Alasan Mulai Ngeblog

 Alasan Mulai Ngeblog

Harus aku akui, satu-satunya alasanku mulai ngeblog adalah faktor ingin mencari income sendiri, lepas dari merepotkan anak-anak yang harus menyisihkan penghasilannya sepersekian persen dari income bulanannya untukku. Melihat kenyataan ini timbul keinginanku ingin mencari solusi bagaimana caranya mencari uang jajan sendiri, dari hasil jerih payahku sendiri. Mungkin ini akan menyebabkan anak-anak tersinggung, tapi tak apa. Aku akan jelaskan kepada mereka alasanku. 

Disamping alasan tersebut di atas aku juga ingin sekali mencari cara bagaimana agar pikiranku selalu fresh, tanpa memikirka hal-hal yang pelik yang selama ini telah aku lalui dengan penuh keikhlasan.  Keingininan itu tetap saja bertengger di relung hatiku yang paling dalam. Tentunyya sangat menyenangkan andai aku bisa memberi jajan kepada cucuku saat mereka membutuhkannya. Tapi dengan keadaanku yang tidak berpenghasilaan apa yang bisa aku lakukan. 



 

Pucuk dicinta ulampun tiba. Keinginanku seperti mendapat jawaban ketika aku browsing di internet tentang pekerjaan apa saja yang bisa aku lakukan untuk menambah kocekku selain yang aku dapat dari anak-anakku. Tanpa sengaja aku klak klik info tentang pekerjaan sampingan di internet. Aku dapatkan! Tapi di sana tertulis sesuatu yang bisa aku lakukan dengan mudah: "Kalau Anda biasa menggunakan laptop dan anda menyukai pekerjaan yang menjanjikan, inilah tempat Anda. Syaratmya Anda harus memiliki blog dan akun fesbuk. Wah! gimana ini? 

 

Namun, setelah kutemui link ini dan aku pelajari memang sangat menarik, karena apabila aku menjadi seorang anggota dari Kumpullan itu, tugasku sangat ringan, hanya harus mencari customer yang berminat membeli produk yang aku jual yaitu link tentang BISNIS ONLINE.  Apa itu? Entahlah aku kurang paham, tapi hati ini sangat penasaran menjalankan bisnis online ini. Aku hanya harus mencari orang yang  mau bergabung. 

Karena aku terlalu awam dengan senang hati aku mulai mempromosikan bisnisku yang belum aku pahami benar. Sulit dimenerti mengapa  aku mau melakukannya, sedangkan mindsetku tidak di sana. Aku harus membuat e-book. Nah!  Sedangkan arti  e-book saja aku belum paham, apalagi membuatnya. Bagaimana mungkin aku harus bisa menjual hasil produk yang aku buat. 
 
Hatiku seakan menjerit sulit mencari orang yang mau membeli produk pihak pertama dan kemudian mengembangkannya lagi.  Aku hanya berhasil menjual satu saja, berarti aku hanya mendapat seorang customer. Sungguh sulit untuk mengeluarkan uang sebesar 150ribu pada awal tahun 2010 sehingga akhirnya aku menyerah dan tidak lagi meneruskan aktivitasku di Kumpulan tersebut.  Jadi penghasilan itu adalah The First and The Last. Tapi aku sudah terlanjur menyukai kegiatan mengisi blog yang semula mempromosikan aktivitasku, tapi kemudian tidak lagi. Aku hanya meneruskan mengisi blogku dengan cerita-cerita apa adanya. 
 
Waktu terus berjalan hingga suatu ketika aku mengenal Kumpulan Emak Blogger pada awal Januari 2012.  Aku tetap ngeblog dengan rajin, hingga blogku berisi postingan-posting hasil buah pikiranku. Dari sini besar kemungkinan karena aku rajin ngeblog di usia yang sudah tidak muda lagi. Alhamdulillah.
 
Pada tahun 2013 tanggal 18 Pebruari di hari ulang tahun pertama Kumpulan Emak2 Blogger aku menerima penghargaan dari KEB dan predikat sebagai Lifetime Achieveme Blogger 2013 versi ACER/KEB.  Senangnya. Anak cucu menantuku ikut menyaksikan penganugerahan predikat penghargaan tersebut.  Menurut si Mbak yang juga aku ajak ke acara, ketika aku naik ke panggung -- mata mereka berkaca-kaca menyaksikannya. Aku jadi terharu dan bangga. Kalau tidak karena ngeblog aku mungkin tidak akan berdiri di stage itu dengan bangganya.
 
Alasan utamaku yang semula mencari income tambahan akhirnya aku dengan senang hati membuat postingan sekalipun ketika itu 2012/2013) belum ada job yang aku hasilkan, kecuali 150ribu hasil aktivitasku sebagai Reseller sebuah Kumpulan Bisnis Online.  Alhamdulillah.


 
 
 
 

Comments

  1. Mantap banget bunda, dengan menulis di blog jadi ada achievements baru yang bisa diraih ya. semoga selalu semangat menulis dan membagikan cerita yang banyak ya Bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, Cindy, bundapun gak menyangka dengan ngeblog bisa membuat ancuman bunda bangga akan bundanya. Aamiin.

      Delete
  2. keren banget Bun, tetap semangat ya buat ngeblog dan menuliskan banyak hal pengalaman yang bisa Bunda bagikan juga di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii...tapi masih tetap aja tuh hafus dibantunkl mau listing link utk ikutan BW. Aie msh inget kan pernah ngajarin bunda? Tp bunda teuteuuup aja blm bwrani listing link sendiri. Takut amburadul ntar diomelin MakMinvyg bsik hati lg. Jd sementara Mak Lidya Fitrian yg bantuin bunda. Insya Allah next time I'm able to manage it myself. Do'ain ya?

      Delete
  3. Bundaaa... kereen banget dengan niat tulusnya dan alhadulillah banyak manfaat yang didapat dari ngeblog ya. For sure you have achieved a lot and stay inspiring!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, insya Allah. Do'ain ya bunda tetap memiliki semangat buat ngeblog.

      Delete
  4. Bundaaa.. tau gak sih kalo bunda tuh uda menginspirasi banyak orang termasuk aku juga. Suatu hati jika Allah ijinkan usiaku panjang, akupun ingin tetap menulis hal positif di blog, aku ingin juga anak cucuku melihat prestasiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl bunda sdh bisa menginspirasi bantak orang including you, Roeli dear. Thank you. Insya Allah kelak Roeli akan bisa melebihi bunda. Aamiin

      Delete
  5. Masyaallah bunda hebat banget. Dulu jaman awal2 ngeblog inget banget liat bunda sama almarhum pakdhe. Aku yang blm paham apa2 jd semangat banget nulis. Makasih buat inspirasinya bunda. Semangat nulis terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pskde Cholik adalah inspirasi buat bunda. Almarhum banyak meninggslkan kenangan bagi bunda dan bagi mereka yg pernah kopdar dngn almarhum. Sama2. Yuk kita saling menguatkan utk tetap memiliki semangat ngeblok.

      Delete
  6. Bunda dulu awal2 ngeblog selain untuk ajang curhat aku juga mengenal MLM yg mempromosikan produknya lewat marketing online dan menyarankan punya blog. sempat aktif dan berpenghasilan sm posisi lumayan tp ga kepegang akhirnya stop tp blog aku lanjutin trelebih akhir 2013 ketemu KEB dan akhirny ngeblognya lebh terarah krn banyak belajar dr sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banyak ilmu yg bisa kita dapatkan dan gali dari bergabung dengan sebuah Komunitas a.l.KEB.

      Delete
  7. ah luar biasa cerita bunda
    kagum dengan semangat ngeblog bunda..
    jadi malu klo selama ini masih sering ogah ogahan ngeblognya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sudah berbagi kisahnya bunda. Setiap orang punya alasan ngeblog yang selalu bikin terkesima. Semoga makin semangat nulis dan menginspirasi ya.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah Bunda keren banget. semoga saja saya dan blogger-blogger lain juga bisa terus produktif sampai tua seperti Bundayati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga ya. Bunda do'akan bisa befkarya melebihi usia bunda yg sekarang.

      Delete
  10. Komunitas yang pertama kali saya ikuti utk bloger2 gini juga KEB, ikutan 2021an jg tapi waktu itu msh silent member bun, krn sambil ngasuh bayi, ngeblog ttg tumbuh kembangnya.
    Makin ke sini ternyata manfaatnya gak cuma utk menyemangati diri ngeblog tapi jg dapat networking dan job ya alhamdulillah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kita dapat job berkat ngeblog. Iya, kan?

      Delete
  11. Bundaaa...
    Aku selalu excited kalau Bunda drop link loo..
    Ayo, Bunda..
    Aku dikasih tulisan Bunda yang menginspirasi.

    Aku bangga banget bisa kenal Bunda, meski belum pernah berjumpa.
    Semoga suatu hari nanti yaa, Bun..

    Btw,
    Aku kemarin cerita ke suami kalau punya sahabat blogger yang uda usianya gak muda lagi. Yang ditulis cerita sehari-hari, tapi kemasan bahasanya sangat membumi. Jadi, aku belajar banyak dari Bunda Yati.

    I love You, Bundaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oops, Lendy dear, you must be flattering me. Bunda malzh kagum ma Lendy yg gak pernah keabisan ide menulis. lv u

      Delete
    2. Bundaaa...
      Seneng banget yaa, Bun...ketika aktivitas bisa didukung penuh oleh keluarga.
      Pasti lebih ringan dan bahagia saat menjalaninya.

      Mohon maaf, Bunda.
      Kalau tulisan saya banyak virusnya. Hiiks~
      Buunda pasti pusing baca review drama dan film korea melulu yaa..

      Semoga Bunda selalu berkenan main ke blog pinky pinky.

      Delete
  12. MasyaAllah Bunda keren bangetttt, mantap penghargaannya! Tidak ketinggalan jaman dan terus produktif ya Bunda, jadi malu kalau masih muda gini tapi kadang suka mager dan malas malasan. Semangat dan sehat terus ya Bun

    ReplyDelete
  13. Hihihi.. MasyaAllah Bunda Yati semangatnyaaa... kalah yang muda-muda, semoga selalu diberikan ide ide segar untuk mengisi blognya ya Bund..

    ReplyDelete
  14. selalu ada jalan ketika kita mencoba ya bun, Masya Allah aku jadi termotivasi untuk hidup lebih mandiri dan tidak bergantung kepada siapa pun.

    ReplyDelete
  15. Masya Allah Bunda..salut dengan semangatnya. Terbayang betapa bangganya anak, menantu, cucu saat Bunda tampil di Panggung. Sehata-sehat dan terus berkarya serta menginspirasi ya Bunda Yati

    ReplyDelete
  16. Wah, keren, Bunda. Usia tidak menghalangi untuk tetap produktif menulis. Bukti kalau ngeblog tuh bisa buat siapa saja.

    ReplyDelete
  17. Salam kenal Bunda Yanti. Wah selamat atas achievementnya. Ternyata ngeblog udah lebih lama dari saya yang baru sekitar 3 tahunan. Alasan mulai ngeblognya bikin terharu, pengen bisa mandiri tanpa merepotkan anak, padahal anak pasti dengan senang hati memberi. Semoga saya bisa terus konsisten nulis kaya Bunda Yanti

    ReplyDelete
  18. Keren banget mbak alasannya. Tapi rata2 perempuan kalo ditanya alasan ngeblog jawabannya pasti sama. Termasuk aku hihii.. toss dulu.

    ReplyDelete
  19. Bunda, masya Allah ... semoga Bunda bisa terus semangat ngeblog dan kita selalu ketemu dalam blog walking ya, Bunda. Sehat selalu Bunda. Semoga Allah berkahi.

    ReplyDelete
  20. Keren semangat bunda Yati mengasah menulisnya di blog. Aku jadi terharu. Pada akhirnya bukan income yang dikejar ya, kesenangan hati mencurahkan isi pikiran di blog.

    ReplyDelete
  21. Bunda Yati, senengnya melihat Bunda masih semangat menulis di blog, fotonya mengingatkan saya event KEB beberapa tahun yang lalu...jadi kangen. Kalau saya awal ngeblog karena MLM juga eh malah keterusan akhirnya fokus nulis di blog dan Alhamdullilah blog sudah banyak memberi kita penghasilan ya Bunda, sehat terus Bunda, Semoga bisa ketemu lagi dilain kesempatan. Salam hormat dari Mutia.

    ReplyDelete
  22. semangat terus Bunda menulis banyak pengalaman yang menarik dan seru di blog, berbagi cerita yang pastinya bisa bermanfaat untuk orang banyak

    ReplyDelete
  23. aku senang setiap berkunjung ke blog bunda Yati.
    Artikel artikel yang dibuat mengandung kisah yang inspiratif.
    Semangat ngeblog bunda, aku jadikan panutan.

    ReplyDelete
  24. Terharu banget bacanya Bun, kalau ada muridku yang ikut kelas belajar ngeblogku dan malas-malasan pasti aku nyebut blogger Bunda Yati yang semangat banget nulis blognya sebagai inspirasi

    ReplyDelete
  25. Membaca ini saya jadi ingat bahwa pertama kali ngeblog juga karena kepincut sebuah bisnis online. Padahal saat itu masih ke warnet, dan hanya seminggu sekali. Tepatnya tiap malam Jumat, karena ada promo 5000 dari jam 12 malam sampai jam 5 pagi. Hihihi
    Alhamdulillah kita tetap dalam satu lingkaran positif karena menjadi blogger ya Bunda....

    ReplyDelete
  26. Aku salut bangt sama bunda.. beneran deh nti klo smp usianya sama kayak bunda bisa gak aktif nulis kayak gini... Sehat2 y bunda ... Ini nulis ngeblog juga awalnya karena hobi baca trs jd ke nulis cerita

    ReplyDelete
  27. masya Allah.. keren Bu Yati dapat penghargaan dari KEb. Makin semangat untuk terus menulis ya, Bu

    ReplyDelete
  28. Sama sih, Bun. Aku juga mulai bikin blog yang ini untuk mendapat penghasilan. Selamat atas pencapaiannya, ya.

    ReplyDelete
  29. semangat selalu berkarya dan berkreasi ya Bunda.. semangat pula jadi role model bagi keluarga..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu