Mudik Lebaran 2024

Mudik Lebaran 2024



SOURCE: SHUTTER STOCK





Bagi para perantau yang telah meninggalkan kampung halaman mereka bertahun-tahun lamanya, maka keinginan untuk pulang kampung, Mudik Lebaran 2024 adalah suatu hal yang mereka harapkan bisa memenuhi keinginan mereka pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara. Mereka tidak pulang kampung. Yups! Mereka tidak pulang kampung bukan karena tidak ingin, tapi semata karena tidak adanya kemampuan untuk membiayai dirinya sendiri, apalagi untuk menanggung biaya keluarga mereka.


Bagi para perantau pulang kampung itu sudah merupakan keharusan. Keharusan untuk bersimpuh pada kedua orangtua tepat di Hari Raya Idulfitri 1445-H dan bersilaturahmi dengan seluruh keluarga yang selama ini mereka tinggalkan. Bagi mereka yang hidup di kampung maka kata  guyub adalah kata yang tepat andai tidak boleh kita katakan sakti  yang berarti kebersamaan. Kebersamaan di kampung sangatlah kuat. Dan kebersamaan itu pula yang menyebabkan mereka bisa hidup rukun. Aamiin. 


Tidak adanya kemampuan untuk membiayai diri pulang kampung itu terhapus sudah sejak tahun 1991 ketika sebuah perusahaan jamu bernama SIDO MUNCUL  membuka program baru bernama MUDIK GRATIS bagi para penjual jamu yang membantu telah membesarkan perusahaan Jamu Sido Muncul. Langkah ini kemudian diikuti oleh kementerian/lembaga, BUMN-BUMN dan pemerintah-pemerintah daerah. Insya Allah Mudik Lebaran 2024 juga akan dilancarkan oleh Allah SWT. Aamiin, Ya Rabbal Aalamiin.


Instansi-instansi ini  tidak main-main mengeluarkan pengumumman atau informasi yang positif tentang hal ini kepada  seluruh masyarakat perantau yang jumlahnya tidak alang kepalang pula. Berduyun-duyun mereka  mencari informasi yang bisa menenangkan hati mereka dan memastikan bahwa mereka akan menjadi bagian dari yang beruntung mendapat kesempatan untuk  pulang kampung gratis atau nama yang lebih keren MUDIK GRATIS 


Adalah hal yang amat diimpikan dan didamba oleh mereka yang mengharapkan memperoleh kesempatan seperti ini. Kapan lagi. Jadi, berdiri di antrian ber-jam-jam pun tak mengapa. Mereka harus sabar dan disiplin menunggu giliran pendaftaran. apalagi apabila ada istilah Mudik Gratis. Iya, MUDIK GRATIS. Beberapa instansi tidak main-main mengeluarkan pengumuman atau informasi yang bukan alang kepalang pula jumlahnya. Berduyun-duyun mereka mencari informasi dan mendaftar agar bisa beruntung mendapat kesempatan pulang kampung Mudik Lebaran 2024 gratis atau nama yang lebih keren: MUDIK GRATIS

Last but not least: Aku dilahirkan di kota Cirebon, Kampung Karanggetas,  tapi sejak usia beberapa bulan menurut nenekku aku pindah ke Jakarta, dibesarkan di Jakarta, hingga dewasa, menikah, memliki anak-anak yang bisa menopang kehidupanku.  tinggal di Pamulang,Tangerang Selatan. Lalu kalau ada  yang bertanya: "Mudiknya kemana, Bunda?" hihihihiii....aku harus jawab apa ya?










REFEREMCES:

https://www.kompas.id/baca/opini/2023/04/17/mudik-gratis

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu