Monday, December 21, 2015

Bekerja Keras untuk Menjadi Blogger Sukses



Berbicara tentang apa resolusiku atau lebih jelasnya lagi apa keinginanku di tahun 2016, tentu saja hal ini tidak bisa dilepaskan dari beberapa keberhasilan yang telah aku capai di tahun 2015, bahkan pada tahun-tahun sebelumnya. Banyak sekali hal-hal yang tidak bisa aku kesampingkan terjadi pada diriku sebagai peristiwa  positip dan mengejutkan telah berhasil aku raih tahun ini towards the end of 2015

Mengingat aku memulai aktivitasku di dunia maya sejak tahun 2009,  terjun tanpa bekal apa pun kecuali bermodalkan kepandaian mengetik dan niat mencari income tambahan. Hal ini tidak bisa aku pungkiri karena terjunnya aku ke dunia maya memang benar untuk mengejar penghasilan tambahan, sebagai Reseller sebuah Bisnis Online.  Jadi bukan berawal  dari hanya sekedar for fun. No! Absolutely not! Aku memang ingin mencari tambahan uang saku. Tapi apa daya. Peruntunganku masih tergantung di langit, karena mindset yang belum mumpuni. Berputar haluanlah aku fokus untuk mengisi postingan di blogku saja yang waktu itu masih ber-blogspotdotcom.

Bisakah aku mewujudkannya mimpiku tahun 2016 menjadi blogger sukses tanpa belajar? Mampukah hanya berbekalkan pengetahuan yang sangat minim? Tentu saja tidak! Dan hal ini berjalan hingga tahun 2013. Aku bersyukur sudah merasakan pengalaman manis berkat kesempatan yang aku peroleh dari Kumpulan Emak2 Blogger -- antara lain: wawancara di Radio Bahana, predikat Srikandi Lifetime Achievement 2013 versi ACER/KEB, sebagai salah satu nara sumber dalam program Internet Sehat - Linimasa#2
 
Sumber gbr idntimes.com
Aku tetap menggantungkan mimpiku untuk menjadi blogger sukses. Mewujudkannya, tak peduli pada besar kecilnya income. Aku masih belajar. So, apa pun yang aku terima, aku harus mensyukurinya. Titik-titik terang mulai menyembul setelah aku diberi kepercayaan untuk mengikuti Pelatihan di Grup Fun Blogging pada Fun Blogging Sesi ke-2 (Nov. 2014) -- tentang tiga hal: (1) belajar tentang bagaimana membuat blog dengan tampilan template yang baik, sederhana dan menarik  (2) belajar mengenai penulisan di blog agar konten memiliki daya tarik dengan menjaga elipse, memperkaya diksi dan konten serta menghindari typo (3) belajar bagaimana memonitized blog agar menghasilkan.

Perolehan ini tidak mungkin terjadi tanpa bergabungnya aku dengan Komunitas yang merupakan kunci penyebab aku berhasil mencetuskan  satu demi satu hasil positif resolusi  tahun ini. walau secara keseluruhan belum 100%  resolusi yang aku schedulekan bisa kuraih tahun 2015, mengingat jangkauan tahun ini hanya tinggal menghitung hari saja.

Ada yang tersisa yang harusnya terealisasi tahun 2015, yaitu sebuah buku Kumpulan Cerpen. Memang aku terlalu tinggi berharap untuk dicetak oleh Penerbit Mayor, tanpa melihat siapa diriku, hehe... It's oke, It's not the end of the world. Insya Allah, aku akan bisa mewujudkannya  tahun 2016 di Penerbit Indie. Bukankah banyak Penulis yang melakukannya? Selama itu bisa menjadi sebuah bukti konkrit tentang kehadiranku di dunia maya, mengapa tidak? So, just wait and see what I have to do with my next book.

Hal mutlak yang harus aku lakukan untuk mencapai keinginanku tahun 2016 -- disamping mereview lagi naskah kumpulan cerpenku, juga menggali lebih banyak ilmu perbloggingan, pengetahuan internet dan komputer -- Aku harus mandiri, harus disiplin dan bekerja keras untuk belajar, apa saja guna mengoptimasikan blogku agar mampu dengan cepat terindex di Google. Aku ingin menjadi blogger sukses, baik dalam menerbitkan buku-buku atau pun meraup income yang meyakinkan dari blog.

Aku tidak bisa terus bergantung kepada teman-teman blogger sebagai tempat bertanya. Aku tidak boleh menyebut diriku newbie terus. I have to move on. Bekerja Keras untuk Menjadi Blogger Sukses. Melangkah pPasti bersama komunitas yang telah memberikan bimbingan ilmu yang manfaat. Banyak pemenuhan kebutuhan yang masih harus aku gali untuk melengkapi kepiawaianku di dunia perbloggingan dan internet.

Aku punya mimpi untuk menjadi blogger sukses selama masih mampu duduk di depan komputer -- semakin aku menambah ilmu, rasanya bertambah  banyak kekuranganku. Itulah dinamika hidup. Bertambah kaya ilmu yang kita miliki, terasa semakin luas ruang dalam benak yang masih kosong. 

Seperti yang telah aku sebutkan di atas bahwa tidak bisa dipungkiri lagi tentang keinginan untuk memotized blog, bukan semata untuk hobi atau kesenangan. Tidak lagi. Semakin banyak ilmu yang kuserap dari para CikGuS (sebutanku untuk mereka yang melatih dan memberikan pelajaran padaku), semangatku pun bertambah tertempa dengan baik. Tahun 2016 aku ingin memiliki satu lagi blog ber-dotcom dengan meng-upgrade salah satu blogku yang  masih "blogspot."  Insya Allah. 

STOP PRESS!!
Kabar gembira untuk para pembaca blogku yang setia:
 FLIPIT INDONESIA mengadakan Quiz Berhadiah yang berlangsung di Shop Page Bilna.
  Segera klik linknya dan ikuti quiznya. Para pembaca yang baik, jangan lupa untuk
menyebutkan dari mana pembaca mengetahui tentang quiz Bilna whishist ini, ya.
 Jadi dalam mengisi pertanyaan tersebut sangat besar harapanku
 pembaca  mengisinya dengan nama blog Bunda:
 www.bundayati.com
Terima kasih
------

Semoga lancar jalanku untuk meraih keinginanku tahun 2016 menjadi Blogger Sukses. Mencerahkan benakku dalam menyerap ilmu perbloggingan dengan segala pernak-perniknya yang sulit  untuk dipelajari lebih dalam dan serius adalah tantangannya. Aku harus berani bermimpi untuk menjadi blogger yang sukses. Aku ingin pintar seperti para blogger --  yang kebolehan mereka dalam mengelola blog setaraf dengan mereka yang berpredikat IT (Information and Technology).

Sedangkan aku? Kepandaian yang aku gapai selama ini hanya berdasarkan pada kegiatanku di dunia blogging. Pas-pasan sekali. Aku harus bisa dan canggih seperti mereka. Inilah salah satu target yang kuinginkan bisa tercapai dalam tahun 2016, termasuk di dalamnya kelincahanku di Twitter, yang selama ini selalu pasif karena kurangnya penguasaanku. Aku harus serius memahaminya. Andai aku bisa mendalami pengetahuan yang menjadi targetku, bukan hal yang tidak mungkin blogku akan bisa di monitized dengan lebih baik. Ya, aku harus belajar, belajar dan belajar agar tahun 2016 aku akan menjadi blogger renta yang sukses mewujudkan mimpi. Aku tidak boleh menyerah!
 
Sumber gbr. fariqanuz.com

Aku tidak meng-under-estimate diriku sendiri, tapi memang dengan jujur aku akui masih banyak yang harus aku pelajari untuk menjadi blogger yang lebih canggih pada tahun 2016 onward. Itulah sebabnya aku selalu bergairah untuk hadir di setiap ada pelatihan, baik pelatihan menulis atau pun training tentang  blogging yang diadakan oleh Komunitas. Apalagi aku tahu bahwa menjadi blogger sukses itu tidak sekedar pandai menulis postingan, tetapi juga harus mendalami pengetahuan tentang internet.

Aku juga harus lebih giat lagi melakukan blogwalking, terutama ke blog-blog yang mengisi blognya dengan berbagai macam tutorial. I still have many rooms in my brain to be filled in with skill and knowledge. Dari situlah aku harus mulai. Bravo, diriku, semoga aku selalu diberi stamina prima untuk belajar dan menyaksikan keinginanku tahun 2016 menjadi kenyataan. Insya Allah.



25 comments:

  1. bundaaa, tulisannya inspiratif banget!. makasih ya sudah menularkan banyak pengaruh positif buat orang lain, terutama para blogger..

    salam,
    zata

    ReplyDelete
    Replies
    1. zata, makasih untuk pujiannya dan kunjungan zata ke blog bunda. Hehe...virus positif gakpapa, ya. Salam hangat dari Pamulang.

      Delete
  2. Replies
    1. Semangat juga buat Yurmawita Adismal. Makasih kunjungan Yurma ke blog bunda.

      Delete
  3. Mari upgrade diri terus agar kemampuan ngeblog semakin meningkat.
    Maju terus Mbak
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Pakde yang selalu menyemangati bunda. Makasih juga kunjungan Pakde Cholik ke blog bunda. Salam hangat juga dari Pamulang.

      Delete
  4. Bunda.. Keren sekali semangatnya. Semoga menular ke saya. Good luck, Bunda :-)

    ReplyDelete
  5. Kagum dengan semangat Bunda....jadi makin semangat ngeblognya..

    ReplyDelete
  6. Buatku, Bunda sudah merupakan blogger sukses. Untuk memotivasi adik2 blogger di Makassar, saya suka cerita tentang Bunda. Moga sehat dan semangat terus ya Bunda. Peluk cium dari Makassar ^_^

    ReplyDelete
  7. Tulisannya Bunda bagus, Semangatnya Bunda juga luar biasa, Membuat saya menjadi semangat update artikel lagi. Tapi ngomong-ngomong Radio Bahana mana Bunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lho Radio Bahana yang di jalan apa ya, bunda lupa, di sekitar Jalan Petogogan, Blok A. Kebayoranbaru. Kenapa? Apa Miko salah seorang staff di Radio Bahana? hehe... Kalau iya, kapan2 donk bunda di wawaranra lagi #marukumbarswara Makasih ya kunjungan Miko ke blog bunda. Makasih untuk pujian semangat luar biasa-nya. Tq.

      Delete
  8. Replies
    1. Terima kasih, nani. Juga terima kasih untuk kunjungan nani ke blog bunda.

      Delete
  9. Wah ini bukan pas-pasan. tapi luar biasa :) Semangaat

    ReplyDelete
  10. Bunda emang hebat banget, penuh semangat :)

    ReplyDelete
  11. Bundaaaa, ternganga dgn semangat Bunda yg tak pernah padam.
    Semoga selalu sehat dan sukses ya, Bun.

    ReplyDelete
  12. Bunda sudah sukses sebagai blogger,sukses menginspirasi..saya jadi tambah semangat, terimakasih bun.. :)

    ReplyDelete
  13. tulisan ini menyemangati saya supaya bisa konsisten ngeblog lagi kyk jaman2 di multiply dulu... moga 2016 saya pun bisa menghasilkan karya
    trims :)

    ReplyDelete
  14. Baca postingan bunda akhirnya ngebuka dan lebih jujur sama diri sendiri kalau nyatanya saya juga pingin mendapatkan penghasilan dari ngeblog, yah walaupun selama ini saya memungkirinya dari bersembunyi dibalik kata for fun.
    Makasih bunda.. Sekali lagi tulisannya membuat saya berani mengakui kalau saya juga pingin sukses dengan blog

    ReplyDelete
  15. Halo Bunda onlineku sayang, selalu kagum dengan semangat belajar Bunda. Hayuk, Bund, you will achieve them all by the hardwork. Keep the fire, ya, Bund! Sukses selalu untuk Bunda tersayang!
    Salam hangat dari Depok.
    Al

    ReplyDelete
  16. mau dong tertular virus positif ngeblognya yang rrruaabiasa...Salam kenal bunda Yati dari saya di kota kecil Bumiayu..

    ReplyDelete
  17. Semangat bunda, kesuksesan memang harus selalu dikejar dengan usaha yang optimal. Menetapkan target waktu adalah salah satu cara untuk terus bersemangat.

    ReplyDelete
  18. saya juga mau jadi blogger sukses, baru mulai si bulan ini hehe

    ReplyDelete
  19. untuk mnjadi blogger sukses dibutuhkan kerja keras dan kesabaran .... tanpa itu .. nihil

    ReplyDelete