KEHILANGAN IDE MENYEBABKAN AKU HIATUS

KEHILANGAN IDE MENYEBABKAN AKU HIATUS





Apa yang membuat aku lama tidak update blog?
Sebagai seorang yang mengaku punya predikat blogger sudah seharusnyalah aku merasa malu pada diri sendiri andaikan blog yang kumiliki sering-kali berjarak terlalu jauh antara postingan yang satu dengan postingan berikutnya.  Bukan saja dalam rentang waktu sehari, seminggu atau  sebulan, bahkan berbulan-bulan. Alamaaa....blogger macam apa aku ini? Predikatnya mau tapi aktivitasnya disepelein abis-abisan. 

Terus terang satu-satunya alasan yang tidak bisa kupungkiri mengapa aku lama tidak meng-update blog.  Bagiku amatlah sulit  mencari ataupun menemukan ide. Yups! KEHILANGAN IDE MENYEBABKAN AKU HIATUS terkadang sebelah jemari tanganku kurang untuk menghitung jumlah bulannya, hehehe.. Walaupun menurut Blogger Panutanku PakDe Abdul Kholik (almarhum) ide itu pating sliwer, tapi tetap saja aku sulit menangkapnya.

Alhasil, aku berusaha untuk mengikuti tantangan-tantangan dalam lomba menulis sekalipun tidak keluar sebagai nominator.. Yang penting blogku telah terisi dengan tema yang disediakan, tinggal bagaimana aku meramunya dalam tulisan seperti yang sekarang sedang aku lakuka. Semoga aku bisa tuntas menyelesaikannya.

Perkenankan aku mengulas tentang yang aku sebut sebagai HIATUS versiku tapi ini bukan membela diri lho, hehehe....tapi menuliskan yang sebenarnya. Disamping ide yang sangat sulit aku dapatkan untuk  membuat tulisan, juga disebabkan oleh alasan  yang tidak dapat aku hindari yaitu aku  pada tahun-tahun terakhir tidak begitu mampu lagi duduk lama di depan laptop, namun untuk aktivitas-aktivitas yang lain aku masih kuat dan sehat. Olahraga Jalan-Jalan Pagi pun aku masih mampu berjalan selama at least 45 menit.

Ketika pada tanggal 28 September 2022 aku ikut hadir di acara Workshop yang diadakan oleh KEB dengan tema PEREMPUAN #MakinCakapDigitalBerjaya dan Digdaya aku mendapat ilmu baru tentang apa yang disebut ATM (Amati-Tiru-Modifikasi) yang kudapag dari salah seorang Narasumber di acara tersebut, yaitu Bapak EDI HARTONO, Roadshow & Workshop Literasi Digital Jabodetabek.

Andai cerdik mengikuti arahan ini dengan sendirinya aku/siapa pun harus rajin dan banyak membaca, menyimak serta mengamati tulisan-tulisan yang memiliki konten bagus,  kemudian memoderasinya dengan gaya tulisan sendiri tanpa menyimpang dari isi/inti Penulis aslinya. Bukan berarti menjiplak plek-ketiplek, maka Insya Allah sedikit demi sedikit ilmu menulis akan bertambah dan blog yang telah siap dengan halaman kosongnya dipastikan tidak akan terlalu lama menanti tulisan-tulisan kita yang jauh lebih baik.

Kembali ke hal yang telah aku sebutkan di paragraf pertama yaitu tentang predikat blogger yang kita sandang dan tentu saja harus dipertanggung-jawabkan oleh setiap blogger. Begitu juga olehku. Aku sendiri bila browsing blogku rasanya gimanaaa...gitu. Malu sendirilah. Ini akan aku jadikan sebagai cemeti untuk membangkitkan semanganku agar lebih rajin dan berusaha semaksimal mungkin menulis. Inshaallah.

Aku, yang lahir sebagai member KEB, hampir bersamaan dengan lahirnya Grup itu sendiri, Januari 2012, setahun kemudian, mendapat penghargaan untuk menyandang predikat Srikandi Lifetime Achievement 2013, versi ACER/KEB, dalam sebuah perhelatan ulang tahun pertama Kumpulan Emak2 Blogger yang diadakah bulan April 2013  --  berkat aku masih rajin memposting di blog, tak peduli pada usiaku yang telah senja.

Mungkinkah aku bisa seperti yang anda lihat dalam foto ini, apabila aku tidak melibatkan diri dengan Kumpulan Emak2 Blogger? Jawabannya pastilah dua kata dengan huruf besar, bold dan underlined: TIDAK MUNGKIN! 


Ada beberapa kegiatan offline lain sebelum predikat di atas aku raih, terkadang, aku sendiri heran bercampur bangga akan diriku. Swear, aku merasa menjadi somebody setelah ikutan KEB. Bagaimana tidak? Se-umur-umur, aku tidak pernah di wawancarai 

Dokpri 

di sebuah stasion radio sebagai member KEB aku bangga telah mendapat kepercayaan untuk ikut terlibat dalam sebuah wawancara di Radio Bahana.  Keren, kan?

Terima kasihku tentunya kepada Founder KEB, Mak Mira Sahid, yang telah mempercayakan tugas kepadaku untuk bergabung dengan Emak2 keren Mak Indah Julianti Sibarani, Mak Eliza Koraag (ada satu Emak lagi yang tidak tampil dalam foto ini: Olly Koraag).
  
Kemudian bersama KEB aku merasa hidup ceriaku kembali. Aku menikmati kegembiraan yang Allah berikan dan mensyukuri anugerah kesehatan yang diberikanNya kepadaku, sehingga aku dapat mengikuti acara-acara yang diadakan secara offline ini.

Lihatlah betapa santai dan akrab antar sesama member KEB (Acara Kompasianival, di Gandaria City, Nov. 2012.). Tak pernah terbayangkan sebelumnya aku akan memiliki pose seperti ini, hehe.. Bisakah aku seperti ini tanpa KEB? Jawabannya mantap: Tentu saja NO WAY


Dokpri


Itulah alasan-alasan yang bisa aku utarakan di sini mengapa aku kadangkala seolah dengan sengaja membiarkan blogku tak terisi, padaha; sebenarnyalah kehilangan ide menyebabkan aku hiatus. 

Insya Allah, aku akan tetap rajin menulis dengan tempaan semangat tidak langsung dari Founder KEB, Mak Mira Sahid dalam blognya yang berbunyi: "Tetaplah Menulis, Maka Kamu Akan Tahu Siapa Dirimu. Tak lepas juga dari kucuran semangat dari Co-Founder KEB Mak Indah Julianti Sibarani.

Mereka menghargai aku sebagai blogger sepuh yang masih rajin menulis di blog. Lalu mana tanggung-jawabku sebagai blogger kalau untuk menulis saja masih harus menunda-nunda kesempatan dengan alasan tidak ada ide. Sungguh keterlaluan aku ini membuang kesempatan yang tidak didapat oleh orang lain hanya disebabkan tidak mau memfokuskan diri dengan baik untuk menemukan sebuah ide. Waktu akan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan tapak sebarispun.

Bagaimana bisa aku biarkan hal ini terus terjadi di saat-saat aku telah melangkahi belasan  tahun sebagai blogger. Aku harus bangkit. Aku harus menata diri dan menemukan lagi diriku seperti semangatku semula membuat beberapa blog tanpa domain dan lancar serta mampu  mengisinya  dengan postingan tanpa adanya keluhan tentang kehilanga ide. 

Aku akui memang postingan-postingan tersebut adalah hasil tulisan seorang blogger newbie, hehehe….artinya hasil tulisan seorang blogger pemula.  Aku menuliskannya tanpa memikirkan ide. So, aku menorehkannya begitu saja tanpa memikirkan tema, ide atau apapun, karena saat itu aku masih blogger newbie,  khan? Tulisan What Am I Missing, misalnya tanpa terpaku pada tema atau ide. Kalau aku baca tulisan itu saat ini, ternyata isinya tersirat tentang motivasi diri yang tersembunyi.

Apakah aku memang ingin jadi blogger newbie terus? Tentu saja keinginan itu tidak akan pernah kubiarkan bercokol dalam benakku. Lalu? Apa usahaku? Jawabannya hanya satu: Move on dari sikapku yang sekarang! Buang jauh-jauh alasan yang selalu aku pakai Kehilangan Ide Menyebabkan Aku Hiatus. 

 

 Words/905

Comments

  1. Hai, Bunda Yati, apa kabar? Hihihihih..menggelitik deh baca kalimat bunda yang suka malu sendiri melihat dan membaca blog milik sendiri :D Ga apa2 bun, kita kan menyalurkan hobi yang penting happy. Rumah sendiri suka2 nyonya aja kayak aku gini2 aja hahaha. AKu juga senang berkomunitas, dapat wawasan, silaturahmi dll pokoknya having fun deh :D Sehat selalu ya bun. Ditunggu artikel2 berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi MakNurul yg brillian,komen di mari รŸeneng bunda komentar pertama di postingan bunda. Kbr bunda alhamdhlillz sehat. Mksh udah mampir

      Delete
  2. Semangat terus ngeblog bunda, bahkan hiatus karena kehilangan ide aja bisa jadi artikel blog, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Itu mestinya jd panutan buat hiatusnya. Hihi hiatus2 jd juga postingan ya, siapa tau id postingan berikut. Aamiin.tq.

      Delete
  3. Bunda Yati, hiatus juga kadang sama alamu Bund. Tapi semangat untuk menulis tetap ada kok. Pertanggungjawaban karena memang ngaku blogger, emang jadi salah satu pelecut untuk tetap dan terus menulis

    ReplyDelete
  4. Bunda apa kabar? Semoga sehat2 selalu dan terus ngeblog ya. Nih buktinya ga ada ide nulis pun jadilah sebuab tulisan. Semua penulis pasti mengalami masa2 kaya gini sih no worriws bunda insyaallah kembali semangat nulis lagi.
    Kalo aku libur lama pasti kangen balik lagi kesian juga blognya kalo ga diisi heheheh

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum bunda Yati, Apa kabar? Semoga masih ingat saya. Dulu kita sering BW juga ya. Bunda Yati luar biasa menurut saya. Blogger panutan deh. Terutama semangatnya. Masya Allah. Sehat-sehat selalu ya bunda...

    ReplyDelete
  6. Waduh berasa kegampar pas baca kalau blogku juga terlalu berjarak postingan satu dengan yang lainnya hahaha. Kalau aku sih ngga kehilangan ide. Justr kebanyakan yang pengen ditulis tapi ngga dimulai2! Emang seru banget ikutan KEB ya, bisa banyak kegiatan komunitas yang bikin semangat mengembalikan big why.

    ReplyDelete
  7. Waahhh... Jangan sampai kehilangan ide ya bunda Yati, insya Allah bunda bisa berbagi terus dengan teman-teman dalam bentuk tulisan. Selain memang ini untuk jadi semangat para blogger muda, juga menjadi rekam jejak yang baik.

    ReplyDelete
  8. Masha allah, semoga sehat selalu ya bunda. Menjaga ide ini teh memang agak susah ya heheh

    ReplyDelete
  9. Sungguh saya itu sakit sama Bunda yang masih bisa produktif. Saya malah tak bisa membayangkan saat saya di usia seperti bunda Yati, sayamah bisa apa? Semoga ide menulisnya terus mengalir dengan lancar ya Bunda ...

    ReplyDelete
  10. Sepertinya memang sering kejadian di kalangan blogger2 bund. Kadang ada masanya rajiiiin update, kadang jenuh dan butuh jeda buat lebih banyak melakukan hal lain di luar ngeblog.
    Wah tampaknya bunda Yati emang memiliki keterikatan dengan KEB ya dalam aktivitas ngeblognya :D

    ReplyDelete
  11. Bunda keren banget lho, habis hiatus langsung hujan ide dan bisa nulis sebanyak ini. Jadi semangat mau nulis juga, ngga mau kalah sama bunda.

    ReplyDelete
  12. Gapapa, Bunda, terkadang ada banyak peristiwa dalam hidup yang bikin kita hiatus menulis. Semoga habis ini semangat Bunda kembali membuncah yaaa..

    ReplyDelete
  13. Terus semangat ya bunda
    Ide bisa didapatkan dari mana saja bun
    Ini contohnya, bunda hiatus saja bisa jadi postingan ig
    Keren bun

    ReplyDelete
  14. bund, saya pun sempat hiatus, beberapa kali ^_^ semoga semangat menulis terus menyala ya bund, gpp hiatus ais itu balik lagi , semangat bund :)

    ReplyDelete
  15. Baru baca paragraf awal, rasanya langsung tertohok sendiri. Aku pun hiatus, Bund. Bukan karena nggak ada ide. Tp karena malas aja๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… jadi bikin alasan macem2 buat pembenaran sendiri. Abis ini mau mulai ngisi blog lagi ah. Jadi semangat ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  16. Bunda yang selalu penuh semangat menuliskan segalanya..
    Bunda yang selalu semangat menghadiri acara blogger.
    Bunda yang semoga senantiasa menjadi penyemangat untuk kami, para blogger newbie.

    Rasanya tulisan-tulisan Bunda bisa menjadi penyemangat kami, Bunda.
    Jadi inget kalau ada challenge menulis apapun, Bunda selalu ikut dan Bunda hebat banget bisa melewatinya dengan lancar.

    Barakallahu fiik, Bunda.
    Sehat dan penuh semangat selalu.

    **tergambarkan tulisan Bunda yang selalu komunikatif, mengajak pembaca untuk bisa berinteraksi.

    ReplyDelete
  17. Wuih! Keren sekali, Bunda! Semangat Bunda mengispirasiku untuk juga terus menulis. BTW, saya juga sedang hiatus nulis di blog soalnya, hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu