TIP MENJAGA KESEHATAN DI BULAN RAMADAN

 

TIP MENJAGA KESEHATAN DI BULAN RAMADAN  


source: Google.com




Dulu, ketika aku masih berumur empatpuluhan tak pernah terpikir olehku untuk sedikit saja peduli pada pendapat teman-temanku tentang harus menjaga kesehatan. Yang kemudian ternyata di usiaku sekarang sangat berguna. Seluruh saran tersebut mencakup tentang bagaimana menjaga pola makan. Ternyata kini semua sangat manfaat dalam menerapkan pola hidup sehat dan sangat berguna sebagai  Tip Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan.\

Aku paling sulit menghindari makanan berlemak atau makanan yang mengandung segala yang gurih-gurih. Paling suka ngemil kacang-kacangan ketika tidak sedang sibuk atau sedang nonton televisi. Tanganku tak kan henti-hentinya meraup genggam demi genggam kacang yang tersedia dan mungkin tak kan berhenti andai piring itu tak disingkirkan. Begitu juga bila aku mencium harumnya gorengan, pasti aku cari dan membelinya untuk kudapan di rumah.

Karena ketidak-acuhanku pada saran teman-teman. Karena aku yakin aku akan baik-baik saja. Dan karena aku paling suka jamu barbagai rempah yang diolah dan dicampur beragam herbal yang kadang aku sendiri tidak tahu apa namanya. Apapun itu selama aku yang memasaknya sudah tentu yakin akan rasa nyaman dan aman untuk kesehatan tubuh.

Ternyata apa yang aku makan sepuasnya dan sesukanya akan berakibat timbulya beragam penyakit dalam tubuh. Aku pernah dengar katanya prosesya tidaklah istant tapi memakan waktu puluhan tahun barulah terasa dampak dari kecerobohan aku memakan dan melahap makanan apa saja tanpa memikirkan semua itu akan menyebabkan penyakit yang sama sekali tidak  duga. Aku sekarang harus besahabat dengan penyakit-penyakit dalam tubuh ini.

Aku biasanya makan malam sekitar jam 4 sore, kalau bukan di bulan puasa. Tapi selama bulan ramadan tentunya lebih teratur karena ada waktu sahur dan waktu berbuka puasa. Namun karena sudah terbiasa makan jam 4 sore badan ini seperti lemah letih lesu dan lunglai, sehingga mengganggu konsentrasi pikiran saat berpuasa. Berikut aku cuplikkan tulisan tentang kebiasaan makan malam yang ujung-ujungnya akan berdampak pada kesehatan tubuh terutama mengenai peningkatan berat tubuh atau obesitas.

Dalam menjalankan puasa di bulan ramadan kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan dengan teratur dan seksama. Kita tentunya juga mau mempelajari makanan apa saja yang menyehatkan badan demi terjaganya kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa, agar puasa kita afdhol dan badan pun akan menjadi segar dan sehat dan bugar.

Lalu apa saja yang bisa membuat hal tersebut diatas berjalan dengan lancar. Paling tidak penjelasan berikut bisa kita jadikan acuan yang bermanfaat karena kita juga tidak/kurang paham apa saja yang termasuk jenis makanan sehat. Yuk, sama-sama kita simak dan jadikan sebagai Tip Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan:
    1. Sayuran
    2. Buah
    3. Kacang-kacangan dan biji-bijian
    4. Makanan lau dan berbagai jenis ikan
    5. Daging dan telur
    6. Susu dan produk olahannya.

=========

Referensi:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/gayahidup/jenis-makanan-sehat-dan-manfaatnya-bagi-tubuh


 


Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu