kejadian yang telah kalian jalani bersama kedua orangtua tercinta dan bersama adik-adik ketika kecil, apa saja yang telah kalian lakukan untuk dan terhadap kedua orangtua serta saudara-saudara ketika melewati masa-masa kebersamaan. Baik atau buruk. Masa yang tak mungkin kan kembali. Semua bayangan ini akan muncul dari hatimu dan akan mampu menimbulkan tangis yang tak tertahankan. Sedu sedan yang semula perlahan menjadi tangis yang menggelegak. Penyesalan yang paling dalam akan muncul bersamanya dari relung hati sedalam apapun. Akan tergambar semua yang bersarang dalam hati, kegembiraan bersama mereka, kegelisahan, kecintaan, bahkan kebencian dan segala torehan yang pernah dirasakan. Saling berkejaran. Semua bayangan mengalir dari hati dalam keadaan mata terpejam. Memory yang sempat mulai menghilangpun akan mudah kembali. Subhaanallah.

Source: PIXABAY


Tanpa mata terpejam bisakah kita membayangkan segala rasa yang akan menimbulkan kebahagiaan, penyesalan dan berbagai rasa yang berkecamuk dalam hati? Menurutku tidak akan bisa seorangpun yang mampu menghilangkan kebencian tanpa merenung. Menghapus rasa kesal dendam kesumat tanpa mau melihat ke belakang akan bayangan hitam kelam yang pernah dialami dan tertancap dalam hati telah terurai. Dalam hal seperti ini mata yang memberikan sorot beragam arti akan membuka jendela hati. Seseorang yang arif akan bisa mengerti dengan sebaik-baiknya akan arti sorot mata yang beragam ini, baikkah, culaskah, penuh kebenciankah atau sama sekali tak peduli. Apatis! Semua sorot mata secara harfiah bisa dimaknai dalam kurun waktu cepat atau lambat menanti lahirnya pembenaran diri. Wallahualam bishawab (hanya Allah semata yang mengetahui akan kebenaran yang sesungguhnya.)

Berlandaskan semua kenangan dan kekhusukan mengenai masa kecil kami, karena itu pula setelah kami semua sama-sama dalam usia renta aku dan adikku ingin berbagi kesenanggan, katakanlah, walaupun seujung kuku kesenangan ketika kecil hidup bersama. Sedih rasanya setiap lingkar kehidupan akan selalu berputar dan berganti. Yang kecil akan besar, yang besar dan dewasa akan menjadi renta serta papa. Kemudian mati. Allah Sang Pencipta akan mengambil kita, kapan saja. Tapi kebersamaan yang cuma beberapa hari berdekatan dengan adikku yang dirawat oleh anak dan cucunya di rumahku membuat hati ini terobati dan ingatan selalu melayang ke masa-masa kecil kami. Masa kebersamaan. Masa canda-ria kami penuh gelak dan tawa. Setelah kami tumbuh dewasa dan renta semua cerita jadi berbeda. Suasana silaturakhim yang hanya beberapa hari mampu mengulas rindu. Aku sayang kau, adikku.
Nah, karena keberadaan anak dan cucu adikku di rumahku inilah aku selalu melihat botol mungil obat tetes mata di meja kamarku, di mana adikku berbaring. Kenapa? Karena anak dan cucu adikku ini terkena sakit mata yang parah. Orang bilang aku tak boleh memandang langsung ke mata yang menderita sakit mata, namun aku tak pernah menggubrisnya.  Bukan aku kalau dalam berbicara tidak memandang langsung ke mata lawan bicara. Katanya, kalau melakukan hal ini aku akan tertular sakit mata. Ya, ampuuun, aku kira itu hanya sebuah mitos. Ternyata betul juga. Aku tertular sakit mata merah yang amat parah. Selama lebih dari dua minggu barulah mataku pulih seperti sediakala. Sayangnya aku tak pernah melakukan selfi dengan mata merah dan bengkak yang membuat sulit membuka mata dan takut pada sinar terang. Karena kerasnya obat yang diberikan oleh dokter dan dalam menggunakannya lebih dari satu tetes, alhasil menyebabkan sekitar kelopak mataku iritasi, gatal dan sakit.  Untunglah setelah sembuh aku temukan sesuatu yang amazing banget yaitu obat tetes mata Insto Dry Eyes yang akhirnya tetap aku pakai agar aku terhindar dari mata kering pasca penyakit mata merahku sembuh total. Yes! It's time for me to say: Bye Mata Kering.


Mulailah Merawat Mata dengan INSTO Dry Eyes



Photofunia

Setelah berobat ke dokter spesialis mata dan berobat dengan rajin mata merah dan bengkakpun pulih. Lalu apa langkah yang akan aku ambil setelah itu. Akan kubiarkan mataku tanpa perawatan? Oh, no, tentu saja tidak! Aku telah merasakan betapa sakit dan tidak nyaman mengalami sakit mata karena virus ataupun karena kurang perawatan. Setelah sembuh total aku selalu merasakan mataku terasa lelah, perlu dikerjap-kerjapkan agar nyaman. Apakah ini karena aku sering tidur terlambat karena mengerjakan PRku menyelesaikan postingan hingga larut malam. Tanpa terasa, badan sebenarnya sudah letih, imbasnya mata lelah mulai aku sadari, diikuti mata pegel. Sulit menggerakkan kelopak mata karena mata sepet, dan juga terasa mata perih. Mataku perlu sering dikedip-kedipkan agar terasa agak nyaman.

Ternyata bermain handphone dalam jangka lama, menatap layar monitor laptop, ketika nonton youtube atau kegiatan-kegiatan lain seperti memaksakan diri membaca di lampu yang temaram, terlalu banyak membaca sambil berbaring atau terlalu sering mengucek mata dengan harapan agar mata terasa lebih nyaman itu pertanda mata kita sedang tidak sehat dan kering. Lalu apa kira-kira penyebab dan gejala mata kering? 




Source: Phottofnia




Kalaupun aku tidak sakit mata aku selalu setia membawa botol mungil yang bernama INSTO Dry Eyes di dalam tasku ketika bepergian. Sebelum keluar rumah aku teteskan satu tetes pada kedua belah mataku dengan hati-hati agar benar-benar terasa tetesan itu masuk dan merata di atas bola mataku. Terus terang jarang sekali hanya satu tetes karena aku memakainya sendiri jadi terkadang dalam hitungan lebih dari satu tetes baru tepat ma suk ke mataku, hehe... Rasanya sejuk sekali. Pejamkan mata sebentar untuk merasakan kesejukannya. Setelah itu? Rasakan sendiri sensasinya...


Ingatlah Buka Mata Buka Insto

Agar senantiasa keindahan matamu terjaga dan terawat. Bawalah Insto selalu dalam tasmu sebagai persediaan yang permanen, hehe... 
Last but not least harga Insto sangat terjangkal sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membeli dan memilikinya sebagai persediaan agar setiap saat bisa digunakan.  Insto obat tetes matta nomor satu di Indonesia tidak perlu diragukan lagi.
Bye-bye-bye mata kering 
 

dokpri






Comments

  1. Bundaaaa, misyuuu. Maapkan anak onlenmu yang jarang berkunjung, hiks. Semoga sehat selalu yaa.
    Membaca cerita Bunda, mata jendela hati adalah benar adanya, terkadang akutu kalo ketemu orang menatap dalam matanya suka ngerasain dan tau apa yang terjadi dengannya, hanya feeling yang kuat hihi.
    Btw Bun, sakit mata nih emang bikin riskan ya, aplagi sebagai pekerja onlen, kudu siap sedia biar tetep fresh. Hihii..jadi inget perkataaan ortu jaman dulu kalo ada yang sakit mata, jangan dilihaat ntar nular .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nchieeee...sama bunda juga misyu. Kangen
      Tp what can I say, bunda sd td seperti yg dulu hijihi ( kayak judul lagu), hrus mawas diri gakau sok2 kuat taunya tepar. Ke mana2 baiknya mah kudu ada yg bisa digelayutin kl naik nurun. Begetooh.

      Delete
  2. insto andalan keluarga juga bund kalau mata lagi kering atau lagi gatel, dari kecil pun aku taunya merk insto kalau buat mata

    ReplyDelete
  3. Sehat selalu ya Bunda Yati...
    Salut sama bunda yang masih selalu aktif depan komputer. Tidak lupa sediakan Insto juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah rajin banget sih si bunda kalo lg dpt tema, hehe... Mksh Okti udah mampir.

      Delete
  4. Bundaaaaa, aku sekarang paham kenapa kita semua kudu menjaga mata.
    Selain karena ini inventaris yg luar biasa berharga, juga karena mata jendela hati, bener bgt Bund.
    Sehat2 teruuusss ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Terima kadih do'anya utk bunda. Do'a yg sama utk Nurul, ya

      Delete
  5. Buka mata buka insto. Mata kering emang bikin nggak nyaman banget ya bun. Apalagi kalau aktivitas padat so pasti nggak leluasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Geoveni, rasanya gimana gitu gak betah kalo belum ditetesin Instro Dry Eyes.

      Delete
  6. Kalau mata sudah ngg nyaman, pasti pengaruh banget ke performance kitaaa ya mba. Bawa terus eye dropsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah, sayang, tumben-tumben nih nyebutnya "Mbak" hehehe...jadi berasa muda lagi si bundanya. So pasti jo, dibawa dalam tas bunda, biar matanya tetap adem sepanjang hari.

      Delete
  7. Mata memang penting banget ya, Bun. Bisa melihat segala keindahan dengan mata. Jadi was-was deh kalau udah ada masalah termasuk mata kering. Harus segera dikasih Insto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, Chi, karena lomba menulis ini bunda jadi gak lupa selalu bawa INSTO Dry Eyes, apalagi sejak sembuh dari sakit mata merah.

      Delete
  8. Setuju bunda, saya juga pakai Insto Dry Eyes kalau mata kering dan gejala dari mata sepet, pegel dan perih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, tost kita dulu, Arda. Terima kasih sudah nyambngi blog bunda.

      Delete
  9. Iya ya bund, kalau ngobrol gak liat matanya berasa gak respek. tapi kalau lijat jd sakit mata. untung ada insto yang setia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip! Iyalah ngobrol gak liat matanya berasa aja dicuekin, hihihii... Tapi kalo yang diliat lagi sakit mata, tinggal bagaimana pemberian Allah aja deh. Sakit cari obatnya. Sidah sembuh jangan lupa INSTO Dry Eyes.

      Delete
  10. iya banget bun, insto harus selalu ada, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harga Instro dry eyes sangat, sangat terjangkau, jadi gak alasan untuk gak nyetok di rumah, paling gak dalam tas kita. Makasih kunjungan Yola.

      Delete
  11. Iya nih jd keingetan utk merawat mata dengan Insto nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai sekarang jangan lupa merawat mata, kan sudah ada INSTO andalan kita.

      Delete
  12. Baca-baca tentang mata kering, jadi keinget sama saya sendiri yang sering cuekin mata perih dan pegel. Padahal gak nyaman banget. Kudu selalu sedia Insto ya Bun, biar mata selalu seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah sejak sembuh dari sakit mata merah yang menjengkelkan dan mengkhawatirkan tempo hari bunda jadi teribasa nyetok Instro dry eyes di rumah atau dalam tas.

      Delete
  13. Insto Dry Eyes juga andalanku Bun, maklum sehari-hari di depan gadget & laptop hhihihi gak bosen-bosen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Lidya, bunda biarpun gak tahu banyak tentang blogging (sampe sekarang) tetap gak bosen melototin layar laptop kadang sampai larut malam lho.

      Delete
  14. Mata bagi aku penting banget untuk menjalankan kehidupan ini, mata itu harus dijaga kesehatannya... mata kering menjadi salah satu sumber penyakit mata yang patut diwaspadai, maka butuh tetes mata yang membuat mata tetap lembab dan jauh dr penyakit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Elly. Memang mata adalah jendela hati dan jendela dunia, kita harusnya menjaganya dengan sebaik mungkin untuk mensyukuri anugerah Allah Yang Maha Kuasa.

      Delete
  15. Memang mata harus selalu dijaga, ya, Bun. Di rumah juga tersedia insto karena butuh banget. Terutama suami yang kerap mengalami mata kering. Rasanya tidak enak dan mengganggu. Apalagi sering berkendara di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka yang sudah terbiasa menyediakan stok INSTO Dry Eyes di rumahnya dengan adanya blog competition Insto Dry Eyes bisa jadi melipat gandakan stoknya di rumah.

      Delete
  16. BUnda tulisannya mengisnpirasi. Saya salut loh bunda yang masih bisa tetap menulis dengan baik. Kayaknya aku juga harus sediakan insto nih bun biar tetap bisa sehat matanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alida, frankly speaking, sebelumnya bunda tuh gak pernah nyetok IDE di rumah, tapi setelah kena penyakit mata merah dan bengkang serta iritasi, ditunjukkan oleh Alla akan lomba menulis ini. Langsung deh, gak sabar penen cepat sembuh dari mata merah. Setelah itu bunda rajin meneteskan INSTO Dry Eyes obat tetes mata nomoir wahid di Indonesia ini.

      Delete
  17. Aku juga pakai Insto kak kalau mata terasa kering banget soale kalau ga diatasi makin ga fokus dalam bekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kalau gitu kita ya, Dek? hehehe... Nyetok INSTO Dry Eyes baik di rumah atau dalam tas kita, biar bisa jadi saksi bisu kemana kita pergi karena mata kita yang sudah benderang penglihatan dan adem. Terima kasih kunjungan Dek Kurnia Amelia ke blog bunda. lv u

      Delete
  18. Bunda, sama nih denganku. Aku juga sedia Insto di rumah karena mata sering pegal akibat lihat laptop terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Leyla, memang ternyata kita tuh harus sadar akan kesehatan mata kita dan jangan membiarkan mata kita menderita karena dipaksa terus untuk melototin layar laptop hingga larut. (itu mah bunda kalllii...) Makasih kunjungan mbak Leyla.

      Delete
  19. Mata kering memerah klo dibiarin bisa jadi iritasi ya mba. Emang beneran harus sedia tetes mata di rumah. Kalo aku kebeneran pake insto juga. Biasanya klo abis pake motor dan ada kena debu gitu langsung ditetes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zia, coba deh dibikin supaya tetesannya diberikan setiap 3 or 4 jam, pasti akan tetap cemerlang melihat huru2 di layar laptop, hehe...

      Delete
  20. Bunda, aku setuju banget, mata itu jendela hati. Dulu, zaman masih kuliah, ada dosen yang bilang, padahal aku pakai kacamata minus ya, katanya mataku ini selalu berbinar-binar saat di kelas. Menandakan kalau aku selalu excited dengan pembelajaran di kelas. Makanya mataku ini selalu kurawat. Karena kalau bermasalah sedikit saja, akan berpengaruh dengan produktivitasku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut deh sama dosen yang memuji mata Diyanika, berarti beliau sangat, sangat tahu pancaran binar dari sepasang yang sehat. Selain dari itu dari pancaran mata bisa langsung terlihat kita itu interesting apa gak sama pelajaran yang sedang beliau berikan,

      Delete
  21. di rumah kami juga sedia insto, Bund. Apalagi saat ini mata saya juga sering lelah dan perih, insto menjadi penawarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ira, bunda juga sebelumnya gak pernah nyetok INSTO Dry Eyes lho di rumah, apalagi dalam tas, tapi setelah mengalami betap menderitanya mengalami sakit mata merah, bengkat dan iritasi yang lalu. Segera deh setelah sembuh bunda nyetok di rumah dan dalam tas bunda.

      Delete
  22. Dulu pernah ngerasain sakit mata dan emang ngeganggu banget saat beraktivitas. Tapi untungnya dari dulu selalu dikasih tahu mama, kalau mata udah gatel apalgi merah-merah langsung kasih obat tetes mata aja biar enggak makin parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang betul kalau sakit mata walapun gatalnya minta ampun jangan dikucek, karena akan menyebabkan iritasi, tambah deh gatalnya dan sakit pulak. Sedia obat tetes adalah yang benar. Sediakan selalu dalam tas agar mata selalu terasa adem.

      Delete
  23. Thanks for sharing, sukses terus,.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu